Salah satu faktor yang paling dominan untuk mendapatkan penghasilan google adsense dalam jumlah yang cukup besar adalah faktor jumlah visitor, jumlah click iklan dan nilai CPC (Cost per click) atau BPK (biaya per-click), khusus untuk masalah nilai CPC, nilai CPC untuk setiap iklan memang bermacam-macam sangat dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya mungkin saja adalah niche dari blog yang anda sajikan, kualitas artikel, asal visitor yang melakukan klik iklan, bahasa blog, sumber trafik berasal dan lain sebagainya, google memang tidak secara spesifik menyebutkan hal-hal apa saja yang bisa meningkatkan dan menurunkan CPC, namun terkadang, kalau kita amati CPC selalu turun naik, terkadang turun dan terkadang bisa naik.

Untuk memastikan bahwa cara yang kita tempuh adalah cara yang paling tepat untuk mendapatkan cpc terbaik dari iklan google adsense, maka dibutuhkan sebuah eksperimen sederhana untuk menguji nilai CPC untuk iklan google adsense yang kita pasang di blog kita.

4 Eksperimen untuk meningkatkan nilai CPC google adsense
 Eksperimen meningkatkan nilai cpc google adsense

Beberapa eksperimen pernah saya coba, dan mungkin saja eksperimen berikut bisa juga anda coba siapa tau berhasil untuk meningkatkan nilai cpc google adsnse.

Experimen yang pernah saya coba untuk Meningkatkan Nilai CPC (BPK) Google AdSense

berikut adalah beberapa eksperimen sederhana untuk meningkatkan nilai cpc google adsense yang pernah saya coba:

1. Konten Kaya Vs Konten Miskin

Konten blog bisa disajikan sangat sederhana dan juga detail, konten sederhana saya anggap saja konten dengan jumlah kata tidak lebih dari 400 kata, sedangkan konten detail jumlah kata lebih besar dari 800 kata.

Setelah saya meletakan iklan di kedua blog tersebut dengan jumlah iklan dan jenis serta penempatan iklan yang sama, saya mendapatkan kesimpulan, bahwa iklan yang diletakan di konten blog yang miskin kata, CPC nya cendrung kecil 0.04$ - 0.08$ per-click.

Sedangkan iklan yang diletakan di blog pada artikel dengan jumlah kata yang cukup panjang-panjang, rata-rata nilai CPC yang didapatkan ada di kisaran 0.1X$

Saya mendapatkan kesimpulan, bahwa untuk mendapatkan nilai CPC yang lebih baik, salah satu caranya adalah dengan menyajikan artikel yang cukup detail dan jumlah kata yang cukup banyak.

Ini mungkin berbeda untuk blog anda bisa jadi cpc iklan adsense di blog anda cukup baik meskipun jumlah kata di setiap konten sedikit,  ini hanya sebatas eksperimen yang belum pasti benar dan salahnya karena hanya pihak google dan advertiser yang tau berapa nilai CPC sebenarnya untuk tiap iklan mereka, namun tips ini bisa anda coba dan buktikan sendiri.

2. Sumber Trafik : Organik Vs Non-Organik 

Sumber trafik organik adalah trafik yang berasal dari mesin pencari terutama google, sedangkan sumber trafik non-organik adalah trafik yang bersumber bukan dari mesin pencari google, salah satu contoh trafik non-organik diantaranya adalah, trafik dari media sosial seperti facebook, twitter dan media sosial lainnya.

Untuk blog saya, dulu sekali saya pernah mengaitkan blog dengan Fanspage Facebook, sehingga setiap menerbitkan artikel di blog, maka postingan akan ikut terbit juga di fanspage secara otomatis, saya mengaitkan blog dengan fanspage facebook tujuannya adalah agar trafik bisa bertambah terutama ada tambahan trafik dari media sosial tersebut, sempat berjalan beberapa bulan, dan memang terbukti beberapa bulan dipasang  terdeteksi cukup banyak trafik yang datang dari facebook.

Meskinpun trend trafik blog semakin baik, ternyata ada sisi buruknya,seiring waktu saya mengamati nilai CPC google adsense semakin kecil, dari awalnya rata-rata 0.1x, ternyata setelah pasang fanspage, nilai CPC rata-rata cendrung menurun, ada di kisaran  0.04$ - 0.05$ kebanyakan  di kisaran 0.05$. saya menyadari pasti ada sesuatu yang salah dengan blog saya.

