Ada 2 macam akun google adsense yang bisa kita miliki yaitu akun google adsense hosted dan akun google adsense non-hosted, jika anda mendaftar adsense dari situs yang masih satu host dengan google seperti blogspot atau youtube maka anda akan memperoleh akun adsense hosted. sedangkan jika pendaftaran adsense anda menggunakan situs yang dihosting secara pribadi atau top level domain (TLD), maka akun google adsense yang akan anda dapatkan jenisnya adalah akun google adsense non-hosted.

Dari fungsi dan kegunaannya akun google adsense hosted dan non-hosted memang sedikit berbeda, akun google adsense hosted hanya bisa digunakan untuk situs yang masih satu kepemilikan dengan google (1 host ), dengan kata lain iklan dari akun google adsense hosted hanya bisa digunakan di blog berflatform blogspot atau video youtube. sedangkan akun google adsense non-hosted memiliki kegunaan yang lebih luas, iklan dari akun google adsense non-hosted bisa digunakan baik di situs yang masih satu host dengan google (blog berflatform blogspot dan youtube) atau situs top level domain milik anda pribadi.

Cara upgrade akun google-adsense hosted menjadi non-hosted (full approve)
 Upgrade akun google adsense hosted menjadi non-hosted

Untuk alasan tertentu kepemilikan akun google adsense hosted memiliki banyak keterbatasan jika dibandingkan dengan akun google adsense non-hosted, terutama ketika anda memiliki blog top level domain yang ingin dipasangi iklan google adsense, atau blog anda yang tadinya blog berflatform blogspot sudah anda custom menjadi domain pribadi, sementara akun google adsense yang anda miliki masih kategori akun google adsense hosted, tentu agar iklan bisa muncul, akun google adsense harus anda upgrade ke versi non-hosted. jika dipaksakan, maka iklan dari akun google adsense hosted  tidak akan pernah tayang pada blog TLD anda, oleh karena itu agar iklan dapat bekerja distus top level domain anda, anda harus segera meng-upgrade akun google adsense hosted anda menjadi versi non-hosted.

Mengenal Perbedaan Akun Google adsense Hosted dan Non-Hosted

Berikut saya uraikan kembali perbedaan antara akun google adsense hosted dan non hosted secara terpisah:

Akun Google Adsense Hosted:

a. Iklan dari akun google adsense hosted hanya bisa dipasang di situs mitra host, satu kepemilikan dengan google (video youtube atau blog berflatform blogspot) yang sesuai kebijakan.

b.  Pendapatan akun google adsense hosted akan dibagi dengan penyedia layanan dalam hal ini (bisa youtube atau blogspot)

c. Lebih mudah untuk di approve.

d. Ketika anda masuk ke akun google adsense hosted, di menu bar akan ada tulisan Hosted Account dengan warna merah.

e. Tulisan Hosted Account didalam akun adsense akan hilang.

Akun google adsense non-hosted:

a. Iklan dari akun google adsense non-hosted selain bisa dipasang di youtube atau blogspot, bisa juga di situs top level domain yang sesuai dengan kebijakan google adsense.

b. Akun google adsense non-hosted adalah milik anda pribadi, jadi penghasilan dari akun google adsense non-hosted akan sepenuhnya menjadi milik anda tanpa ada pembagian dengan pihak ke 3.

c. Lebih sulit untuk full approve.


2 Langkah Mudah Cara Upgrade Akun Google Adsense Hosted Menjadi Non-Hosted

Berikut adalah langkah-langkah merubah akun google adsense hosted menjadi non-hosted:

Langkah #1 - Sediakan Situs Top Level Domain

Langkah pertama adalah anda harus menyediakan situs top level domain atau situs yang anda hosting secara pribadi.

Jika kebetulan anda memiliki blog dengan flatform blogspot dan masih sub domain anda bisa ubah atau customisasi blog tersebut menjadi TLD, namun jika anda tidak berniat mengupgrade blog anda menjadi blog top level domain anda bisa menggunakan blog top level domain milik teman atau shabat untuk mengupgrade akun adsense anda.

