Mengenal Invalid Activity atau tindakan tidak sah pada Google Adsense - Google AdSense adalah media periklanan google yang sangat populer sampai saat ini, google adsese menggunakan metode Pay Per Click (CPC), artinya anda baru akan mendapatkan komisi jika  terjadi klik pada unit iklan adsense yang anda pasang, meskipun metode yang digunakan adsense sangat sederhana dan kelihatan sangat mudah untuk dikelabui, ternyata dibalik kemudahan metode yang digunakan, adsense menyertakan teknologi yang sangat canggih yang dapat merekam dan menganalisa segala aktivitas klik terhadap iklan adsense, tujuannya adalah melindungi para advertiser atau pemasang iklan dari kerugian karena kecurangan atau invalid activity.

oleh karena itu jika saja terjadi tindakan yang dianggap tidak sah atau terjadi invalid activity maka adsense tidak akan menghitungnya, dan jika saja invalid activity yang terjadi sudah sangat tidak bisa ditolelir dan terjadi tindakan yang dianggap menyalahi kebijakan google adsense, maka pihak adsense tidak akan segan segan untuk mendisabled akun adsense atau menonaktifkan keanggotaan publisher yang bersangkutan. satu kali anda terkena banned google adsense maka sampai kapanpun anda tidak akan bisa menjadi publisher adsense selamanya, kecuali anda menggunakan biodata yang berbeda dengan biodata yang anda gunakan di akun adsense anda yang sudah dinonaktifkan.

Macam-macam invalid activity

Sebagai publisher tentunya kita harus selalu memperhatikan segala bentuk tindakan tidak sah (invalid activity) terhadap akun adsense yang kita miliki dengan demikian kita bisa mengantisifasi segala bentuk aktivitas yang bisa dianagap invalid activity, sehingga akun adsense bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Berikut beberapa macam jenis dan ciri invalid activity yang bisa anda ketahui:

#1. Mengklik Iklan Sendiri

Apapun alasannya dan bagaimanapun caranya jangan sekali-kali melakukan tindakan klik terhadap iklan sendiri, untuk masalah ini adsense sangat serius, jika saja tindakan yang anda lakukan terdeteksi sebagai tindakan klik iklan sendiri yang sudah tidak bisa ditolelir, maka resikonya banned pada akun adsense anda,
Untuk masalah klik sendiri, jika saja terjadi klik satu kali yang anda lakukan pada iklan anda sendiri, barangkali adsense masih bisa memberikan toleransi, karena mereka juga bisa memaklumi kemungkinan terjadi klik yang tidak sengaja, namun jika klik sendiri terdeteksi anda lakukan berulang kali maka resikonya adalah akun adsense anda akan di nonaktifkan.

Banyak sekali artikel yang saya baca mengenai pengalaman para blogger yang dengan sengaja melakukan klik iklan sendiri namun dengan cara-cara yang boleh dikatakan tidak akan ketauan, meskipun pada akhirnya ketauan dan berakhir dengan di-disabled-nya akun adsense mereka.

Salah satu blogger yang bercerita, dia sering melakukan klik secara berpindah-pindah menggunakan hp temannya dan juga komputer kantor namun akhirnya bisa terdeteksi.

Ada juga yang bercerita mengklik iklan sendiri menggunakan perangkat berbeda namun masih dalam satu wilayah, akhirnya dibanned.

Ada juga yang membuka halaman akun adsense di warnet tanpa melakukan klik pada iklan sendiri, namun pada akhirnya dia dikabari google bahwa akun adsense di nonaktifkan karena invalid activity.

dari kasus diatas dapat disimpulkan:
Adsense bisa mendeteksi klik iklan sendiri
Adsense bisa mendeteksi klik yang terjadi pada satu wilayah
adsense dapat mendeteksi rutinitas klik yang dilakukan terus menerus
Adsense bisa mendeteksi klik yang terjadi pada IP yang sama.

oleh karena itu jangan mencoba main-main untuk berbuat curang dengan google adsense, karena bisa berujung banned.


#2. Dominasi klik pengunjung yang bersumber dari media social.

Pengujung bisa datang dari mana saja, bisa pengunjung organik atau pengujung yang bersumber dari mesin pencari google, juga pengunjung non-organik misal dari media sosial atau pengunjung yang datang bukan dari mesin pencari google, adsense sangat menyukai pengunjung organik dan biasanya pengunjung organik dapat mempengaruhi nilai cpc yang semakin besar.

Namun jika klik iklan banyak terjadi dari pengunjung non-organik, salah satunya pengunjung dari media social, maka cpc akan kecil dan jika dominasi klik banyak dilakukan oleh pengunjung organik atau terjadi bomclick maka akun adsense anda bisa dibanned.

Ini analisa saya pribadi, karena banyak sekali para blogger yang berbagi pengalaman dengan saya mengenai masalah ini, mereka tidak pernah melakukan tindakan tindakan yang melanggar kebijakan google adsense seperti klik iklan sendiri, namun pada akhirnya akun adsense mereka di nonaktifkan, alasannya invalid aktivity, ternyata apa yang mereka lakukan adalah selalu share artikel blog mereka di media sosial secara manual, kemungkinan besar banyak klik terjadi didominasi dari pengunjung media sosial atau bom klik dari media sosial.

