Ada banyak sekali latar belakang dan tujuan orang membuat blog, salah satu yang sering sekali dijadikan untuk motivasi adalah membuat blog karena ingin mendapatkan uang secara online dari internet, namun sayangnya masih banyak orang yang belum paham bagaimana cara agar blog yang mereka miliki bisa menghasilkan uang, bahkan masih banyak orang yang berpendapat bahwa mendapatkan uang dari blog itu hanya omong kosong dan tidak terbukti benar, padahal jika saja mereka tau ada banyak sekali orang dari indonesia dan luar negeri yang sudah membuktikan bisa menghasilkan uang dari internet melalui monetisasi blog (monetisasi='mengupayakan agar blog bisa menghasilkan uang), bahkan mereka bisa meraup penghasilan hingga bisa mencapai lebih dari $100 perhari hanya dari blog.

Saya pribadi sebenarnya banyak sekali mendapatkan pertanyaan dari para blogger pemula yang memang merasa kebingungan dan belum mendapatkan petunjuk bagaimana cara memonetisasi blog miliknya sehingga mereka bisa mendapatkan penghasilan dari internet. beberapa pertanyaan yang sering sekali ditanyakan oleh mereka adalah, "bagaimana cara memasang iklan di blog agar bisa menghasilkan uang". bahkan ada juga yang bertanya "saya sudah punya blog indonesia dan pengunjungnya cukup banyak, bagaimana agar blog saya bisa menghasilkan uang".

Cara Mendapatkan Uang dari Blog dengan Google AdSense
Cara dapat uang dari blog dengan google adsense
 
Memang untuk pemula saya yakin akan sangat sulit sekali untuk memilih  cara yang tepat dan benar yang bisa mereka gunakan untuk memonetisasi blog miliknya, sehingga blog mereka bisa menghasilkan uang, karena ada banyak sekali referensi cara mencari uang di internet yang bisa kita temukan, membuat mereka bingung untuk memilih cara yang tepat dan memang terbukti benar.

Silahkan baca: #4 petunjuk cara mencari uang dari internet untuk pemula

Melalui artikel kali ini saya akan coba memberikan uraian lengkap sebagai sebuah tutorial khusus untuk blogger pemula, bagaimana cara mendapatkan uang dari internet melalui media blog, sebenarnya ada banyak sekali teknik monetisasi blog, yang bisa anda coba dan terbukti membayar, namun disini saya akan coba menguraikan tentang cara mendapatkan uang dari blog dengan google adsense.

Sekilas tentang apa itu Google Adsense?

Dapat uang dari internet dengan google adsense
Google AdSense
Sebenarnya saya sudah pernah menyajikan artikel tentang apa itu google adsense?, namun di artikel kali ini saya akan coba sedikit ulas kembali mengenai apa itu google adsense?, barangkali anda baru mendengar istilah google adsense,  google adsense adalah media periklanan milik raksasa internet google yang memang dikhususkan sebagai media untuk memfasilitasi para advertiser atau pemasang iklan di seluruh dunia yang ingin berpromosi dengan beriklan secara online bersama google, google akan mempromosikan iklan para advertiser yang sudah bekerja sama dengan google adsense secara online, google akan mempromosikan iklan para advertiser di media online melalui produk google, seperti blog, applikasi android, dan media online lainnya, sehingga iklan para advertiser akan lebih mudah dan cepat sampai pada target yang sesuai.

Untuk mempermudah mempromosikan iklan para advertisaer, google bekerja sama dengan para blogger diseluruh dunia termasuk anda, dengan memberikan kesempatan kepada anda untuk ikut bergabung menjadi partner google adsense, anda sebagai blogger bisa mengajukan pendaftaran (sama halnya dengan lamaran kerja kepada google untuk menjadi penayang iklan atau publisher google adsense) jika berhasil diterima menjadi publisher google adsense, maka anda bisa memasang iklan google adsense di blog yang  anda miliki, dan anda akan dibayar.

Apaah untuk menjadi publisher google adsense Gratis?
Ya, semuanya gratis, anda tidak akan dipungut biaya sepeserpun alias gratis sampai kapanpun, tugas anda hanyalah mempromosikan iklan google adsense di halaman blog anda. dan anda akan dibayar. cara mendapatkan uang secara online dari google adsense adalah salah satu cara mendapatkan uang yang tidak perlu mengeluarkan banyak modal, bahkan mungkin nyaris tanpa modal, karena modal utamanya hanyalah koneksi internet saja.

Bagaimana google adsense membayar anda?

Anda akan mendapatkan komisi atau dibayar oleh pihak google adsense jika pengunjung blog anda melakukan klick terhadap iklan google adsense yang anda pasang pada halaman blog anda. metode komisi yang biasa digunakan oleh iklan google adsense adalah CPC (Cost per click) atau BPK (biaya per klik), artinya anda akan mendapatkan bayaran atau komisi dari google jika iklan yang anda pasang pada blog anda mendapatkan klik dari pengunjung.

