Blog sebenarnya bukan hal yang baru bagi kebanyakan para netter, apalagi jaman sekarang, teknologi semakin canggih, salah satunya banyak tersedianya provider internet yang menawarkan fasilitas berinternet portable dengan banyaknya modem yang dijual murah, sehingga berinternet semakin mudah bisa dimana saja dan kapan saja, sehingga pertumbuhan blogger sangat cepat luar biasa, kadang saya iri dengan anak jaman sekarang, jaman sekarang di era teknologi yang semakin canggih, dari balita bahkan sudah dikenalkan internet, beda halnya dengan jaman dulu, saya pribadi benar-benar baru mengenal dan baru pertama kali memegang yang namanya komputer pertama kali di awal tahun 2001 dan baru mengenal internet pertama kali pada tahun 2002, karena adanya tugas kuliah yang mengharuskan tugas tersebut dikirim via email.

Internet jaman dulu beda dengan sekarang, sekarang sangat mudah dan cepat, sedangkan dulu penuh dengan keterbatasan, sangat lambat dan mahal, saya masih ingat ketika pertama kali memberanikan diri nyewa warnet 5.000 rupiah per jam menggunakan window 98, dengan kecepatan yang sangat lemot, belum apa-apa waktu sudah habis, mungkin karena gugup belum mengenal internet dan tidak pandai mengetik, jadi kebanyakan melongok saja di depan layar monitor tanpa tau apa yang harus dilakukan akhirnya uang Rp 5.000 yang boleh dibilang cukup besar pada waktu itu akhirnya ludes tanpa mendapatkan hasil apapun, sejak itu saya tidak pernah lagi membuka internet sampai akhir tahun 2007.

Awal Mula saya mengenal Blog !


Ya lupakan saja itu masa lalu terpuruk yang saya alami, seiring waktu di pertengan tahun 2013 atas referensi dari teman, saya iseng membuat blog di blogger, ini blog pertama saya yang masih aktif sampai saat ini, saya membuat blog sedikitpun tanpa ada tujuan yang jelas, mungkin hanya sekedar iseng, dan tidak punya teknik apapun tentang dunia perbloggingan, apalagi dunia SEO dan yang lainnya mengganti template blog saja tidak tau, benar-benar tidak tau sama sekali, yang ada dipikiran saya pada waktu itu, saya cuma ingin menulis kembali ilmu yang saya pelajari agar tidak lupa dan dikemudian hari bisa dibaca kembali secara online. saya memberi nama blog dengan nama strukturkode.blogspot.com, karena pada awalnya blog ini ingin digunakan untuk mendokumentasikan source code java dan bahasa pemrograman web yang saya pelajari.

Di awal bulan pertama saya mencoba menerbitkan kurang lebih 6 buah artikel, masih ingat artikel yang saya terbitkan kebanyakan saya kopi dari ms word, padahal sebenarnya kopi paste seperti itu kurang bagus dan memperbesar kapasitas konten karena banyaknya kode format ms word akan ikut terkopi.

Karena tanpa tujuan yang jelas, akhirnya beberapa bulan saya lupa sama sekali dengan blog saya ini, baru mulai dibuka dan dilanjutkan kembali di pertenggahan tahun 2014, bulan juli 2014 kalo tidak salah, saya terpaksa membuka blog lama saya ini karena harus mengajar mata pelajaran membuat blog di sebuah kursusan di kota garut, padahal saya kurang mahir tapi terpaksa saya ambil, jadi dibuat demo saja blog saya ini,padahal tetap masih tidak tau apa tujuan membuat blog sebenarnya, bahkan pada waktu itu saya masih bertanya-tanya apa tujuan orang rela menghabiskan waktu hanya untuk terus menulis banyak artikel untuk blognya?.

Mulai mengenal SEO karena tidak sengaja

Masih ingat ketika siswa bertanya bagaimana agar blog muncul di pencarian, haha gua bingung waktu itu jawabnya apa brow...., lawong saya juga tidak tau...., untuk menutupi ke tidak tauan saya, akhirnya saya jawab saja nanti saya jelaskan hehe....padahal tidak tau!!!.

