Mesin pencari baik itu google, bing maupun mesin pencari lainnya menyediakan salah satu fasilitas yang bisa kita gunakan untuk mensubmit artikel, tujuannya adalah memberitahukan mesin pencari google dan bing bahwa ada artikel baru pada blog yang kita miliki yang siap dan harus segera untuk di recrawl ulang untuk diindex.

dengan melakukan submit pada fasilitas tersebut maka bot atau robot mesin pencari tidak akan menunggu lama dan akan segera mengunjungi blog dimana artikel tersebut berada, dengan demikian mesin pencari akan segera melakukan crawl, mengumpulkan informasi penting yang dibutuhkan kemudian membawa informasi penting tersebut untuk disimpan di basis data pencarian mereka, sehingga blog atau artikel postingan yang kita submit akan mudah dikenali oleh mesin pencari.

Cara Submit artikel postingan di bing dan google webmaster tool

Submit artikel akan membuat artikel tersebut lebih mudah dan cepat untuk dikenali oleh mesin pencari sehingga pada akhirnya setiap kali ada pengguna yang melakukan pencarian relevan menggunakan mesin pencari tersebut, jika artikel kita dianggap relevan dan faktor-faktor yang terdapat pada artikel tersebut mendukung untuk ditampilkan diposisi terbaik, maka artikel postingan akan ditemukan di hasil pencarian, walaupun artikel anda masih terbilang baru diterbitkan.

Ini adalah salah satu rutinitas yang harus dilakukan blogger secara berkala setiap kali selesai menerbitkan artikel baru, artinya setiap kali artikel baru selesai dan berhasil anda terbitkan, jangan lupa untuk selalu melanjutkan mensubmit url artikel tersebut pada kedua mesin pencari baik itu bing maupun google webmaster tool, kedua mesin pencari tersebut dipilih karena untuk saat ini kedua mesin pencari tersebut adalah 2 dari mesin pencari yang paling populer.

Cara Submit Artikel Postingan di Bing Webmaster.

Sebelum malkukan submit artikel postingan di bing disarankan ada baiknya blog anda sudah terdaftar di mesin pencari tersebut, agar setiap informasi yang berkaitan dengan aktivitas bot bing atau robot mesin pencari bing terhadap blog anda mudah untuk diketahui untuk anda analisa.
untuk mendaftarkan blog anda pada bing webmaster tool anda bisa baca artikel berikut:
Cara mendaftarkan blog ke bing webmaster tool
Sedangkan untuk mensubmit url artikel postingan setiap anda selesai menerbitkan artikel postingan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Buka halaman bing submit url
Anda akan disajikan tampilan untuk submit url artikel post seperti gambar dibawah ini:

b. Silahkan masukan url postingan pada kotak no1, kemudian tulis Kode Captha pada kotak no 2, lalu tekan tombol submit.

Sampai tahap diatas anda sudah berhasil melakukan submit url artikel postingan blog di bing webmaster tool dan artikel anda akan lebih cepat diindex mesin pencari bing.

Cara Submit Artikel Postingan di Google Webmaster tool


Sama halnya seperti bing mesin pencari google juga menyediakan fasilitas untuk melakukan submit artikel postingan, dimana tujuannya sama agar artikel yang baru diterbitkan lebih cepat diindex dan lebih mudah dikenali oleh mesin pencari google.

Sebelum melakukan submit alangkah baiknya blog anda sudah didaftarkan di google webmaster tool, untuk mendaftarkan blog di google webmaster tool, anda bisa membaca artikel dibawah ini:
Cara mendaftarkan blog ke google webmaster tool
Sedangkan untuk melakukan submit url artikel postingan yang selesai anda terbitkan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Masuk ke halaman submit url google
Anda akan melihat halaman dengan fasilitas seperti gambar dibawah ini:

 b. Silahkan masukan Url blog Anda, kemudian centang pada "saya bukan robot" dan tekan tombol Kirim Permintaan.

Sampai tahap diatas berarti anda sudah berhasil melakukan subit url artikel postingan blog anda di google sehingga artikel blog anda akan lebih cepat diindex dan dikenali oleh mesin pencari google.

Bolehkah mensubmit URL Yang sama lebih dari 1 kali ?

Ada pertanyaan menyangkut submit url artikel postingan, apakah boleh dilakukan lebih dari satu kali ?, mungkin dengan alasan agar lebih cepat diindex padahal belum tentu benar, ada sebagian blogger yang mungkin penasaran dan mencoba melakukan hal semacam itu, mensubmit satu alamat artikel postingan lebih dari satu kali.