Salah satu yang saya soroti adalah karena adanya fanspage facebook yang aktif, sehingga ada banyak sumber trafik yang berasal dari facebook, dan kemungkinan dugaan saya ini yang menyebabkan CPC semakin kecil,  akhirnya saya mencoba menonaktifkan fanspage facebook, kemudian menghilangkan widget like facebook di blog, dan ternyata CPC kembali normal, ini salah satu alasan saya tidak masang fanspage facebook di blog saya yang satu ini dan juga di blog-blog lainnya.

Barangkali mungkin saja hasilnya bisa berbeda jika diterapkan di blog anda, mungkin saja nilai cpc anda normal dan terbilang besar meskipun sudah share ke facebook, ini bukan harga mutlak, karena sekali lagi, semuanya masih praduga, namun cara ini bisa anda coba jike kebetulan nilai CPC anda kecil dan kondisinya sama seperti apa yang pernah saya alami.

Saya mendapatkan kesimpulan ternyata jika sumber trafik terkontaminasi dari media sosial terutama facebook sangat berpengaruh terhadap nilai CPC yang cendrung mengecil, ini hanya untuk kasus pada blog saya, mungkin pada blog anda bisa saja berbeda pengaruhnya.

3. Lokasi Tata letak iklan Adsense terhadap jumlah click iklan dan nilai CPC

Dari awal saya suka sekali dengan penempatan iklan menggunakan 3 jenis iklan konten, dengan lokasi, satu di bawah judul samping artikel (250x300), yang ke dua, di bawah akhir artikel postingan (280x300) dan yang ke 3 iklan di sidebar dengan ukuran 300 x 600, pemasangan iklan seperti itu terutama untuk blog saya pribadi adalah pemasangan paling baik yang sangat berpengaruh terhadap CPC, karena dari awal saya pasang google adsense tata letak pemasangan iklan seperti itulah yang menurut saya memberikan pengaruh baik terhadap nilai CPC.

Jumlah klik paling banyak adalah iklan yang diletakan di bawah judul, yang kedua di bawah artikel dan yang ketiga iklan di samping artikel postingan.

Dengan Visitor yang awalnya normal dan baik-baik saja, CPC yang normal di kisaran minimal rata-rata 0.1x, sampai pada akhirnya saya mendapatkan peringatan penalti dari google harus menghapus atau tidak menampilkan iklan di 4 artikel, jika tidak maka kemungkinan besar akan terkena penalti tingkat konten yang bisa menyebabkan dibannednya blog sehingga tidak menampilkan iklan adsense.

Karena khawatir, saya memilih cara aman dengan menghapus konten-konten yang dianggap melanggar tersebut, akhirnya konten dihapus dan yang terjadi berikutnya adalah banyak sekali ditemukan page not found yang dilaporkan oleh google search console, sehingga mengharuskan saya untuk menghapus pengindekan secara manual.

Yang terjadi berikutnya adalah visitor turun drastis di bulan kedua setelah penghapusan, hampir kehilangan 8-10k visitor perhari versi histats, dan apa yang terjadi selanjutnya adalah klik benar-benar menurun drastis. sehingga sangat berpengaruh sekali terhadap pendapatan adsense.

Akhirnya saya mencari cara untuk bangkit kembali dari keterpurukan, salah satu caranya adalah merombak susunan tata letak dan jumlah iklan.

Akhirnya saya putuskan untuk meletakan satu iklan tautan di tengah artikel, dan terbukti iklan tautan yang diletakan ditengah artikel mampu meningkatkan jumlah klik 30-50%. namun CPC kecil.

Saya mendapatkan kesimpulan bahwa salah satu untuk meningkatkan jumlah klik terhadap iklan adalah jangan lewatkan untuk meletakan iklan tautan di tengah artikel, mungkin bisa anda coba siapa tau efeknya sama. namun nilai CPC menjadi kecil (ntah masih musim CPC kecil atau memang mengecil) saya masih mengamati untuk masalah ini.

4. Sahare Konten Otomatis ke Google+ Vs nilai CPC

Share otomatis ke google+ sring saya lakukan dampaknya banyak sekali visitor yang bersumber dari google+ apalagi ditambah dengan folower yang banyak tentu potensi mendapatkan pengunjung dari google + akan semakin banyak, beberapa kali saya share ke google + secara otomatis (bukan share manual) ternyata tidak mempengaruhi nilai CPC, nilai CPC cendrung normal.

Saya memiliki kesimpulan sementara, bahwa sahare otomatis ke google+ dan sumber trafik dari google plush tidak mempengaruhi nilai CPC.


Memang banyak sekali faktor-faktor yang bisa memperkecil nilai CPC salah satunya adalah smart pricing, mesin pintar google yang membuat nilai cpc secara otomatis mengecil manakala terjadi tindakan curang pada google adsense, seperti misalnya bom click dan tindakan yang terdeteksi sebagai tindakancurang.