Peristiwa ini ternyata menjadi awal mula saya mengenal istilah SEO, karena itu jadi pertanyaan pribadi saya juga bagaimana agar blog bisa muncul dipencarian google, akhirnya saya mulai browsing, dan mengenallah yang namanya SEO, saya mendapatkan kesimpulan bahwa agar blog bisa muncul dipencarian google dan bisa menempati posisi terbaik harus tau bagaimana caranya optimasi mesin pencari atau istilah lainnya SEO.

Dari sejak itu saya jadi tertarik dengan yang namanya seo, agar apa yang saya pelajari tidak lupa saya putuskan untuk selalu menulis kembali apa yang saya pahami tentang seo di blog saya ini, jadi aneh juga ya, blog yang tadinya digunakan untuk menulis dokumentasi bahasa pemrograman, jadi melenceng ke SEO, memang benar dengan menuliskan kembali apa yang kita pahami ternyata jadi memperpanjang ingatan.

Mulai Mengenal Google Adsense

 Seiring dengan berjalannya waktu dan sedikit demi sedikit tau tentang istilah-itilah seo, namun tetap masih belum menemukan jawaban mengenai petanyaan saya pribadi, apa tujuan orang membuat blog bahkan sampai rela disibukan membuat artikel untuk membuat blog?

Sampai suatu hari saya membaca status seorang teman lama saya di halaman facebook saya, yang sedang pamer penghasilan dolar, katanya diperoleh dari internet, masih ingat pada waktu menjelang idul qurban tahun lalu, status teman saya "total bulan ini dapat 1.000$ lumayan buat qurban, status yang dia bikin dilengkapi dengan Screen shoot nilai penghasilan yang iya dapatkan, awalnya saya tidak percaya dan itu hanya bohong saja. namun yang membuat saya jadi yakin dan percaya adalah celotehan balasan komentar temannya yang sepertinya sedang bersaing, dan dari komentar temennya yang saya baca saya menyimpulkan bahwa mereka ternyata sedang bermain google ads dan juga amazon.

Dari sana saya mulai menyapa teman saya mengenai tentang cara bagaimana bisa mendapatkan dolar sebesar itu", tapi dia jawab "rahasia katanya !!!!", haha jawaban seperti itu yang membuat saya semakin penasaran,  dengan bantuan paman saya yang baik "Om Google", akhirnya saya mencoba mencari tau bagaimana cara mendapatkan dolar dari internet melalui google ads. sampai pada akhirnya dengan berbekal pengetahuan tentang  google adsense yang masih pas-pasan, saya mencoba iseng mendaftarkan blog saya ini, untuk pertama kalinya, dan alhamdulilah dengan banyak mengikuti saran-saran para master yang berpengalaman, akhirnya saya berhasil diterima google AdSense dalam sekali daftar.

seiring dengan diterimanya saya menjadi publisher google adsense, saya terus mencoba memahami dan memperdalam tips dan trik bagaimana cara bermain google ads yang baik, dan saya berhasil dibulan pertama bisa memperoleh dolar melebihi ambang batas dikirimkannya PIN google adsense, bulan pertama dan kedua pin tak kunjung datang sampai pada akhirnya bulan ketiga akhirnya PIN google adsense sampai juga ke rumah saya.

Pendapatan Pertama dari google AdSense.

Seiring dengan sampainya PIN ternyata saldo ads saya untuk 3 bulan pertama sudah bisa di cairkan, masih ingat untuk pertama kali saya dapat dolar dari adsense saya anggap lumayan cukup besar untuk blogger pemula seperti saya, bahkan kalo diuangkan dan dibandingkan dengan gaji saya ketika masih bekerja dulu di software hause di kota bandung. lebih besar perolehan saya pertama kali dari google adsense, bahkan mencapai 2x lipatnya, namun saat itu karena mungkin belum punya pengalaman mencairkan pendapatan google adsense, masih banyak keraguan dan bertanya-tanya "Apakah benar-benar ini bisa dicairkan?"

Dengan mengikuti referensi dari para blogger, saya akhirnya memberanikan diri untuk mencairkan menggunakan WU di kantor pos di kota garut dengan membawa syarat-syarat yang diperlukan, haha ingat pertama kali, dengan perasaan kurang yakin, saya mulai menulis di formulir WU, kemudian menuju salah satu petugas Pos disana, benar-benar gemetaran, Alhamdulilah ternyata pendapatan dolar saya benar-benar bisa dicairkan, saya ambil itu uang dengan gemetaran dan seraya mengucap syukur "Alhamdulilah ternyata benar!", sungguh  pengalaman pertama yang bikin deg-degan dan tidak bisa dilupakan.

