Apa itu DMoz?, jika anda kebetulan baru mendengarnya atau belum mengenalnya, saya akan jelaskan sedikit apa itu DMoz?, DMoz atau (Directory Mozilla Project) atau dikenal juga sebagai ODP (Open Directory Project) atau project direktori terbuka, adalah kumpulan direktori tentang websites dan webpages yang besar dan terkategori, dimana siapapun anda sebagai pemilik blog atau website bisa melakukan submit agar url blog anda menjadi bagian dari list website yang terdaftar di DMOZ.

Untuk melakukan submit url blog ke DMoz sebenarnya gratis dan cukup mudah, namun kemungkinan blog diterima untuk menjadi bagian dari blog yang terdaftar di DMOZ bukan perkara mudah, karena sebelum url yang disubmit disetujuai untuk menjadi bagian dari daftar DMOz, biasanya akan melalui tahap review secara manual oleh sukarelawan DMOZ, jika blog yang di submit sesuai dengan kriteria DMOZ maka kemungkinan besar akan diterima.

Alasan Kenapa Blog harus disubmit ke  DMOZ ?
dmoz.org

Karena di review secara manual oleh manusia, situs-situs yang berhasil terdaftar di DMOZ adalah situs yang benar-benar dianggap sebagai situs yang memiliki kualitas dan reputasi yang baik, sehingga tidak ayal directori DMOZ selalu dijadikan referensi terpercaya oleh mesin pencari seperti bing yahoo dan google untuk selalu melakukan crawl terhadap situs-situs yang terdaptar di DMOZ.

Kenapa BLog harus disubmit ke DMOZ apa untungnya?

 Sebagai situs directory yang free dan kualitasnya terjamin serta memiliki otoritas yang baik di mata mesin pencari terbesar didunia, kita sebagai pemilik blog sebaiknya jangan sampai melewatkan untuk tidak mensubmit alamat url blog atau website yang anda miliki ke DMOZ, beberapa alasanya sebagai berikut:

a. Mempercepat index mesin pencari untuk artikel baru.
Dengan melakukan submit ke DMOZ, blog kita akan sering di crwal oleh mesin pencari seperti google, bing yahoo dan mesin pencari lainnya, semakin sering di crawl maka index akan semakin cepat dan semakin banyak jumlah index maka blog kita akan lebih mudah dikenali oleh mesin pencari, sehingga trafik akan ikut meningkat.

b. Meningkatkan Reputasi Blog di mata mesin pencari.
Untuk disetujuai oleh DMOZ memang bukanlah perkara mudah, jika saja blog atau situs anda berhasil di setujuai oleh DMOZ ketika anda submit, maka akan banyak keuntungan yang akan anda dapatkan, karena yang terdaftar di DMOZ adalah situs-situs yang dianggap berkualitas maka reputasi blog anda dimata mesin pencari juga akan semakin baik, semakin baik reputasi blog dimata mesin pencari kemungkinan besar blog anda bisa saja mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian mesin pencari.

c. Mendapatkan Backlink yang berkualitas.
Jika blog anda berhasil disetujuai selain reputasi blog anda terangkat anda juga kemungkinan besar akan mendapatkan backlink berkualitas dari situs DMOZ.

Cara Mendaftarkan Web atau Blog ke DMOZ

Langkah-langkah untuk mendaftarkan web atau blog ke dmoz adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke situs DMOZ

2. Agar dapat anda pahami anda bisa menyesuaikan bahasa dmoz terlebih dahulu, untuk mengubah bahasa, silahkan anda klik tulisan words, seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Mendaftarkan blog ke DMOZ

3. Pada halaman berikutnya, silahkan anda pilih bahasa, misalkan saya pilih bahasa indonesia, seperti terlihat pada gambar dibawah ini:
Atur bahasa dmoz


4. Kemidian silahkan anda pilih kategori dan sub-sub kategori dengan mengkliknya, cari kategori dan sub-sub kategori yang sesuai dengan topik blog anda, atau kategori yang mendekati topik yang anda bahas pada blog anda.
Pilih kategori dmoz

Terus pilih kategori sampai sub-sub kategori terakhir.

5. Jika kategori yang anda pilih sudah pada struktur sub kategori paling akhir, lihat ke menu bar, kemudian pilih menu "Sarankan URL" untu memulai mensubmit URL Blog anda.


