Melalui artikel ini saya akan menguraikan tentang  2 Langkah Mudah Memperoleh Kembali Tracking Kode Google Analitic yang terhapus di blog, Google Analytics tentu tidak asing di kalangan para blogger, tool ini mampu membantu blogger untuk mendapatkan informasi mengenai segala hal yang berkaitan dengan interaksi pengunjung terhadap halaman blog miliknya.

Tool ini menurut saya salah satu tool yang sangat lengkap yang dapat digunakan untuk menganalisa tingkah laku visitor blog anda yang disajikan dalam bentuk tabulasi dan grafik sehingga sangat cocok untuk bahan analisa mengembangkan blog menjadi lebih baik, oleh karena itu sangat disarankan bagi para blogger untuk segera mendaftarkan dan mengintegrasikan blognya dengan google analytics.

Mendapatkan kembali tracking kode google analytics
  Google Analytics

Mendaftarkan blog ke google analytics sebenarnya tidaklah terlalu sulit, yang dibutuhkan hanyalah email google dan alamat url blog yang anda miliki serta sedikit tentang biodata blog anda, jika pendaftaran berhasil, maka google analytics akan menggenerate Tracking ID dan juga Tracking kode google analytic atau kode pelacakan google analytics untuk anda, salah satu dari kedua kode tersebut harus anda pasang pada template blog anda agar blog anda terintegrasi dengan google analytics, sehingga setiap aktivitas pengunjung blog anda secara otomatis dapat terekam oleh mesin google analytics.

 Apa Perbedaan Tracking ID dengan Tracking Kode Google Analytics?

Google analytics menyajikan 2 alternatif untuk mengintegrasikan blog dengan google analytics, yaitu tracking ID atau ID Pelacakan dan tracking Kode atau kode pelacan, perbedaan di atara kedunya adalah sebagai berikut:

a. Tracking ID

Tracking ID ini pada umumnya berupa kode unik yang terbentuk dari kombinasi gabungan huruf dan angka, kode ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk menghubungkan atau mengintegrasikan blog anda dengan google analytic namun hanya dapat dipasang pada blog berflatform blogspot saja.

b. Tracking Kode

Sedangkan tracking kode google analytic atau sering juga disebut sebagai kode pelacakan google analytics adalah serangkaian kode javascript yang sifatnya universal, artinya kode ini bisa anda gunakan untuk dipasang di berbagai flatform blog, baik itu blog berflatform blogspot, wordpress, jomla maupun flatform blog lainnya yang diintegrasikan dengan google analytics.

Bagaimana cara mendapatkan kembali Tracking Kode Google Analytics yang terhapus?

Ada pertanyaan yang dilontarkan oleh salah satu blogger melalui komentar blog, dan juga pesan email, mengenai cara mendapatkan kembali tracking kode google analytic yang sudah terpasang sebelumnya di blog miliknya namun menghilang atau terhapus.

Kasusnya mereka sebelumnya sudah berhasil mendapaftarkan blognya ke google analytics, dan tracking kode google analytics pada awalnya berhasil dipasang di template blognya, namun karena mengganti template blog, tracking kode google analytics yang terpasang di blognya menghilang atau terhapus, dan mereka bermaksud ingin memasang kembali tracking kode google analytic tersebut pada template blognya, masalahnya adalah mereka kesulitan cara menemukan dan mendapatkan kembali tracking kode google analytics dari akun google analytics yang sudah mereka miliki sebelumnya.

Langkah-Langkah mendapatkan kembali Kode Pelacakan google Analitik untuk anda pasang pada template blog anda

Bisa saja permasalahan yang sama seperti ini terjadi pada anda, dan anda merasa kesulitan untuk mendapatkan kembali tracking kode google analytic dari akun google analytics anda sebelumnya yang anda gunakan.

Di sini saya akan jelaskan bagaimana cara memperoleh kembali tracking kode google analytics untuk dipasang kembali pada blog anda,.

