Cara Mengecek dan melihat blog Sendiri di hasil pencarian google - Dambaan hampir semua para blogger ketika blog atau artikel blog miliknya muncul di hasil pencarian google, apalagi bisa muncul di urutan teratas hasil pencarian, tentu menjadi suatu kebanggan tersendiri, Jika anda bisa melihat blog atau artikel blog anda dihasil pencarian, itu menandakan bahwa blog anda sudah berhasil diindex oleh google, atau masuk kedalam basis data pencarian google, efeknya blog akan muncul di hasil pencarian (SERP) setiap kali ada yang melakukan pencarian dengan kata kunci yang dianggap relevan dengan kandungan artikel dalam blog anda tersebut, namun anda juga harus memahami, meskipun blog anda sudah diindex google dan berpeluang muncul di hasil pencarian, belum tentu posisi artikel anda berada di urutan pertama atau urutan terbaik mesin pencari, tergantung google ranking faktor blog yang bersangkutan, jika dianggap pantas maka artikel anda akan muncul di posisi terbaik, namun tidak jika sebaliknya, oleh karena itu yang pertama kali yang harus anda lakukan untuk blog anda agar bisa dikenali dan ditemukan di pencarian google adalah mengupayakan agar blog dan artikel blog didalamnya bisa terindex oleh google. sehingga setelah blog terindex peluang artikel muncul dihasil pencarian google akan lebih baik..

Cara Melihat Blog Sendiri di Hasil pencarian google

 Sebelum anda bisa melihat artikel anda muncul dihasil pencarian anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa blog anda sudah terindex oleh mesin pencari, jika belum maka artikel anda tidak akan bisa ditemukan sama sekali di hasil pencarian google, oleh karena itu langkah pertama yang harus anda upayakan pada blog anda adalah membuat artikel blog tersebut terindex di hasil pencarian google

Bagaimana Agar Artikel bisa Terindex google ?

Untuk membuat blog dan artikelnya terindex atau masuk ke dalam basis data mesin pencari google, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan  yaitu sebagai berikut:

1. Cara pertama, Membiarkan blog tersebut sampai pada akhirnya google dengan sendirinya menelusuri blog anda dan meng-index setiap artikel blog di dalamnya.

Jika anda memilih cara ini tentu akan membutuhkan waktu yang relatif lama, meskipun lambat, namun pasti blog anda akan terindex juga pada akhirnya, saya jadi ingat ketika pertama kali mencoba membuat blog tanpa tujuan, blog yang saya buat berisi hanya kurang dari 10 artikel saja yang saya biarkan, karena kurang pengetahuan mengenai dunia blogging, dari awal saya membuat blog tersebut aktivitas saya barangkali hanya menerbitkan artikel tidak lebih, bahkan belum pernah dipromosikan baik online maupun online, karena memang saya beranggapan, bahwa blog akan ditemukan dengan sendirinya, ternyata memang benar, setelah beberapa lama saya coba cek artikel yang berada pada blog lama saya tersebut, ternyata artikel blog mampu muncul dihasil pencarian google, dengan kata lain saya menyimpulkan bahwa meskipun tidak kita promosikan blog pada akhirnya akan mampu untuk dikenali dan diindex google sehingga bisa muncul dihasil pencarian, namun barangkali akan memakan waktu yang cukup lama, sampai blog tersebut dapat dikenali oleh mesin pencari.

2. Cara kedua anda mengupayakan sesuai yang disarankan mesin pencari agar mesin pencari segera mengindex artikel anda dengan cepat. cara ini bisa anda tempuh yaitu dengan mendaftarkan blog dan setiap artikel baru pada blog anda ke mesin pencari google, bing atau mesin pencari lainnya.

Silahkan pelajari:
Cara mendaftarkan blog ke bing dan google webmaster tool
Persiapan seo dasar untuk blog yang baru dibuat

Jika anda memilih cara ini, kemungkinan blog anda akan cepat terindex oleh mesin pencari. Google memang sudah menyediakan fasilitas khusus untuk membantu google mengindex setiap artikel baru yang diterbitkan oleh para blogger, fasilitas tersebut secara tidak langsung menginformasikan dan mengintruksikan kepada mesin pencari bahwa anda memiliki artikel baru yang belum diindex, dengan kata lain meminta mesin pencari google untuk segera mengindex setiap artikel baru yang anda daftarkan, barangkali cara kedua ini yang harus anda lakukan agar artikel blog anda cepat terindex.

Cek Apakah artikel blog Anda sudah terindex?

