Blogger identik dengan aktivitas menulis di halaman blog, banyak orang memutuskan menjadi seorang blogger dan rela disibukan dengan terus menerus membuat artikel postingan, karena mereka tau persis apa keuntungan yang bisa mereka dapatkan dengan menjadi seorang blogger.

Jika anda seseorang yang baru pertama kali mengenal dunia blog dan berniat ingin memulai terjun ke dunia blog, maka hal pertama yang mungkin anda fikirkan adalah keuntungan menjadi seorang blogger, banyak orang yang mengurungkan niatnya untuk memulai menjadi seorang blogger karena mereka menganggap membuat blog hanya membuang-buang tenaga dan fikiran saja, padahal jika saja mereka tau keuntungan menjadi seorang blogger saya yakin mereka akan menyesal tidak mengenalnya sejak dulu.


Ini pernah menjadi pertanyaan saya pribadi ketika ingin terjun kedunia blog, saya pribadi juga sempat bertanya, kenapa orang rela membuat blog, lalu mereka rela menulis artikel postingan dalam jumlah yang banyak, apa keuntungan yang akan mereka dapatkan.

Keuntungan menjadi blogger

Pertanyaan tersebut akhrinya terjawab setelah membaca beberapa referensi dan mencoba terjun langsung menjadi seorang blogger. Jika anda ingin tau, ternyata banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan menjadi seorang blogger, terlepas apapun topik blog yang kita bahas.

Ada dua keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan menjadi seorang blogger, yang pertama adalah keuntungan yang sifatnya komersil dan yang kedua keuntungan yang sifatnya non-komersil, sayangnya tidak banyak orang yang tau manfaatnya, sehinggga banyak yang sejak lama sudah memiliki niat ingin memulai menjadi seorang blogger namun tidak pernah terealisasi karena mereka kurang mengenal manfaatnya.

5 Keuntungan menjadi seorang blogger yang jarang diketahui orang

Ada banyak sekali keuntungan menjadi seorang blogger, namun yang akan saya uraikan adalah keuntungan yang akan meningkatkan motivasi anda untuk menjadi seorang blogger, sebagai berikut:

1. Blog dapat menghasilkan uang.

Ya mungkin anda akan menganggapnya bohong atau hanya omong kosong, mana ada blog bisa menghasilkan uang, bagaimana caranya!!!

Betul, dengan menjadi blogger anda bisa menghasilkan uang dari blog yang anda buat, coba saja anda fikirkan, kenapa banyak orang membuat blog baik yang hobi menulis maupun tidak dan mereka rela menghabiskan waktu untuk menulis dan mengisi blognya dengan ratusan bahkan ribuan artikel.

Jika tidak menguntungkan saya yakin tidak akan banyak orang yang mau menjadi blogger, mereka rela menjadi seorang blogger karena blog ternyata bisa menghasilkan uang.

Lantas bagaimana blog bisa menghasilkan uang ?

Cara kerjanya sebenarnya sederhana :  
anda membuat blog - anda menerbitkan artikel - blog anda memiliki banyak pengunjung - anda memonetisasi blog anda - anda menghasilkan uang.
Tugas anda adalah meningkatkan pengunjung / visitor blog anda, kemudian dilanjutkan dengan memonetisasi blog anda dengan memanfaatkan pengunjung blog anda, jadi modal anda agar blog bisa menghasilkan uang adalah pengunjung / visitor blog anda, semakin banyak pengunjung blog anda, maka potensi blog menghasilkan uang dalam jumlah yang banyak akan semakin baik.

Monetisasi berkaitan dengan upaya agar blog bisa menghasilkan uang, saat ini ada banyak sekali teknik monetiasai,  yang paling umum adalah menjadi publisher iklan dengan cara bergabung dengan media periklanan, sehingga anda bisa memasang iklan pada halaman blog anda, jika ada pengunjung blog anda yang melakukan klik pada iklan yang anda pasang maka anda akan mendapatkan komisi.

Salah satu media periklanan yang paling banyak digemari adalah media periklanan google adsense, jika anda tertarik silahkan baca cara menghasilkan uang dari blog dengan google adsense.

2. Blog dapat meningkatkan Kemampuan menulis anda

Saya pribadi sebenarnya bukan orang yang ahli dalam dunia tulis menulis, apalagi menulis dalam jumlah kata yang banyak, menulis beberapa kalimat saja terkadang tersendar-sendat kehabisan kata-kata ditengah jalan, namun seiring dengan bertambahnya pengalaman di dunia menulis blog, maka kemampuan menulis artikel pun semakin hari semakin terasah dan mudah pada akhirnya.

Kita tau aktivitas utama menjadi seorang blogger adalah menulis artikel, dan anda harus mempu menyajikan artikel berkualitas, awalnya mungkin akan kesulitan bagaimana cara menulis artikel berkualitas, namun jika terus dilatih, kemampuan menulis pun akan semakin terasah.

3. Blog dapat mempertajam ingatan

Selain dapat meningkatkan kemampuan menulis, blog juga dapat mempertajam ingatan, ini saya alami sendiri, karena artikel yang disajikan adalah artikel original hasil buatan sendiri, sehingga untuk menuangkan artikel setidaknya seorang blogger harus banyak membaca dan memahami referensi terkait artikel yang ingin dibahas.

Ketika sebuah kasus dipahami baru dituangkan dalam sebuah artikel dengan paparan dan bahasa sendiri, ini tentu saja dengan memahami lalu menuliskannya kembali, selain dapat menambah wawasn juga dapat memperpanjang ingatan terhadap permasalahan yang dibahas.

