Salah satu faktor yang sampai saat ini masih mempengaruhi rangking halaman situs dihasil pencarian mesin pencari (SERP atau search enggine result page) adalah peranan backlink. backlink bisa di umpamakan sebagai salah satu faktor yang memberikan vote terhadap situs yang dirujuknya bahwa situs tersebut pantas untuk mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian, memang banyak sekali cara untuk membangun backlink (link building) semuanya beresiko jika tidak dilakukan secara hati-hati.

Untuk saat ini dikenal 2 teknik cara membangun backlink yaitu teknik blackhat dan whitehat, teknik blackhat yaitu teknik membangun backlink dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan kebijakan google webmaster guideline, teknik ini sangat beresiko jika sering dilakukan maka potensinya bukan memberikan keuntungan terhadap blog namun bisa membuat blog mendapatkan penalty bahkan blog bisa dihapus dari peredaran dunia maya atau blog tidak lagi diindex oleh mesin pencari sehingga akan sulit ditemukan oleh mesin pencari google, sedangkan whitehat adalah teknik membangun backlink dengan cara-cara yang diizinkan dan diperbolehkan dan sesuai dengan kebijakan mesin pencari.

upaya cara mendapatkan backlink berkualitas

Pengaruh backlink terhadap rangking halaman situs

Banyak sekali jenis dan ragam backlink yang bisa kita buat (bisa dilihat dari lokasi penempatan backlink, anchor text yang digunakan, situs tempat meletakan backlink maupun jenis backlink yang digunakan, dofollow dan nofollow dan lain sebagaimanya).

Setiap backlink akan memiliki pengaruh yang bermacam-macam terhadap peringkat sebuah situs tergantung di situs apa backlink tersebut diletakan, dimana backlink tersebut diletakan, apa anchor text yang digunakan dan jenis backlink seperti apa yang digunakan, semakin berkualitas dan semakin banyak jumlah backlink yang dimiliki oleh suatu halaman blog serta dianggap natural maka halaman blog tersebut akan mampu bersaing dan berpotensi mendapatkan posisi terbaik dihasil pencarian.

Namun harus diketahui juga bahwa sampai saat ini backlink memang bukan satu-satunya faktor yang dapat mempengarungi peringkat halaman situs, masih ada 200+ google faktor lainnya, semakin banyak faktor yang dilibatkan maka kemungkinan besar  rangking halaman situs dihasil pencarian akan bisa memenangkan persaingan.

Mengenal Backlink berkualitas 

Lantas seperti apakah backlink berkualitas itu?, satu-satunya backlink berkualitas adalah backlink natural yang dibuat bukan oleh anda dan diletakan didalam artikel yang benar-benar sangat relevan, backlink tersebut bisa diletakan oleh orang lain di blog mereka atas kesadaran mereka tanpa suruhan, karena mereka menganggap bahwa artikel yang anda buat sangat berkualitas dan pantas untuk dijadikan referensi, sehingga mereka rela membuat rujukan ke artikel anda.

Artikel terkait: 13 ciri backlink berkualitas untuk meningkatkan serp

Salah satu cara untuk mendapatkan backlink berkualitas adalah dengan membuat artikel yang benar-benar berkualitas dan bermanfaat bagi orang lain, sehingga potensi untuk mendapatkan backlink natural dan berkualitas akan besar.

Backlink berkualitas seperti itu memang akan sangat sulit didapat, bahkan mungkin perbandingannya bagaikan 1.000.000 view berbanding 1, setiap satu juta view maka anda memiliki peluang mendapatkan 1 backlink natural berkualitas. tentu sangat sulit bukan?

Salah satu cara yang bisa anda upayakan adalah dengan cara membangunnya, lantas bagaimana caranya?, ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan backlink berkualitas, saya uraikan dibawah ini.