Besar kecilnya komisi yang akan anda dapatkan sangat dipengaruhi oleh nilai CPC tiap iklan yang di-click oleh pengunjung blog anda, juga tergantung dari jumlah klik terhadap iklan tersebut. semakin besar nilai CPC yang dimiliki oleh setiap iklan dan semakin banyak jumlah klik terhadap iklan yang anda pasang maka penghasilan dollar yang akan anda dapatkan dari google adsense akan semakin besar.



Bagaimana saya mencairkan pendapatan dari google adsense?

Setelah anda menjadi publisher google adsense anda akan diberi sebuah akun seperti layaknya akun email yang khusus anda gunakan untuk mengelola iklan google adsense anda, memantau informasi pendapatan google adsense anda dan melihat informasi pembayaran juga informasi lainnya dari google adsense. pendapatan anda dari google adsense akan di catat dan bisa dilihat di akun google adsense anda tersebut.

Anda baru bisa mencairkan pendapatan google adsense anda jika pendapatan dari akun google adsense sudah mencapai minimal $100, anda akan disajikan bukti pembayaran di akun adsense anda setiap kali pendapatan sudah diambang batas pencairan (min $100), bukti tersebut bisa anda print, ada banyak metode pencairan, bisa melalui transfer bank, western union atau melalui cek, namun di indonesia sendiri berlaku hanya transfer bank dan melalui western union.

Sebelum anda bisa mencairkan pendapatan google adsense, anda harus menyeting metode pembayaran di akun adsense anda, memasukan biodata anda, juga memilih metode pembayaran (transfer bank, western union atau cek), setiap kali ada pencairan akan disesuaikan dengan metode pembayaran yang anda atur, jika melalui bank maka pembayaran akan ditransfer ke renening bank anda setiap akhir bulan, jika melalui western union anda bisa mencairkan di agen western union setempat, jika memilih metode pembayaran melalui wetern union, pembayaran dari google adsense baru bisa anda cairkan setiap tanggal 21 sampai taggal 23 bulan yang bersangkutan.

Untuk lebih detail silahkan baca: Cara mencairkan pendapatan google adsense


Langkah-Langkah Cara Mendapatkan uang dari blog dengan Google AdSense

Jika anda kebetulan tertarik dan berusaha ingin mendapatkan uang dari blog gratisan, anda adalah orang yang tepat bisa membaca artikel ini, saya akan uraikan secara lengkap tentang bagaimana mendapatkan uang dari google adsense dengan blog gratisan.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Langkah #1 - Anda harus memiliki blog.

Langkah satu yang harus anda tempuh agar bisa mendapatkan uang secara online dari blog dengan google adsense adalah, anda harus memiliki blog, bisa menggunakan blog gratisan atau blog dengan domain pribadi (top level domain / TLD), kedua-duanya sama saja, untuk pemula anda bisa menggunakan media blog gratisan yang banyak bertebaran di internet.

Karena banyak sekali situs penyedia layanan untuk membuat blog gratis yang bisa anda gunakan, saya menyarankan untuk menggunakan blog gratisan berflatform blogspot, alasanya karena selain gratis blog berflatform blogspot adalah milik google sehingga blog tersebut lebih mudah untuk dimonetisasi dengan google adsense.
Penting :
Apapun topik blog yang anda bahas, blog yang anda miliki  tidak boleh membahas topik yang melanggar kebijakan google adsense, jika tidak maka blog anda akan sulit bahkan tidak akan bisa dimonetisasi dengan google adsense.
Peraturan google adsense sangat ketat sekali, jika saja anda membuat blog untuk dimoneitasi menggunakan google adsense, sebaiknya yang benar-benar harus anda perhatikan adalah topik yang dibahas di blog tersebut, jangan sekali-kali membahas topik yang tidak sesuai dengan kebijakan atau topik-topik yang berbau pelanggaran hak cipta, jika tidak maka blog anda akan sulit diterima untuk menjadi penayang iklan adsense.

Langkah #2 - Mendaftarkan blog anda ke google AdSense

Tidak cukup hanya memiliki blog saja, agar blog yang anda miliki bisa mendapatkan uang dari google adsense, blog tersebut harus anda daftarkan ke google adsense, ya, untuk memasang iklan google adsense pada blog yang anda miliki, anda harus diterima menjadi publisher google adsense terlebih dahulu.

Silahkan baca: Cara daftar google adsense melalui blog.

