Bisnis di google adsense itu memang bukan hanya perlu kerja keras tapi perlu kerja cerdas dan strategi, jika strategi dan teknik yang dipilih tepat maka pendapatan online dari google adsense pun bisa meningkat dan lebih maksimal,sehingga anda bisa gajian tiap bulan.

Dari apa yang pernah saya tulis di artikel sebelumnya tentang 3 cara cara menghasilkan dollar ($) dari google, memang benar salah satu cara menghasilkan uang dari internet yang paling banyak diminati sampai saat ini adalah menjadi publisher google adsense, yaitu bekerjasama dengan media periklanan milik google, yang meliputi google adsense for blog, google adsense youtube dan google adsense pada aplikasi mobile berbasis android (admob).

Dari ketiganya yang paling mudah menurut saya adalah menjadi publisher google adsense for blog atau menjadi publisher google adsense video youtube. karena tugas anda hanyalah memiliki blog bertrafik tinggi atau membuat video sebanyak-banyaknya maka anda sudah memiliki kesempatan untuk mendapakan penghasilan secara online dari internet.

google adsense untuk pemula


Untuk blogger dan youtuber berpengalaman yang sudah malang melintang dan sudah tau trik dan tips bagaimana cara meraup jutaan rupiah dari internet melalui google adsense tentu untuk mendapatkan gaji setiap bulan bukanlah perkara sulit, namun untuk pemula yang baru terjun di dunia google adsense dan internet marketing, akan banyak sekali menemukan kesulitan.

Dan memang benar, ada banyak sekali keluhan yang dialami oleh para publisher google adsense pemula, dari mulai akun google adsennya tiba-tiba dibaned atau dinonaktifkan, bahkan ada yang sudah lama menggeluti adsense namun sulit sekali untuk meningkatkan penghasilan, bahkan penghasilannya jauh sekali dari apa yang diharapkan, padahal untuk bisa gajian tiap bulan (pecah telor) setidaknya minimal 3 dolar perhari harus bisa didapat.

Oleh karena itu diartikel kali ini saya akan share sekaligus memberikan petunjuk atau panduan dan strategi cara bermain google adsense step by step khusus untuk pemula agar dapat meningkatkan dan memaksimalkan penghasilan dari google adsense sehingga bisa gajian tiap bulan.

 5 Strategi Sukses bermain Google Adsense untuk Pemula

Berikut adalah strategi sukses bermain google adsense agar penghasilan google adsense anda meningkat lebih maksimal, terhindar dari banned dan anda bisa gajian tiap bulan:

#1 - Pelajari dan Pahami kebijakan Google AdSense

Yang pertama jika anda pemula di adsense adalah anda harus memahami setiap kebijakan dari google adsense, karena jika dilanggar maka akun google adsense anda memiliki potensi dinonaktifkan, kenali bahwa pelanggaran kebijakan akan menyebabkan akun google adsense anda dibanned.

Ada 2 jenis banned pada google adsense, yang pertama banned tingkat akun (akun google adsense yang dibanned) dan yang kedua adalah banned tingkat situs (situs atau blog anda yang dibanned), jika banned terjadi pada tingkat akun, maka tamatlah riwayat anda sebagai publisher google adsense, karena 1 kali anda terkena banned tingkat akun maka anda akan diblacklish dan tidak diizinkan sampai kapanpun untuk menjadi publisher google adsense, kecuali anda pandai daftar lagi menggunakan biodata berbeda.

Sedangkan banned tingkat situs adalah situs atau blog yang anda miliki di banned tidak diizinkan kembali untuk memasang iklan google adsense dari akun manapun, dampaknya iklan google adsense tidak akan mau muncul di blog yang dibanned.

Banned tingkat akun bisa terjadi jika anda melanggar kebijakan google adsense, seperti misalnya melakukan klik iklan sendiri, menyuruh orang lain untuk klik iklan anda dan lain sebagainya, sedangkan baned tingkat situs bisa terjadi jika situs anda memuat hal-hal yang melanggar kebijakan, misalnya berisi arikel yang tidak sesuai kebijakan pelanggaran peletakan iklan yang tidak sesuai kebijakan dan lain sebagainya.

Oleh karena itu agar akun adsense anda langgeng dan anda bisa mendapatkan penghasilan dari google adsense dalam jangka panjang, kebijakan adsense harus benar-benar anda pahami dan anda perhatikan.