Upaya Untuk Mendapatkan Backlink Berkualitas

1. Guest Blogging

Guest blogging, guest blogging salah satu aktivitas yang sering digunakan oleh para pakar seo sejak dulu dan bahkan sampai sekarang tujuannya adalah membangun backlink berkualitas, teknik guest blogging adalah membuat artikel berkualitas kemudian menerbitkannya di situs relevan atas persetujuan si pemilik situs, ini merupakan kerjasama win to win, si pemilik situs mendapatkan artikel berkualitas gratis dan si pembuat artikel mendapatkan backlink dari situs dimana artikel tersebut di terbitkan.

Namun sayangnya ada pernyataan dari kepala team webspam google Matt Cutts bahwa guest blogging memiliki potensi spamy, sehingga untuk saat ini guest blogging sangat beresiko apalagi jika tidak dilakukan secara hati-hati.

Seperti halnya yang terjadi pada salah satu situs guestblog.com, sebuah situs yang menerima guest blogging secara gratis dalam skala besar dan memiliki keanggotaan yang sangat banyak, di situs tersebut si pembuat artikel dapat meletakan link dengan atribut dofollow. karena mungkin banyak sekali bertebaran link-link dofollow yang merujuk ke berbagai situs dengan berbagai anchor text, google mengambil tindakan tegas bahwa guest blog.com resmi dicap sebagai blog spam.

#Lantas Bolehkah jika masih mempraktekan guest blogging?
Guest blogging mungkin salah satu yang memiliki potensi mendapatkan backlink yang bisa dianggap natural dan berualitas karena melalui guest blogging kita memiliki kesempatan meletakan link di dalam artikel, jika memang masih mempraktekan strategi mencari backlink melalui guest blogging lakukan dengan hati-hati.

Buatlah bahwa link yang kita letakan seolah-olah link natural dengan cara, menggunakan beragam jenis backlink dofollow maupun nofollow, anchor text yang tidak selalu menarget kata kunci, upayakan sangat relevan dengan artikel yang dirujuk, tidak melakukan guest blogging secara berlebihan dalam waktu yang sangat singkat, dan yang terakhir, batasi untuk melakukan guest blogging di blog-blog besar yang memang khusus menerima guest blogging karena blog khusus seperti itu memiliki potensi dianggap sebagai blog spam.  jika blog tempat anda meletakan backlink dianggap spam maka dampaknya akan ikut menyeret blog anda yang kebetulan memiliki link di blog tersebut.

Untuk membangun backlink dengan cara guest blogging silahkan anda cari blog yang memang bukan dikhususkan menerima guest blogging namun anda harus mampu membujuk si pemilik blog bahwa anda ingin menerbitkan artikel anda di blog mereka, dan anda dapat meletakan link didalam artikel yang anda buat.

Tips Aman link building dengan guest blogging

  • Jangan melakukan Guest blog di blog yang kebanyakan memiliki artikel berkualitas rendah, artikel berkualitas rendah bisa anda tentukan jika artikel tersebut kurang informatif, sedikit dan terkesan asal-asalan, dipenuhi dengan komentar spam.
  • Lakukan guest blogging sewajarnya dan jangan berlebihan, maksimal 3 saja backlink dari guest blogging pada artikel dan blog berkualitas akan mampu membuat halaman blog anda meroket dihasil pencarian.
  • Jangan melakukan Gust blog dengan menggunakan artikel yang sama untuk diterbitkan di beberapa blog

Setiap Teknik seo memiliki resiko namun jika dilakukan secara hati-hati, tidak berlebihan, memperhatikan relevansi  dan seolah-olah natural saya rasa akan aman-aman saja.

2. Bergabung di forum online

Yang kedua yang bisa anda gunakan untuk membangun backlink adalah join atau bergabung di forum-forum online, yang memang mengijinkan untuk meletakan backlink didalamnya, ada banyak sekali forum online local salah satu yang cukup baik adalah bersosial.com, silahkan anda gabung diforum tersebut, kemudian agar anda mendapatkan backlink anda bisa membuat threat yang relevan dengan artikel pada blog anda, kemudian letakan link yang menuju artikel tersebut., tapi ingat meskipun mudah jangan coba-coba dijadikan sebagai ajang spam dan terlalu berlebihan.

