Hanya untuk share barangkali anda membutuhkannya saya akan share mengenai bagaimana cara membuat Paginasi untuk komentar pada blog dengan flatform blogspot manakala jumlah komentar sudah lebih dari 200 kometar.

Paginasi adalah teknik khusus dimana jumlah halaman yang banyak di split atau di bagi-bagi menjadi beberapa halaman dengan tujuan untuk menyajikan navigasi yang mudah untuk pengguna.

Sebenarnya banyak sekali tutorial yang menyajikan cara membuat paginasi untuk berbagai hal, baik itu untuk blog berflatform blogspot maupun untuk wordpress, misalnya paginasi untuk halaman postingan dengan angka atau paginasi halaman dengan menggunakan tombol next dan tombol prev dan masih banyak lagi teknik paginasi lainnya, namun satu barangkali yang jarang saya temukan adalah tutorial membuat paginasi pada komentar blog khusus untuk blog berflatform blogspot yang kebetulan menggunakan komentar embed atau tersemat pada blognya.

cara membuat auto paginasi pada komentar blog

Alasan Menggunakan Paginasi Pada Komentar blog?

Paginasi pada komentar blog ini memang saya cari sudah cukup lama, namun baru-baru ini saya temukan caranya, saya mencari teknik ini dikarenakan ada sedikit error pada template strukturkode.blogspot.com yang saya gunakan, awalnya permasalahan ini tidak saya ketahui , saya baru menyadarinya ketika ada beberapa artikel postingan blog yang kebetulan memiliki jumlah komentar lebih dari 200 komentar dan ternyata saya kesulitan melihat komentar lainnya karena kebetulan template blog saya  ternyata tidak memiliki paginasi.

Memang secara default jumlah komentar yang akan ditampilakan di setiap halaman postingan blogspot pada umumnya sampai dengan 200 komentar, akan tetapi jika komentar lebih dari 200 maka tampilan komentar akan di split atau dibagi-bagi dan secara otomatis akan muncul tombol Load more... yang letaknya paling bawah setelah komentar,  tombol tersebut bisa kita klik untuk kita gunakan jika bermaksud ingin menampilkan komentar berikutnya.

 yang menjadi masalah adalah ketika saya bermaksud untuk melihat  komentar berikutnya pada blog saya, untuk tujuan membalas komentar, saya kesulitan karena ternyata tombol Load more... untuk menampilan komentar berikutnya tidak bisa berfungsi sama sekali, saya kurang tau dimana letak kesalahannya, akhirnya saya menemukan solusi dengan membuat paginasi.

Mungkin ada diantara anda yang mengalami hal serupa ketika tombol Load more... pada komentar blog berflatform blogspot milik anda mengalami hal serupa, saya akan coba share sedikit tips untuk membuat paginasi untuk komentar blog yang bisa anda gunakan di blog anda, jangan khawatir meskipun tombol load more... pada komentar blog anda berfungsi dengan baik, teknik ini masih bisa anda gunakan untuk blog anda jika anda memang menghendaki dan ingin menyajikan paginasi untuk komentar blog anda

Cara Membuat Auto Paginasi Pada Komentar Blog berflatform blogspot

Berikut langkah-langkah untuk membuat auto paginasi komentar blogspot yang bisa anda coba pada blog anda:

Langkah #1 - Pastikan Lokasi komentar blog anda tersemat.

Langkah pertama anda harus memastikan setingan komentar pada blogspot anda diseting tersemat atau embed, anda bisa mengaturnya seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

a. Masuk ke akun blogspot anda.

b. Pada bilah menu sisi kiri pilih setting atau setelan, kemudian pilih sub menu pos dan Komentar, silahkan lakukan pengaturn dengan memilih tersemat pada pilihan lokasi komentar, seperti terlihat pada gambar dibawah ini:
cara seting komentar blog

Langkah #2 - Tempel kode dibawah ini pada template blog anda

Langkah kedua adalah menempel kode-kode dibawah ini di template blog anda, langkah-langkah sebagai berikut:

a. Masuk ke akun blogspot anda

b. Pada bilah menu sisi kiri silahkan anda pilih menu template, kemudian tekan tombol edit HTML untuk menampilkan editor html

c. Tekan CTRL+F untuk menampilkan fasilitas pencarian, kemudian carai kode </head

d. letakn kode CSS dibawah ini tepat diatas kode </head  tersebut:



#commentpaging {
 margin: 0px padding :20px auto;
}
#commentpaging a,#commentpaging span {
background-color:#EA5E00;
margin-right: 3px;
padding:3px 8px;
text-decoration:none;
color:white;
}
#commentpaging a:hover{background-color:#575757;}
#commentpaging span{
background-color:#575757;
}

e. Kemudian Cari rangkaian kode dibawah ini pada template blog anda:
<h3>
      <b:if cond='data:post.numComments == 1'>
        1 <data:commentLabel/>:
      <b:else/>
        <data:post.numComments/> <data:commentLabelPlural/>:      
      </b:if>
    </h3>

Untuk menemukan rangkaian kode diatas Anda bisa mencarinya menggunakan kode data:post.numComments == 1.

jika anda sudah menemukan rangkaian kode diatas letakan kode javascript dibawah ini tepat dibawah rangkaian kode tersebut:

