Konfigurasi XAMPP untuk mengirim email pada komputer lokal

Konfigurasi XAMPP untuk mengirim email pada komputer lokal

     Kebanyakan seorang pengembang web melakukan pengembangan dan uji coba  program yang sedang dibuat  di komputer lokal, sebelum aplikasi yang secara keseluruhan selesai dan siap untuk dirilis dan dionlinekan, tujuannya adalah agar program dapat dikerjakan dimana saja  tanpa harus terkoneksi ke internet, penghematan biaya dan alasan lainnya. walaupun untuk beberapa hal akan lebih efektif jika program dikerjakan secara online,

     Kadang seorang programmer mengalami beberapa kendala ketika sebuah aplikasi web dikerjakan secara offline, salah satu contoh adalah ketika membuat fasilitas pengirim email, mau tidak mau agar program dapat berjalan dengan baik, program yang belum jadi harus di upload terlebih dahulu ke file hosting kemudian program diujicoba setelah program tersebut berhasil di upload, saya fikir ini sangat tidak efektif dan sangat membatasi seorang programmer untuk lebih leluasa menyelesaikan program yang masih dalam progress.

     Pada postingan kali ini akan dibahas mengenai konfigurasi XAMPP untuk mengeirim email pada komputer lokal, saya kira ini penting dan perlu untuk dibahas, karena banyak teman-teman saya sendiri yang mengalami kendala ketika melakukan uji coba mengirim email pada komputer lokal, kebanyakan dari mereka tidak berhasil melakukannya dan  mengalami ERROR ketika malakukan uji coba.

Agar tidak terjadi error ketika mencoba mengirim email lewat komputer lokal, silahkan lakukan langkah-langkah dibawah ini:

1. Edit file php.ini (xampp\php\php.ini).cari blok kode [mail function], coba cari dan sesuaikan perintah-perintah dibawah ini:

Silahkan anda ganti text yang warna merah dengan email gmail anda yang nanti statusnya sebagai pengirim pesan, ingat tanpa @gmail.com, dan silahkan anda ganti juga yang saya kasih warna orange sesuai dengan lokasi instalasi xampp anda.

2. Edit file sendmail.ini (xampp\sendmail\sendmail.ini) pada kode yang muncul ketika membukanya seperti kode dibawah, coba jadikan komentar dengan menambahkan karakter # didepan kode kode seperti kode dibawah, tujuannya adalah agar perintah tersebut dianggap sebgai komentar, atau bisa juga anda menghapusnya
# Mercury
#account Mercury
#host localhost
#from postmaster@localhost
#auth off
# A freemail service example
#account Hotmail
#tls on
#tls_certcheck off
#host smtp.live.com
#from [exampleuser]@hotmail.com
#auth on
#user [exampleuser]@hotmail.com
#password [examplepassword]

4. Silahkan anda hapus perintah diatas, kemudian sisipkan perintah dibawah ini sebgai pengganti perintah diatas, perintah dibawah ini adalah perintah untuk mengirimkan email melalui SMTP.gmail,  atau anda juga bisa menggantinya sesuai keinginan jika Anda sudah punya format lain
account Gmail
tls on
tls_certcheck off
host smtp.gmail.com
from [your_gmail_username]@gmail.com
auth on
user [your_gmail_username]@gmail.com
password [your_gmail_password]
port 587

Silahkan ganti yang saya kasih warna merah dengan email google  anda tanpa @gmail.com, kemudian ganti juga yang saya kasih warna orange dengan password email gmail anda.

oh ya sekali lagi konfigurasi diatas adalah konfigurasi xammp untuk mengirim email di komputer lokal email yang digunakan untuk mengirim pesan menggunakan email gmail. jadi untuk mencobanya anda harus punya email gmail.

anda juga bisa berexperiment dengan email yahoo misal, konfigurasinya silahkan rubah @gmail.com menjadi @yahoo.com atau @ymail.com sesuai dengan email yahoo anda.


Restart XAMPP Anda
Kemudian setelah konfigurasi selesai dan XAMPP berhasil direstart, silahkan anda coba membuat form untuk mengirim email di komputer lokal, buat saja form sederhana dengan tulisan email to, dan kotak isi pesan, kemudian ketika dijalankan silahkan anda isi dengan email tujuan ,untuk masalah ini anda pasti bisa, sukses dan tidaknya silahkan anda lihat email tujuan, jika email tujuan dapat menerima pesan email yang anda kirimkan dari komputer lokal berarti anda sukses.

0 komentar:

Post a Comment