Sebaiknya Untuk setiap artikel cukup satu kali saja dan itu sudah lebih dari cukup,  dan selalu ingat agar setiap kali artikel baru anda terbitkan anda harus melakukan submit artikel di kedua webmaster tool diatas baik google maupun bing agar artikel blog anda lebih mudah untuk dikenali.

mesin pencari salah satunya Google sangat tidak suka dengan yang berlebihan, jika saja dilakukan secara berlebihan, seperti misalnya melakukan submit artikel lebih dari 1x maka bisa saja tindakan tersebut berpotensi dianggap spam.

Tanpa disubmitpun sebenarnya blog pada akhirnya akan dikenali dengan sendirinya

Ada juga yang berkomentar, "tidak usah disubmit, blog saya tanpa disubmitpun tetap kok bisa dikenali", apakah itu benar ?
memang benar,

URL blog ataupun url artikel blog tanpa submit pun pada akhirnya akan dikenali seiring waktu, namun kemungkinan besar akan memakan waktu yang cukup lama, apalagi ditambah kuantitas anda dalam menerbitkan artikel sangat jarang sekali.

Oleh karena itu baik untuk blog yang masih baru, atau blog yang sudah berumur, submit artikel di beberapa mesin pencari perlu dilakukan setiap kali anda selesai menerbitkan artikel baru pada blog anda, jangan lupa juga untuk mendaftarkan blog anda di webmaster tool mesin pencari baik itu bing webmaster tool maupun google webmaster tool, agar informasi aktivitas robot mesin pencari terhadap blog anda mudah anda amati untuk bahan analisa memperbaiki kinerja blog anda.

Demikian Artikel tentang Cara Submit Artikel Postingan di Bing Dan Google WebmasterTool semoga bermanfaat.

15 komentar:

  1. saya senang berlangganan blog ini . terimakasih kang semuanya bermanfaat ntuk saya. ini link saya kang fortune92.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Trims gan! Step by step dan sangat membantu.

    ReplyDelete
  3. oh iya mas memang bing punya yahoo dan webmasternya punya google mesin pencari paling besar tapi gk masalah kan mas kalau kita tidak mengsubmitkan artikel kita kan mas kan bisa terindex di google

    ReplyDelete
    Replies
    1. bing punya microsoft juga dipake yahoo, Submit hanya untuk mempercepat proses saja gan, optional pada akhirnya blog meskipun tidak di submit tetap akan terindex seiring waktu

      Delete
  4. ka saya mau nanya. artikel-artikel yang kaka posting, idenya dapet dari mana sih?? kok banyak banget idenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ide muncul dengan sendirinya apalagi sering baca artikel orang lain

      Delete
  5. assalamualaikum

    mas didin, apakah kalau mengedit ulang artikel juga harus di submit lagi....dan apakah kalau terbitkan artikel baru kita submit di kedua webmaster tersebut atau cukup salah satu aja? terima kasih

    http://www.majalahikan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam gan

      Tidak harus gan, namun setiap kali menerbitkan artikel agan harus submit url artikel baru agan untuk google di:
      https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url?hl=en_uk

      untuk bing di:
      http://www.bing.com/toolbox/submit-site-url

      disitu saja sudah cukup, hanya untuk url artikel yang baru saja.

      Delete
  6. mas didin., ketika submit yang kita masukin url blog atau url dari artikel kita? mohon pencerahannya..

    trus submit url yang dibahas pada artikel ini apakah sama dengan submit sitemap seperti yang agan bahas pada "cara mendaftar webmaster?" terimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kedua-duanya gan, submit url blog cukup satu kali saja ketika dibuat, url artikel juga bisa disubmit ketika selesai dipublish.

      submit sitemap cukup satukali saja mas, karena google secara otomatis akan melakukan index juga ketika artikel bertambah, namun dulu yang sering sya lakukan pada blog baru re-submit sitemap suka saya lakukan setiap kali selesai menerbitkan artikel

      Delete
  7. biasanya setelah submit artikel ..langsung ke index google gak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung dari blognya mas, jika performanya baik akan langsung diindek kurang dari 1menit blog bisa tampil di halaman google, terkadang juga ada yang memakan waktu beberapa jam

      Delete
  8. mas apa perbedaan submit url google dengan merecrawl site map?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Submit url itu memberikan sinyal pada google bahwa ada artikel baru yang siap untuk di crawl. sedangkan recrawl, aktivitas mesin pencari google menelusuri sitemap atau kumpulan url-url yang sudah dikenal untuk diindex ulang atau disimpan di basisdata pencarian google.

      Delete
  9. mas apa perbedaan submit url google dengan merecrawl site map?
    trus mas kok di webmaster google ga ada tools submit url?
    padahal kan itu masih termasuk google webmaster tapi menu untuk submit url nya ga ada

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!