Solved: After creating an APK file some sprites disappears (Penyebab Texture Sprite2D di godot 4.2 sebagian tidak muncul pada perangkat hp saat diexport).


Godot 4.2 merupakan game enggine gratis untuk membuat game 2d dan game 3d, godot ukurannya kecil dan cukup ringan dan scriptnya mudah dipahami. dan saya menyukainya karena setelah dicoba membuat game di godot cukup menyenangkan, ya saya membuat game untuk refresing saja mengasah otak agar tidak pikun. 

 

walaupun berhasil membuat beberapa aplikasi, Saya sebenarnya masih tahap belajar mengembangkan game di godot, game yang saya buatpun masih sangat sederhana, karena sepertinya masih banyak yang harus dipelajari mengenai pengembangan game di godot ini. Pada saat beberapa kali mencobanya banyak sekali error dan kesalahan yang saya alami, bahkan kadang untuk menemukan letak kesalahannya saya pernah sampai berjam-jam mencarinya, tapi itu jadi pengalaman yang berharga buat saya.

 

Pengalaman saya, ada satu error yang cukup memusingkan yang pernah saya alami, yaitu gambar tidak muncul pada saat diexport dan diinstal di perangkat android, padahal pada saat pengembangan aplikasi dapat tampil dan berjalan mulus secara normal.

 

Bagaimana tidak pusing, saat dijalankan di komputer dapat berjalan normal tampilan seperti yang diinginkan, namun saat di export kemudian diinstal di perangkat android ada beberapa gambar tampilan tidak mau muncul, sementara sisanya muncul. sungguh saya dibuat repot dan cukup lama mencari solusinya, beberapa referensi saya baca untuk memperbaikinya, termasuk bertanya pada AI. akhirnya permasalahanpun ketemu setelah baris-perbaris kode di tracing bagian-perbagian.

 

Penyebab Texture Sprite2D di godot 4.2 sebagian tidak muncul pada perangkat hp saat diexport

Saya tulis artikel ini sebenarnya untuk dokumentasi pribadi saya saja, siapa tahu di hari-hari berikutnya, kesalahan atau error serupa muncul dan jika lupa saya bisa membaca dokumentasi ini kembali. Namun sepertinya dokumentasi ini juga akan bermanfaat untuk anda yang juga mengalami error serupa, ya mudah-mudahan apa yang saya share di artikel kali ini bermanfaat.

 

Jika mengalami beberapa gambar tidak muncul pada aplikasi game godot saat diinstal dan dijalankan di perangkat android, berdasarkan pengalaman saya.

 

 Penyebabnya adalah sebagai berikut:

"Kesalahan penulisan huruf besar dan huruf kecil pada nama file Scene yang diload lewat kode program"

 

Seperti kasus saya pada gambar di bawah ini:

 

Ilustrasi gambar di atas nampak baik-baiksaja, seperti tidak bermasalah. Tapi jika diamati dengan teliti saya sebenarnya salah menuliskan nama file Key.tscn (dengan K huruf besar)  saya tulis di kode program menjadi key.tscn (dengan k huruf kecil)

 

Jika dijalankan di window program godot di atas tidak ada masalah sama sekali, program dapat berjalan dengan baik, tidak ada error atau muncul kesalahan.

 

Namun saat dieksport ke android apk, kemudian diinstal di perangkat hp android, kemudian dijalankan, maka scene Key.tscn yang diinstantiate lewat kode program yang seharusnya berfungsi maka tidak akan muncul sama sekali tanpa muncul pesan error atau forced close, aplikasi berjalan tapi beberapa tampilan tidak muncul di tata letak layar.


Cukup memusingkan luar biasa, tapi syukur jadi tahu penyebab masalahnya, sehingga ini bisa dijadikan referensi dan pelajaran berharga jika satu saat error serupa muncul jadi tahu solusinya.




No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!