Setelah Anda memiliki Situs top level domain, selanjutnya silahkan pasang kode unit iklan dari akun adsense anda di situs top level domain yang sudah anda siapkan, (pada tahap ini iklan hanya akan menampilkan ruang kosong saja atau blank)

Langkah #2 - Lakukan Otorisasi situs di akun adsense anda.

Fasilitas otorisasi situs adalah fasilitas opsional yang salah satu fungsinya bisa anda gunakan untuk mengupgrade akun adsense anda dari hosted menjadi non-hosted.

Otorisasi situs hanya dapat digunakan untuk situs top level domain saja, langkah-langkah untuk melakukan otorisasi situs adalah sebagai berikut:

a. Pastikan anda sudah masuk ke akun google adsense anda.

b. Pilih dan klik menu roda gigi di pojok sebelah kanan atas > pilih menu Settings, seperti terlihat pada gambar dibawah ini:


c. Pada tampilan berikutnya, di bilah menu sisi kiri pilih menu Akses dan Otorisasi > Otorisasi Situs

Cara otorisasi situs untuk upgrade akun adsense

Saya akan menampilkan iklan di, Silahkan masukan situs top level domain anda, misal example.com.

Kemudian tekan tombol Kirim, jika berhasil maka akan muncul tampilan dengan pesan seperti di bawah ini:

Review tahap 2 otorisasi situs adsense


Proses otorisasi akan memakan waktu 2 hari hingga ber minggu-minggu, lakukan aktivitas blogging seperti postinga artikel pada umumny.

Pada proses ini iklan tidak akan tayang sama halnya seperti ketika tahap review 2, pihak google adsense akan melakukan review secara manual, jika blog dianggap layak maka otorisasi akan full approve, dan iklan akan tampil di blog top level domain tersebut.


Tips Agar Upgrade Akun google Adsense Diterima (Full Approve)

Otorisasi kadang bisa saja gagal jika memang blog yang diotorisasi dianggap belum layak. bahkan jikapun diterima kadang ada yang memakan waktu berbulan-bulan, oleh karena itu agar upgrade lebih mudah diterima, ada beberapa tips yang bisa anda coba sebagai berikut:

1. Upayakan blog top level domain yang anda otorisasi adalah blog yang sudah bekerja dengan normal, mendapatkan banyak visitor, memiliki jumlah artikel banyak, sudah diindex google, bersih dari page not found 404 (silahkan monitor menggunakan google search console).

Jika kebetulan blog anda adalah hasil custom dari blog lama, lebih baik jangan terburu-buru untuk otorisasi, karena adsense akan melakukan review ke blog anda, dan ingat blog yang baru saja pindah domain akan dianggap sebagai blog baru, butuh waktu agar blog tersebut kembali normal. jika blog anda dianggap belum layak maka yang akan anda dapatkan adalah penolakan. misalnya seperti "Site does not comply with Google policies" itu bisa diartikan bahwa situs domain baru masih belum dikenali sepenuhnya oleh mesin pencari.

2. Lakukan tindakan untuk blog yang baru pindah top level domain, seperi misalnya submit blog di google search console, google analitic dan upayakan tampilan situs mobile friendly.

Untuk referensi, silahkan anda baca :  Lakukan ini setelah blogspot ganti domain TLD

Dengan blog baru yang sudah kembali normal, vistor kembali normal, index semua artikel sudah bekerja dengan baik maka blog akan lebih mudah untuk diterima alias full approve, jika sudah full approve itu artinya akan google adsense anda sudah menjadi non-hosted.

Iklan google adsense dari akun non-hosted bisa anda pasang di situs apapun baik mitra host (youtube dan blogspot) mapun situs top level domain yang anda miliki.

Permasalah Yang berkaitan dengan otorisasi Situs

Terkadang utuk sebagian akun adsense tidak terdapat fasilitas otorisasi, sehingga mereka sulit melakukan otorisasi untuk keperluan upgrade akun adsense mereka dari hosted menjadi non-hosted. untuk masalah ini saya pribadi kurang tau penyebabnya, apakah hanya untuk akun adsense yang diperoleh dari youtube atau akun adsense dari blogspot juga, dari mulai artikel ini dibuat ada beberapa complain yang ditanyakan oleh para blogger yang kebetulan di akun adsensenya tidak terdapat otorisasi.

