Menanam anggur perlu pemeliharaan yang baik agar anggur cepat berbuah. ada 2 pase pemeliharaan anggur yaitu fase vegetatif atau fase pembesaran dan fase generatif atau fase pembuahan, sebelum masuk ke fase pembuahan pohon anggur harus dalam keadaan sehat, subur dan memiliki perbatangan yang besar dan bagus.

Jadi yang benar-benar harus diperhatikan saat menanam anggur adalah fase vegetatif untuk membentuk pohon anggur yang sehat dan subur, jika kondisi anggur sehat dan subut dalam 3 atau 4 bulan pertama seharusnya pohon anggur sudah siap untuk dibuahkan.

Untuk pemeliharaan pada fase vegetatif tentunya perlu peranan pupuk, sehingga anggur cepat besar. nah di artikel kali ini saya akan share tentang pupuk anggur pada fase vegetatif sehingga pohon anggur siap untuk dibuahkan.


 

Pupuk Anggur baru tanam (masa vegetatif) agar anggur cepat besar

Sebenarnya ada banyak sekali jenis dan kombinasi pupuk yang bisa digunakan saat masa vegetatif dari mulai anggur baru ditanam hingga anggur siap untuk dibuahkan. 

berikut adalah beberapa jenis pupuk yang bisa digunakan pada fase vegetatif:

Cara 1: dengan Pupuk NPK 16.

Pupuk yang bisa digunakan untuk pembesaran pohon anggur adalah pupuk Mutiara NPK 16, anda cukup menggunakan 1 macam pupuk tersebut hingga anggur siap untuk dibuahkan, setelah anggur siap dibuahkan selanjutnya anda bisa ganti ke pupuk pembuahan.

Takaran Pemberian pupuk

1. 1 minggu setelah tanam hingga usia 1 bulan diberikan 1/2gr pupuk NPK 16 untuk satu liter air.

2. di usia 1-3 bulan pertama pupuk dinaikan menjadi 1gr/liter air

3. setelah 3 bulan dan seterusnya takaran pupuk bisa ditaikan menjadi 1.5gr / liter air.

5. Jika ingin dibuahkan pupuk diganti dengan pupuk pembuahan.

 

Cara ke2: Pupuk NPK Grower

Jika anda tidak ingin menggunakan NPK16, anda juga bisa menggunakan NPK Grower, pupuk ini dapat digunakan terus menerus baik untuk pembesaran maupun untuk pembuahan, takarannya sama  dari 1/2gr hingga maksimal 1.5gr setiap liter air.

 

Sebenarnya banyak sekali kombinasi jenis pupuk yang bisa diberikan, menurut saya penggunaan pupuk di atas juga sudah cukup baik.


Pemupukan diberikan setiap 1 minggu sekali dengan cara dikocor ke bagian perakaran, pemberian pupuk harus rutin jangan sekali-kali dihentikan hingga pohon anggur tumbuh subur.

Jika punya lebih modal, pemberian pupuk hayati atau pupuk organik juga penting, bisa selang-seling 1 minggu pupuk kimia satu minggu pupuk organik pertumbuhan, atau pupuk orgnik bisa diberikan 3 hari setelah pemberian pupuk kimia untuk menjaga kondisi tanah agar tetap subur dan baik.


No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!