Anda mungkin saja blogger pemula yang baru terjun dan ingin serius di dunia blog, namun anda belum tau seperti apa template yang harus dipilih untuk blog anda, maka di artikel kali ini saya akan coba menguraikan beberapa ciri utama template blog yang baik dan benar yang bisa anda pilih untuk blog anda.

Ada banyak sekali template wordpress maupun blogspot yang siap digunakan yang bisa anda pilih dan siap anda gunakan pada blog anda, baik itu yang gratisan maupun yang berbayar, tapi yang harus anda perhatikan sebelum memilih template tersebut adalah kualitas dari template tersebut.

Memang banyak sekali template yang siap digunakan, tapi tidak sedikit template yang kurang memperhatikan kualitasnya dan ketika digunakan tentu akan berdampak pada optimasi blog yang menjadi kurang optimal, padahal kita tau bahwa selain artikel salah satu faktor yang paling penting yang dapat mempengaruhi eksistensi blog di halaman hasil pencarian akan tergantung juga pada template blog yang digunakan.

ciri utama template blog yang baik untuk dipilih

Jika kita mampu memilih template blog yang baik dan benar, maka kemungkinan besar akan dapat meningkatkan SEO blog serta dapat menyokong artikel blog yang disajikan sehingga ramah mesin pencari dan lebih mudah ditemukan di hasil pencarian.

Untuk memilih template blog yang baik dan benar setidaknya anda harus tau seperti apa ciri template yang baik itu, dengan mengetahui dan memahami cirinya maka anda tidak akan salah ketika memilih template untuk blog anda.

Ciri Utama Template Blog yang baik yang harus anda pilih.

Berikut adalah beberapa ciri utema template blog yang baik yang bisa anda pilih terutama untuk blogger pemula:

Ciri #1 - Ringan 

Ciri utama template blog yang baik adalah harus ringan, kita tau bahwa loading speed atau kecepatan akses sebuah situs atau blog dapat meningkatkan SEO blog yang bersangkutan, dan kita tau bahwa google sudah melibatkan loading speed sebagai bagian dari 200+ google rangking faktor.

Itu artinya ringannya loading halaman situs dapat memberikan dampak yang baik untuk meningkatkan rangking hasil pencarian mesin pencari, tentu dengan memiliki template blog yang sangat ringan maka SEO juga akan lebih baik.

Bagaimana saya tau bahwa template tersebut ringan? 
Ada banyak sekali tool yang dapat digunakan untuk mengecek ringan tidaknya sebuah template blog, beberapa diantaranya yang paling sering digunakan adalah:

a. Google pagespeed insigh
Untuk menggunakan tool ini silahkan anda buka https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/

google page speed insights

Silahkan anda masukan url homepage anda atau salah satu url artikel anda, kemudian anda tekan tombol "ANALISIS", tunggu sebentar, maka anda akan melihat hasilnya, kurang lebih seperti tampilan gambar di bawah ini:

mengukur kecepatan blog dengan google page speed inshights

Page speed insigh akan memberikan hasil dari 1 s/d 100, nilai 100 adalah yang paling baik. Template blog yang baik minimal memiliki nilai yang berwarna hijau. seperti di atas dan tidak harus nilainya 100. jika warnanya kuning atau merah berarti ada yang perlu di perbaiki, google pagespeed inshig akan memberikan saran mana saja yang harus anda perbaiki.

b. GTMetrix 

Tool ini fungsinya hampir sama dengan google pagespeed insigh, dapat memeriksa kecepatan sebuah blog dan juga dapat memberikan saran manasaja yang harus diperbaiki jika nilai tidak maksimal.

Untuk menggunakan tool ini, silahkan anda buka https://gtmetrix.com/

gtmetrix

Silahkan anda masukan alamat url blog anda, bisa alama url homepage atau alamat url artikel kemudian tekan tombol "Analyze" untuk di analisa dan silahkan tunggu sampai hasilnya kelihatan.

Hasilnya akan kelihatan seperti gambar di bawah ini:

hasil analisa kecepatan blog dengan gtmetrix

GTMetrix akan melaporkan hasilnya dari 1% s/d 100%, Jika pagespeed score dan YSlow score nilainya berwarna hijau seperti gambar di atas, itu artinya sudah cukup baik, tapi jika mau anda bisa membuatnya sampai 100% agar lebih maksimal.