Kesimpulan

Apapun eksperimen yang saya lakukan belum tentu bisa berdampak sama pada blog anda, namun saya pribadi menyimpulkan terutama untuk blog saya pribadi bahwa, untuk mendapatkan nilai CPC terbaik,  maka upaya yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

a. Menyajikan konten berkualitas dan berbobot serta informatif

b.  Jangan terlalu banyak share ke facebook apalagi secara manual, untuk kasus saya pribadi ternyata dapat memperkecil nilai CPC.

d. Penempatan iklan dalam jumlah banyak ternyata ikut mempengaruhi nilai CPC yang cendrung semakin kecil, namun jumlah klik menjadi banyak, sedangkan iklan yang dipasang semakin sedikit, maka nilai CPC justru cendrung meningkat, namun jumlah klick sedikit, jika anda tertarik dengan cara ini anda bisa memilih yang menurut anda lebih menguntungkan.

Artikel Menarik Lainnya: 2 Langkah Mudah Upgrage google adsense hosted menjadi non-hosted

Demikian artikel mengenai 3 eksperimen yang pernah saya lakukan untuk meningkatkan nilai CPC google adsense. semoga bermanfaat.

23 komentar:

  1. Wah, kalau begitu bagaimana dengan blog yang rame dengan widget sosial medianya kang? seperti widget Fan page, Twitter, instagram, Flickr, dll.
    Apakah dapat juga mengurangi CPC itu juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kesimpulan saya sampai saat ini, pemasangan widget bisa mengundang banyak visitor dari medsos, dan apa yang saya amati banyaknya pengunjung visitor dari media sosial bisa menurunkan nilai CPC di blog saya, mungkin saja tidak berlaku untuk blog lain, ntahlah. agan bisa bereksperimen

      Delete
  2. Hallo mas Didin, menurut pengalaman saya, iklan adsense yang diletakkan di awal setelah judul dengan di akhir artikel sangat efektif mengundang banyak klik (ukuran 300x250, cocok untuk mobile). Termasuk iklan link juga bagus diletakan di konten. Oh iya saya mau tanya ke mas Didin, saya heran melihat di halaman homepage blog anda kok ada iklan adsense yang letaknya di atas dan di bawah dari barisan judul2 postingan terbaru, itu cara buatnya gimana? pengaturan di HTML template blogspotnya gimana yah? bisa buat tutorialnya gak mas? pengen coba yang kayak gitu, sebab pas saya buka artikel mas didin, iklan sudah tampil berbeda juga di bagian kontennya (jadi ukuran 300x250 yakni di setelah judul artikl dan di akhir artike...heran saya..hehe, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu pake kondisional mas, jadi iklan di homepage, artikel juga di mobile berbeda posisi dan juga jenis iklannya, Ok Nanti saya akan coba buat tuturialnya

      Delete
  3. Saya setuju dengan kesimpulan anda point "d", pengalamannya sama persis dan itu benar nyata...termasuk pembahasan tentang konten kaya vs konten miskin, dan saya setuju konten yang kaya teks maka cenderung nilai CPC-nya tinggi bahkan 1 klik bisa di atas 5K, 10K, dan lain sebagainya, ini pengalaman saya mas...hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip mas, hasilnya memotivasi kita untuk membuat konten yang berbobot memberikan manfaat dan informatif untuk pengunjung

      Delete
  4. maaf saya pemula kang, ada 2 pertanyaan..
    1. itu di poin 3, sampean dapat peringatan dari google untuk menghapus/tidak menampilkan iklan di 4 artikel, itu knp mas? yang gak diperbolehkan dipasangi iklan di posisi mana?

    2. 3bulan yang lalu saya daftarin blog.blogspot.com ke GA lewat menu earning, hasilnya ditolak, kemudian blog tersebut saya upgrade ke TLD dan 3hari yang lalu saya daftarin lagi lewat menu earning, tapi koq iklan gak muncul? terus gak ada email apapun dari GA, kenapa itu mas? dan yang saya heran akun GAnya masih ada tulisan hosted, apakah nanti setelah diterima otomatis jadi non hosted atau gmn?

    Terima kasih mas.. maaf kalo sampean bingung, saya juga nulisnya bingung. hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Iya saya dapat email peringatan dari google untuk tidak menampilkan iklan di artikel tersebut atau menghapus artikel tersebut, dan juga ada notifikasi di akun adsennya dikasih tenggat waktu 3 x 24 jam untuk segera mengambil tindakan.
      Saya pilih cara aman dengan menghapusnya...efeknya di awal page not found, cpc anjlok dan juga visitor turun drastis.

      ada blog download yang dianggap melanggar kebijakan sebagian lagi terdeteksi mengandung link ke blog xxxx (dari nama comentator),tidak termoderasi dengan baik.

