Postingan ini merupakan UPDATE dari postingan sebelumnya tentang cara daftar histats yang diteribitkan tahun 2015 lalu, karena pada tahun 2017 ini histats sepertinya sudah mengalami sedikit perubahan, maka saya merasa perlu untuk memodifikasi artikel tentang cara daftar histats ini agar informasi yang diuraikan di artikel ini tetap uptodate.

Histats adalah layanan gratis paling populer yang membantu pemilik blog untuk merekam setiap interaksi  pengunjung dengan halaman blog yang kita miliki, histats bisa kita gunakan untuk memonitor blog atau situs yang kita miliki. beberapa informasi yang dapat kita peroleh dari histats diantaranya: jumlah pengunjung perhari, akumulasi jumlah pengunjung, jumlah halaman page yang diakses kemudian jumlah pengunjung online dan masih banyak lagi informasi yang disajikan oleh tool yang satu ini.

Bagaimana histats bisa merekam aktivitas pengunjung?, histats dapat membaca dan mulai merekam setiap aktivitas pengunjung blog ketika kode plugin histats dipasang pada blog kita, setelah melakukan pendaftaran histats, blogger diharuskan memasang kode histats plugin pada blog yang mereka miliki, dengan demikian histats akan mulai merekam jejak pengunjung ketika kode pluginnya ditemukan dan dibaca pada blog yang kita miliki, selama plugin histats aktif menempel pada blog kita, selama itu pula jejak pengunjung akan terus direkam dan di kelola.

Cara daftar histats terbaru 2015 cepat dan mudah

Cara Daftar Histats

Berikut adalah langkah-langkah mendaftarkan situs atau blog anda ke histas:

 1. Silahkan masuk ke halaman histats.com.

2. Seperti terlihat pada gambar dibawah ini, pada kotak isian yang bertulisakan register your website silahkan masukan alamat blog anda, ingat tanpa http://, kemudian tekan tombol "Register".

tahap registrasi histats

3. Pada tampilan berikutnya anda akan disajikan form isian untuk data histats anda, silahkan masukan Email yang akan anda gunakan sebagai user, confirm email, password, confirm password, name, surname/nama panggilan, pilih time zone, cari dan pilih Asia/jakarta dan silahkan masukan kode captcha, jangan lupa centang tulisan "I have ready and agree publisher agrements term", kemudian tekan tombol "Register".

4. Jika anda berhasil, silahkan sekarang masuk ke halaman email anda, ingat email yang anda gunakan untuk daftar. kemudian cari buka pesan konfirmasi dari histats, silahkan klik link histats yang anda terima pada pesan tersebut untuk melanjutkan pendaftaran. kemudian silahkan anda login dengan menggunakan email dan password yang digunakan untuk mendaftar untuk masuk kehalaman control panel anda.


5. Pada halaman control seperti gambar diatas, silahkan anda tekan tombol bertulisakan "+ Add a website"

6. Berikutnya, silahkan anda masukan, alamat blog anda sekali lagi, pilih bahasa /language, silahkan pilih bahasa indonesia, pilih Time-zone dan pilih Asia/Jakarta, kemudian pilih kategory sesuai dengan niche/topik blog anda, isi juga title, description/keterangan blog anda, dan isi juga yang lainnya, jangan lupa centang tulisan "accept" dan masukan kode captcha kemudian tekan tombol Continue.

7. Sampai tahap 6 diatas berarti anda sudah selesai melakukan pendaftaran histats untuk blog anda. tetapi histat masih belum bisa merekan jejak pengunjung, agar histat bisa merekam jejak pengunjung anda harus memasang kode histats kemudian letakan kode tersebut pada kode template blog anda,

8. Berikutnya, untuk memperoleh kode histats silahkan anda klik icon grafik seperti yang ditunjukan gambar dibawah ini



silahkan klik icon tersebut, untuk menuju halaman statistik sekaligus untuk mengambil kode histats yang nanti akan kita pasang pada template blog kita.

9.Berikutnya, cari dan klik tombol bertulisakan "Counter Code", seperti terlihat pada gambar dibawah ini:
Cara mendapatkan Kode histats untuk blog

Maka anda akan melihat tampilan kurang lebih seperti gambar dibawah ini:

Cara membuat kode histats

Silahkan anda klik pada tulisan "+ Add New Counter" seperti terlihat pada gambar diatas, anda akan menuju halaman "Create New Tracking Counter" untuk memilih tampilan counter histats yang diinginkan seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

create new tracking histats


10. pada tampilan diatas banyak pilihan yang bisa anda pilih, silahkan anda pilih dan klik salah satu bentuk kotak informasi histats widget yang nanti akan ditempel pada blog anda.

kemudian cetang pilihan yang tersedia dan jika sudah selesai anda  jangan lupa untuk menekan tombol "Save", halaman akan kembali kehalaman, Counter seperti terlihat pada gambar berikut:



11. Lihat gambar diatas, silahkan Anda klik "No 1", kemudian klik no 2 maka di bagian bawahnya akan muncul jendela baru yang berisi "Kode histats yang harus anda copy dan siap anda tempel pada blog anda, silahkan kopi kode tersebut.