Ciri #2 - Mendukung SEO Friendly

Ciri utama yang ke 2 adalah template harus seo friendly, apa itu template seo friendly, template seo friendly adalah template yang ramah terhadap mesin pencari artinya struktur template sudah dibuat sedimikian rupa sehingga memiliki unsur-unsur yang akan disukai oleh mesin pencari, baik yahoo, google, yandex maupun bing.

Bagaimana saya tau bahwa template yang saya gunakan sudah seo friendly?
Untuk melihat dan mengetahu bahwa template yang anda gunakan sudah seo friendly maka anda bisa menggunakan tool khusus untuk mengeceknya.

Salah satu tool yang bisa anda gunakan adalah tool chkme, silahkan anda buka http://chkme.com/page-seo-tools.


Kemudian silahkan anda masukan alamat url homepage blog anda tanpa http://, inagat alamat homepage ya, misal strukturkode.blogspot.com. kmudian silahkan anda tekan tombl "Check" dan tunggu sebentar sampai anda melihat hasilnya,

Hasilnya kurang lebih akan seperti gambar di bawah ini:


seo score versi chkme

Jika hasilnya belum 100% anda bisa memperbaikinya.

Nilai seo tool menggunakan chkme sangat dipengaruhi oleh postingan anda, terutama gambar, jika template sudah mendukung seo tool versi chkme, maka ketika memposting perhatikan juga optimasi gambar , pastikan untuk selalu menggunakan gambar yang dikompress agar ukurannya lebih kecil, menambahkan atribut title dan alt tag juga jangan sampai lupa, jika tidak maka seo score versi chkme akan menurun.


Ciri #3 - Template Harus Responsive

Ciri yang ketiga adalah upayakan untuk memilih template blog yang responsive, apa itu template responsive?, template responsive adalah template dimana tampilan halamannya akan selalu menyesuaikan dengan ukuran  layar yang menggunakannya tanpa harus menggeser (scroll) ke kiri dan ke kanan.

Jika di lihat di layar smartphone, maka tampilan akan menyesuaikan, jika dilihat di monitor komputer tampilan juga akan menyesuaikan, intinya, text yang ditampilkan akan bisa dibaca dengan baik, dan pengguna tidak harus melakukan scrolling layar ke kiri dan ke kanan.

Bagaimana saya tau bahwa template sudah responsive?

Untuk mengetahui template responsive atau tidak anda bisa menggunakan tool khusus, silahkan anda buka http://www.responsinator.com/ kemudian silahkan anda masukan alamat url blog anda

Jika tampilan blog mendukung template responsive berarti anda bisa gunakan template tersebut untuk blog anda, jika tidak sebaiknya anda perbaiki.

Apakah template responsive dapat meningkatkan rangking di halaman pencarian?

Penelitian yang dilakukan moz untuk ranking faktor terhadap 150 pemasaran profesional yang sangat peduli dengan seo menyatakan bahwa faktor desain blog responsive sangat berhubungan atau berkorelasi dengan suksesnya peringkat seo, itu artinya template responsive secara tidak langsung memiliki andil terhadap rangking seo.

Begitu juga menurut google melalui john muller menyebutkan bahwa desain responsive secara tidak langsung dapat memberikan dampak lebih baik untuk blog, tapi desain responsive bukan salah satu bagian dari google ranking faktor.

Ciri #4 -  Template harus Mobile Friendly.

Template mobile friendly adalah template yang harus sangat ringan ketika diakses menggunakan perangkat mobile dan tampilan layar dapat menyesuaikan dengan ukuran layar perangkat yang digunakan.

Apa bedanya template responsive dengan template mobile friendly?
Jelas berbeda, template mobile friendly belum tentu responsive sedangkan template responsive pasti mobile friendly.

Ciri template mobile friendly adalah halaman blog akan menyesuaikan ketika url mobile, misal http://strukturkode.blogspot.com?m=1. diakses menggunakan perangkat mobile.

Sedangkan ciri template responsive, halaman harus menyesuaikan ketika url yang digunakan adalah url untuk desktop misal: http://strukturkode.blogspot.com tapi diakses menggunakan perangkat mobile, jika tampilan halaman dapat menyesuaikan itu artinya responsive.

Contohnya blog saya ini, templatenya mobile friendly tapi tidak responsive.