Silahkan dibaca:

#2 - Tingkatkan Sumber Trafik Organik

Apa itu trafik organik?, trafik organik adalah trafik yang bersumber dari mesin pencari seperi google, untuk blog yang dipasangi iklan dari google adsense peranan trafik organik akan sangat menentukan besar kecilnya pendapatan dari google adsense, kenapa karena pengalaman saya pribadi trafik organik mampu meningkatkan cpc (biaya per click) google adsense.


Kita ketahui bersama bahwa sumber trafik saat ini bukan hanya mesin pencari, bisa juga dari media sosial seperti facebook, twitter dan media sosial lainnya, berdasarkan pengalaman pengunjung yang datang dari media sosial cendrung mengecilkan nilai CPC google adsense, ntahlah apakah ini berlaku untuk blogger lain, namun saya pribadi mengalaminya.

Mungkin anda juga mengalaminya tanpa anda sadari, banyak trafik dan banyak klik tapi penghasilan tidak ada peningkatan, karena nilai CPC ancur, coba anda lihat kembali, mungkin sumber trafik ke blog anda didominasi oleh trafik non-organik dari media sosial.

Bagaimana cara meningkatkan trafik organik?
Salah satu cara untuk meningkatkan trafik organik adalah melibatkan google rangking faktor pada blog dan artikel yang anda buat, anda harus melibatkan optimasi mesin pencari (SEO) pada setiap artikel yang anda buat, baik optimasi seo onpage maupun optimasi seo offpage, sehingga setiap artikel anda disukai oleh mesin pencari dan mampu muncul di posisi terbaik.

Memang tidak mudah, perlu kerja keras, ketekunan dan tentunya adalah trik, tidak ada yang mustahil jika orang lain bisa anda juga pasti bisa, seiring pengalaman anda akan mampu memahami bagaimana cara membuat artikel yang disukai mesin pencari.

Artikel terkait:
Langkah utama sebelum membuat artikel yang jangan anda lewatkan adalah melakukan riset kata kunci, jika anda kebetulan baru mendengar apa itu riset kata kunci, sebagai panduan anda bisa baca artikel berikut:


#3 - Lakukan optimasi iklan google adsense

Yang tidak kalah pentingnya adalah melakukan optimasi pada iklan google adsense anda, optimasi iklan google adsense meliputi:
  • Pemilihan jenis iklan dan Tata letak iklan
  • Jumlah iklan yang terpasang
  • Chanel Iklan

A. Pilih jenis iklan terbaik

Ada banyak sekali jenis iklan google adsense yang bisa anda pasang, namun menurut pengalaman saya pribadi tidak semua iklan dapat menghasilkan nilai cpc tinggi atau biaya setiap kliknya tinggi, ada iklan yang mampu meningkatkan jumlah klik namun CPC kecil, ada iklan yang tidak terlalu banyak klik tapi mampu menghasilkan nilai CPC tinggi.

Untuk mendapatkan jenis iklan terbaik yang bisa meningkatkan dan memaksimalkan pendapatan adsense anda, anda harus rajin melakukan ekperimen dengan memasang jenis-jenis iklan dalam waktu tertentu kemudian amati sehingga bisa menemukan jenis iklan yang cocok untuk blog anda yang memiliki nilai CPC tinggi dan jumlah klik banyak.

Tapi menurut pengalaman saya pribadi, dari awal saya bergabung menjadi publisher adsense, dan sempat mencoba beberapa jenis iklan bahkan pernah menggunakan tata letak iklan random, menurut saya iklan inilah yang cocok dan mampu menghasilkan nilai CPC terbaik di blog saya:

  • a. Iklan ukuran 300 x 600 yang saya letakan di bawah setelah artikel
  • c. Iklan ukuran 300 x250 yang saya letakah di atas samping kiri artikel setelah judul
  • d. Iklan ukuran 320 x 280 yang saya letakan di sidebar


Iklan dan peletakan tersebut untuk blog saya adalah yang paling baik menghasilkan nilai CPC di blog sayamenggunakan iklan jenis text dan gambar, di blog anda bisa saja berbeda, untuk mendapatkan formasi iklan terbaik anda harus sering bereksperimen, minimal setiap 1 bulan sekali kemudian amati RKT (Jumlah klik terhadap iklan / rata-rata klik tayang) dan CPC, jika ada peningkatan bisa jadi itu jenis iklan terbaik untu blog anda.

