Ini 4 Penyebab Kenapa rangking artikel blog anda turun di hasil pencarian (serp) google - Untuk anda yang sangat mengandalkan trafik organik atau trafik dari mesin pencari, salah satu yang dapat mempengaruhi trafik blog anda adalah rangking setiap judul artikel anda di mesin pencari, jika setiap judul artikel anda mampu menduduki posisi terbaik ya minimal di 3 besar atau di halaman pertama, maka sudah dapat dipastikan visitor blog anda akan meningkat.

Kunci sukses untuk mendapatkan rangking blog yang baik di hasil pencarian google (serp) adalah melibatkan faktor-faktor seo terhadap blog dan juga artikel blog anda, baik itu optimasi seo onpage maupun seo offpage.

penyebab rangking blog turun di serp google

Dengan seo yang baik maka trafik pun akan cendrung baik, tapi sayangnya untuk mempertahankan rangking blog di hasil pencarian bukanlah perkara yang mudah, terkadang ada banyak sekali kendala yang tanpa kita sadari yang justru dapat menurunkan rangking sehingga trafik blog pun merosot.

Apa yang saya uraikan di artikel kali ini tentang Penyebab Kenapa rangking artikel blog turun di serp tidak lain berdasarkan pengalaman pribadi, jadi mungkin versinya berbeda dengan apa yang sudah anda alami, namun setidaknya ini bisa menjadi tambahan informasi untuk anda dalam menjaga performa blog agar tetap dalam kondisi baik.

Penyebab Kenapa rangking artikel blog turun di serp

Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan kenapa rangking blog atau peringkat blog anda bisa turun sehingga menyebabkan trafik blog anda berkurang.

1. Banyak Duplikat konten karena dicopas.

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika trafik blog anda turun secara pelan-pelan adalah melakukan pengecekan rangking di mesin pencari, lalu amati setiap judul artikel blog anda, jika judul artikel blog anda banyak yang mengalami penurunan ranking anda bisa lebih dini untuk menemukan penyebabnya.

Penyebab pertama yang patut anda curigai menurut saya kenapa bisa terjadi penurunan rangking website atau blog di hasil pencarian adalah karena banyaknya artikel anda yang di copy paste oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan diterbitkan di blog miliknya.

Dengan banyaknya artikel serupa yang diterbitkan di blog berbeda, mesin pencari akan menganggap artikel blog anda memiliki duplikat konten, kita tau bahwa duplikat konten sangat tidak disukai oleh mesin pencari dan cendrung dapat menurunkan reputasi blog di mata mesin pencari, sehingga tidak heran ketika blog yang banyak memiliki duplika konten (salah satunya karena dicopas orang lain), reputasi artikel akan berkurang sehingga rangking nya pun menurun.

Jadi Ketika anda menemukan bahwa trafik ablog anda turun secara pelan-pelan tapi pasti, silahkan cek di hasil pencarian apakah banyak artikel anda yang mengalami penurunan ranking, jika demikian coba cari apakah artikel anda banyak yang copas, jika anda menemukan banyak artikel anda dicopas dan diterbitkan diblog lain, maka silahkan secepatnya melaporkan artikel kopas ke google cdma.

2. Anda jarang menerbitkan artikel.

Penyebab kedua kenapa setiap artikel blog anda bisa mengalami penurunan rangking dan berdampak pada turunnya trafik  adalah karena anda jarang sekali menerbitkan artikel dan tidak konsisten.

Penerbitan artikel adalah salah satu kunci sukses blogging, anda harus mampu menerbitkan artikel secara konsisten dan kontinue dengna frequensi yang tetap, jika anda mampu mempertahankannya maka trafik situs atau blog anda lambat laun akan ikut meningkat.

Mungkin banyak yang menganggap jarang menerbitkan artikel tidak mempengaruhi trafik, namun pada kenyataanya seperti yang saya alami sendiri, jika jarang menerbitkan artikel dalam waktu yang lama atau menerbitkan artikel tidak konsisten, maka seiring waktu trafik pun akan cendrung turun secara perlahan tapi pasti.

Beberapa hal yang harus dihindari terkait dengan pernerbitan artikel diantaranya adalah:

a. Hindari untuk menerbitkan artikel dalam waktu yang lama

b. Hindari tidak konsisten dalam menerbitkan artikel
Anda harus mempu menerbitkan artikel secara konsisten, minimal 1 artikel perhari secara terus menerus, karena itu akan sangat baik untuk blog anda.

c. Jangan menerbitkan artikel secara bertubi-tubi dengan jumlah yang banyak lalu berhenti.
Saya mengalaminya sendiri sekali-kali saya kadang menerbitkan artikel dalam jumlah yang banyak, namun setelah itu saya berhenti dalam waktu yang lama, dampaknya ternyata benar-benar buruk, trafik tidak kunjung naik malah justru cendrung mengalami penurunan, saya menyimpulkan aktifitas penerbitan artikel seperti itu sangat tidak baik untuk performa blog.

3. Adanya update algorima google.

Mesin pencari memiliki aturan sendiri untuk menampilkan hasil pencarian, mana yang harus menjadi prioritas dan mana yang tidak, aturan tersebut dikenal dengan nama algoritma mesin pencari.

Algoritma mesin pencari pun seiring waktu terus mengalami perubahan, tujuannya adalah untuk memberikan hasil pencarian terbaik dan cepat kepada setiap penggunanya.

Adakalanya perubahan algoritma mesin pencari terkadang bisa mempengaruhi rangking halaman blog di hasil pencarian, terutama blog yang dianggap tidak sesuai dengan kebijakan mesin pencari, sehingga blog pun akan mengalami penurunan trafik secara cepat.

Untuk mengantisivasi turunnya trafik karena algoritma mesin pencari anda harus mengetahui update apa saja yang menjadi faktor mesin pencari, segera lakukan perbaikan terhadap blog anda jika di dalam blog anda terhadapat hal-hal yang tidak sesuai dengan mesin pencari, dengan begitu mesin pencari dengan algoritma terbarunya akan tetap memberikan penilaian yang baik terhadap blog anda.

4. Blog Anda mendapatkan penalty google

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan trafik blog, sayangnya tidak semua cara dianggap legal, kita mungkin mengenal cara ilegal dengan blackhat seo, ini tentu tidak sesuai dengan kebijakan google, sehingga jika blog anda dikembangkan dengan cara-cara seperti itu, maka dapat dipastikan blog anda akan terkena penalty.

Jangan anggap enteng dengan penalty google karena selain bisa membuat trafik blog anda down, rangking artikel hancur blog anda juga bisa tidak ditampilkan sama sekali di hasil pencarian, bahkan paling parah blog anda juga bisa dihapus oleh google.


Itulah artikel sederhana  mengenai 4 Penyebab Kenapa rangking artikel blog anda turun di hasil pencarian (serp) google, jadi jika anda mengalami penurunan visitor, maka beberapa hal yang harus anda curigai diantaranya seperti yang diuraikan di atas, jika anda sudah dapat mengidentifikasi penyebabnya maka segeralah lakukan perbaikan agar blog anda tetap dalam kondisi baik. semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!