Coba saja anda akses menggunakan perangkat mobile dengan 2 url berikut:
http://strukturkode.blogspot.com?m=1 (url mobile)
http://strukturkode.blogspot.com (url desktop)

Coba akses menggunakan perangkat mobile kedua url di atas pasti tampilannya berbeda.

Cara Cepat Memeriksa template mobile friendly
Untuk melihat bahwa template mobile friendly anda bisa menggunakan tool buatan google, silahkan buka https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/

mengecek template mobile friendly

Jika hasilnya seperti gambar di atas maka itu artinya template blog tersebut mobile-friendly.

Ciri #5 - Memiliki Struktur data (schema markup) yang baik

Struktur data schema markup adalah kode khusus yang disisipkan pada kode html template blog, tujuannya adalah agar mesin pencari lebih mudah memahami kandungan setiap text yang terdapat di halaman blog.

blog yang memiliki struktur data yang baik adalah blog yang bukan hanya struktur data schema markupnya tidak error atau tidak salah, tetapi blog tersebut harus mampu menggunakan schema markup yang tepat untuk jenis blognya.

Untuk melihat apakah struktur schema markup pada template blog sudah baik, anda bisa menggunakan tool yang disediakan oleh google yaitu struktur data testing tool, silahkan buka https://search.google.com/structured-data/testing-tool, kemudian silahkan anda jalankan test


Silahkan anda masukan url blog anda, baik url homepage maupun url artikel, kemudian run test, anda akan melihat hasilnya:


Jika melihat Error seperti tampilan di atas itu artinya template ada yang harus di perbaiki.

Untuk memperbaikinya silahkan anda baca: Cara memperbaiki Error Struktur data blog.

Apakah ada pengaruhnya struktur data pada seo?

Moz: Jika dikaitkan dengan seo sampai saat ini pengaruh schema markup pada rangking hasil pencaian masih menjadi perdebatan, masih dalam proses ekperimen dan sampai saat ini kabarnya belum ada bukti yang dapat meyakinkan bahwa keberadaan struktur data markup dalam struktur html halaman blog dapat meningkatkan peringkat di hasil pencarian.

Tapi ada indikasi bahwa cuplikan hasil pencarian dari informasi schema org yang terdapat di halaman blog dapat meningkatkan click throught rate (CTR), akan lebih menarik pengguna untuk lebih mengklik judul di hasil pencarian.

Jika saya tidak terlambar mendapatkan informasi terbaru tentang schema markup ini, pernyataan yang sama di perkuat dari pihak google bahwa sampai saat ini schema org belum digunakan sebagai google rangking faktor, tapi kemungkinan besar menurut saya pribadi schema org ada kemungkinan akan digunakan sebagai google rangking faktor di kemudian hari.


Itulah tentng 5 ciri utama template blog terbaik, dengan memahami ciri template blog yang baik, anda lebih mudah menentukan sebuah template apakah baik digunakan atau tidak, semoga bermanfaat.

10 komentar:

  1. Keren artikel nya, sangat membantu sekali, baru tau ringan tidaknya suatu blog bisa di test :-D.

    ReplyDelete
  2. Mas bagaimana cara mempercepat kecepatan loading blog mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas bisa coba baca:
      http://strukturkode.blogspot.co.id/2014/11/cara-meringankan-loading-blog.html

      Delete
  3. Alhamdulilah, template blog saya kayaknya sudah memenuhi kriteria gan :D

    ReplyDelete
  4. Wah... ini hal yang sangat penting sebelum memulai segalanya... memilih template adalah pilihan yang paling awal... sebelum melalukan sesuatu yang lainnya...
    Salam, Mas Didin... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam mas, betul sekali mas

      Delete
    2. Ahaa, mas Dedy ternyata ada di sini,,,lagi cari template blogspot ya mas??he he

      Delete
  5. Cara membuat tag keyword pada blog gimana mas? terima kasih

    ReplyDelete
  6. Terimakasih informasinya ... Mau nanya nih,Kalo misalnya blog sudah didaftarkan di webmastertools dan google analytics tapi ingin ganti tema boleh nggak? biasanya kan kalo daftar di webmastertools ada kode html yang ditempelkan ke tema..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh tapi pastikan meta tag yang ada didalam kode <head, semuanya sama seperti template sebelumnya,

      Bisa di baca:
      http://strukturkode.blogspot.com/2016/07/tips-mengganti-template-baru-blog.html

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!