Syarat untuk menjadi publisher google adsense sebenarnya sangatlah mudah, anda cukup memiliki email google (Gmail) dan sebuah blog  saja, namun untuk diterima menjadi publisher google adsense tidaklah mudah, karena pihak google akan melakukan review atau peninjauan terhadap blog yang akan anda daftarkan, tujuan review tersebut adalah untuk menilai layak tidaknya blog anda menjadi penayang iklan adsense, biasanya akan ada 2 proses review, dikenal dengan review 1 dan review 2.

Setelah pendaftaran selesai anda lakukan maka pihak google adsense akan melakukan review 1 terhadap blog anda, jika blog anda dianggap layak review 1 akan lolos, dan anda akan diminta untuk memasang iklan pada blog anda, setelah iklan dipasang pada halaman blog anda pihak google adsense selanjutnya akan melakukan review tahap 2 terhadap blog anda, jika review 2 lolos, itu artinya anda berhasil diterima menjadi publisher google adsense.

Lolos tidaknya akan selalu diinformasikan oleh pihak google adsense melalui email yang anda daftarkan, Jika anda dinyatakan lolos, maka itu artinya anda sudah resmi menjadi publisher google adsense, anda bisa memasang iklan dari akun google adsense pada blog anda baik pada blog yang anda daftarkan juga blog milik anda lainnya, google adsense bisa dipasang di 500 blog bebeda yang tidak menyalahi kebijakan, dan anda bisa menghasilkan uang dari blog anda tersebut, jika ditolak anda bisa mendaftarkan blog anda kembali setelah saran perbaikan dari google adsense diperbaiki.
Silahkan dibaca: Tips jitu agar diterima google adsense

Langkah #3 - Memasang iklan google AdSense pada blog Anda.

Sebenarnya iklan google adsense baru bisa anda pasang jika review 1 google adsense lolos, itu sebagai salah satu syarat menuju review 2, jika review 2 lolos, itu artinya anda sudah berhasil menjadi publisher google adsense, sehingga anda bisa memasang iklan google adsense anda di blog yang anda daftarkan atau di blog anda lainnya, bahkan google adsense memberikan kesempatan kepada anda untuk memasang dan meletakan iklan dari google adsense sampai di 500 blog berbeda.

Silahkan baca:  Cara memasang iklan google adsense di blog


Langkah #4 - Tingkatkan Pengunjung blog Anda.

Setelah anda berhasil diterima menjadi publisher google adsense dan anda sudah berhasil memasang iklan google adsense pada halaman blog anda, langkah berikutnya adalah mengupayakan agar visitor atau pengunjung blog anda terus meningkat.

Besar kecilnya pendapatan dari google adsense sangat dipengaruhi oleh jumlah klik, semakin banyak jumlah klik maka pendapatan dari google adsense akan semakin baik, dan banyak sedikitnya jumlah klik sangat dipengaruhi oleh visitor atau pengunjung blog anda, semakin banyak jumlah pengunjung maka jumlah klik terhadap iklan google adsense yang anda pasang akan berpotensi banyak juga.

Ada banyak cara bagaimana cara meningkatkan visitor blog anda, lebih diprioritaskan untuk menjaring pengunjung dari mesin pencari, karena google adsense sangat menyukai jika klik terjadi dilakukan oleh pengunjung blog yang bersumber dari mesin pencari. untuk menjaring pengunjung dari mesin pencari salah satu cara yang bisa anda tempuh adalah dengan melibatkan optimasi seo pada setiap artikel blog anda baik optimasi seo onpage maupun optimasi seo offpage.

Artikel terkait: Cara meningkatkan visitor blog

Memang benar-benar sudah terbukti bahwa blog atau situs yang memiliki jumlah pengunjung sangat banyak berbanding lurus dengan keuntungan dari google adsense akan banyak juga, bahkan ada juga blogger luar negeri yang mampu meraup keuntungan hingga 300 juta setiap bulan hanya dari blogspot gratisan.

Oleh karena itu anda tidak usah berkecil hati, meskipun blog anda adalah blogspot gratisan, tetap akan mampu menghasilkan dengan nilai maksimal jika dikelola dengan baik.

Langkah #5 - Buat Banyak blog

Langkah terakhir yang harus anda tempuh dalam upaya untuk mendapatkan penghasilan besar dari google adsense adalah memuat banyak blog, jika anda memiliki satu blog dan kebetulan tidak mampu untuk menjaring visitor dalam jumlah yang banyak untuk blog tersebut, maka anda bisa mencoba strategi mengelola banyak blog dengan beraneka ragam topik atau niche pada setiap blog, artinya setiap blog yang anda buat digunakan untuk membahas hanya fokus 1 topik saja.

Karena iklan google adsense selain tergantung pada jumlah klik, tergantung pula pada nilai CPC, agar mendapatkan iklan dengan nilai CPC tinggi, anda bisa mencoba mencari informasi untuk menemukan topik-topik atau kata kunci untuk artikel blog yang memiliki nilai CPC tinggi, setelah anda menemukan kata kunci untuk judul blog dengan nilai CPC tinggi atau High paying keyword, silahkan kategorikan kemudian anda bisa sajikan pada blog baru anda.