Dari sejak itu akhirnya saya tau, pertanyaan saya mengenai kenapa banyak blogger yang rela menghabiskan waktunya untuk membuat artikel akhirnya terjawab pada waktu itu, ternyata-eh ternyata blog bisa menghasilkan uang.

Namun Sejak itu saya menyesal sangat dalam, Apa yang saya sesalkan adalah, kenapa saya tidak dari dulu mengenal dunia blogging, barang kali itu penyesalan saya yang paling dalam yang tidak bisa saya lupakan.

Hikmah Ngeblog dan Google Adsense

Saya mulai berfikir ternyata apa yang saya peroleh sampai saat ini dari adsense sebenarnya adalah jawaban dari Yang maha kuasa mengenai do'a saya, 5 tahun saya bekerja di software hause di kota bandung terpaksa harus keluar karena tidak bisa meninggalkan istri saya di kota garut  yang sering pingsan akibat efek kecelakan ditabrak yang menyebabkan  tertanggunya saraf motorik dikepalanya, dan sampai saat ini sering pingsan dan pingsan, setiap habis pingsan maka harus istirahat total selama 2 hari, sungguh tidak bisa ditinggalkan.

Masih ingat di awal keluar dari pekerjaan, tidak punya pekerjaan, bahkan beberapa bulan hanya mendapatkan 100 ribu rupiah, dan sedihnya ketika menjelang lebaran tidak punya penghasilan sepeserpun padahal istri dan anak sulung saya, belum sama sekali membeli baju lebaran...untung istri saya adalah istri solehah hehe....

Ternyata dengan bekerja menjadi seorang blogger bisa terus berdekatan dengan anak istri dan keluarga dan cukup untuk membiayai mereka, ini yang membuat saya memutuskan untuk semangat ngeblog sampai akhir hayat.

Saya hanya berharap mudah-mudahan apa yang saya peroleh sampai saat ini bisa langgeung seumur hidup saya dan bisa bertambah, dan mudah-mudahan apa yang saya sajikan melalui artikel blog ini bisa  bermanfaat bagi siapapun. Salam

84 komentar:

  1. wahh mantap ceritanya mas didin hehehe,,ternyata cerita kita sama hanya saja bedanya mas didin lebih dulu dari saya mengenal internet ya karena mungkin mas didin lebih tua dari saya :D saya lahir tahu 97 mas.. dulu kalau soal adsense saya malah di tolak sampe 8 kali berturut-turut tpi sekarang malah karena iseng saya jadi publisher adsense dan sudah menjual beberapa akun adsense yg saya punya,,dalam blogging hanya SEO yang tidak pernah saya pahami mas,saya sudah browsing kemana-kemana termasuk saya planggan setia blog mas ini,bahkan setiap apa yang mas didin tulis selalu saya terapkan di blog saya tapi memang hasilnya ada yang bagus ada yang kurang bagus...ntah karna saya yang salah nulis atau karena saya yang kurang paham,bnyak artikel saya masih masih mentok page 3-5 mas bahkan ada yg di page 1 malah turun ke page 5 .. apa karena ini blog saya yang masih baru mas soalnya umur blog masih 2 bulan hehehe sebelumnya maaf OOT dan mengganggu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi karena masih baru mas, seo itu intinya terus bereksperimen mas, saya pernah membuat artikel yang memakai banyak huruf tebal, atau diawal dan di akhir artikel saya sertakan judul artikel dengan memaki huruf tebal, itu sebuah eksperimen apakah mudah untuk ditemukan.
      dan sampai saat ini yang paling ngefek adalah...menyajikan blog dengan jumlah kata banyak, semakin banyak kandungan kata akan semakin bersahabat dengan mesin pencari...
      bahkan ada juga artikel tanpa backlink sedikitpun namun mampu mendomonasi pencarian dan mendapatkan kunjungan paling banyak,
      saya bahkan masih beranggapan, seo nopage, dan template yang super ringan itu menjadi prioritas.