6. Pada tampilan berikutnya anda akan disuguhkan tampilan untuk memasukan data blog yang akan anda submit, seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

submit web blog di dmoz

Data yang diminta adalah sebagai berikut:

a. Site URL, isi dengan URL Blog anda, misal strukturkode.blogspot.com
b. What type of link is this, pilih saja regular.
c. Title of site, isi dengan judul blog, misal Seo dan bisnis internet
d. Site description, isi dengan deskripsi atau keterangan blog yang disubmit, misal blog yang mempelajari dasar blogging, seo dan bisanis internet untuk pemula.
d. yout Email Address, masukan email anda.
e. User verification, masukan captcha sesuai yang muncul di gambar.

Tekan tombol kirim jika data sudah anda isi, review akan memakan waktu paling tidak 2 minggu bahkan terkadang bisa mencapai berbulan-bulan.

Cara Mengetahui apakah blog anda sudah terdaftar di DMOZ?

Ketika blog yang anda submit di DMOZ sudah disetujui dan terdaftar di dmoz pada umumnya, pihak dmoz tidak akan memberitahu anda, namun efeknya biasanya trafik blog akan semakin meningkat, untuk memastikan bahwa blog anda sudah disetujui anda bisa melihat di kategori yang anda pilih ketika melakukan submit di dmoz.

Cara praktis untuk mengetahui terdaftar tidaknya blog kita di dmoz adalah menggunakan tool khusus, sebenarnya banyak sekali tool online gratis yang dapat digunakan untuk mengetahui listing dMOZ, salah satunya adalah situs http://moonsy.com/dmoz-directory-checker/

Atau jika anda ingin mencoba tool lainnya anda bisa mencari di mesin pencari google dengan kata kunci "DMOZ Listing Checker", anda akan mendapatkan hasil pencarian yang mengarahkan pada situs-situs yang dapat digunakan untuk melakukan cek listring DMOZ.

Barangkali ada alat yang sangat praktis lainnya yang pernah anda gunakan, silahkan berbagi.


Penutup:

Memang Untuk mendapatkan persetujuan dmoz  biasanya memakan waktu yang lama karena yang melakukan review adalah manusia yang menjadi sukarelawan dmoz, namun yang harus anda perhatikan adalah, sebaiknya blog yang anda daftarkan di dmoz adalah blog yang benar-benar sudah jadi dan benar-benar sudah baik perkembangannya, semakin baik kualitas blog maka kemungkinan besar disetujui oleh pihak dmoz akan semakin baik.

Demikian artikel tentang Alasan Kenapa Blog harus di Submit ke DMOZ ?, semoga bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba.

9 komentar:

  1. Apakah ada open direktori seperti dmoz yang lain?

    ReplyDelete
  2. Apakah diperbolehkan submit 2 kali, jika lama belum masuk direktori. Terima Kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika masih dalam antrian kemungkinan akan ditolak bahwa url yang disubmit sedang dalam proses, jika dalam waktu yang lama diketahui masih belum diterima agan bisa coba submit ulang

      Delete
  3. Wah kebetulan nih saya belum pernah ke situs ini, saya mau coba terima kasih ya infonya :)

    ReplyDelete
  4. ass...mau tanya kang kalau site description itu gimana ya...blog gado-gado contohnya, isi dengan deskripsi bagaimana ya kang..makasih..

    ReplyDelete
  5. sedikit memberikan informasi mengenai cara mengecak blog bila terdaftar pada Dmoz atau tidak, mungkin Adminnya sudah tahu karena Adminnya senior..hehehe tapi apa salahnya berbagi,betultidak?? kita bisa kunjungi Tokositus.com disitu tidak hanya dapat mengetahui blog terdaftar didmoz atau tidak tetapi kita juga mengetahui harga jual sebuah blog, page rank, dan masih banyak info-info penting yang disajikan..mantap" postingan" blog ini..

    ReplyDelete
  6. artikel yang sangat membantu sekali,saya suka belajar di blog ini,saya baru saja daftar di dmoz semoga saja mendapat persetujuan.trimakasih.

    ReplyDelete
  7. makasih gan,,, langsung meluncur TKP buat daftar Dmoz

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!