Siapapun anda yang sudah mengenal dunia blogging dan manfaat dunia blogging pasti akan mengupayakan segala macam cara agar blognya dibanjiri pengunjung dan trafiknya terus meningkat, ya karena pengunjung adalah modal utama blog bisa dikatakan sukses, dengan visitor yang berlimpah itu artinya blog anda akan mudah sekali dimonetisasi untuk menghasilkan uang.

Untuk mendapatkan pengunjung yang berlimpah ke blog tentu saja perlu usaha dan harus tau caranya jika tidak maka anda akan kesulitan untuk mendapatkan pengunjung, untuk blogger yang berpengalaman cara agar blog mendapatkan pengunjung berlimpah tentu bukan hal yang terlalu sulit karena blogger pengalaman tau langkah apa yang harus ditempuh, tapi untuk blogger baru yang baru terjun ke dunia blogging pasti akan kesulitan karena kurangnya pengalaman dan masih kurangnya pengetahuan tentang dunia blogging dan cara mendatangkan pengunjung ke blognya.
Cara mengetahui kata kunci paling banyak dicari di google
Mencari kata kunci

Kunci utama untuk mendatangkan pengunjung ke blog adalah artikel, namun  popularitas artikel akan sangat ditentukan oleh kata kunci yang digunakan untuk judul , oleh karena itu selain jumlah artikel kata kunci judul juga adalah salah satu memiliki peranan penting untuk meningkatkan trafik sebuah blog. Oleh karena itu tidak heran banyak para blogger yang bersusah payah menemukan kata kunci (keyword) yang paling banyak dicari untuk dibuat judul yang tepat untuk dikembangkan menjadi sebuah artikel berkualitas

Lantas seperti apakah Kata kunci yang baik itu ?

Kata kunci yang baik adalah kata kunci yang pencariannya tinggi namun saingannya sedikit, untuk mendapatkan kata kunci semacan ini tentu saja tidak bisa asal tebak, walaupun mungkin saja dengan hanya menebak kata kunci yang didapat adalah kata kunci yang memang sangat dicari dan minim competitor atau pesaing, namun peluangnya akan sulit.

Cara terbaik untuk mendapatkan kata kunci yang paling banyak dicari seperti itu adalah dengan cara melakukan riset kata kunci. Apa itu riset kata kunci? Riset kata kunci adalah segala upaya yang pada umumnya menggunakan bantuan tool khusus baik desktop maupun online, untuk lebih mudah mengetahui atau mendapatkan kata kunci yang yang paling banyak dicari yang akan dijadikan judul artilkel.

Cara Mengetahui kata kunci (keyword) yang paling banyak dicari di google

Ada banyak sekali bagaimana cara mendapatkan kata kunci yang paling banyak dicari, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Google Auto Suggestion

Yang pertama yang bisa anda coba untuk mendapatkan kata kunci yang banyak dicari adalah menggunakan Google auto Suggestion, apa itu google auto Suggetsiton?, google auto Suggestion adalah informasi kata kunci relevan yang tampil di kotak pencarian google ketika pengguna ingin mencari sesuatu di internet.

Untuk mendapatkan kata kunci dari google auto suggestion, caranya sangatlah mudah, silahkan buka saja situs google.com, kemudian lakukan pencarian dengan kata kunci yang anda inginkan, missal “cara mencari kata kunci”, maka  jika kata kunci tersebut memiliki relevansi dengan kata kunci lainnya yang sering digunakan orang untuk melakukan pencarian, maka kotak pencarian google akan menampilkan kata kunci saran yang masih berkaitan.

Google auto suggestion


Kelihatan sekali bukan, kata kunci terkait dengan yang anda ketikan akan muncul, kata kunci tersebut bisa anda jadikan judul dengan tambahan varian kata, kata kunci relevan yang muncul di kotak pencarian google sebenarnya kata kunci yang sering digunakan  pengguna ketika melakukan pencarian yang berhasil di rekam oleh mesin pencari google.  Kata kunci tersebut disebut dengan kata kunci LSI (LSI Keyword), biasanya tampil  dalam jumlah tertentu.


Sayangnya google auto suggestion tidak menampilkan jumlah pencarian, tapi untuk mendapatkan kata kunci yang benar-benar berkualitas, anda bisa kombinasikan antara google auto suggestion dengan google keyword planner.

2. Menggunakan Uber Suggest atau Keyword Tool

Mengetahui kata kunci paling banyak dicari dengan uber suggest
Uber suggest
Uber suggest sebenarnya hampir mirip dengan Google Auto suggestion, namun dapat menampilkan kata kunci relevan lainnya yang sering digunakan pengguna internet untuk melakukan pencarian menggunakan mesin pencari, google, yahoo, youtube, bing maupun mesin pencari lainnya.



Kelebihan Uber suggest dan Keyword stool adalah tool ini dapat menampilkan kata kunci relevan yang anda umpan dalam jumlah yang sangat banyak, jika google autosuggest hanya menampilkan 5 kata kunci saja, ubbersuggest dan juga keyword tool dapat menampilkan seluruh kata kunci terkait yang sesuai dengan kata kunci yang ingin anda jadikan judul.

Untuk menggunakan ubbersuggest dan juga keywordtool.io, caranya sangatlah mudah, anda buka saja halaman situs ubersuggest.io dan juga keywordtool.io tersebut kemudian masukan kata kunci yang anda target kemudian lakukan pencarian, tool tersebut akan mampu menampilkan informasi kata kunci relevan lainnya yang  sesuai dengan kata kunci yang anda incar.

