Pada artikel kali ini saya akan coba menguraikan tentang panduan cara menggunakan email untuk email Google dan juga Email Yahoo yang khusus diperuntukan untuk anda sebagai pemula yang baru mengenal dan menggunakan email,

Untuk sebagian netizen penggunaan email memanglah bukan hal baru, mereka benar-benar sangat memahami dari mulai daftar sampai cara menggunakannya, namun untuk anda yang kebetulan baru pemula terutama yang baru mengenal email, saya yakin akan sedikit bingung bahkan mungkin anda akan menemukan kesulitan bagaimana harus memulai,  dikarenakan baru pertama kali menggunakan email 

Saya sengaja menyajikan artikel ini hanya untuk membantu anda yang kebetulan masih pemula atau baru pertama kali berinteraksi dengan email dan ingin pintar menggunakan email untuk kebutuhan online anda. sehingga dengan membaca artikel ini anda akan mampu memahami fungsi email juga fasilitas yang bisa digunakan di email baik itu email google (gmail) maupun email yahoo (ymail).

MENGENAL APA ITU EMAIL?

Untuk permulaan agar anda paham cara menggunakan email, saya akan jelaskan sedikit mengenai apasih sebenarnya fungsi dari email itu?,

Untuk lebih memahami, bayangkan saja email adalah alamat surat atau kotak surat layaknya kantor pos milik anda sendiri dan sifatnya virtual (tidak nampak wujudnya) yang bisa digunakan untuk media saling mengirim dan juga menerima surat elektronik melalui internet secara online, email tidak terbata  waktu dan tempat, artinya anda bisa mengirim atau menerima surat kapanpun dan dimanapun selama ada jaringan internet.

Seiring perkembangannya saat ini, fungsi email bukan hanya digunakan untuk mengirim surat saja, namun bisa juga digunakan untuk mengirim data berupa file-file komputer,  baik itu berupa file gambar maupun file-file dokumen komputer secara cepat.

Beberapa fungsi Email:

 Berikut adalah beberapa fungsi dari email yang bisa anda gunakan:

a. Mengirim Surat elektronik secara online melalui jaringan internet
b. Mengirim surat dan juga data (msal file-file tugas, dokumen, lamaran pekerjaan dll), secara cepat
c. Biasanya selalu digunakan sebagai data untuk administrasi online (misal daftar facebook, twitter, BBM, dan situs-situs lanya)

Beberapa Istilah Umum dalam Email

Ada beberapa istilah yang sering dilibatkan ketika kita menggunakan email, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Mengirim Email,

b. Menerima Email

c. Attachment (menyertakan berkas), fasilitas untuk menyertakan berkas di email anda berupa file seperti dokumen ms word, gambar dll.

d. Forward atau teruskan, meneruskan email, jika email yang anda terima ingin anda teruskan ke orang ketiga, anda tidak harus menuliskannya kembali cukup menggunakan fasilitas forward, maka orang yang dituju akan menerima email sama dengan isi email yang anda terima.

d. Reply atau balas, digunakan untuk membalas email yang anda terima, balasan akan langsung dirikim ke alamat si pengirim email tersebut.

Syarat Menggunakan Email

 Salah satu syarat agar anda bisa menggunakan email adalah anda harus memiliki akun email terlebih dahulu, ada banyak sekali situs-situs penyedia layanan email gratis yang bisa anda gunakan, yang terpopuler diantaranya adalah email google  (gmail) dan email yahoo (ymail), kedua layanan email tersebut adalah gratis selamanya serta paling populer didunia.

Jika anda kebetulan belum memiliki email saya sarankan anda membuat di salah satu layanan situs penyedia email diatas.

Setelah anda daftar dan berhasil membuat email anda akan memiliki alamat email dan juga passwordnya, alamat email dan password akan digunakan untuk masuk ke akun email anda ketika anda menerima atau ingin mengirim surat.

Jika anda membuat email di yahoo maka alamat email anda akan berakhiran @yahoo.com atau @yahoo.co.id, sedangkan jika anda membuat email di google mail, maka alamat email anda biasanya akan berakhiran @gmail.com.

Password email harus anda rahasiakan, namun alamat email bisa anda sebar ke kolega teman atau pihak lain yang membutuhkannya manakala anda ingin saling kirim mengirim email.

Jika anda ditanya email anda maka yang harus anda berikan adalah alamat emailnya saja, jangan sekali-kali memberikan passwordnya karena untuk password cukup hanya anda saja yang tau.