      Delete
  2. keren bang,, mnt tolong ksih tau trik trik nya bang spy bsa diterima google edsense

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak baca referensi saja dan terus mencoba, sebelum mencoba matangkan dulu materi adsensenya, n tidak usah terburu-buru fokuslah dulu menyajikan konten bermanfaat.

      Delete
  3. Sampai saat ini saya belum keterima adsense om, saya sendiri udah berusaha kesana kemari, bikin blog baru dan segala macemnya tetep gagal. Klu bisa dibantu om, diliat dulu apa ada yang salah dengan web saya http://www.kupaskomputer.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat terus om dan jangan putus asa, coba ikuti saran-saran yang di informasikan google ads melalui email penolakan yang kita terima. suatu saat pasti berhasil

      Delete
  4. mohon maaf komentarnya kurang nyambung, mas boleh enggak saya minta kode berlangganan feedburner blog mas ini, saya suka tapi enggak tau buatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling pemberitauan lewat email mas yang saya tau, tinggal masukan saja email mas untuk berlangganan di kotak yang disediakan diatas mas.

      Delete
  5. Wah bagus banget mas artikelnya. Saya sendiri baru mulai untuk ngblog bulan kemarin karena diperkenalkan teman satu kuliah saya yang katanya bisa menghasilkan dollar dari sini dan itupun masih belum bisa saya daftarkan ke ads. Namun saya juga masih belum terlalu paham mengenai Google ads dan trik2 ngblog. Sejujurnya saya salah satu yang sering baca blog dari Anda sampai sekarang. Semoga dengan mengikuti saran dari strukturkode.blogspot.com saya juga bisa ikut langgeng ngeblog. makasih banyak mas ilmunya heheee

    Oh iya mas, saya mau tanya, kan saya juga baru mulai ngblog, namun artikel yang saya tulis hasil dari copy paste dari word. menurut Anda bagaimana mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam keal mas,
      semangat dan jangan putus asa, niatkan pertama kali hanya untuk memberikan manfaat untuk orang lain dan diri sendiri, teruslah menulis artikel original, kan google ads bisa kapan saja daftar, kalo ambisi pertama adalah dolar biasanya cepat bosan dan kadang putus asa, apalagi tidak berhasil diterima,

      Sebaiknya jika mau kopas dari MS Word harus pindahin dulu ke Notepad kemudian baru kopikan ke blog, jika dari MSWord langsung ke blog, memang dari tampilan tidak ada yang aneh, namun kapasitas struktur kode html untuk artikel akan membengkak karena kode-kode format tulisan dari ms word akan ikut tersalin juga, saya dulu juga begitu, namun beberapa sudah di edit dan diperbaiki

      Delete
  6. Selamat gan buat panen pertamanya, Teruslah menginspirasi para blogger. . .

    ReplyDelete
  7. sangat mengharukan :') saya sudah mengenal blog dari smp kelas 1, hingga kelas 10 ini semangat pudar karena traffic turun drastis. Namun alhamdulilah saya bisa mencukupi kebutuhan saya dan alhamdulilah sempat membelikan orang tua saya mie ayam :) semoga pengalaman saya juga bisa menjadi semangat baru untuk para blogger.

    Sekarang saya memulai blog baru di kelas 2 SMK ini dengan alamat bloggersakti.com semoga dapat menghasilkan rejeki yang barokah amin :)

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum, Kang Didin

    Janten ceritana mah sami-sami kaduhung yeuh sigana mah, abdi ge kaduhung naha teu ti tahun 2002-an nga-blog, padahal tahun sakituan sempet gaduh blog, tapi seueur ameng duh, janten menyesal di hari tua sim abdi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikum salam kang sandi, muhun kang, abdimah ngwitan gaduh blog tos sepuh pisan tahun 2013, nembe ngawitan ngablog.

      tapi mudah-mudahan, tidak terlambat....makana ti ayeuna cing soson-soson ngablogna kang. insyaallah manfaat.

