Untuk pengguna internet istilah HTTP juga  HTTPS barangkali bukanlah hal yang baru karena kedua istilah ini sering sekali kita lihat manakala kita mengakses halaman situs, ya apapun halaman situs yang kita akses, maka url halaman situs tersebut akan diawali dengan http:// atau https://. keduanya merupakan sebuah layanan protokol yang digunakan oleh web browser seperti mozila firefox, google chrome, microsoft edge dan web browser lainnya  untuk berkomunikasi antara komputer client dengan server melalui jaringan internet.

Baik http maupun https sebenarnya memiliki fungsi yang sama perbedaannya hanyalah terletak pada sisi keamanan, artinya HTTPS (hypertext transfer protocol Scure) lebih aman jika dibandingkan dengan http (hypertext transfer protocol), sehingga situs-situs yang menggunakan fitur tersebut akan terjamin keamanannya, karena data akan di encripsi terlebih dahulu sebelum data tersebut dikirim atau diterima antara client dan server.

aktifkan fitur https pada blogspot

Apakah blog perlu menggunakan Layanan HTTPS

Blog terutama blog berflatform blogspot memang secara default awalnya hanya menggunakan fitur http saja, menurut saya sudah cukup jika blog hanya digunakan untuk hanya sekedar berbagi artikel, beda halnya dengan situs yang khusus digunakan untuk bertransaksi secara online seperti situs perbankan dan situs situs semacamnya yang selalu melibatkan otorisasi  (user login) https akan sangat diperlukan, karena jika tidak user dan password yang digunakan bisa jadi akan mudah sekali disadap oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.

Jika kita menilik dari sisi seo https memang sudah menajadi salah satu faktor penentu peringkat halaman di hasil pencarian artinye fitur https memiliki andil untuk meningkatkan rangking halaman situs di hasil pencarian. sehingga blog dengan https akan sangat baik, selain bisa meningkatkan otoritas situs di mata pengunjung juga akan sangat baik di mata mesin pencari. namun setidaknya anda harus merogoh kocek untuk menggunakan layanan https pada situs anda.


Fitur HTTPS sudah tersedia di blog berflatform blogspot

Ada kabar gembira untuk pengguna blogspot, karena beberapa bulan yang lalu google baru saja menambahkan fitur baru blog berflatform blogspot yaitu fitur HTTPS, fitur tersebut sifatnya masih optional dan gratis, artinya anda bisa mengaktifkan fitur tersebut jika memang perlu danpa harus mengeluarkan biaya, anda juga bisa tidak mengaktifkannya jika memang belum perlu.

Saya sendiri beberapa bulan yang lalu pernah mengaktifkan fitir https ini pada blog saya ini, alasan utamanya karena fitur https sudah menjadi bagian dari google ranking faktor yang dapat mempengaruhi halaman situs dihasil pencarian, saya mengambil kesimpulan dengan blog menggunakan layanan https maka selain blog lebih aman, memiliki otoritas yang baik di mata pengunjung blog juga akan lebih seo.

Setelah mencoba beberapa bulan akhirnya saya memutuskan untuk tidak menggunakan https lagi, karena ternyata jika menggunakan fitur ini anda juga harus memaksimalkan fitur tersebut dengan memastikan juga bahwa sumber daya seperti sumber url gambar diambil, sumber daya yang menyusun halaman situs seperti script css, javascript juga harus dipastikan menggunakan https, jika tidak halaman tersebut meskipun menggunakan layanan https tetap belum bisa dikatakan aman.

awalnya saya memastikan dan mengupayakan bahwa setiap sumber daya situs menggunakan saluran aman, namun sayangnya setelah dicoba saya melihat tampilan blog ada yang tidak berfungsi dan beberapa widget terlihat acak-acakan, sebenarnya bisa saja diperbaiki, namun karena akan memakan waktu untuk memperbaikinya saya putuskan untuk kembali hanya menggunakan layanan http saja.

Di Awal april google resmi memberlakukan fitur https pada blogspot

Beberapa hari yang lalu saya melihat sebuah notifikasi baru ketika membuka tampilan halaman utama akun blogspot yang terlihat seperti gambar dibawah ini:

fitur-baru-https-di-blogspot


Bunyinya kurang lebih:
Hadir di akhir April!
Semua pengunjung akan dapat melihat blog domain Blogspot Anda melalui sambungan terenkripsi dengan mengunjungi https://<your-blog>.blogspot.com. Tautan dan bookmark yang ada ke blog Anda akan terus bekerja. Sebagai bagian dari perubahan ini, Ketersediaan HTTPS akan ditiadakan, dan blog Anda akan selalu memiliki versi HTTPS.
Saya yakin anda juga mendapatkan pesan serupa di akun blogspot anda.

Pesan tersebut menginformasikan bahwa di akhir april google memberlakukan fitur https untuk semua blog berflatform blogspot secara otomatis, sehingga blog anda akan bisa dilihat melalui sambunagan aman (https://), artinya ketika ada pengguna blog anda mengakses blog anda menggunakan https:// maka blog anda masih tetap bisa diakses.

sebelumnya saya pernah menyajikan bagaimana cara mengaktifkan fitur https pada blog, artikel tersebut disajikan karena memang beberapa bulan yang lalu penggunaan fitur https sifatnya masih optional (bisa digunakandan juga bisa tidak), jika ingin menggunakan fitur https pada blog maka anda harus mengaktifkan saluran aman tersebut di pengaturan blogspot, namun nanti di akhir april, mau tidak mau blog kita akan menggunakan fitur https secara otomatis tanpa harus melakukan seting.

Persiapan Apa yang harus kita lakukan?

Tentu dengan menggunakan https blog sebenarnya akan berkinerja lebih baik terutama di mata seo, namun kita harus memastikan bahwa fitur tersebut bekerja dengan baik untuk template blog yang kita gunakan, jangan sampai ketika ada pengunjung yang mengakses lewat saluran aman https, halaman blog tidak bisa bekerja dengan baik, seperti yang pernah saya alami, setelah mengaktifkan fitur https pada blog ada bebera link yang tidak berfungsi dan tidak bisa diklik sama sekali dan ada beberapa widget yang tampilannya menjadi acak-acakan. mungkin itu bisa saja terjadi pada blog anda. oleh karena itu beberapa hal harus kita lakukan:

- Cek blog anda menggunakan saluran aman (silahkan aktifkan fitur https yang lama di blog anda)
- Pastikan bahwa semua widget, link pada komentar bekerja dengan baik
- Maksimalkan penggunaan https pada blog anda (bisa dibaca: tips maksimalkan fitur https pada blog)
-cek juga tampilan mobile blog anda menggunakan https, pastikan tampilan dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Jika anda menemukan ada tampilan yang tidak dapat bekerja dengan baik ketika diakses melalui fitur HTTPS sebaiknya anda segera perbaiki.

Jika hal-hal diatas sudah anda pastikan bisa bekerja dengan baik, anda tidak perlu khawatir ketika fitur https diaktifkan oleh google di akhir april nanti.


Itulah barangkali artikel tentang Fitur Https blogspot akan aktif di awal april 2016, semoga bisa menambah wawasan anda.