# PANDUAN MENGGUNAKAN EMAIL

Setelah anda mengatahui fungsinya dan anda sudah memiliki akun email, sekarang saya akan uraikan bagaimana cara menggunakan email, apapun email yang anda miliki sebenarnya cara penggunaanya tidak jauh berbeda.

A. Cara Menggunakan Email Google (GMail)

Cara menggunakan email gmail

Email google lebih dikenal dengan gmail atau google mail, ini adalah jenis layanan email milik google yang sifatnya gratis, bisa anda gunakan sampai kapanpun tanpa dipungut biaya, alamat email google biasanya berakhiran @gmail.com, misalnya nama_email_kamu@gmail.com.

Agar anda bisa berinteraksi dan menggunakan email google anda harus memiliki akun email google terlebih dahulu , untuk referensi cara membuatnya silahkan anda  baca: cara membuat email gmail terbaru.

Jika anda sudah memiliki akun gmail, maka langkah-langkah untuk menggunakan fasilitas email gmail anda adalah sebagai berikut:

1. Mengirim Email menggunakan google mail (GMail)

Untuk mengirim Email anda harus tau alamat email tujuan, tidak harus alamat email gmail anda juga bisa mengirim dari email gmail ke email yahoo dan email lainnya, yang anda butuhkan adalah alamat email sipenerima.

Langkah-langkah untuk mengirim email di gmail adalah sebagai berikut:

a. Bukan situs gmail, (mail.google.com) atau langsung ke halaman login gmail

b. Silahkan anda login dengan memasukan alamat email anda dan juga passwordnya.

c. Setelah halaman akun email anda terbuka, silahkan anda klik tombol Tulis yang terletak di sebelah kiri

cara-mengirim-email

Anda akan disajikan fasiltias untuk menulis email Anda seperti gambar dibawah ini:

cara mengirim email gmail

Silahkan isi data yang diminta:

Penerima: Isi dengan alamat email tujuan
Subject: Isi dengan judul email anda, misal anda ingin mengirim email tugas, isi judulnya misalkan Tugas atau silahkan anda sesuaikan dengan maksud anda mengirim email.
Isi Email:
Silahkan anda isi (ketik) isi email anda pada kotak ruang kosong di bawah subject,

#Apakah saya bisa menyertakan Data File ?
Jika email yang anda kirim ingin menyertakan data berupa file , file tugas, lamaran pekerjaan, dokumen ms office, gambar, foto atau data file lainnya, silahkan tekan tombol gambar penitih, seperti yang ditunjuk panah merah pada gambar diatas.

Anda akan diminta untuk memilih file dari komputer anda yang ingin anda kirimkan beserta email anda, silahkan anda pilih data file yang anda maksud. tunggu proses upload sampai selesai.

Jika data email yang anda kirimkan sudah benar, kemudian tekan tombol Kirim, untuk mengirmkan email anda.

Sampai tahap tersebut berarti anda sudah berhasil mengirim email menggunakan gmail.

2. Menerima Email (Membaca) email Google Mail

Untuk memaca email yang anda terima ke email gmail anda langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
a. Silahkan anda login ke akun email gmail anda
b. Setelah login silahkan anda tekan menu kotak masuk, akan terlihat seperti gambar dibawah ini:

Cara Membaca email masuk gmail

Anda akan melihat daftar email masuk seperti terlihat pada gambar diatas, di gmail email yang anda terima akan dikategorikan menjadi 3 kategori, Utama, Sosial dan Promosi,
Klik Tulisan Utama, untuk menerima email yang sifatnya umum
Klik tombol Sosial untuk melihat daftar email yang dikirim dari media sosial seperti faceook, twitter dll.
Klik tombol Promosi, untuk melihat email yang sifatnya promosi.

Jika anda menerima email dari teman, sahabat, keluarga yang sifatnya umum, klik saja di tombol utama, anda akan melihat email masuk dari teman anda.

Jika anda sudah menemukan email yang anda maksud, silahkan anda klik pada baris tulisan email tersebut, untuk membukanya, maka akan terbuka isi email yang anda terima, tampilannya kurang lebih akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini:

Cara membalas email gmail

3. Membalas Email Gmail yang saya terima?

Adakalanya setelah membuka dan membaca email yang anda terima di gmail, terkadang anda ingin membalasnya, jika anda bermaksud ingin membalas email gmal yang sudah anda terima dan sudah anda baca, anda akan melihat tombol balas di sebelah pojik atas kanan seperti terlihat pada gambar di bawah ini, silahkan tekan tombol balas tersebut


Akan ditampilkan fasilitas seperti halnya anda ingin mengirim email namun anda tidak harus memasukan lagi alamat tujuan, anda cukup mengisinya saja.