Sehingga blog sangat cocok sekali untuk pelajar, jadi untuk anda seorang pelajar, anda bisa menjadi seorang blogger untuk menuangkan kembali materi pelajaran yang anda pelajari di sekolah, selain dapat menambah ingatan anda, juga artikel anda bisa menjadi referensi bermanfaat untuk anda pribadi atau orang lain di kemudian hari.

4. Blog dapat memberikan manfaat untuk orang lain

Dengan menjadi seorang blogger maka sebenarnya anda sudah memberikan manfaat untuk orang lain, karena setiap artikel yang anda terbitkan, tentu bisa dibaca secara online oleh orang lain yang membutuhkan, dan jika anda menyajikan artikel bermanfaat tentu saja artikel tersebut selain bermanfaat untuk anda, akan bermanfaat juga untuk orang lain.

5. Blog dapat menambah wawasan anda

Sekali lagi bahwa keuntungan seorang blogger adalah menulis artikel, untuk menulis artikel original tentang sebuah topik, setidaknya blogger harus mempelajari dan memahami topik yang ingin ditulis dan diterbitkan menjadi sebuah artikel.

Untuk mempelajari sebuah topik, maka blog akan dituntut untuk banyak membaca berbagai referensi, sehingga semakin banyak membaca, kemudian mempelajari dan memhami  bacaan tersebut, maka secara tidak langsung wawasan blogger akan terus bertambah seiring waktu.

Bahkan selain bisa meningkatkan wawasan mengenai topik yang mereka kuasai dari awal, blogger juga memiliki potensi untuk mendapatkan wawasan baru, jika blog yang dibuat membahas topik yang memang baru buat mereka.


Blog seperti apa yang bisa menguntungkan? blog gratisan atau berbayar

Satu hal yang harus anda lakukan ketika ingin memulai menjadi seorang blogger, yaitu membuat sebuah blog, ada 2 pilhan yang bisa anda ambil ketika ingin membuat sebuah blog, memilih blog gratisan atau blog berbayar.

Lantas Jika dikaitkan dengan untung rugi menjadi seorang blogger, kira-kira blog manakah yang lebih baik, blog gratisan atau berbayar.

Menurut saya sama saja, keduanya memiliki manfaat dan bisa menguntungkan, namun jika anda baru terjun kedunia blogger alias pemula, maka saya lebih menyarankan anda memilih membuat blog menggunakan blog gratisan.

Apakah blog gratisan bisa menghasilkan uang ?

Jika anda haya memprioritaskan ingin menghasilkan uang dari blog, mungkin juga anda akan bertanya apakah dengan blog gratisan bisa menghasilkan uang ?, tentu saja, blog gratisan bisa juga menghasilkan uang, salah satu flatform blog gratisan yang sangat rekomended adalah blogspot / blogger.com, silahkan anda buat blog di blogger.com, lalu mulai lah dengan aktivitas blogging anda hingga blog anda bisa menguntungkan.

Berapa jumlah artikel yang harus saya terbitkan agar bisa mendapatkan keuntungan dari blog ?

Menerbitkan artikel adalah aktivitas utama seorang blogger, jadi anda benar-benar dituntut harus banyak menguasai topik yang dibahas dan juga dituntut untuk pandai menulis artikel.

Artikel harus anda terbitkan secara konsisten dan terus menerus, karena semakin banyak artikel yang anda terbitkan, maka blog anda akan lebih mudah dikenali dan ditemukan di hasil pencarian google dengan kata kunci relevan.

Berapakah jumlah artikel yang harus diterbitkan ?

Sebanyak-banyaknya, selama anda mampu maka teruslah menerbitkan artikel, semakin banyak artikel maka pengunjung blog anda akan cendrung meningkat. dan semakin banyak pengunjung blog anda, maka blog anda akan mudah sekali dikonversi menjadi uang.

Topik blog seperti apa yang harus saya bahas ?

Topik yang harus anda bahas prioritaskan topik yang benar-benar anda kuasai, jika anda ahli makanan maka anda bisa menjadi food blogger dengan mengisi blog anda mengenai topik menu / resep makanan, jika anda menguasai dunia fashion, maka anda juga bisa menjadi seorang fashion blogger, begitu juga jika anda menguasai kesehatan, anda juga bisa menjadi healty blogger yang banyak membahas topik seputar kesehatan.

Apapun topik yang anda pilih, selama topik tersebut memberikan manfaat untuk orang lain, anda akan mendapatkan keuntungan dari blog yang anda buat.

4 komentar:

  1. Mas, saya may nanyak nih, menurut nas brp sebaiknya kita pasang kode iklan adsense dl satu halaman? Dan ukuran iklan yg mana yg memiliki cpc tinggi? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin saja penglaman setiap blogger berbeda-beda. dan juga sangat dipengaruhi dengan topik blog yang dibahas.

      Saya mencoba paling baik itu 3 iklan dalam setiap halaman

      jika iklan terlalu banyak memang klik meningkat namun cpc malah turun.

      Menurut saya agan bisa eksperimen untuk blog agan hingga menemukan penempatan dan jumlah iklan yang cocok.

      Delete
  2. thanks gan atas materianya artikel sangat berkaulitas, apakah blog baru dalam setahun akan dapat menjadi populer?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3 bulan juga bisa populer gan, kalo blognya banyak pengunjung akan semakin populer, tapi banyak faktor yang bisa menentukan mudah tidaknya blog cepat populer.

      -Kualitas artikel
      -Promosi yang agan lakukan
      -Mudah tidaknya ditemukan di hasil pencarian


      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!