Godot, merupakan salah satu game enggine free alias gratis yang bisa digunakan untuk membuat game 2D maupun game 3D, yang bisa di export baik untuk dimainkan di sistem operasi windows, linux, web, android maupun apple.
Saya memilih godot karena untuk saya pribadi, di godot selain gratis adalah konsep Scenenya yang luarbiasa....ah pokoknya luar biasa berbeda dengan game enggine lainnya (wkwkwk)..... mudah-mudahan godot semakin populer dan bisa mengalahkan game enggine berlisensi seperti unity, unreal enggine dan aplikasi game enggine serupa lainnya.
Sama halnya seperti Blender yang saat ini sudah sangat populer mengalahkan beberapa aplikasi berlisensi pendahulunya.
Saya memilih godot untuk membuat applikasi android, setelah mencoba dan menggenerate project untuk membuat file *.aab, ternyata aplikasi yang sudah dibuat digodot ketika diupload di playstore muncul 2 warning: sebagai berikut:
Warning
1. This App Bundle contains Java/Kotlin code, which might be obfuscated. We recommend you upload a deobfuscation file to make your crashes and ANRs easier to analyze and debug
2. This App Bundle contains native code, and you've not uploaded debug symbols. We recommend you upload a symbol file to make your crashes and ANRs easier to analyze and debug
Solusi Warning Upload aab file di playstore dari hasil generate godot
Warning tersebut sebenarnya bukan masalah serius, bahkan saya pun melihat ada beberapa orang pengembang tidak memperbaiki masalah tersebut di playstore, namun tetap aplikasi yang diuploadpun akhirnya di approve google.
Namun saya pribadi lebih memilih memperbaikinya, khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari, akhirnya setelah browsing ke sana ke mari, saya pun menemukan solusi untuk warning tersebut.
1. Solusi untuk warning "This App Bundle contains Java/Kotlin code, which might be obfuscated"
Nah untuk memperbaiki solusi ini cukup sederhana, anda tinggal menambahkan intruksi warna biru di bawah ini pada file build gradle di template android project godot anda.
Yang lokasinya file project.../android/ build.gradle
Sehingga kurang lebih
....
android {
....
buildTypes {
release {
minifyEnabled true
proguardFiles getDefaultProguardFile('proguard-android-optimize.txt'), 'proguard-rules.pro'
.....
}
}
...
Silahkan buat ulang file APK.AAB android anda di godot dan uploadkan ulang di playstore, maka warning akan hilang.
2. Solusi : This App Bundle contains native code, and you've not uploaded debug symbols
Warning ini muncul karena file aab.apk yang dibuat di godot mengandung kode nativ yang memerlukan debug symbol , sementara gradle pada template android untuk godot menggunakan gradle versi 7.2, untuk versi ini debug symbol sulit tidak mau disertakan pada file APK/AAB, walaupun sudah dilakukan beberapa cara konfigurasi gradle (Saya belum nemu solusinya. Tapi kalo kamu punya Info kasih tahu saya di komentar Ya).
Jadi ya artinya harus diupload secara manual di playstore tempat kita mengupload aplikasi android yang dibuat di godot.
Solusinya ya kita harus buat file debug symbol dalam format *.zip, yang nanti diupload di playstore setelah anda upload fila aab anda.
Cara buatnya, anda bisa masuk ke folder di alamat berikut:
[PROJECT GODOT ANDA]\android\build\build\intermediates\merged_native_libs\release\out\lib
nah di folder tersebut anda akan menemukan beberapa file berikut:
Silahkan pilih/seleksi seluruh file tersebut, kemudian buat file zip, misal kasih nama symbols.zip
Nah silahkan file symbols.zip tersebut di playstore
To upload a deobfuscation or symbolication file:
1. Open Play Console.
2. Select an app.
3. On the left menu, select Release > App bundle explorer.
4. Using the picker in the top-right-hand corner, choose the relevant artifact.
5. Select the Downloads tab, and scroll down to the “Assets” section.
6. Click the upload arrow for the mapping file or the debug symbols as applicable to upload the deobfuscation or symbolication file for the version of your app.
Cara di atas akan menghilangkan warning
"This App Bundle contains native code, and you've not uploaded debug symbols"
Maka silahkan coba release ulang aplikasi anda sampai .
Artikel
ini sebenarnya untuk informasi saya pribadi, ya untuk antisifasi lupa
apabila di kemudian hari masalah yang sama muncul saya tinggal kembali
membaca artikel ini.
Tapi
mudah-mudahan artikel ini juga bermanfaat untuk anda yang mengalami
permasalahan yang saya terutama untuk anda pengembang game android
menggunakan GODOT. semoga bermanfaat ya.
No comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!