 4. Melakukan Forward (meneruskan) Email yang anda terima

Email yang anda terima terkadang ingin  diteruskan ke pihak tertentu agar pihak tersebut bisa membaca juga email yang anda terima, untuk melakukan ini, silahkan anda cari tombol atau link pada email yang anda terima yang sedang anda baca, tekan tomblo tersebut, anda akan diminta untuk memasukan alamat email tujuan, slahkan anda isi alamat email yang akan menerima pesan yang anda teruskan tersebut.

Sampai langkah diatas, anda sudah bisa menggunakan email gmail.

B. Panduan Menggunakan Email Yahoo (YMail) 

Cara menggunakan email yahoo

Email yahoo atau lebih dikenal dengan yahoo mail atau ymail adalah layanan email gratis yang disediakan oleh perusahaan internet yahoo, akun email yang anda buat di yahoo mail akan memiliki alamat dengan akhiran @yahoo.com, atau @yahoo.co.id.

Agar anda bisa menggunakan fasilitas yang terdapat di email yahoo, anda harus membuat akun email yahoo terlebih dahulu, sebagai panduan anda bisa baca: cara membuat email yahoo terbaru

Langkah-langkah untuk menggunakan fasiitas yang terdapat di email yahoo adalah sebagai berikut:

1. Mengirim Email menggunakan email Yahoo (Ymail)

Seperti halnya email google, melalui email yahoo anda bisa mengirim email ke berbagai layanan email berbeda, baik itu antar sesama email yahoo atau email lainnya, ingat untuk mengirim email anda harus tau alamat email tujuan, adapun langkah-langkah untuk mengirim email yahoo adalah sebagai berikut:

a. Masuk ke halaman utama email yahoo.
b. Silahkan anda login menggunakan alamat email yahoo anda dan juga passwordnya.
c. Setelah anda berhasil masuk, untuk menulis email anda bisa klik tombol tulis, yang terletak di sebelah pojok kiri atas. terlihat seperti gambar di bawah ini:

cara mengirim email yahoo (ymail)

maka akan terbuka fasiltias untuk menulis email, seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Menggunakan ymail untuk mengirim pesan

Data yang harus anda isi adalah sebagai berikut:

Ke : Silahkan anda isi dengan alamat email tujuan
Judul : Isi dengan judul pesan email anda
Isi: Silahkan ketikan isi email anda

Attachment:
Jika email anda ingin disertai berkas berupa file dokument atau gambar atau foto, anda bisa klik gambar pentih seperti yang ditunjuk gambar arah panas pada gambar diatas. silahkan anda klik icon tersebut kemudian filih file di komputer anda yang ingin anda sertakan di pesan email anda.

Jika data yang diminta sudah diisi, tekan tombol Kirim untuk mengirimkan pesan email anda.

2. Membaca email yahoo yang anda terima.

Jika anda kebetulan menggunakan email yahoo anda untuk menerima email dari pihak lain, maka langkah-langkah untuk membuka dan membaca email yang anda terima adalah sebagai berikut:

Menggunakan YMail untuk membuka dan membaca pesan

Kemudian pada daftar email, silahkan pilih baris email yang ingin anda baca kemudian klik untuk membuka isi pesan email yang anda terima, anda akan disajikan tampilan isi pesan email anda.

3. Membalas Email Yahoo yang anda terima

Adakalanya ketika email anda buka dan anda baca, anda ingin membalasnya ke email si pengirim, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Untuk membalasnya silahkan anda buka dulu pesan email yang anda terima kemudian scroll kebawah, dibagian bawah silahkan anda tekan tulisan "Balas", terlihat seperti gambar di bawah ini:

membalas pesan email yahoo

Anda akan disajikan fasilitas yang sama dengan ketika anda menulis email, namun anda tidak harus mengisi alamat tujuan dan judul, karena sudah terisi secara otomatis.

4. Forward atau Meneruskan Email

Untuk meneruskan pesan email yahoo yang anda baca ke orang lain, langkahnya hampir sama dengan membalas email yahoo, namun link atau tombol yang anda tekan adalah teruskan, anda akan diminta untuk memasukan alamat email tujuan kemana pesan tersebut akan diteruskan.


Itulah beberapa panduan yang bisa anda jadikan referensi untuk menggunakan email, baik itu email yahoo (ymail), maupun email google (gmail), semoga bermanfaat.