Blogger yang sudah cukup mengenal dunia seo, terutama optimasi seo onpage akan banyak sekali melibatkan hal-hal yang dapat meningkatkan relevansi konten terhadap kata kunci, karena semakin relevan isi suatu blog itu artinya blog tersebut memiliki banyak kesempatan untuk muncul di hasil pencarian.

Untuk bloger yang memperhatikan seo, salah satu hal yang secara tidak langsung dapat meningkatkan relevansi konten terhadap kata kunci adalah deskripsi penelusuran, bahkan deskripsi ini merupakan setingan dasar blogspot yang wajib dilakukan, selain itu kehadiran deskripsi juga bisa meningkatkan nilai CTR (Click throught rate) artikel blog anda ketika ditemukan di hasil pencarian, artinya artikel akan memiliki potensi untuk mendapatkan klik ketika ditemukan.

Pengaturan deskripsi penelusuran di blog berflatform blogspot  sebenarnya sangat mudah sekali, biasanya ada 2 jenis pengaturan deskripsi, satu untuk deskripsi alamat homepage blog dan yang kedua untuk deskripsi setiap artikel postigan blog.

Deskripsi untuk blog berflatform blogspot secara bawaan memang tidak dalam keadaan aktif, sehingga jika diinginkan pengguna perlu mengaktifkannya sendiri melalui pengaturan yang tersedia di akun blogspot.


Walaupun cara mengaktifkan deskripsi ini cukup mudah, ternyata masih ada beberapa blog terutama blogger pemula yang masih bingung mengenai caranya, apalagi terdapat 2 jenis setingan deskripsi yang tersedia di pengaturan blogspot, jika belum tau fungsinya saya yakin pemula bisa salah mengartikan kedua deskripsi tersebut.

Cara mudah mengaktifkan deskripsi blog berflatform blogspot untuk pemula

Sekali lagi, bahwa konfigurasi untuk mengaktifkan deskripsi blog berflatform blogspot ada 2 jenis, yang pertama deskripsi untuk alamat utama (homepage) blog anda dan deskripsi yang kedua adalah pengaturan deskripsi untuk melengkapi setiap artikel postingan.

Untuk mengaktifkan deskripsi blog langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Silahkan anda login ke akun blogspot anda

2. Pada bilah menu sisi kiri pilih menu setelan / settings > basic / dasar, pada halaman basic atau dasar ini anda akan melihat title dan deskripsi yang harus anda isi.

Deskripsi di menu ini fungsinya untuk deskripsi yang akan muncul di halaman blog anda yang akan melengkapi alamat utama blog, jika template blog anda menampilkan header dan deskripsi, maka deskripsi akan muncul di tampilan header blog anda. seperti gambar di bawah ini


Jika memang diperlukan, silahkan anda isi sesuai dengan hal-hal yang relevan yang anda bahas di blog anda, misalkan :
Blog yang membahas seo, bisnis online, dan tips trik blogging untuk pemula

Jumlah karakter yang dapat anda isikan untuk deskripsi ini sejumlah 500 karakter, gunakan sebaik-baiknya untuk mewakili deskripsi blog anda.

3. Sekarang klik menu Preferensi penelusuran / search refference, pada menu ini juga anda akan melihat deskripsi yang juga bisa anda isi,

mengaktifkan tag meta deskripsi penelusuran blogspot

Deskripsi ini berbeda dengan deskripsi di atas, deskripsi di sini fungsinya adalah sebagai meta deskripsi penelusaran yang nanti bisa muncul di hasil pencarian sebagai deskripsi judul artikel ketika ditemukan di hasil pencarian.

Untuk mengaktifkannya deskripsi penelusuran blog anda, silahkan anda klik Ya, kemudian isi deskripsi untuk halaman utama blog anda maksimal sampai 150 karakter, ingat ya deskripsi yang diisi di pengaturan ini adalah deskripsi untuk halaman utama blog anda.

4. Tekan tombol simpan perubahan jika deskripsi  telah selesai diiput.


Dengan mengaktifkan meta deskripsi penelusuran ini, maka secara otomatis kotak isian deskripsi akan muncul di sebelah kanan halaman editor blog anda ketika anda membuat artikel.

Silahkan saja buka blog anda, lalu bikin artikel, pada halaman editor artikel, lihat kesebelah kanan, anda akan melihat menu bertulisakan deskripsi penelusuran, kurang lebih tampilannya seperti gambar di bawah ini:


Silahkan klik saja pada tulisan deskripsi penelusuran untuk mengisinya (maksimal 160 karakter), jika di halaman editor blog anda tidak ada menu deskripsi penelusuran, itu artinya untuk blog anda deskripsi penelusuran belum diaktifkan.

Sekali lagi, deskripsi penelusuran yang dimasukan di halaman pengaturan menu settings > search reference. akan muncul untuk deskripsi halaman utama blog anda, sedangkan deskripsi yang anda isi di halaman editor setiap artikel yang anda buat, itu akan menjadi meta deskripsi artikel yang bersangkutan.

Kenapa deskripsi yang saya masukan tidak muncul di hasil pencarian ?

Ada banyak blogger yang mengaktifkan deskripsi penelusuran (meta deskripsi) agar deskrip yang ditulis muncul di hasil pencarian, namun setelah dicoba kok deskripsi tersebut tidak muncul yang muncul malah sebagian isi dari artikel.

Deskripsi yang anda masukan ketika anda membuat artikel postingan belum tentu muncul di hasil pencarian di bawah judul artikel, jika deskripsi yang dimasukan tidak ada relevansi sama sekali dengan kata kunci pencarian.

Sedangkan jika deskripsi yang dimasukan kebetulan relevan dengan kata kunci pencarian, maka google akan menampilkan hasilnya di hasil pencarian di bawah judul artikel.

Agar deskripsi selalu muncul di bawah judul artikel ketika judul artikel ditemukan di hasil pencarian, maka anda harus membuat deskripsi yang relevan dengan kata kunci yang anda bidik.

Deskripsi yang baik dan berhasil muncul di hasil pencarian, selain mampu meningkatkan relevansi artikel di mata mesin pencari, deskripsi terseut juga akan mampu meningkatkan nilai klik (CTR) untuk judul artikel tersebut, sehingga lebih berpotensi diklik pengunjung. jadi jangan sia-siakan deskripsi blog ini.



Jadi itulah artikel tentang cara mengaktifkan deskripsi penelusuran, untuk anda yang belum mengaktifkannya menurut saya lebih baik diaktifkan walaupun deskripsi memang bukan merupakan faktor seo, setidaknya adanya deskripsi bisa meningkatkan relevansi artikel dihasil pencarian dan juga bisa meningkatkan CTR. saya pribadi sih selalu mengaktifkan deskripsi tersebut.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!