Kepemilikan akun email memang boleh dikatakan suatu hal yang wajib bagi sebagian orang yang selalu berinteraksi dengan internet, karena hampir segala sesuatu yang berkaitan dengan administrasi online, setidaknya akan meminta data alamat email yang anda miliki.

Untuk saat ini memang banyak sekali penyedia email yang bisa kita gunakan, hampir semuanya gratis, namun alamat email yang paling banyak penggunanya adalah alamat email google atau sering disebut gmail atau google mail dan juga yahoo atau lebih dikenal dengan ymail atau yahoo mail, keduanya memiliki pengguna yang sangat banyak, dan pada umumnya kedua email tersebut selain didukung dengan banyak bahasa (multi language) indonesia, inggris dan bahasa international lainnya juga sifatnya all in one, artinya hanya dengan memilki satu alamat email tersebut maka email tersebut bisa kita gunakan untuk berinteraksi dengan applikasi atau situs yang satu hosted dengan alamat email tersebut.

Sebut saja google dengan gmailnya, dengan memiliki 1 akun gmail maka akun gmail tersebut bisa kita gunakan untuk berinteraksi dengan aplikasi atau-situs-situs yang satu kepemilikan google, misal email tersebut bisa kita gunakan untuk akses google play, google drive, google doc dan lain sebagainya, begitu juga untuk yahoo, dengan email yahoo maka selain bisa akses email yang bersangkutan kita juga bisa mengakses yahoo messanger dan produk yahoo lainnya.

Karena Fasilitas email saat ini sudah didukung dengan multi language (banyak bahasa), baik email google maupun yahoo mail, kita bisa memilih atau mengatur bahasa email yang bersangkutan dengan bahasa yang kita inginkan, misal sebagai orang indonesia anda bisa memilih pengaturan bahasa menggunakan bahasa indonesia dengan tujuan agar perintah perintah yang terdapat di akun email anda bisa lebih mudah untuk dipahami, begitu juga untuk bahasa lainnya anda bisa dengan mudah mengatur bahasa email yanng sesuai dengan yang anda inginkan.

Cara Merubah Bahasa (Language) akun Email Yahoo dan GMail

Untuk merubah bahasa email menjadi bahasa yang kita inginkan sebenarnya tidak terlalu sulit, dan pada umumnya ketika email baru pertama kali dibuat, biasanya bahasa akan menyesuaikan dengan bahasa sistem operasi yang digunakan, misalkan saja anda menggunakan sistem operasi window dengan lokalisasi bahasa indonesia, maka ketika email dibuat dengan komputer tersebut bahasa yang akan diatur oleh email tersebut adalah bahasa indonesia, begitu juga untuk bahasa inggris, dan bahasa lainnya.

Jika bahasa email yang anda gunakan tidak sesuai dengan bahasa yang anda inginkan, maka anda dapat melakukan pengaturan, dengan cara mengganti atau merubah bahasa pada akun email anda sehingga sesuai dengan bahasa yang anda inginkan, langkah-langkah untuk mengganti atau merubah bahasa pada akun email anda adalah sebagai berikut:

A. Mengganti Bahasa akun Email Yahoo (Ymail atau yahoo mail)

Sedangkan untuk mengganti atau merubah bahasa yang digunakan di email yahoo anda atau ymail anda, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

a. Masuk ke akun email yahoo anda.

b. Pilih menu roda gigi yang terletak di pojok kanan atas, kemudian pilih sub menu setting, terlihat seperti gambar dibawah ini:

Mengganti bahasa email yahoo atau ymail

d. Pada tampilan seting, pada bilah menu sisi kiri ,silahkan pilih menu "Account" kemudian klik link edit your account info, terlihat seperti gambar dibawah ini:

Mengubah bahasa yahoo mail atau ymail

 e. Pada halaman berikutnya, silahkan scroll ke bawah kemudian cari kotak dengan Label Account settings, kemudian cari dan klik link "Set Language, Site, Timezone", terlihat seperti gambar dibawah ini:

mengganti bahasa yahoo mail atau email yahoo


f. Pada halaman berikutnya, Silahkan anda klik atau ketikan bahasa pada kotak bahasa yang disediakan, misal Indonesia atau Inggris atau bahasa lainnya sesuai yang anda inginkan, seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Mengganti bahasa di email yahoo

Silahkan pilih bahasa yang anda inginkan, kemudian tekan "Tombol Add", bahasa akan ditampilkan dibawahnya, kemudian untuk menggunakan bahasa yang dipilih untuk email anda silahkan tekan link "Set as primary language" tepat disamping bahasa tersebut.

Sampai tahap di atas, berarti anda sudah berhasil mengubah bahasa pada email yahoo anda.
 

B. Mengubah Bahasa Akun Email Google (Gmail atau google mail)

Untuk mengubah atau mengganti bahasa pada email gmail anda, anda bisa membaca artikel yang sudah disediakan oleh google itu sendiri tentang cara mengubah basa email google, atau anda bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

a. Masuk ke akun email google anda

b. Pada halaman utama akun gmail anda, pilih menu bergambar roda gigi, yang letaknya di pojok kanan atas, kemudian pilih sub menu "Setelan" atau "Seting", seperti gambar dibawah ini:

Cara mengganti bahasa di email google atau gmail

c. Pilih tab Umum, kemudian pada label Bahasa tampilan gmail, silahkan pilih bahasa yang diinginkan, misal inggris atau indonesia atau bahasa lainnya sesuai yang anda inginkan, terlihat seperti gambar dibawah ini:

Mengubaha bahasa email gmail atau google mail

d. Jika sudah, masih di halaman yang sama silahkan anda scroll halaman tersebut ke paling bawah, kemudian tekan tombol "Simpan Perubahan", Silahkan refresh browser anda untuk melihat efeknya.

Sampai tahap diatas berarti anda sudah selesai mengubah tampilan bahasa email gmail anda.


Demikian cara mengganti atau mengubah bahasa akun email baik itu email google atau gmail dan juga email yahoo atau ymail, semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. artikel yang bermanfaat ini bagi mereka yang belum tau
    nice share

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!