Oleh karena itu, khusus untuk blog yang sudah diterima sebagai publisher adsense, kemudian pengunjung blognya boleh dibilang masih sedikit, sebaiknya berhati-hati dan hindari share belebihan di media social terutama facebook apalagi secara manual, karena tindakan anda bisa dicurigai sebagai tindakan menyuruh orang mengklik iklan dengan mengunjungi blog anda melalui link yang anda pasang di media sosial.
 

#3. Bom Click atau Nilai CTR yang terlalu tinggi

Bom klik adalah jumlah klik yang terjadi yang melebihi jumlah page view blog adsense yang bersangkutan, bom klik bisa terjadi jika ada klik iklan secara terus-terusan, jika terjadi bom klik biasanya adsense akan menjalankan teknik smart pricing, yaitu dengan terus memperkecil nilai CPC untuk melindungi advertiser dari kerugian.

Bom klik dapat anda ketahui dari persentase nilai CTR (Click throught rate) akun adsense yang bersangkutan, nilai CTR adalah perbandingan antara jumlah klik dengan jumlah pageview (= jumlah klik / jumlah pageview *100%).

Nilai CTR masih dianggap normal jika berada di kisaran 1 sampai dengan 11%, jika diatas itu maka aktivitas yang terjadi pada akun adsense anda bisa dicurigai, bom klik terjadi jika nilai CTR diatas 100% artinya jumlah klik melebihi page view, dan ini bisa menyebabkan banned, oleh karena itu sebaiknya monitor terus aktivitas adsense anda jika terjadi hal hal yang mencurigakan terhadap nilai ctr akun adsense anda sebaiknya anda langsung laporkan.


#4. Nilai Pendapatan Adsense Tiba-tiba mengecil

Adakalanya ketika memonitor pendapatan adsense, beberapa menit kemudian tiba-tiba hasil pendapatan adsense mengecil atau menurun, misal awalnya anda melihat pendapatan anda sebesar $100,01 namun selang beberapa menit kemudian tiba-tiba pendapatan anda berubah menjadi $95,02.

Jika anda mengalami peristiwa seperti itu berarti ada aktivitas yang dianggap tidak sah atau invalid activity dimata google adsense, itu biasanya terjadi jika ada klik yang tidak sengaja, adsense mendeteksi jika iklan diklik kemudian si pengklik langsung menekan tombol back pada browser sebelum iklan tampil, atau beberapa detik iklan tampil pengunjung langsung keluar atau kembali, itu bisa dianggap klik by accident atau klik tidak senagaja atau klik tidak diinginkan yang bukan berdasarkan ketertarikan terhadap iklan, biasanya jumlah klik dan nilai cpc untuk pendapatan tetap akan dihitung, namun angka nilai cpc akan kecil bahkan bisa saja pendapatan yang terhitung yang sudah anda lihat akan dikurangi. sehingga jumlah pendapatan adsense anda akan mengecil.


 #5. Jumlah klik banyak tapi nilai CPC $0.00

Banyak blogger yang mengeluhkan masalah seperti ini, mereka mendapatkan jumlah klik yang banyak tapi nilai pendapatan yang ia dapatkan $0.00 atau nilai CPCnya $0.00, ini bisa terjadi jika google adsense mendeteksi tindakan yang dianggap tidak sah pada setiap klik yang terjadi pada unit iklan yang bersangkutan.


Kegiatan atau tindakan tidak sah (Invalid activity) bisa terjadi karena beberapa hal seperti tersebut diatas, namun tidak selamanya beujung pada banned pada google adsense, terkadang bisa mengurangi pendapatan adsense anda, adsense memiliki tolak ukur tersendiri apakah akun adsense publishernya pantas untuk di nonaktifkan atau tidak, meskipun bigitu sebaiknya kita sebagai publisher google adsense jangan sekali-kali melanggar kebijakan google adsense apapun caranya karena sekecil apapun biasanya akan terdeteksi dengan teknologi canggih google adsense dan resiko terburuknya adalah banned, semoga bisa terhindar dari itu semua.


Demikian informasi mengenai Mengenal Invalid Activity atau kegiatan tidak sah pada Google Adsense, semoga bermanfaat.

4 komentar:

  1. saya ngalamin yang klik dari media sosial dan ujung ujungnya di banned , sekarang lagi buat akun hosted lagi doakan kang

    ReplyDelete
  2. Saya ingin bertanya, kalau klik iklan berulang kali tetapi diartikel yang berbeda melanggar kebijakan juga? misal di artikel 1 klik 1 iklan, di artikel 2 kli 1 iklan lagi, artikel 3 klik 1 iklan lagi, tidak lebih dari satu klik tiap iklan yang ada diartikel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama orang lain secara alamai yang mengklik iklan tidak akan melanggar kebijakan, kecuali agan lakukan sendiri itu baru sangat beresiko.

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!