      Delete
    2. abdi teh mung aya 1 kabingung, kang. kantos gaduh sbbrh hiji blog, proses "ngalamar" mah ditampi, tapi gagal wae dina review ka-2. kasusna sami tah kango blog2 abi nu sateuacanna. alesanna teh konten + navigasi. janten kadituna teh taar abi langkung tereh keriput :D

      Delete
    3. Maaf mas jauh sangat OOT, berhubung diweb ini tidak ada Contact yg bisa dihubungi, bolehkah saya pasang iklan review di website ini? atau jika boleh saya meminta email untuk dilanjut obrolan secara private disana, trimakasih banyak

      Delete
    4. Sapertosna kedah dipayunkeun ngalamar istri geura kang supados taar teu tereh keriput, (eh pasti atos nikah nya?)

      Navigasi mah biasana kaitana jeung menu didalam blog kang, gunakan menu untuk tiap kategori, pami ada menu yang masih belum digunakan di hiden dulu jangan ditampilkan.

      Kalo konten, biasanya selama tidak menyalahi kebijakan adsense, konten sajikan dalam jumlah kata yang banyak 1500 kata satau lebih untuk setiap artikel pasti semakin banyak artikel dan jumlah katanya akan mudah untuk diterima.

      Delete
    5. @kantor akuntan publik
      untuk informasi lebih lanjut mas bisa inbox ke: didinajidin@gmail.com

      Delete
  9. mas cara merender css3 bundel gimana mas

    ReplyDelete
  10. wih keren pengalaman nya, saya baru aja mulai ngeblog..

    ReplyDelete
  11. Dari ceritanya, faktor keberuntungan ya mas yang paling besar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas barangkali sudah rezekinya :D

      Delete
  12. Kisah yang sama dengan yang saya alami sekarang,,, semoga menjadi motivasi buat saya tanks kang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama kang semoga tambah semangat

      Delete
  13. hallo mas, salam kenal, terimakasih sebelumnya arena artikel" yang benar" menambah penegetahuan saya dengan blog, sebenarnya saya sudah lama membuat blog saya, tapi karena aktivitas sekolah yang padat jadi ngga sempet. sebenernya sih uda lama sekali saya tau kalo ngeblog ato ngyutub #bahasa alay abaikan :D itu bisa nghasilin uang, itu guru TIK smp saya yang waktu itu bilang pada saya untu coba kamu tulis pemikiran" saya ketimbang kita nulis di status akun media sosial. tapi saya nga percaya, lah bayarannya dari mana? maksud saya yang ngaji itu siapa? tapi perlahan mulai ngerti walaupun ngga semuanya. iyanih sering sebel sendiri liat komenan yang gj, minta kenalan, no pin, dsb. dikira saya apaan :v jadi saya blokir tuh orang karena waktu itu kayaknya taunya dari akun g+ saya sepertinya.. jadi males buka blog deh. tapi sekarang ngerasa butuh suatu kesibukan, mau tanya gimana nyaring komentar seperti punya blog ini? hehehe trimakasih~
    yaa untung" kalo juga dapet bayaran, tapi kalo mau kerja, lah saya masih sekolah. waktunya. kan kalo bisa kerja tanpa keluar rumah kan enak, ya siapa tau~
    tapi bingung blog saya mau saya isi apa? sementara saya nulis cerpen karena saya suka nulis cerita, trus kepingin juga blog saya saya aktifkan sbgai sarana sharing yang mungkin kisah sharingan itu bisa jadi pelajaran banyak orang, (ini faktor x) hehehe~ bagaimana pendapatnya?
    hehe trimakasih, maafkan atas kekepoan berlebihan ini. trimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga dik,
      Mungkin adiknya kali terlalu baik jadi banyak orang yang suka, dan pingin kenalan :D

      blog bisa diisi apa aja, pelajaran sekolah atau apapun, bagus untuk meningkatkan ingatan, apa yang ditulis dari pemahaman sendiri akan selalu diingat

      untuk nyaring komentar, moderasi komentarnya dik, ada dipengaturan google:
      ke menu setelan/seting > post atau komentar
      pilih moderasi komentar "selalu"
      dan pilih Siapa yang dapat mengomentari? pilih "Pengguna terdaftar"

      kalo untuk menonaktifkan link aktif pada komentar blog bisa baca ini:
      http://strukturkode.blogspot.com/2015/01/cara-menghapus-link-aktif-pada-komentar-blog.html

