Cara Print Kop Surat untuk Amplop di MS Word (2007, 2010, 2013)
Di artikel kali ini saya akan menguraikan mengenai tutorial bagaimana
cara yang benar print atau cetak kop surat pada amplop putih panjang
menggunakan microsoft word.
Di aplikasi microsoft word baik microsoft word 2007, ms word 2010, ms
word 2013 maupun ms word 2016, untuk mencetak pada amplop sebenarnya
bisa menggunakan fitur yang sudah disediakan secara khusus, namun banyak
pengguna yang belum bisa memanfaatkan fitur tersebut karena
ketidaktahuan dan kurangnya pengalaman.
Sebenarnya walaupun tanpa bantuan fitur tersebut, kita bisa saja membuat
format lembar dokumen untuk cetak pada amplop secara manual, tapi tetap
saja yang paling praktis adalah menggunakan fitur untuk mencetak amplop
yang sudah disediakan oleh ms word itu sendiri.
Ada beberapa kasus kenapa tulisan yang ingin dibubuhkan pada amplop
seperti kop, atau alamat surat perlu menggunakan komputer, tujuannya
adalah agar mudah untuk dibuat dan agar kelihatan lebih rapih
dibandingkan dengan cara ditulis manual, sehingga dengan alasan tersebut
saat ini banyak surat-surat terutama surat resmi dan surat dinas
menambahkan kop yang diprint di amplop yang digunakan untuk mengirim
surat.
Walaupun microsoft word sudah menyediakan fitur khusus untuk print
amplop, pada kenyataannya banyak pengguna yang belum bisa memanfaatkan
fitur ini, sehingga mereka sering menemukan kesulitan pada saat ingin
mencetak tulisan seperti kop surat atau alamat pada keretas amplop.
Padahal jikalau mereka tahu caranya, untuk mencetak pada keretas amplop, akan sangat cepat sekali dibuat.
Cara Print kop surat di Amplop menggunakan microsoft word 2007,2010,2013 dan 2016
Untuk mencetak kop surat pada amplop menggunakan ms word sangatlah mudah, apalagi anda tahu model amplop yang digunakan, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:A. Menyiapkan Dokumen.
Langkah pertama sebelum dapat membuat kop surat untuk di cetak di belakang amplop menggunakan ms word adalah menyiaokan dokumen untuk pembuatan kop surat untuk amplop.Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Ukur amplop anda menggunakan mistar
Langkah pertama jika anda tidak mengetahui model amplop yang akan anda gunakan, maka anda harus mengukur amplop tersebut menggunakan mistar untuk mengetahui panjang dan tingginya, setelah itu catat hasil pengukuran.Silahkan baca: Mengenal ukuran amplop yang terdapat di indonesia.
2. Buat format Amplop di microsoft word
Langkah kedua setelah anda mengetahui ukuran amplop yang anda gunakan adalah membuat format untuk keretas amplop di microsoft word.Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
a. Buka dokumen ms word (bisa ms word 2007, 2010, 2013 maupun 2016) sama saja karena tidak terlalu berbeda.
b. Pada ms word, pilih menu Mailings > Enploves
c. Pada dialog Envlopes dan Labels tekan tombol Options... untuk menentukan ukuran format amplop yang digunakan
d. Lalu pada dialog Enploves Options.. yang muncul, di bagian Enplope size:silahkan pilih model ukuran yang tersedia, jika anda tidak tahu, anda bisa memilih Opsi Custom size... di bagian bawah untuk menentukan sendiri berapa ukuran panjang dan tingginya.
e. Jika sudah dipilih, tekan saja tombol OK.
f. Lalu pada dialog Envlopes & Labels..., tekan tombol Add to Document,
Maka format dokumen untuk membuat kop surat atau teks pada amplop pun akan tampil, seperti terlihat pada gambar berikut:
Akan muncul 2 kertas/lembar dokumen, kosong yang pertama untuk amplop lengkap dengan layoutnya yang siap dimofikasi dan yang kedua untuk lembar suratnya.
B. Membuat Kop surat amplop pada dokumen amplop di microsoft word
Langkah kedua setelah anda menyiapkan dokumen untuk membuat kop surat yang akan dicetak di amplop adalah membuat kop surat dan keterangan lainnya pada dokumen amplop tersebut.Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Pada lembar amplop yang sudah anda buat di dokumen ms word, silahkan buat kop surat, atau anda bisa copy paste kop surat dari dokumen ms word lain di area atas dokumen amplop jika sebelumnya sudah pernah buat kop surat.
Untuk membuat kop surat diamplop caranya sama dengan artikel yang pernah saya buat sebelumnya, anda bisa baca:
Selain kop anda juga bisa menambahkan informasi lainnya pada lembar amplop jika memang diperlukan, silahkan tambahkan saja hingga format amplop sudah lengkap.
C. Print / Cetak Kop Surat di amplop
Langkah ke 3 setelah anda membuat format amplop dan membuat kop surat pada lembar dokumen untuk amplop, selanjutnya adalah mencetak kop surat pada amplop.Yang sering menjadi permasalahan pada saat print kop surat terutama untuk pemula adalah posisi kertas amplop, apakah landscape atau portrait, mana bagian muka dan mana bagian belakang.
Memang posisi amplop saat diprint perlu diperhatikan, karena jika salah posisi, maka hasilnya pun akan berantakan.
Posisi Amplop Saat diprint
Posisi kop surat saat diprint akan sangat tergantung pada pengaturan printer yang digunakan. untuk mengetahui bagaimana penempatan posisi amplop langkahnya sebagai berikut:a. Pilih menu Mailings > Envelopes
b. Kemudian pada dialog envelopes & labels tekan tombol Options...
Pada dialog Envelope Options yang muncul, untuk Feed Method, silahkan pilih cara peletakan amplop yang tersedia.
Tidak semua pilihan cocok, biasanya akan menyesuaikan dengan pengaturan printer yang digunakan untuk mencetak amplop.
Pilih salah satu Feed method sampai muncul keterangan di bawahnya:
Word recommends feeding envelopes as shown above...........Tata cara peletakan amplop pada printer harus menyesuaikan dengan pengaturan di atas.
Setelah itu silahkan coba untuk meletakan amplop pada printer sesuai dengan gambar feed method yang dipilih, jika salah anda bisa coba dan coba hingga menghasilkan hasil cetakan amplop yang benar dan rapih.
No comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!