Artikel terkait lainnya : Cara menemukan High Paying keyword google Adsense

Dengan menyajikan banyak blog maka peluang anda untuk mendapatkan banyak sekali dollar dari internet melalui blog dengan google adsense akan mudah terealisasi, kuncinya anda jangan patah semangat, tekun dan selalu berdoa,tidak ada cara yang cepat untuk menghasilkan uang, karena untuk menuju kesuksesan perlu kerja keras, ketekunan dan pantang putus asa.

Langkah #6 Selalu bereksperiman

Untuk mendapakan uanga dari blog dengan google adsense dalam jumlah maksimal anda harus punya strategi khusus, intinya anda harus selalu bereksperimen, terutama yang berkaitan dengan mengelola tata letak iklan dan juga bentuk dan ukuran layout iklan, sehinga jika iklan yang anda letakan pada halaman blog anda terletak di posisi yang memang banyak sekali mendapatkan perhatian pembaca blog anda maka akan mudah sekali untuk mendapatkan klick.


Demikian artikel tentang panduan langkah-demi langkah cara mendapatkan uang dari blog dengan google adsense, semoga dengan adanya artikel ini diharapkan bisa membantu anda yang kebetulan sedang mencari artikel serupa. semoga bermanfaat.

13 komentar:

  1. Makasih banegt karena artikel Anda sangatlah membantu. Terutama bagi kami yang pemula dan gaptek akan teknologi informasi digital.

    ReplyDelete
  2. Trims artikelnya membantu membuka wawasan dan sekarang tinggal mencoba keberuntungan....

    ReplyDelete
  3. gan bisa bantu cek gk? blog ane kira-kira yang kurang apa buat di daftarin adsense. pageview baru sekitar 1200/hari, artikel baru 35. sudah banyak artikel ane yang nangkring di halaman satu google search untuk jumlah hasil perncarian 500ribu ke bawah. sudah pernah saya coba daftarin, tapi ditolak pada evaliasi ke-2. mohon saran dari mastah. blog ane: www.carusermagz.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo boleh tau penolakannya seperti apa gan?.

      Agan bisa baca-baca link di email penolakannya dan pahami.

      Delete
  4. Maaf mas pertanyaannya agak menyimpang, apakah penghasilan adsense mas dari blog ini menurun drastis sejak uc browser dan opera memblokir iklan adsense ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Persisnya saya kurang tau mas jika penyebabnya itu, namun yang jelas kentara saya kehilangan 30-50% dari penghasilan adsense setelah pengunjung blog anjlok...

      Delete
  5. bos saya minta diajarin daftar google adsense dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sudah memiliki blog yang sudah usia min 6 bulan dan sudah banyak artikel juga pengunjungnya, coba saja daftarkan gan.

      cara daftarnya bisa dibaca;
      http://strukturkode.blogspot.co.id/2014/09/cara-daftar-adsense-melalui-blog.html

      Delete
  6. mas, sebelumya kan sy juga pernah buat blog tp motifnya belum cari duit cuma buat ajang nulis aja, sekarang pengunjungnya dah lumayan, terlambat gak ya didaftarin adsense? terus caranya biar blog kita muncul di pencarian google gmn ya? apa perlu seo, sebenernya masih banyak yg mau ditanyain. hehehe... makasih atas ilmunya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada kata terlambat mas, justru semakin blog berumur malah lebih bagus potensinya.

      Agar blog muncul di pencairan google.
      -Daftarkan google webmaster :https://strukturkode.blogspot.co.id/2015/01/cara-mendaftarkan-blog-ke-bing-dan-google-webmaster-tool.html

      -Selalu submit artikel di mesin pencari:
      https://strukturkode.blogspot.co.id/2015/02/agar-blog-baru-cepat-terindex-dan-populer.html

      -bikin artikel yang berkualitas.

      Delete
  7. tulisan yang sangat bagus dan lengkap pada sati topik tentang google adsense.
    saya mampir kesini dan memperoleh beberapa poin yang belum pernah saya baca. tetapi sayangngya adsense kena bann sudah lama sekali 8 tahun yang lalu kale...ya.

    ReplyDelete
  8. Tipsnya bermanfaat mas, saya mau nanya nih, mengenai kebijakan adsense tentang pelanggaran hak cipta. Blog saya kan temanya tutorial komputer, terus biasanya kalo mengenai definisinya, saya biasanya copas melalui wikipedia, tetapi saya sudah mencantumkan bahwa saya mendapatkan definisinya melalui wikipedia. apakah saya melanggar hak cipta bila menyertai/mencantumkan sumber reverensi dari blog tertentu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak mas, kecuali 100% jiplak. saya juga seperti itu.

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!