Perlu diperhatikan juga ketika anda membuat thread di forum online, jangan sekali-kali membuat thread yang persis sama dengan artikel pada blog anda, gunakan judul berbeda relevan tapi upayakan judul yang dibuat tidak menjadi kompetitor artikel blog anda sendiri yang anda promosikan, buat juga isi artikel yang berbeda sehingga akan terhindar dari duplikat konten serta tidak menambah persaingan dengan artikel pada blog anda sendiri.

Banyak sekali kekeliruan ketika membuat thread di forum online yaitu dengan membuat thread dengan judul persis tidak jauh berbeda dengan judul artikel yang dipromosikan tentu jika dilakukan akan menambah persaingan artikel anda sendiri.

3. Melalui Blog Dummy

Blug dummy adalah blog  yang sengaja anda buat biasanya lebih dari satu bahkan bisa sampai ratusan. yang digunakan untuk tujuan mempromosikan blog utama yang anda miliki, dibuatnya blog dummy agar anda secara leluasa bisa meletakan link yang bisa dianggap natural dan berkualitas di artikel yang di terbitkan pada blog dummy.

Untuk saat ini blog dummy memang sangat beresiko, karena google kabarnya sudah mampu mengendus aktivitas blog dummy, itu dikarenakan kebanyakan blog dummy diisi dengan konten asal-asalan bahkan tidak sedikit konten dari hasil kopipaste, jumlah konten sedikit, jumlah artikel hanya 1 sampai 5 buah saja, sering digunakan untuk mempraktekan strategi link building seperti link wheel, pyramid, dan tyred yang memang harus dihindari sehingga aktivitas-aktivitas blog dummy seperti itu akan mudah sekali di endus dan dicap sebagai tindakan tidak natural, disengaja dan spam.

Bagaimana cara membuat blog dummy?
Untuk membuat blog dummy anda bisa menggunakan blog gratisan seperti blogspot, wordpress, mywapblog dan layanan blog gratisan lainnya. yang harus anda perhatikan ketika membuat blog dummya adalah disarankan menggunakan akun email yang berbeda-beda antara blog dummy satu dengan blog dummy lainnya serta ketika didaftarkan di google webmaster tool sebaiknya gunakan akun terpisah dengan blog utama, jika tidak maka blog dummy anda akan ianggap memiliki kepemilikan yang sama link yang anda letakan di blog dummya tidak akan dianggap sebagai backlink namun hanya internal link biasa.

#Bagaimana cara membangun backlink dengan blog dummy?
Gunakan jenis link satu arah, dari blog dummy ke artikel-artikel pada blog utama anda dan tidak sebaliknya, buatlah link di blog dummy ke artikel yang anda promosikan dan jangan sekali-kali membuat link dari blog utama anda ke artikel pada blog dummya agar aktivitas membangun backlink yang anda buat melalui blog dummy tidak dianggap saling tukar link

Harap diperhatikan !

Jika anda senang membangun backlink dengan teknik blog dummy sebaiknya untuk memperkecil resiko, anda harus mampu membangun blog dummy yang memang menyajikan artikel artikel relevan berkualitas dengan blog utama anda, mengisi artikel secara konsisten dan jumlah artikel yang tidak sedikit, dengan demikian blog anda selain difungsikan sebagai blog dummy juga bisa anda gunakan sebagai money site ke dua selain blog lain yang anda anggap blog utama anda.