Jika anda kesulitan untuk meletakan iklan pada blog anda, berikut adalah beberapa peletakan iklan terbaik yang bisa anda coba lengkap dengan caranya:


B. Perhatikan jumlah iklan terpasang

Saat ini kebijakan google adsense membolehkan iklan dipasang sebanyak-banyaknya namun iklan yang muncul akan menyesuaikan dengan konten anda.

Ada banyak publisher pemula beranggapan, untuk mendapatkan penghasilan tinggi pasang saja iklan sebanyak-banyaknya, tapi perkiraan tersebut menurut saya keliru jika di terpakan pada iklan google adsense, karena iklan google adsense memilki parameter perhitungan yang sulit sekali ditebak.

Perlu diketahui bahwa besar kecilnya pendapatan dari google adsense yang akan anda dapatkan biasanya akan sangat tergantung pada jumlah klik terhadap iklan dan nilai CPC dari iklan yang diklik, jika visitor sangat banyak kemungkinan besar klik iklan akan banyak pula.

Tapi perlu diperhatikan juga, jumlah klik yang banyak belum tentu bisa mempengaruhi peningkatan pada penghasilan google adsense anda jika nilai CPC dari setiap iklan sangat kecil. seperti misalnya peletakan iklan dalam jumlah yang banyak karena ingin memperoleh jumlah klik yang banyak ini belum tentu juga bisa meningkatkan penghasilan anda kalau nilai CPC kecil.

Salah satu yang mempengaruhi nilai CPC adalah Jumlah iklan, menurut pengalaman pribadi saya di blog saya, semakin banyak iklan dipasang memang klik meningkat namun nilai CPC amburadul alias hancur sangat kecil. dan pengalaman saya nilai CPC yang paling optimal untuk blog saya adalah 3 iklan yang harus dipasang diblog. meskipun klik berkurang namun nilai CPCnya besar.

Untuk blog anda anda bisa bereksperimen sendiri untuk menentukan jumlah pemasangan iklan barangkali hasilnya bisa berbeda dengan apa yang saya alami, untuk saya yang paling optimal adalah 3 iklan di setiap halaman.

C. Buat Chanel Iklan

Sebaiknya setiap iklan anda buatkan chanel khusus, selain dapat memonitor kinerja setiap iklan chanel juga dapat meningkatkan minat pemasang iklan untuk menarget iklan mereka muncul pada situs anda.

Semakin banyak para pemasang iklan menarget situs anda, maka persaingan akan semakin meningkat dan itu artinya iklan yang muncul pada situs atau blog anda akan memprioritaskan iklan yang memiliki nilai CPC tinggi, sehingga ini bisa meningkatkan dan memaksimalkan pendapatan anda dari google adsense.

Untuk mendapatkan informasi detail tentang chanel atau saluran khusus google adsense anda bisa baca artikel di bawah ini:
Fungsi saluran khusus (chanel) Google Adsense

#4. Lakukan Upaya untuk meningkatkan nilai CPC

Sekali lagi bahka besar kecilnya pendapatan dari google adsense akan sangat ditentukan sekali oleh jumlah klik dan nilai CPC setiap klik, jika keduanya tinggi maka andapun akan mendapatkan penghasilan ang tinggi dari google adsense.

Untuk meningkatkan jumlah klik sepertinya sangat mudah, jika anda mampu meletakan iklan pada tempat strategis dan visitor blog anda tinggi maka jumlah klik pun cendrung akan tinggi, namun yang jadi permasalah adalah nilai CPC, ini yang menurut saya tidak punya tolak ukur khusus.

Namun berdasarkan ekperimen yang pernah saya uraikan di artikel sebelumnya yaitu 4 ekperimen saya untuk meningkatkan nilai CPC google adsnese, bisa anda jadikan referensi untuk meningkatkan nilai cpc google adsense pada blog anda.


 

2 komentar:

  1. Mas mau untuk payment menggunakan 1 atm untuk 2 akun adsense aman atau tidak ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini sudah dibuktikan oleh teman saya, dan selema berbulan-bulan sepertinya Aman selama mas, tapi selalu pastikan 2 akun adsense dalam 1 rekening dengan pemilik yang sama tidak terdeteksi oleh google bahwa pemiliknya sama.

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!