Kata kunci yang didapatkan dari ubbersuggest atau keywordtool.io, dapat anda jadikan judul dan juga dapat anda libatkan di dalam artikel yang anda buat sesuai dengan judul yang anda ambil, dengan tujuan untuk memperkaya pembendaharaan kata kunci relevan dalam artikel yang sesuai dengan judul.

3. Menggunakan Google Adwords Keyword Planner


Google adwords keyword planner
Google Adwords Keyword Planner




Google keyword planer adalah tool yang terdapat di dalam google Adword, yaitu tool yang disediakan oleh google untuk membantu para pengiklan menemukan kata kunci yang sering digunakan pengguna internet untuk melakukan pencarian. Penggunaan google keyword planner sebenarnya disediakan untuk pengiklan google atau advertiser google, namun keberadaanya ternyata dapat digunakan juga untuk mengetahui kata kunci yang paling banyak di cari di mesin pencari google untuk judul artikel.


Kelebihan melakukan pencarian kata kunci populer menggunakan google keyword planner adalah, informasinya lengkap dari mulai jumlah pencarian perbulan untuk tiap kata kunci yang tampil, prediksi kompetitor (khusus pengiklan), dan juga bid atau nilai iklan untuk kata kunci tersebut.

Selain digunakan untuk mendapatkan kata kunci yang paling banyak dicari, google keyword planner juga sering digunakan oleh publisher google adsense untuk mendapatkan kata kunci yang memiliki nilai klik besar atau disebut dengan istilah High Paying Keyword.

Untuk mengetahui cara mencari kata kunci populer menggunakan google keyword planner secara lengkap dan detail, anda bisa baca di artikel, riset kata kunci dengan google keyword planner, saya tidak bisa menyajikannya disini karena akan terlalu panjang, jadi silahkan baca pada artikel tersebut.

4. Menggunakan Google Trends


Mencari kata kunci populer dengan google rends
Google Trends

Tool online gratis berikutnya yang juga bisa digunakan untuk mendapatkan kata kunci yang paling banyak dicari di google adalah menggunakan tool google trends, yaitu tool khusus yang dapat menampilkan kata kunci yang sering digunakan pengguna internet untuk melakukan pencarian di mesin pencari google.

Google trends cukup lengkap karena informasi dari kata kunci yang ditampilkan dilengkapi dengan grafik trend, yaitu grafik popularitas kata kunci pada periode tertentu, ini memberikan informasi berharga kepada para blogger karane para blogger dapat mengetahui tingkat kepopuleran kata kunci dalam periode tertentu, sehingga blogger dapat memilih kata kunci yang memiliki tren minimal stabil atau meningkat.

Dengan google trends anda bisa mencari kata kunci dari berbagai seluruh dunia yang sering di gunakan untuk kata kunci pencarian google oleh pengguna internet, anda bisa memanfaatkan tool ini untuk mendapatkan informasi kata kunci yang sendang populer untuk judul artikel yang anda buat.

Untuk mengetahui cara penggunakan google trends anda bisa baca di artikel cara riset kata kunci dengan google trends.

Tool Manakah yang terbaik untuk mendapatkan kata kunci yang paling banyak dicari?

Dari tool di atas mungkin anda bertanya tool manakah yang paling baik untuk riset kata kunci?, mungkin pendapat setiap blogger akan berbeda, namun menurut saya pribadi adalah mengkombinasikan cara-cara di atas.

Yang saya sering gunakan adalah keyword tool.io, kita lakukan pencarian di keyword tool io kemudian hasil pencarian dari keyword tool io, saya analisa di google keyword planner untuk mendapatkan jumlah pencari bulanan untuk tiap kata kunci yang ditemukan di keyword tool io atau ubber suggest.

Atau bisa juga dimulai dari google trends, kemudian dilanjutkan ke ubber suggest untuk mendapatkan variant kata kunci (LSI keywords), kemudian hasil dari uber suggest di analisa di google keyword planner untuk melihat jumlah pencarian perbulan untuk tiap kata kunci yang bersangkutan.

Apapun yang anda lakukan, kata kunci relevan yang ditemukan sebisa mungkin bisa anda gunakan untuk judul dan juga dilibatkan di dalam artikel sebagai kata kunci LSI yang dapat meningkatkan pembendaharaan kata kunci relevan sehingga artikel akan lebih mudah ditemukan dengan varian kata kunci relevan lainnya.

Itulah tentang Cara Mengatahui Kata Kunci (Keywords) yang paling banyak dicari di google, semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. Makasih banyak gan, aku kira selama ini cuma Google trends saja untuk mencari kata kunci, ternyata masih banyak tool lainnya ya untuk riset kata kunci.

    ReplyDelete
  2. 1. kalo ingin artikel nya bisa SEO, gmn kalo sub judul dijadikan tag bagus ga ya. trus klo dalm satu artikel byak sub judul nya, kebetulan bentuk nya tutorial gt jadi banyak gan sub judulnya gmn ya klo seperti itu apakah baik klo sub judul nya dijadikan tag juga ato harus beda. maksimal berapa sub judul dlm 1 artikel

    2. dalam 1 website sebaiknya ada berapa keyword utama dan keyword turunan nya

    3. dalam 1 artikel sebaiknya ada berapa keyword utama dan keyword turunan nya

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!