Cara memidahkan blog berflatform blogspot ke akun email gmail berbeda lainnya sebenarnya sangat mudah sekali dan fasilitasnya sudah disediakan di akun blogspot yang bersangkutan, namun tidak sedikit para blogger khususnya blogger pemula yang tidak tau bagaimana memprosesnya. Sebelum kita bahas secara detail bagaimana cara memindahkan blog ke akun email gmail lain untuk tujuan apapun, saya akan ulas sedikit mengenai kelebihan blogspot.

Sebenarnya ada banya sekali kelebihan blogspot jika dibanding dengan penyedia blog lainnya, salah satunya adalah kita bisa membuat banyak blog dalam satu akun, bahkan menurut google sendiri kita diberi kesempatan  bisa membuat sampai 500 blog dalam 1 akun,  dan setiap akun hanya membutuhkan satu akun email saja untuk login, oleh karena itu jika ingin membuat 1.000 blog maka cukup kita memiliki 2 akun dengan 2 email gmail berbeda, begitu seterusnya.

Cara mudah memindahkan blog ke akun gmail lain
 
#Bagaimana apakah blog-blog yang sudah kita buat dalam satu akun bisa dipisahkan atau dialihkan ke akun email berbeda lainnya? 

Blogspot sudah sangat profesional, apapun yang berkaitan dengan pengaturan blog sudah disediakan, jadi  kita tidak perlu khawatir, meskipun blog-blog yang kita buat dalam satu akun blogger, blog-blog tersebut masih bisa kita pindahkan atau alihkan ke akun email berbeda lainnya untuk tujuan tertentu jika itu memang diperlukan.

ALASAN MEMINDAHKAN BLOG KE AKUN EMAIL BERBEDA?

Ada beberapa alasan kenapa blog perlu di alihkan atau dipindahkan ke akun email gmail lainnya, diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Blog ingin anda jual

Jika anda ingin menjual blog sementara blog masih satu akun dengan blog anda lainnya maka caranya adalah mengganti alamat email admin untuk blog yang dijual tersebut dengan alamat email si pembeli blog tersebut, caranya menambah email pembeli, kemudian merubah email pembeli sebagai admin dan menghapus anda sebagai admin dari blog tersebut, secara otomatis anda sudah melakukan transfer blog ke sipembeli menggunakan email.

b. Blog ingin terpisah dari blog lainnya

Alasan berikutnya adalah mungkin anda ingin memisahkan blog anda yang sebelumnya satu akun dengan blog lainnya, salah satu tujuannya untuk mengantisifasi hal-hal yang merugian, dan dikhawatirkan berdampak ke semua blog anda, oleh karena itu agar semua blog dalam akun blogger tersebut tidak ikut terkena imbas, maka anda melakukan transfer ke akun email berbeda lainnya.

c. Anda ingin memberikan blog anda ke teman Anda

Terkadang karena alasan blognya terlalu banyak dan tidak terurus ada beberapa blogger yang memutuskan membagikan blognya ke teman atau blogger lain yang membutuhkannya, caranya adalah dengan mengganti email admin untuk blog tersebut.


CARA MEMINDAHKAN BLOG KE AKUN EMAIL BERBEDA?

Langkah-langkah untuk memindahkan email blog ke akun email lain adalah sebagai berikut:

a. Masuk ke akun bloganda.

b. silahkan pilih dan klik pada salah satu blog anda untuk diaktifkan.

c. Pada bilah menu sisi kiri, silahkan pilih Setelan atau Setting > kemudian pilih dasar atau basic. terlihat seperti gambar dibawah ini:

cara memindahkan blog ke akun email lain

d. Pada Pengaturan Izin di sebelah kanan, silahkan klik link Tambahkan Pengarang, kemudian silahkan anda masukan alamat email:
  • Isi dengan email si pembeli blog anda jika anda bermaksud menjualnya, atau
  • Isi dengan email anda lainnya jika anda ingin membuat blog tersebut terpisah, atau
  • Isi dengan email atau email penulis jika anda ingin melibatkan penulis di blog anda.
Sebagai contoh saya masukan gondewa5@gmail.com, seperti terlihat pada gambar dibawah ini:
cara transfer blog ke email lain

Kemudian silahkan anda klik tombol Undang Pengarang, terlihat seperti gambar diatas.

Undangan akan dikirim ke alamat email yang anda tambahkan tersebut untuk di konfirmasi,  terlihat seperti gambar dibawah ini:

Mengundang penulis tamu ke blog


Jika undangan di konfirmasi oleh si pemilik email, maka alamat email akan ditambahkan pada daftar email pengarang blog diatas, seperti terlihat pada gambar dibawah ini:




e.  Silahkan ganti pengarang menjadi admin, kemudian silahkan anda hapus admin sebelumnya dengan menekan tombol silang, akan terlihat seperti gambar dibawah ini:

memindahkan blog ke akun gmail lain

 dengan menghapus admin sebelumnya, maka secara otomatis blog tersebut akan beralih kepemilikan ke email yang kita masukan (contoh diatas yaitu: gondewa5@gmail.com)

Sampai tahap diatas berarti anda sudah berhasil memindahkan blog  atau transfer blog ke email lain, baik untuk dijual, diberikan ke orang lain atau di pindahkan ke email anda lainnya agar terpisah.

Kesimpulan

Cara memindahkan blogspot dari akun satu ke akun lainnya memang sangat mudah bukan, anda bisa mencobanya jika kebetulan anda ingin menjual blog anda, atau memisahkan blog anda, jika kebetulan anda memiliki lebih dari satu blog dalam satu akun.

demikian artikel sederhana tentang cara mudah memindahkan blog ke akun gmail lain, semoga bermanfaat.