      Delete
  14. Ohh strukturkode masih tergolong blog muda toh..
    tapi hebat bgt rata2 artikel nya berada di page one google.
    Yang lebih hebat lg cm sekali daftaar Google adsense langsung keterima, saya saja udah lebih 10 kali sampai detik ini kagak keterima-terima. :D :D nasib...nasib....
    sukses selalu dehh buat admin strukturkode

    ninggalin jejak ya gan pojokshare.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya rasa mungkin faktor keberuntungan kali mas, hehe karena tidak ada yang spesial di blog ini, sama seperti blog kebanyakan cuma tampilannya yang dibuat sangat sederhana

      Delete
  15. mas, ini kan saya udah daftar google adsense dan saya juga udah mencoba dan memasukkan script yg diberikan. tp kenapa di web saya munculnya kosongan gitu ya? mohon pencerahannya :)

    ini webnya kingjerseystore.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iklan kosong bisa disebabkan beberapa hal:

      - iklan masih dalam masa review ke 2, tunggu hingga sepenuhnya diterima
      - Akun adsense hosted (daftar melalui blog), kemudian iklan ditempel di situs non hosted (.com,.org.co.id dll)
      -dll...

      barangkali akuna ads mas masih dalam tahap review 2.

      Delete
  16. Super Sekali ..... Jadi Makin semangat nge blog .. boleh donk mampir ke mybodyideals.com hehe , nuhun kang

    ReplyDelete
  17. waw... gak bisa berkata apa2 saya, yang jelas saya ingin minta ijin buat share tulisan ini ke fb saya, semoga mas berkenan.
    trims

    ReplyDelete
  18. Kisah yang bagus mas, saya jadi semangat lagi untuk nge blog.

    thanks for share ya.

    ReplyDelete
  19. waduh keren ya mas, salam kenal ya mas.
    mudah2an bisa bermanfaat ilmunya, saya ijin belajar mas. hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga mas gono, amin, semoga bermanfaat,

      Delete
  20. Wow Nice.. Oiya Gan.. Awal mula kenal Google AdSense nya umur brapa + waktu itu tahun brapa yah ?
    Thanks.. Mohon jawabannya barangkali bisa jadi inspirasi buat Ane..

    Dan satu lagi gan ane mau nanyak.
    Kan kita udah bikin akun GA, nah trus bebwrapa waktu kemudian akun nya di banned (misalnya) nah trus mau bikin lagi dengan data pribadi yang sama. Apa itu bisa yah ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha-ha, Kenal ads dan blog untuk saya boleh dibilang telat gan, tidak seperti yang lain, saya sendiri di usia 32 tahun baru mengenal blog dan berikutnya adsense, baru kenal blog dan benar-benar merasa serius ngeblog pertengahan tahun 2014. jadi saya masih terbilang newbie dan masih terus-terusan belajar.

      Tentang Adsense:
      --------------------------
      Akun yang pernah dibanned akan berujung banned juga. sebenarnya google ads tidak akan pernah lagi menerima member dari pemilik akun yang pernah dibanned,

      misalkan saja jika agan lolos diterima ads kembali dengan biodata yang sama dengan pemilik akun yang pernah dibanned, biasanya tidak akan bertahan lama, ujung-ujungnya akan kena banned lagi.

      Delete
  21. saya msh pemula mas,msh 17 thn. pengen dapet penghasilan dari adsense, lumayan bsa buat beli buku sekolah.
    mas saya mau nanya, blog mas didin cuman strukturkode.blogspot.com aja atau punya blog lain? kan biasanya pemain adsense suka buat banyak blog apalagi blog Indo.
    Trus bulan apa pertama kali mas didin dapet earning dari adsense? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat mas, lanjutkan terus.

      saya sendiri punya 2 blog, namun satu blog dengan 30 artikel hampir jarang sekali diupdate, karena keterbatasan waktu. barangkali blog strukturkode ini satu-satunya blog yang sering saya update.

      Memang ada rencana punya blog lebih dari satu minimal 10 (baru disediakan domainnya saja biar berumur), namun sepertinya rencana tersebut harus ditunda dulu, karena waktu untuk saat ini tidak memungkinkan untuk saya jika harus fokus ngeblog.