<b:if cond='data:post.numComments &gt;200'>
<script type='text/javascript'>
 //<![CDATA[
 function commentpagination(url, comment) {
  var posturl = url;
  var comment = comment;
var parts = window.location.href;
var pageNo=parseInt(parts.split('=').pop());
  cmpage = Math.ceil(comment / 200);
if(pageNo==1){
document.write('<span><<</span>');
}else{
  document.write('<a  href="' + posturl + '?commentPage=1"><<</a>');
}
  for (var i = 1; i <= cmpage; i++) {
    if(i==pageNo){
document.write('<span>' + i + '</span>');
    }else{
   document.write('<a href="' + posturl + '?commentPage=' + i + '">' + i + '</a>');
}
  }
 if(pageNo==cmpage){
document.write('<span>>></span>');
 }else{
  document.write('<a href="' + posturl + '?commentPage=' + cmpage + '">>></a>');
 }
 }
 //]]>
</script>  
    
<span id='commentpaging'>     
<script type='text/javascript'>commentpagination(&quot;<data:post.url/>&quot;,&quot;<data:post.numComments/>&quot;);
</script>                                     
</span>
</b:if>

f. Jika semuanya sudah anda lakukan, jangan lupa untuk menyimpan template blog anda

Jika anda berhasil maka hasilnya kurang lebih akan seperti tampilan gambar dibawah ini:

contoh auto paginasi pada komentar blog

Untuk demo anda bisa lihat pada komentar artikel ini

#Catatan:
Paginasi diatas hanya akan muncul secara otomatis ketika jumlah komentar blog anda lebih dari 200 komentar, jika kurang dari 200 maka tidak akan muncul.

Jika Anda ingin menggunakan kode diatas, namun kebetulan  jumlah komentar blog anda masih kurang dari 200, maka untuk melihat hasilnya benar atau tidak anda bisa ubah kode javascript diatas, angka 200 yang saya kasih warna biru diatas, dengan angka 5, namun jika sudah terbukti muncul hasilnya anda harus mengembalikannya ke angka 200.




Barangkali mungkin banyak trik yang bisa anda gunakan, atau mungkin saja di template blog anda sudah secara otomatis muncul paginasi, jika memang belum, anda bisa caba cara diatas.

Demikian artikel tentang  Cara Mudah Membuat Auto Paginasi pada Komentar blog, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

10 komentar:

  1. Oh gitu ya cara buat auto paginasi. Trimakasih sudha menambah wawasan saya mas.. Artikel disini sangat komplit dan kalo membahas sangat lengkap dan terperinci. Saya sangat menyukai blog yang artikelnya berkualitas dan memecahkan permasalahan pengunjung. Saya juga paling males kalo mengunjungi blog dengan banyak basa-basi dan isi kontennya gak padat dan keblinger..hehe. sukses ya buat blog struktur kode.. semoga saya juga segera menyusul..ikutilah cara mas didin buat artikel panjang... :D terbukti ampuh di search engine..

    ReplyDelete
  2. Menurut saya mas didin, ini tidak begitu berpengaruh ya.

    Saya lupa apa sebutannya, yakni dimana sebuah artikel terbagi menjadi beberapa poin, setiap poin di bahas pada melalui halaman selanjutnya atau Next Page.

    Contohnya yakni Bolanet yang membahas misalnya "10 pemain bola terbaik", nah setiap pembahasan pemain itu terbagi menjadi 10 halaman sampai Intro atau awal artikel. Ini tidak baik bagi pengguna, tidak bersahabat alias tidak seo friendly. Hal ini yang paling tidak saya sukai karena harus Next dan Next (mungkin ada tujuan tertentu).

    Itu pendapat saya mas didin. Bagaimana menurut mas didin? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, kalo untuk halaman saya juga tidak terlalu suka, mungkin itu strategi pemilik situs agar si pengunjung berlama-lama, namun menurut saya jika halaman artikel disajikan seperti itu memang kurang user friendly.

      Tapi khusus untuk komentar yang terlalu banyak saya sendiri lebih menyarankan pake paginasi, hehe kebetulan komentar blog saya agak sedikit error link load more pada komentar ketika lebih dari 200, tidak berfungsi ketika diklik

      Delete
    2. Iya mas, betul itu... Ngomong-ngomong, kemarin saya mau lihat apakah komentar ini di balas atau tidak melalui smartphone, ternyata kolom komentar tidak muncul di smartphone. Mungkin mas didin bisa memperbaikinya.

      Delete
    3. Betul mas, di mobile saya nonaktifkan untuk komentarnya agar fast loading, berhubung kalo tidak salah komentnya tdak mau muncul, kecuali diakses di googlecrome for mobile atau mozila saya lupa lagi, ketika diakses non tool itu maka kotak komentar tidak mau muncul.

      Karena lumayan ribet tidak tau kesalahannya dimana jadi saya nonaktifkan saja di mobile :D

      Delete
    4. Iya mas. Kebetulan kemarin saya buka via opera mini for mobile, gak muncul tuh kolom komentar...

      Bisa aja mas didin, pasrah banget sampai harus nonaktifkan di mobile :D yang penting, artikelnya keren dan berkualitas. Itu udah lebih dari cukup :D

      Thanks mas didin.....

      Delete
  3. Artikelnya keren and jelas
    Terimakasih gan.

    ReplyDelete
  4. makasih mas didin, tutorial nya berhasil pas saya coba

    ReplyDelete
  5. dikasus saya, script yang mas berikan tidak muncul paging nya mas, tapi malah load more nya udah bisa di klik, padahal pertama eror. kenapa ya mas??

    ReplyDelete
  6. Mas saya ada kendala, saya sudah terapkan cara di atas namun fungsi "Reply" nya tidak berfungsi.. Ketika saya balas, pesan saya malah muncul di halaman paling akhir dan paling bawah. Mohon solusinya :D

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!