Catatan: Untuk kasus ini anda harus sudah memiliki akun google analytic sebelumnya dan blog anda sudah didaftarkan pada google analytics tersebut.

langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Masuk ke akun google analytics anda dengan menggunakan gmail dan password yang anda gunakan sebelumnya.

b. Pada halaman akun google analytics, Klik Menu Admin, pilih property (untuk memilih nama situs atau blog yang anda daftarkan di google analytics) kemudian pilih dan klik "Tracking Info" > Tracking Kode, seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Cara mendapatkan kembali tracking kode atau tracking ID google analytics

Maka akan tampil informasi tracking ID dan tracking Kode seperti  terlihat gambar dibawah ini:

Cara memperoleh kode dan id pelacakan google analytics

Anda dapat melihat Tracking ID dan juga Tracking Kode seperti terlihat pada gambar diatas, jika blog yang ingin diintegrasikan berflatform blogspot anda dapat menggunakan Tracking ID atau Tracking kode untuk dipasang pada blogspot anda, namun jika blog anda wordpress atau blog dengan flatform non-blogspot anda bisa menggunakan tracking kode Universal untuk dipasang pada template blog anda.

Cara Terbaik Memasang Tracking Kode Google Analytics pada blogspot Anda

Jika blog anda blogspot maka untuk mengintegrasikan blog anda dengan google analytics anda bisa menggunakan salah satu dari kode diatas, bisa menggunakan Tracking ID atau menggunakan tracking kode,

1.  Menggunakan Tracking ID

Jika anda menggunakan tracking ID untuk mengintegrasikan blog anda dengan google analytics maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Silahkan Copy tracking ID google analytics seperti terlihat pada gambar diatas

tracking id atau id pelacakan google analytics

b. Masuk ke Akun blogspot Anda.

c. Pada bilah menu sisi kiri pilih menu stelan > Lainnya, kemudian scroll ke bawah, cari ID Property Web Analytics, kemudian masukan Tracking ID pada kotak yang disediakan, lalu tekan tombol Simpan Setelan.

d. Sekarang Pilih menu Template, kemudian tekan tombol Edit HTML untuk menampilkan editor HTML, klik pada editor HTML kemudian tekan tombol keyboard CTRL+F untuk mengaktifkan fasilitas pencarian.

e. Carai Kode </body> kemudian letakan kode dibawah ini tepat diatas kode </body>
<b:include data='blog' name='google-analytics'/>
 f. Simpan template.

Sebenarnya kode di atas bisa saja anda letakan di atas kode </head> namun kurang efektif karena akan menggangu loading halaman, cara terbaik adalah dengan meletakannya tepat diatas kode </body> agar tidak memperlambat loading halaman blog karena kode google analytics baru akan di proses setelah halaman tampil seluruhnya.

2. Menggunakan Tracking Kode Google Analytics

 Jika anda menggunakan tracking kode javascript untuk mengintegrasikan blog anda dengan google analytics maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Silahkan kopi tracking kode javascript google analytics seperti terlihat pada gambar diatas.

tracking kode atau kode pelacakan google analytics

b. Masuk ke halaman utama akun blog anda.

c. Pada bilah menu sisi kiri pilih menu Template, kemudian tekan tombol Edit HTML untuk membuka editor template.

d. Tekan CTRL + F untuk mengaktifkan fasilitas pencarian.

e. Cari kode </body> kemudian letakan kode javascript tracking kode google analytics tepat diatas kode </body>

f. Simpan template.

Sebenarnya kode di atas bisa saja anda letakan di atas kode </head> namun kurang efektif karena akan menggangu loading halaman, cara terbaik adalah dengan meletakannya tepat diatas kode </body> agar tidak memperlambat loading halaman blog karena kode google analytics baru akan di proses setelah halaman tampil seluruhnya.

Untuk mengintegrasikan blog dengan google analytics anda bisa menggunakan kedua cara diatas jika blog anda kebetulan blog berflatform blogspot namun jika blog anda wordpress atau blog non-blogspot lainnya, anda bisa menggunakan tracking kode google analytics untuk mengintegrasikan blog anda dengan google analytics.

Itulah uraian tentang 2 Langkah Mudah Memperoleh Tracking Kode Google Analitic yang terhapus atau hilang dari blog yang sebelumnya terpasang. serta bagaimana cara memasang kode tersebut pada blogspot anda. semoga bermanfaat.