      2. Akan ada pemberitahuan untuk memasang iklan dan agan bisa mengakses akun adsense itu berarti lolos review1, iklan harus dipasang untuk ke review2, iklan akan blank sampai benar-benar mendapatkan keputusan full approve yang dikirim via email. jika diterima iklan akan tampil, ya..daftar melalui situs TLD akun adsense akan non-hosted, label hosted account akan hilang.

      Delete
  5. nilai cpc 0,1/clickuntukkonten blog yang bahas apa om ?
    kalau untukblog bahasa indonesia nilai cpc tertinggi berapa ya?
    saya belum adaakun adsense maklumpemula lgi berusaha bangun blog...

    ReplyDelete
    Replies
    1. o.o1 biasanya terkena smart pricing gan jika dalam waktu yang lama nilai CPC sangat kecil. menurut saya bukan masalah niche blognya gan, apapun niche blognya selama tidak melanggar kebijkan adsense akan memiliki peluang mendapakan CPC baik jika artikelnya informatif.

      Artikel asal-asalan jumlah kata sangat singkat dan pengunjung non-organik bisa memperkecil nilai CPC adsense.

      Delete
  6. Dapat masukan baru nih. Saya kurang memahami strategi mengenai besar kecilnya nilai iklan.

    3 bulan kemarin saya memang menggunakan facebook sebagai salah satu sumber trafik. Akhirnya pendapatan sangat kecil. Turun 30%.

    Saya baru tahu kalau traffik dari sosmed berdampak negatif.

    Mungkin perlu adanya riset kecil mengenai dampak visitor dari sosmed...bagaimana dengan agan lainnya? Sharing di sini akan sangat membantu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Riset sangat diperlukan gan, terutama ketika cpc tiba-tiba mengecil secara konstan, tapi kadang kecilnya nilai CPC bisa saja lagi musimnya.
      intinya ketika CPC kecil melakukan perbandingan dengan blogger lain jika memang sama-sama mengecil itu artinya lagi musim, jika hanya cpc blog kita yang mengecil maka harus mereview terhadap apa yang sudah kita lakukan, salah satunya misal share berlebihan di sosmed, coba hentikan dan lihat kembali CPC jika mulai membaik berarti sumbernya bisa jadi dari sana.

      Delete
  7. Maaf mas saya masih newbie, caranya melihat laporan CPC dimana ya? di akun adsense saya yang ada cuma laporan page view, tayangan, klik, rpm, pps, tampilan aktif, dan taksiran pendapatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Instal google adsense for mobile gan, bisa didwonload di play store, informasi lebih mudah dan simple.

      Delete
  8. Ulasan yang Menarik..
    Yang di Maksud Iklan ulasan di tengah artikel apakah iklan link text ya bos?

    saya coba ganti banner 250 x 300 apakah berpengaruh ya.
    terima kasih, mohon masukannya : strategi123,com

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di blog ini ya benar bos.

      tidak masalah bisa dipasang untuk jenis iklan apa saja bos

      Delete
  9. Kayaknya harus di coba ni eksperimen dari mas didin, biar CpC saya sama dengan mas didin heheheheh

    ReplyDelete
  10. Keren artikelnya mas Didin, bisa buat referensi.

    Maaf mas, minta sarannya blog saya cpc lumayan cukup karena dikisaran 0.08-0.10 tapi jumlah klik kok masih dikit yah, padahal traffic di kisaran 1500-2000 pv.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tingkatkan trafiknya lagi gan, minimal 4.000 perhari dan perhatikan peletakan iklan dengan memilih lokasi-lokasi yang banyak mendapatkan perhatian pengunjung

      Delete
  11. Mas mau nanya dong maksudnya menonaktifkan fanspage facebook gmn ya? apakah mksdnya stop share artikel di fanspage?
    Soalnya cpc ane kecil bgt nih mirisss :(

    ReplyDelete
  12. Assalamualaikum !! mau nanya ga !! pengunjung saya rata-rata 7000 an perhari. sekarang klik uah sampe 70-an. tapi kok nilai cpc rata-rata 300 rupiah..... !

    minta solusi gan !! kalau bisa,,, lihat blog saya gan,, bantu donnggg .. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikum salam, Blognya yang lirik lagu ya mas?
      7.000 menggunakan google analitic atau histats ? seharusnya visitor degan jumlah segitu bisa dapat 200 klik jika posisi iklan strategis.

      Nilai cpc kadang bisa dipengerahi nicehe atau topik blog, bisa juga karena artikelnya terlalu singkat.

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!