Saya pribadi masih menduga-duga penyebabnya, mungkin saja ada kebijakan baru dari goole adsense, karena saya belum menemukan statement resmi dari pihak google sampai saat ini mengenai permasalahan ini.

Jika ada dari anda yang kebetulan membaca artikel ini mengetahui penyebabnya semoga bisa share.



Demikan artikel tentang 2 Langkah mudah upgrade akun adsense hosted ke non-hosted, saya sajikan untuk anda semoga bisa anda jadikan referensi untuk melakukan upgrade akun adsense anda ke versi non-hosted, semoga bermanfaat.

56 komentar:

  1. ini yg sedang saya bingungkan, tidak ada menu otorisasi pada adsense saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. akun adsensenya sudah full aprove belum mas?.

      Delete
    2. kejadiannya sama dengan saya. akun saya sudah full aprove tapi iklan blank. setelah baca banyak tutorial, itu karena blog saya domainnya sudah custom. terpaksa harus upgrade akun non hosted.

      permasalahnnya pada menu setting - akses otorisasi untuk 2016 dan yang terbaru tidak ada 'Otorisasi Situs' seperti di banyak tutorial tulisan sebelum 2016. perhatikan skrinsutnya GA juga beda tampilan.

      setelah saya buka satu-satu, yang mendekati sama dengan otoriasi ada pada menu SETTINGS - MY SITES - + web dan blog - klik 3 titik di samping kanan - klik SITE AUTORIZATION. semoga membantu.

      Delete
  2. Pkai TLD teman, apakah tidak mempengaruhi Web teman tersebut & juga tidak mempengaruhi akun adsensenya saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak gan selama teman agan tidak melanggar kebijakan dan isi kontennya blognya sesuai kebijakan.

      Delete
  3. kalau blognya teman itu boleh yang sudah dipasang iklan adsennya atau belum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya yang belum pernah didaftarkan gan. kecuali kepemilikan si blog teman tersebut sudah diganti dengan pemilik baru

      Delete
  4. kira kira berapa lama blog yang telah di domain TLD bisa di daftarkan untuk full aprove adsense, tolong pencerahannya ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. ketika blog diubah menjadi TLD sama halnya seperti blog baru, perlu waktu sampai blog tersebut benar-benar dikenali dan seluruh artikel di blog custom trsbt berhasil di index, silahkan coba daftarkan jika pengunjung sudah normal kembali, itu artinya artikel di blog tersebut sudah berhasil diindex dan dikenali oleh search enggine

      Delete
  5. kalau gitu untuk berapa lama ngk bisa di perkirakan yang bang, ntah 2 bulan atau 3 bulan yang penting blog tersebut sudah di index lagi oleh gooogle. masih belum buth bantuan lagi bang...

    ReplyDelete
  6. jadi kalau sudah di daftarkan dan pernah di tolak itu samakin kecil kemungkinan untuk di terima untuk full aprove adsense ya bang, oah ya bang saya masih bingung nih untuk kita mengisi gambar untuk blog terus kita ngambilnya dari internet apakah itu pengaruh juga dalam penolakan adsense ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak juga gan, banyak blog yang awalnya ditolak akhirnya diterima jika dianggap sudah sesuai dengan syarat-syarat adsense.

      gambar dari internet berbahaya bila dilaporkan oleh sipemilik gambar tersebut selama tidak dilaporkan tidak masalah.

      Delete
  7. iklan adsense baca2 disalah satu artikel om Didin diblog ini boleh dipasang sampai 500 blog. nah saya muncul tanya.
    apakah blog2 itu harus sama temanya atau boleh beda. misal blog yg didftrkan niche blogging. lalu blog yg lain boleh beda. isalpolitik, info selebriti dll.
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa apapun yang penting topik yang dibahas tidak menyalahi kebijakan google adsense.

      Delete
  8. Bang apakah ada batasan minimal jumlah artikel yang sudah diindex baru boleh daftarkan ke adsense gitu? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada, lihat saja apakah tombol adsense sudah aktif jika sudah aktif mas bisa coba daftarkan.