      Delete
  22. permisi mas saya mau tanya, mungkin ini sedikit aneh. tapi saya bingung dan saya tanyakan pada anda,
    saya sudah daftar akun google adsense, sy sudah dapat ID dan dapat mengakses akun google adsense saya.
    yang saya mau tanyakan apakah sudah diterima mas?
    tidak ada pemberitahuan di email saya jika saya sudah diterima oleh pihak google.
    bisa bantu saya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah iklannya sudah di tempel di blognya, jika sudah coba cek apakah iklannya muncul?, bisa jadi jika iklannya tidak muncul atau masih ruang kosong, berarti masih tahap review 2, jika muncul dan iklannya sudah dapat dilihat, semoga sudah benar-benar diterima.

      Delete
  23. menginpirasi bnget artikel nya mas,oh ya saya mau nanya mas .klau kita pernah di baned berarti klu mau daftar GA lagi.kita hrus pakai identitas lain dong misal nya pakai ktp orang lain,satu lagi mas apa bener klu pakai blog gratisan ngk akan pernah di terima bila mendaftar GA

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, harus pake identitas yang berbeda dengan data yang pernah dibanned,

      daftar ads bisa pake situs TLD atau blog gratisan, kecuali blog wordpress.com

      Delete
  24. Wah kereen... penarikannya lewat WU? bagaimana dengan Paypal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan lewat WU, kebetulan adsense tidak menyediakan fasilitas penarikan lewat paypal, yang ada cuma WU, transfer bank sama cek.

      Delete
  25. mau daftar adsense malah di tolak terus, mudahan bisa cepat punya akun adsense dan tentunya cepat menikmati hasilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat gan, n jangan pernah putus asa, siapa tau tinggal satu langkah kedepan :D

      Delete
  26. kok jadi sedih ya bacanya gan..... saya juga mengenal blog tahun 2012 saat kelas 3 SMA ... tahun 2014 saya bikin blog berbayar dan pengnjungnya sedikit amet ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi sekarang saya yakin agan sudah banyak mendapatkan pengalaman dunia blogging :D

      Delete
  27. ya sedikit2 sih gan.... dulu kan sama saya juga gak tau seo itu apa.... karena hobinya bikin blog waktu dulu kan kita harus edit2 kayak tampilan menunya..pas dapet tutorial suka ada yg bilang seo 2 gitu.... ya di cari apa sih maksudnya..sekarang ternyta bener banget seo itu penting agar bnyak pengunjung...hehehe

    ReplyDelete
  28. mantap banget nih, buat aku semangat ngeblog biar uang dari adsense

    ReplyDelete
  29. Artikel pengalaman kayak begini nih yang bisa memberi inspirasi dan semangat. Kalo saya sih mengenal blog dari thn 2011, Setelah lulus STM thn 2014 kemarin, berhubung saya punya basic IT lalu kenal Adsense dan saya memutuskan utk serius di bidang adsense sampai sekarang :). Semangat terus nge-blog'nya bro dan jgn lupa jaga kesehatan dgn mengunjungi teks-kesehatan.blogspot.com

    ReplyDelete
  30. wuihh,saya jadi terharu mas dengan pengalamannya bersama blog dan keluarga mas.hehehehe.semoga kita semua masuk surga.amin.

    ReplyDelete
  31. Subhanalloh... Moga-moga dapat pahala banyak dalam berbagi ilmunya.... Amiin...
    dan semoga Pundi-pundi senantiasa mengalir master...
    saya Newbie.. Mohon bimbingan..

    ReplyDelete
  32. mas template pengaruh besar ga buat blog??

    saya newbie trs saya cb2 template trs saya check di https://gtmetrix.com hasilnya 90% dan 85% trs check di https://developers.google.com/structured-data/testing-tool/ smua all good
    trs di http://chkme.com/page-seo-tools hasilnya 100% blog saya bru 8 artikel kira2 bisa daptar adsense ga mas?

    ini blog saya airdronesia.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. berpengaruh gan terutama template blog yang ringan lebih baik.

      Untuk daftar adsense sebaiknya jangan terburu-buru mas, tunggu saja blognya banyak artikel dan juga pengunjungnya. santai saja mas.

      lebih tua usia blog itu lebih baik, lebih banyak visitor dan artikel itu juga lebih baik untuk daftar ads.