12. Masuk ke blog anda, kemudian di bilah menu sisi kiri pilih menu tata letak / layout kemudian tekan salah satu tombol add a gadget, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:


Nanti akan muncul window yang berisi daftar pilihan widget,pada daftar pilihan yang tersedia cari dan pilih HTML/Javascript  seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

html/javascript widget blogspot

Pada form isian yang muncul, isi judul widget, misalnya pengunjung, lalu paste kode histats yang sudah dikopi sebelumnya, setelah selesai silahkan tekan tombol "Simpan / save".

Cara memasang kode histats pada blog



Sampai tahap diatas berarti anda sudah selesai daftar untuk membuat akun histats kemudian memasang kode histat pada blog anda, kini pengunjung blog anda akan di hitung dan direkam oleh histats.

Baca juga: Cara melihat pengunjung atau visitor blog secara lengkap

Demikian artikel mengenai  Cara Daftar Histats Terbaru 2015: Cepat dan Mudah kurang lebihnya mohon dimaafkan,

semoga bermanfaat.

59 komentar:

  1. Terima kasih ini artikel yang saya cari karena pingin banget masang histat ini di blog. salam kenal dari saya sahabat. Oh ya saya sudah pasang feedjit di blog, apakah gak bentrok? Kalau ada waktu mari kunjungi blog saya, ya.. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak akan bentrok gan, namun akan sedikit berpengaruh pada loading blog agan yang sedikit akan lama, semakin banyak widget akan semakin lelet loadingnya

      Delete
    2. nah, betul tuh, smakin banyak widget smakin lelet. blog ane cuma ada 3 widget doang. email subscribe, arsip, popular post. wkwkw

      Delete
    3. Kalau ditaruh di template/edit html, bisa nggak ya? Kalau bisa dibagian yang mana.?

      Delete
    4. @Ryuu Sasori, bisa gan, namun agan harus tau dan terbiasa dengan kode template, cara termudah ya melalui widget saja sudah cukup

      Delete
  2. terima kasih totorial histatsnya sangat mudah dipraktekan

    ReplyDelete
  3. wah keren saya butuh aplikasi seperti ini, terimakasih sekali atas infonya

    silahkan mampir yuk ke website saya sekalian untuk uji coba histats nih heheh
    www.tipsdewa.com

    ReplyDelete
  4. gan,,ane udah daftar dan login di hitstat, tapi kok gak ada tuisan add websitenya mohon bantuannya gan,,

    ReplyDelete
  5. iya gan,,tampilannya seperti itu tapi tidak ada tulisan add new websitenya :(

    ReplyDelete
  6. Terima kasih atas infonya
    sangat bermanfaat sekali
    kunjungi juga: http://youtubexplore.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. makasih gan,, sangat bermanfaat
    kunjungi juga blog saya ya gan, agar agan sehat dan bugar http://www.healthyway09.tk/

    ReplyDelete
  8. makasih banyak artikelnya gan, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  9. terimakasih banyak gan artikel yang sangat sangat bermanfaat dan sangat saya butuhkan demi kemajuan blog sy..

    ReplyDelete
  10. terimakasih infonya ya min,, sangat membantu sekali nih.. apalagi bagi blogger pemula seperti saya :)

    ReplyDelete
  11. Terimakasih ... tapi kok yg keluar gambar kotak doang, tulisan atau grafiknya ga keluar, knp ya?

    ReplyDelete
  12. kalau sudah pasang histat di satu blog, trus pasang di blog lain bisa gak?...gmna caranya?..mohon bantuannya...terimah kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bisa, daftarkan setiap blog di histat dan generate code counternya kemudian tempel di blog masing-masing

      Delete
  13. Saya Mau Nanya nih gan kalau masang widget histats diblog apakah akan berpengaruh pada loading blog atau SEO???

    ReplyDelete
    Replies
    1. loading bisa jadi ada pengaruhnya namun sangat kecil sekali, histat tidak ada sangkut pautnya dengan seo, histat hanya sebuah tool yang dapat membantu memonitor dan menganalisa pengunjung blog saja.

      Delete
  14. Gan, kan udah selesai smpek langkah 10 tuh, yg langkah 11 gimna ya ? saya masih belom paham. Mohon bantuannnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan bisa baca kembali artikel diatas dari point 9, saya sudah update kembali artikelnya dengan cukup lengkap, semoga bermanfaat

      Delete
  15. ane dah pasang udah 3 hari, cuam page TAYANGAN LAMAN, aja yg di hitug,,, tapi visitorny kosong,, kenapa ya gan >> http://ip-saha.blogspot.com/

    ReplyDelete
  16. thanks ya mas bro, manfaat banget nih..

    ReplyDelete
  17. Terima kasih gan, ane ijin praktek dulu :D

    ReplyDelete
  18. Code histats sdh saya copy dan di paste di widget blog saya, tp tidak muncul gan...kenapa ya?