Ada beberapa cara untuk membuktikan apakah blog anda atau artikel blog anda sudah terindex apakah belum sama sekali, caranya adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Dork Pencarian google:
Alternatif pertama untuk melihat daftar index google terhadap artikel blog kita adalah dengan menggunakan perintah pencarian google atau dork, caranya yaitu dengan mengetikan perintah dibawah ini pada mesin pencari google:

site:nama_blog_anda.blogspot.com
Misal jika saya ingin melihat daftar artikel yang terindex pada blog saya maka saya akan mengetikan pencarian di google dengan perintah site:strukturkode.blogspot.com

Jika artikel blog anda dan juga blognya sudah terindex oleh google, maka blog dan juga judul-judul artikel pada blog tersebut akan muncul dihasil pencarian google.


2. Menggunakan google webmaster tool,
Alternatif kedua untuk mengecek daftar index artikel blog anda adalah dengan menggunakan google webmaster tool, google webmaster tool adalah alat bantuan untuk webmaster atau pemilik situs agar bisa memonitor interaksi mesin pencari terhadap blog, salah satunya bisa anda gunakan untuk mengecek index google terhadap artikel yang terdapat didalam blog kita, untuk melakukan cara ini anda harus sudah mendaftarkan blog anda ke google webmaster tool, jika sudah, silahkan ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

a Silahkan anda masuk ke akun google webmaster tool anda, kemudian pilih salah satu blog yang sudah anda daftarkan.

b. Pada bilah menu sisi kiri,  pilih menu Google Index kemudian klik submenu Index Status

Cara melihat index blog blog dihasil pencarian google

Anda akan jumlah index google blog anda seperti gambar diatas, kadang jumlah index blog di google webmaster tool bisa lebih besar dari jumlah artikel pada blog anda itu masih dikatakan normal, karena yang terindex bukan hanya url artikelnya saja namun link dalam halaman blog juga akan ikut terindex, itu yang menyebabkan jumlah index bisa lebih besar dari jumlah artikel pada blog anda.

c. Untuk melihat artikel yang terindex dengan tepat, masih menggunakan google webmaster tool, silahkan pilih menu, crawl, kemudian pilih submenu  sitemap, seperti gambar dibawah ini:

Cara melihat jumlah artikel blog yang sudah terindex google

Anda akan melihat seperti yang ditunjukan pada gambar diatas, mengenai jumlah artikel yang sudah terindex google.

Cek Blog dan artikel blog di hasil Pencarian

Setelah anda memahami bagaimana cara membuat blog atau artikel blog anda cepat terindex, dan juga melihat index blog anda, selanjutnya anda bisa cek artikel atau blog anda apakah sudah bisa muncul dipencarian google atau tidak, banyak cara yang bisa anda lakukan untuk melihat artikel blog anda dipencarian google, beberapa cara yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut:

1.  Jika anda sedang login di akun google, baik itu email, g+, blogger dan aplikasi google lainnya sebaiknya anda logout dulu, ini perlu anda lakukan agar pencarian yang anda lakukan menampilkan hasil urutan yang benar-benar sesuai dengan posisi sebenarnya di hasil pencarian, jika anda tidak logout, biasanya hasil pencarian akan memprioritaskan artikel anda dihasil pencarian artinya informasi hasil pencarian hanya kamoplase tidak sesuai dengan urutan yang sebenarnya.

2. Masukan kata kunci yang relevan dengan judul artikel anda yang ingin dilihat dihasil pencarian, atau anda juga bisa mencari menggunakan judul artikel anda.

Dengan cara ini biasanya artikel yang anda miliki akan muncul dihasil pencarian, jika anda tidak melihat artikel anda muncul di hasil pencarian di halaman pertama, kemungkinan artikel yang anda miliki berada di urutan halaman kedua dan seterusnya, tergantung dari tingkat persaingan dan optimasi seo yang anda libatkan untuk artikel blog anda tersebut, jika artikel anda tidak muncul dihasil pencarian, penyebabnya mungkin saja artikel anda belum terindex, atau mungkin saja artikel anda kalah bersaing.

Demikian artikel sederhana tentang Cara Mengecek dan melihat blog Sendiri di hasil pencarian google, semoga bermanfaat.

7 komentar:

  1. informasi yang sangat berguna, terutama point 1 menggunakan dork www.pendoe.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. oalah gini tho caranya, pantesan gak muncul muncul blog ane

    ReplyDelete
  3. Sangat bermanfaat, akhirnya saya tau juga pantes gk ada di pencarian, terus berkarya min mohon folbacknya gan.

    ReplyDelete
  4. omm... kan tadinya indec carimusik.net ada 48.000an.. kok skrg cuma 21.000an yah.. tpi visitor tetap..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Turun naik normal gan selama visitor tidak turun drastis

      Delete
  5. Sebenarnya tidak juga tidak apa-apa mas akan otomatis terdeteksi dan terupdate, kalo saya dari dulu memang lebih suka seperti itu..

    ReplyDelete
  6. Makasi, dulu saya satu" cek artikel udah ke submit atau belum :D

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!