      Delete
  33. waaah keren mas ceritanya :), itu pertama kali daftar adsense tahun berapa ya mas ? gak di ceritain di postingannya :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum genap satu tahun sepertinya mas... hampir satu tahun. kalo tidak salah saya daftar akhir september 2014

      Delete
  34. makasih infonya, ceritanya juga seru gabosen bacanya. ohya mau tanya waktu mas didin ngedaftarin blognya, blognya tuh udah berapa lama? dan udah ada berapa artikel yah mas? makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. usia blognya sudah 3 bulan lebih mas, karena saya melanjutkan blog yang awalnya terbengkalai dan tidak terurus. artikelnya kalo tidak salah ada 24 artikel, saya lupa lagi cuma masih dikit masih dibawah 50 artikel.

      Delete
  35. wah.. sangat menginspirasi sekali mas... jadi terharu.... jadi tambah semangat saya ngeblognya setelah baca artikel diatas... doakan cepat menyusul hehehe

    ReplyDelete
  36. maaf, saya mau tanya apa bedanya judul blog sama judul artikel? mohon di jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Judul blog diseting di halaman akun blogspotnya, menu seting atau setelan > dasar, isikan judul disana
      judul blog untuk beberapa template kadang tampil di header templatenya sebagai judul blog yang bersangkutan disertai deskripsi blog dibagian bawahnya.

      kalo judul artikel dibuat ketika mbak membuat artikel.

      Delete
  37. Informasi yang sangat berguna, terimakasih karena anda saya jadi tahu.
    salam kenal dari saya, yang lagi belajar ngeblog :D. langsung saja saya jadi pengikut di lingkaran g+ nya..

    Haturnyhyn kang.. Orang Garut nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sami sami Hatur nuhun kang,

      leres pisan abdi orang garut kang. :D

      Delete
  38. Kenapa aku ga bisa bikin akun di google adsense ya, apa karena website yang saya daftarkan itu worspress.com? mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. blog berflatform wordpress.com tidak bisa di monetisasi gan termasuk didaftarkan adsense.

      jika agan ingin daftar adsense agan bisa melalui blog berflatform blogspot atau blog dengan template dari wordpress.org yang agan hosting secara pribadi.

      bedakan antara wordpress.org dan wordpress.com ya.

      Delete
  39. Wow mas.. Terenyuh sama ceritanya mas. Jadi merasa menyesal juga mas.
    Udah kenal internet dari tahun 2007-2008 (ya walaupun masih kelas 5 SD :D)
    tapi cuma buat nge-game. Tiap hari uang habis gara-gara game.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya waktu sd belum ada internet hehe... agan beruntung, benar gan harus bisa memanfaatkan waktu mungpung masih muda.. memang penyesalan selalu ada termasuk untuk saya pribadi.
      Nasi belum menjadi bubur keep blogging n terus semangat gan.

      Delete
  40. baca critanya malah pengen ketemu orangnya hehe...,pengen belajar langsung dan tanya-tanya...

    ReplyDelete
  41. setelah kurang lebih sebulan saya mengikuti mas didin ajidin sehingga malam ini saya telah membuat review tentang mas didin ajidin di 4 daftar blogger favorit saya :)

    ReplyDelete
  42. setelah kurag lebih sebulan saya mengikuti sepak terjang di blantara blogging dan akhirnya saya berinisiatif memasukan mas didin dalam 4 daftar blogger favoris saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas appresiasinya mas M Rizal

      Delete
  43. wih mantep pengalaman na kang, nembe terang akang ge orang garut.
    sami abdi ge orang garut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kang moch fadhil, muhun kaleresan orang garut yang baru belajar blogging kang. abdi tarogong kidul.

      Delete
  44. Terimakasih telah share pengalamannya mas, sungguh sangat menginspirasi saya. Semoga allah selalu melimpahakn kesehatan dan rezeki kepada keluarga disana. Dan doanya juga semoga allah juga melimpahkan kebaikan kepada saya disini. Aamin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin mas,thanks semoga qt diberikan rezeki halalan toyibah

      Delete
  45. Fokus saya hilang pas ngebaca tulisan tentang istri mas terkait saraf motoriknya yang terganggu akibat kecelakaan. Sekarang gimana mas? Ud baikan?

    Saya harap mas dan keluarganya baik2 semua, amin ya Allah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. :)
      Aamiin, mas, yah karena cedera dikepa sampai saat ini terkadang suka pingsan pasti ada saja dalam sebulan.

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!