      Delete
  9. om mau tanya-tanya.. yang ke 1. kebijakan adsense yang saya baca skrng umur blog minimal harus 6 bulan, nah setelah ganti domain tld apakah blognya bisa lebih cepat diapprove GA?
    terus ke 2. cara memperbaiki halaman 404 gmn? soalnya setelah dicentang marked as fixed di search console kadang suka muncul lagi...
    terimakasih sebelumnya..mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Peluangnya sama saja gan, baik blogspot maupun blog dengan top level domain

      2. Kemungkinan link yang menuju situs agan masih tertanam disitus lain dan sering ada yang ngakses dari sana. selain di hapus dari serch console harus dihapus juga link yang menuju artikel yang dihapus jika tidak 404 akan terus ada, kecuali agan lakukan redirect link not found ke halaman pengganti.

      agan bisa baca:
      http://strukturkode.blogspot.co.id/2015/12/trik-mengganti-permalink-blogspot-tanpa-kehilangan-trafik.html

      Delete
  10. gan kalau kita di tolak adsense untuk full aprove, masalah Situs belum mematuhi kebijakan Google. dalam hal ini ?? apakah karna gambar yang dimasukan ke dalam blog atau masalah link yang keluar dari blog tersebut. ??? mohon pencerahannya kang. trmsksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jika sipemilik gambar melaporkan gambar tersebut.
      Link yang keluar juga bisa jika mengarah ke blog yang tidak sesuai kebijakan (blog dewa$a,ob@t2an dan blog serupa lainnya)

      Delete
  11. Ikutan nanya ah... Kan adsense saya hosted, blogspot saya diubah ke dot com dengan bantuan idw*bhost.c*m ... itu harus pakai adsense non hosted apa hosted ya..??
    terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk blog top level domain adsensenya harus pake adsense non-hosted gan, jika masih hosted iklan tidak akan tampil

      Delete
    2. Ooh.. walaupun dasarnya blogger, tapi kalau udah diubah domain tetap pakai nonhosted ya.. hehe saya kira cuma woedpress atau penyedia situs lainnya saja..
      Terima kasih banyak, mas gan... artikel-artikelnya sangat bermanfaat.

      Delete
    3. soriii ikut nimbrung, pertanyaanya sama kaya broohh Ondeh Mandeh, btw thx artikel n penjelasanya Mas Didin

      Delete
    4. Betul mas catatan madridista, salam mas edy

      Delete
  12. wah tapi sulitnya mas untuk upgrad dari hosted jadi non hosted, sudah berapa kali saja saya di tolak. mas apa juga gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, upgrade sama halnya mendaftarkan adsense dari awal tapi langsung review 2, jika blog dianggap belum pantas maka akan ditolak.

      Delete
  13. kalau blog tld .my.id apa bisa didaftarkan ke google adsense ya mas? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama blog tidak menyajikan hal-hal yang tidak sesuai kebijakan adsense, bisa di daftarkan, silahkan dicoba daftarkan mas.

      Delete
  14. mas saya daftar melalui non hoster, sudah dapat kode cuma iklan blm muncul dan blm ada email aktif sepenuhnya, biasanya brapa lama ya?

    ReplyDelete
  15. mas mau tanya ?
    akun saya hosted tapi belum full approve alias masih harus menunggu persetujuan tahap ke dua,apakah sudah boleh diupgrade ke NON HOSTED

    catatan : domain saya sudah TLD DAN mengunakan hosting blogspot

    ReplyDelete
  16. akun hosted saya belum juga naik pangkat jadi non hosted, padahal pengunjung sudah lumayan banyak, template saya pakai yang minimalis, konten sudah saya perbanyak... hmm ini masih nunggu full aprove

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul memang sedikit sulit mas, sama halnya menunggu review 2, semoga berhasil mas.

