Apa itu FeedBurner dan RSSFeed dan apa fungsi keduanya untuk blog? melalui artikel ini mudah-mudahan bisa memahami istilah tersebut secara jelas.
 
Feed Burner atau RSS Feed barangkali tidak asing ditelinga  para blogger, tetapi untuk sebagian orang awam yang baru mengenal dunia internet, kata Feed  Burner bisa jadi merupakan sebuah istilah yang baru dikenal dan belum difahami secara jelas apa itu Feed Burner !, artikel berikut mudah-mudahan bisa membantu memahami tentang apa itu Feed Burner ?.


Apa itu Feed Burner ?

Feed Burner adalah "sebuah layanan" teknologi internet yang salah satu fungsinya dapat membantu para blogger atau pemilik situs untuk memfasilitasi mempublikasikan dan mempromosikan dengan segera setiap artikel yang sudah mereka terbitkan.


Teknoligi yang disajikan Feed Burner identik dengan teknolgi RSS Feed (really simple syndication) "mempersatukan sesuatu menjadi benar-benar mudah", merupakan sebuah teknologi yang digunakan jutaan pengguna internet di seluruh dunia untuk terus memperoleh informasi terbaru dari blog atau website favoritnya, antara Feed Burner dan RSS Feed adalah hal yang serupa dan memiliki tujuan yang sama, hanya istilah yang membedakan diantara keudanya, adapun tujuannya adalah:

  1.  Memberikan informasi kepada pembaca setia, melalui layanan email milik pembaca mengenai artikel terbaru yang sudah dibuat atau diterbitkan oleh pemilik Blog atau Situs, 
  2. Memberikan Feed back atau umpan balik kepada si pembuat artikel mengenai aktivitas pembaca terhadap artikel yang sudah mereka buat,  sekaligus dapat meningkatkan trafik kunjungan situs web/blog yang mereka miliki.
Pertanyaanya  adalah ? bagaimana si pembaca bisa mengetahui artikel terbaru yang diterbitkan blog/situs favorit mereka, padahal mereka tidak mengunjungi blog favorit mereka setiap waktu, kemudian bagaimana si pemilik blog atau situs, menyebarkan informasi artikel baru mereka ke setiap pembaca setia blog mereka.
Sebuah proses yang akan menguras tenaga jika seandainya si pemilik blog harus memberikan kabar kepada setiap pembaca setia mereka melalui email secara manual !, dengan adanya teknologi Feed  para Blogger atau Pemilik situs tidak usah khawatir, karena dengan memanfaatkan teknologi Feed permaslaahan diatas bisa ditangani dengan lebih mudah.

 Cara Kerja Feed Burner

Ada dua sisi yang dapat dilihat untuk memahami cara kerja feed burner secara lengkap, yang pertama adalah dari sisi blogger atau pemilik situs yang berperan sebagai pembuat artikel atau yang menerbitkan artikel, dan yang kedua adalah dari sisi pembaca artikel yang berperan sebagai pembaca setia dari blog favoritnya.

Feed Bunner Dari Sisi Blogger atau Si Pemilik Situs

Untuk Mendapatkan dan menggunakan layanan Feed, Pemilik Blog atau situs harus melakukan registrasi ke sebuah layanan feed untuk mendaftarkan alamat blog atau situs miliknya, salah satu layanan feed yang bisa digunakan adalah feedburner.com sebuah layanan gratis milik google yang cukup dikenal saat ini.

Dengan melakukan Registrasi Pemilik Blog bisa memperoleh script Code Widget yang bisa ditambahkan atau ditempel kedalam script blog miliknya, salah satu script widget yang bisa diperoleh adalah script widget untuk subscrib email, (Fasilitas Langganan Melalui Email),  ketika pembaca berita memasukan email miliknya melalui fasilitas ini, pembaca berita secara otomatis akan mendapatkan berita terbaru mengenai artikel yang diterbitkan melalui email yang mereka masuka.


Feed Bunner dari Sisi Pencari/Pembaca Artikel

Untuk sebuah blog yang sudah menmanfaatkan layanan Feed, blog akan menyajikan widget khusus bagi para pembaca berita,  yang diperoleh dari layanan Feed, Pembaca berita bisa menggunakan Widget tersebut, Misal Widget untuk Subcrib Email, Para pembaca yang tertarik dengan artikel yang diterbitkan, jika tertarik untuk menjadi pelanggan, pembaca dapat berlangganan dengan cara memasukan email miliknya melalui widget subscrib email yang disediakan, dengan demikian setiap artikel terbaru yang diterbitkan oleh pemilik blog atau situs, akan secara otomatis diinformasikan kepada para pembaca setia melalui email miliknya.

Barangkali Bukan hanya subscrib email saja, masih banyak fasilitas Feed yang bisa dimanfaatkan oleh para blogger atau pemilik situs dalam upaya memaksimalkan blog yang mereka miliki.

Yang paling penting untuk menarik minat pengunjung terhadap blog atau halaman situs yang kita miliki, selalu berusaha keras untuk menyajikan artikel yang segar dan berkualitas. apapun yang kita upayakan dengan maksial akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Semoga bermanfaat.



4 komentar:

  1. wah, saya punya blog sudah lama, tapi gak ngeh juga soal beginian.
    jadi mau numpang tanya bos, bukankah blog gratisan seperti wordpress dan blogspot sudah ada widget seperti Rss, apakah perlu menggunakan feedburner atau cukup salah satunya saja?
    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo hanya mengandalkan RSS default bawaan fiturnya kurang lengkap mas, misal di rss blogspot, kita hanya disediakan fasilitas untuk mempersingkat saja, sedangkan di feeedburner, kita bisa customisasi, juga bisa kita buat emailsubcriber

      Delete
  2. mas Aji, apakah dengan feedburner kita juga bisa kirim pesan broadcast kesemua daftr list subcriber blog kita ?
    tolong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap subcriber akan menerima email notif setiap kali ada artikel terbaru diterbitkan di blog yang mereka subcribe

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!