    ReplyDelete
  19. Akhirnya histats saya muncul juga, terima kasih gan. apakah sudah betul gan???

    ReplyDelete
  20. Terimakasih tutorialnya sangat mudah dipahami, sekali baca, buat langsung jadi :-)

    ReplyDelete
  21. ok gan akhirnya dapat penjelasan yang detail...trm ksh

    ReplyDelete
  22. Berhasil saya pasang Gan...
    Terima kasih artikelnya sangat membantu...
    Salam,

    ReplyDelete
  23. cara memasang kode histas di temlate blog gi mana mas , bantuanya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas chevi bisa ikuti petunjuknya diatas, untuk mendapatkan kode histat.
      nanti bisa menggunakan widget HTML/Javascript.

      Delete
  24. Sangat membantu, tapi masalahnya adalah, pada tambilan histatnya muncul kotak abu-abu saja, tanpa angka-angkanya... seperti gambar pada langka 9
    nah bagaimana tu?

    apakah jaringan internet saya yang lemot...
    he,he,he......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu artinya belum ada pengunjung mas,
      Setiap ada pengunjung maka akan terekam dan angka yang menunjukan visitor akan menunjukan sebuah angka jumlah visitor sedang online pada waktu yang bersangkutan.

      Delete
  25. setelah saya pasang widget dari histats ini, awalnya muncul gan, tapi makin kesini kok jadi jarang muncul ya gan. ada kesalahan dari histats nya atau dari blog ane? mohon sarannya

    salam blogwalking

    http://www.jarangbeli.com

    ReplyDelete
  26. mas didin kalau blognya berisi tentang artikel tutorial masuk ke kategori apa? mohon di jawab ya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Niche tentang tuturial mas, tergantung tutorialnya tentang apa. kalo tutorial blogging berarti lebih ke niche tutal blogging

      Delete
  27. tutorialnya tentang after effect mas tentang software-software. untuk kategori pilih yang apa ya mas? mohon di jawab mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mas pilih yang berkaitan dengan komputer saja mas, atau apapun, saya lupa lagi pilihannya, yang jelas itu hanya pengkategorian saja tidak ada dampak apapun untuk blog mas.

      Delete
    2. makasih mas atas jawabannya. saya merasa puas dengan blog ini. artikelnya memuaskan di koment langsung jawab. sukses lah pkoknya untuk blog ini dan untuk mas.

      Delete
  28. akhirnya saya bisa melihat brapa visitor blog saya.
    makasih y gan atas informasinya sangat bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  29. mas mau tanya nih.. apakah ada keuntungan tertentu dari histats? terimakasih atas informasinya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Histats hanya salah satu tool untuk memantau pengunjung saja mas, tidak lebih...

      Delete
  30. lebih efektif menggunakan histats apa google analytics???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu GA cuma sedikit ribet, alternatif bisa gunakan histats.

      Delete
  31. Makasih mas infonya, saya berhasil memasang histats di blog saya..

    ReplyDelete
  32. sayaa sudah berhasil memasang histats di blog saya mas. terima kasih ya. tapi kok kita dihitung jg ya mas pada visitornya?

    ReplyDelete
  33. thx info nya.
    ane udah daftar 1 minggu heran kok stats ga nambah, ternyata lupa pasang html nya hahah

    ReplyDelete
  34. Trims Mas akhir nya saya sudah bisa pasang histats berkat tutorial ini.

    ReplyDelete
  35. sempat bingung waktu milih counter. yang di navigasi dan dibawah navigasi @_@

    ReplyDelete
  36. Mas,kenapa ya gini terus pas dimasukan email nya ??? incorrect mail / confirm mail.. mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi format Email yang dimasukan salah gan, pastikan memakai @

      Delete
  37. Gan pada langkah 11 (No 2) ko punya ane gak ada tulisan "async" nya ya. cuma "standar" dan "No Javascript" aja. jadi bingung mau ngelanjutin ke langkah selanjutnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada 2 pilihan kalo tidak salah, Pilihnya jangan yang kode biasa mas tapi kode yang async..

      Delete
  38. Terima kasih sangat membantu sekali.. cuma pada penjelasan ke 11 tidak sama, ada 2 pilihan saja (standar dan No Javascript) gimana solusinya?
    saya coba pake yang standar untuk uji coba.. barangkali ada solusi lain bisa Replies disini...terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilih saja yang standar gan, sepertinya histats sudah mengalami perubahan

      Delete
  39. mas untuk di tambahkan gadget itu title sama konten di isi apa ya,,maaf masih pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa di lihat di langkah no 12 di atas mas.
      Judul Itu bisa diisi terserah, ini akan muncul di blog mas sebagai judul widget, misal isi saja pengunjung atau visitor, dikosongkan juga boleh.

      Untuk konten diisi dengan kode histat, bisa dilihat di no 12 di atas cara memperoleh kode histat.

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!