      Delete
  17. Iklan masih kosong, berarti harus nunggu approve dulu ya gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali gan kemungkinan masih dalam proses review

      Delete
  18. gan saya pernah mengaitkan blog saya di adsense dari youtube.
    dan ternyata iklan adsense gak bisa tampil di blog saya.dan kemarin kejadian akun yutub saya di tangguhkan.solusinya gimana gan supaya ads dari youtube bs saya alihkan ke blog saya, mksh gan

    ReplyDelete
  19. min kalo domain blognya pake .tk bisa gak buat upgrade adsense?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu bisa gan, yang jelas jangan masih .blogspot.com

      Delete
  20. kan saya niatnya mau beli domain TLD pada 6 bulan umur blog, berati setelah saya ganti domain, blog saya di index google jadi baru.....? nah terus agar di full approve berati harus nunggu lagi dong.

    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas jadi baru lagi, tapi blog akan lebih cepat normal kembali banyak posting aja, atau saran saya sebelum custom domain siapin dulu banyak postingan setelah custom domain bisa diterbitkan secara berkala

      Delete
  21. gan, kan saya mau beli domain .COM
    blog saya .blogspot.com udah saya pasang iklan GA.
    apa akun GA saya yang HOSTED bisa jadi NON-HOSTED dan apa blog saya setelah berdomain .COM direview lagi oleh GA?
    tolong jawabannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika akun adsennya hosted kemudian agan merubah blog yang dipasangi adsense hosted maka iklan tidak akan tayang.

      Agar tayang akun adsense hosted agan harus diupgrade dulu, jika berani ambil resiko tidak gajian gunakan saja blog yang agan jadikan com untuk upgrade akun adsense hosted agan.

      Yang jelas proses upgrade akan melalui review sama halnya seperti review 2 ketika daftar ads

      Delete
  22. mas, blog (.com) saya sedang dipasang iklan dari addnow, saya berencana ingin mendaftarkan akun GA non hosted, apakah bisa mendaftarkan GA dengan blog yang sedang ada iklan dari penyedia yang lainnya? atau bagaimana baiknya. minta sarannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya sih lepas dulu apapun iklannya, agar lebih memiliki peluang diterima

      Delete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Halo saya mau tanya nih, kalo dari awal sebelum saya posting satu artikel pun terus sudah saya ganti domain blogspot ke TLD dan baru sejak saat itu saya posting artikel rutin, apakah itu akan cepat proses otorisasi nya? dan apa cara saya itu efektif? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama tidak menyalahi kebijakan konten akan punya kesempatan untuk diterima gan, saya pun sendiri belum terlalu paham kriteria penerimaan dari adsense, yang penting update rutin dan perhatikan kualitas konten serta navigasi agar lebih cepat dapat keputusan

      Delete
  25. Alhamdlh kalau saya saat mulai TLD langsung updrade langsung jos, walau saat itu tidak sempat menambah artikel satupun, mungkin karena ertikel yang telah ada sudah memenuhi syarat???

    tapi sayangnya 3 bulan berikutnya earning terjun bebas ... karena faktor visitor. setelah visitor kembali normal, earning juga seperti sebelum TLD

    ReplyDelete
  26. Untuk Adsense terbaru apakan tidak bisa ganti ke akun non hosted?

    ReplyDelete
    Replies
    1. upgrade saja gan, pasang di blog top level domain agan

      Delete
  27. saya baru beli domain untuk blog baru dan rencana ingin upgrade ke non hosted.Yg saya mau tanya,apakah jika nanti upgrade masih belum di terima full approve adsense hosted sya juga tidak bisa dipakai lagi? atau tetap bisa dipakai untuk blogspot. com nya om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih bisa dipakai gan, cuma tidak tampil di blog dengan domain pribadi

      Delete
  28. Mas, Mau tanya buat upgrade ke non hosted.. apakah harus blog yang pertama yang didaftarin adsense di ubah ke blog tld atau boleh pakai blog baru yang udah tld..

    Gambarannya gini misal daftar adsense hosted dengan blog X lalu upgradenya dengan blog tld Y...

    Terima kasih mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Tidak harus blog yang didaftarkan gan, bisa menggunakan blog TLD manapun yang tidak melanggar kebijakan, tinggal ditempel iklannya di blog TLD untuk direview ulang agar menjadi TLD

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!