4. Meminta pemilik blog untuk meruba Text URL artikel blog kita yang terletak pada blog mereka menjadi sebuah Backlink

Blog yang sudah dikenal dan sudah memiliki brand yang bagus memungkinkan banyak orang yang menyebut nyebut blog tersebut, bisa saja nama blog tersebut atau url yang menuju salah satu artikel blog disisipkan didalam artikel, beragam cara yang bisa mereka lakukan, bisa dalam bentuk backlik yang merujuk pada artikel blog kita atau bisa berupa link mati (tidak bisa diklik) dalam bentuk text url, memang terkadang tidak sedikit mereka meletakan url blog kita atau nama blog kita sebagai sumber referensi dalam bentuk sebuah text yang mereka sisipkan didalam artikel mereka, jika anda jeli kesempatan tersebut bisa dimanfaatkan untuk membangun backlink.

Bagaimana caranya?
Anda harus menemukan blog yang memiliki link url artikel blog anda atau nama brand blog anda yang ditulis dalam bentuk sebuah text, anda bisa menggunakan format pencarian dengan menggunakan dork google.

5. Moving Man Strategi

Satu lagi strategi yang bisa digunakan untuk membangun backlink berkualitas adalah menggunakan teknik moving man strategi, teknik ini saya baca di blog backlinko.com, salah satu blog yang membahas seo yang cukup terkenal.

Caranya cukup sederhana yaitu, anda harus mampu menemukan broken link atau link mati di blog blog yang membahas artikel relevan dengan artikel yang ada pada blog anda, jika link tersebut diklik maka anda akan dibawa ke halaman page not found 404 atau halaman server not found,  jika anda berhasil menemukan ada link mati di artikel mereka dan kebetulan artikel yang dibahas relevan dengan yang anda miliki, anda bisa memberitahukan si pemilik blog bahwa anda menemukan link mati pada artikel mereka, bujuklah si pemilik blog agar bisa menggantinya dengan link yang menuju salah satu artikel anda yang relevan.

Broken link atau link mati bisa disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut:
  • URL Artikel yang dirujuk sudah dihapus
  • Alamat Blog sudah dihapus atau diganti
  • Url sudah diganti
  • Salah menulis URL
  • dll

Teknik ini cukup ampuh untuk mendapatkan backlink berkualitas, namun sebelum melakukan teknik ini, anda harus benar-benar bisa menyajikan artikel berkualitas sebagai pondasi agar mereka tidak ragu membuat link ke artikel anda dan menanggap bahwa artikel anda memang pantas untuk dijadikan referensi.

Masalahnya adalah bagaimana cara menemukan link mati di sebuah artikel?
a. Google chrome plugin
Untuk menemukan broken link di sebuah situs anda bis menggunakan plugin check mylink google crome, silahkan pasang pada browser google crome anda, ketika dalam sebuah halaman situs terdapat broken link  maka link tersebut akan di block dengan warna merah, seperti ilustrasi yang terlihat pada gambar dibawah ini:

cara menemukan broken link page not found 404 menggunakan plugin google chrome

b. Brokenlink checker
Atau menggunakan bantuan situs-situs tertentu yang mampu mendeteksi keberadaan broknlink pada sebuah situs, misalnya situs brokenlink check, caranya cukup mudah, masukan alamat situs yang ingin dicheck kemudian tekan tombol find brok link. maka informasi dari brokenlink akan ditampilkan.
Menemukan broken link pada halaman blog


Point Penting

Cara membangun backlink yang baik adalah backlink yang seolah-olah dianggap natural, tidak berlebihan, menggunakan anchor text yang bermacam-macam dan menggunakan jenis link dofollow maupun nofollow.

Semua cara membangun backlink pasti dapat menumbulkan resiko jika tidak dilakukan dengan hati-hati, bangunlah backlink seolah-olah orang lain membangunnya untuk anda dengan natural, semakin kelihatan natural maka akan terhindar dari potensi mendapatkan penalty google.

demikian 5 Upaya Bagaimana Cara mendapatkan backlink berkualitas, semoga bermanfaat.