Sebelum kita bahas secara lengkap bagaimana Cara Merubah Alamat email yahoo & Password Email Yahoo terbaru, alangkah baiknya saya uraikan terlebih dahulu mengenai apa itu yahoo?.  Yahoo pada awalnya adalah mesin pencari yang merambah ke email, email yahoo sampai saat ini adalah sebuah email yang cukup digemari dan juga terintegrasi dengan yahoo messengger, jadi jika kita memiliki alamat email yahoo, dengan menggunakan alamat email tersebut kita bisa langsung login untuk membuat dan menggunakan yahoo messengger tersebut tanpa harus daftar kembali, alamat email yahoo atau sering bisa kita sebut sebagai yahooID pada umumnya berakhiran @yahoo.com, @yahoo.co.id, tergantung dimana kita mendaftar pembuatan email kita, jika kita melakukan pendaftaran email di alamat yahoo.co.id maka, alamat email kita secara otomatis akan memiliki akhiran @yahoo.co.id, namun jika kita membuat akun email di alamat yahoo.com maka secara otomatis alamat akun email kita akan berakhiran @yahoo.com, dua-duanya sama merupakan layanan yahoo tergantung dari domain yang kita gunakan untuk membuat alamat email.

cara merubah atau mengganti alamat dan password email yahoo
ibtimes.com

Hampir sama dengan layanan email lainnya email yahoo difasilitasi dengan kemudahan dan kelengkapan didalamnya terutama untuk mengelola perubahan profil yang kita inginkan, kadang untuk beberapa kasus perubahan tersebut perlu kita buat, misalkan saja kita ingin merubah alamat email yahoo dikarenakan alamat yahoo yang lama kurang efektif dan susah untuk diingat,  dan juga kita bisa merubah password karena password yang lama kurang aman, semuanya bisa kita rubah dengan sangat mudah karena fasilitas untuk masalah tersebut sudah disediakan fasilitasnya oleh yahoo.

Cara Merubah Alamat & Password Email Yahoo terbaru

Pada artikel kali ini saya akan berbagi informasi mengenai bagaimana cara merubah alamat email dan password email yahoo anda, barangkali ada dari anda yang belum mengetahui caranya, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

A. Cara Merubah Alamat Email Yahoo

Cara merubah atau mengganti alamat email atau yahooID, utuk masalah itu yahoo tidak menyediakan fasiltias tersebut, jadi kita tidak bisa merubah secara langsung alamat email atau yahooID yang sudah kita buat sebelumnya, namun yahoo memberikan beberapa alternatif yang bisa kita gunakan untuk mengatasi masalah tersebut, pilihan yang bisa kita ambil untuk merubah alamat email yahoo adalah sebagai berikut:

a. Mengganti alamat email yahoo dengan Buat alamat email extra
Alamat email extra yaitu alamat email tambahan yang kita buat untuk alternatif alamat email utama, jadi anda nanti bisa masuk ke akun email yahoo anda menggunakan yahooID atau alamat email ektra tersebut, untuk membuat alamat email ekstra silahkan anda masuk ke halaman yahoo mengenai cara membuat alamat email ekstra, dan silahkan anda ikuti petunjuknya.

b. Mengganti alamat email yahoo dengan Membuat Alias
Alias adalah ekstensi Akun Yahoo yang dimaksudkan untuk menyembunyikan ID Yahoo utama akun. Biasanya, ID Yahoo utama akun berfungsi sebagai prefiks utama untuk akun Yahoo Mail yang terkait. Jika ID Yahoo utama digunakan untuk berkomunikasi melalui produk, maka ID dapat mengungkapkan alamat Yahoo Mail terkait.

Perlu dicatat bahwa alias bukan alamat email. Karena itu, alias tidak bisa digunakan untuk mengirim dan menerima email. Dengan mengonfigurasi dan menggunakan alias di Akun Yahoo, Anda akan membuat alamat Yahoo Mail tetap rahasia dan mengurangi kemungkinan dijadikan sasaran oleh spammer. Karena itu, alamat email lama atau baru (termasuk alamat email dalam domain Y!Mail dan Rocketmail) tidak bisa digunakan sebagai alias untuk Akun Yahoo.

(Sumber: https://id.bantuan.yahoo.com/kb/yahoo-account/Buat-alias-sln3240.html)

Membuat alias dari nama alamat akun imail anda, nama alias bisa disebut nama lain atau nama samaran dari nama yahooID akun email anda, dengan menggunakan nama alias anda bisa menggunakan nama alias tersebut untuk masuk ke halaman akun yahoo anda. untuk membuat nama alias silahkan anda menuju halaman yahoo mengenai cara membuat nama alias untuk akun yahoo Id, silahkan anda ikuti petunjuknya.

c. Alternatif ke 3 - Membuat akun yahoo baru
Alternatif ketiga jika kita ingin mengganti alamat akun email kita, adalah dengan cara membuat alamat email yahoo baru, untuk membuat alamat email yahoo baru lengkap dengan gambar silahkan anda menuju halaman cara membuat alamat email yahoo baru : lengkap, dan ikuti pentunjuknya.

Karena alamat yahoo atau ID yahoo tidak bisa kita ganti, 3 alternatif diatas bisa kita gunakan untuk mengganti alamat email yahoo lama kita, sehingga sesuai dengan yang diharapkan.


B. Cara Mengganti Password Email Yahoo

Sebenarnya untuk mengganti password akun email yahoo sangat mudah, yang pertama anda harus masuk ke akun email anda dan mode tampilan halaman email anda harus mode terkini, jika kebetulan halaman email anda menggunakan mode clasic silahkan beralih terlebih dahulu ke mode terkini, dimode terkini anda akan melihat gambar roda gigi di sodut kanan atas, jika mode tampilan halaman akun email anda sudah di mode terkini, untuk mengganti password silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut:

1. Silahkan Masuk ke halaman login yahoo

2. Login dengan menggunakan yahooID dan password yahoo anda untuk masuk kehalaman utama akun yahoo anda.

3. Dihalalam utama akun yahoo anda, silahkan klik gambar roda gigi, terletak di pojok kanan atas, kemudian pada menu yang muncul pilih seting, terlihat seperti gambar dibawah ini:

Cara mengganti password email yahoo


Jika berhasil anda akan disajikan tampilan seting untuk mengatur segala sesuatu mengenai email yahooo anda, seperti gambar dibawah ini:


4. Silahkan anda pilih Account pada bilah menu sisi kiri, kemudian klik, "Change your Password", seperti terlihat pada gambar diatas, anda akan di bawa ke tampilan seperti gambar dibawah ini:


merubah atau mengganti password akun email yahoo
Silahkan anda masukan password email baru anda, pada kotak New Email, dan masukan lagi password tersebut pada kotak Confirm new password, kemudian tekan Tombol Continue, jika berhasil akan terlihat halaman success.

Sampai tahap diatas berarti mengganti atau merubah password akun email anda berhasil dilakukan, untuk memastikannya silahkan anda login ulang dan login ke akun email anda menggunakan password baru anda.

Demikian artikel sederhana bagaimana Cara Merubah Alamat & Password Email Yahoo terbaru, semoga dapat membantu.