Salah satu yang mempengaruhi besar kecilnya pendapatan dari google adsense adalah jumlah klik terhadap iklan adsense yang kita letakan di halaman blog kita, dan salah satu yang mempengaruhi jumlah klik terhadap iklan adsense adalah peletakan iklan.

Jika iklan adsense terpasang di lokasi-lokasi strategis maka akan mampu meningkatkan jumlah klik pada iklan adsense.

Salah satu peletakan iklan adsense yang sangat efektif dapat meningkatkan jumlah klik adalah peletakan iklan adsense di tengah artikel postingan, peletakan iklan adsense di area ini memang menjadi lokasi pavorite bagi beberapa blogger termasuk saya pribadi, dan memang terbukti, setelah dicoba iklan yang diletakan di dalam artikel postingan ternyata mampu meningkatkan jumlah klik sampai 30%.

Untuk blog berflatform  wordpress, peletakan iklan adsense ditengah artikel postingan memang bisa dilakukan dengan cara yang mudah, salah satunya bisa menggunakan plugin khusus untuk mengatur peletakan iklan adsense, dengan mengaktifkan plugin tersebut maka iklan adsense bisa dipasang didalam artikel postingan dngan jumlah tertentu sesuai dengan lokasi yang diinginkan.

Cara memasang 2 unit iklan adsense di dalam artikel postingan
Cara memasang 2 unit iklan adsense di dalam artikel postingan


Lain halnya untuk blog berflatform blogspot, untuk meletakan iklan adsense di tengah artikel postingan sedikit cukup sulit bahkan tidak bisa menggunakan widget, satu-satunya cara adalah menggunakan bantuan pengolahan kode javascript.

Jadi untuk meletakan iklan adsense di blog berflatform blogspot di tengah area artikel postingan anda harus menggunakan kode javascript tertentu yang harus anda pasang di kode template blog yang bersangkutan.

Trik Memasang 2 iklan adsense di tengah area postingan

Sebenarnya di artikel-artikel sebelumnya, saya pernah menyajikan sebuah postingan yang membahas tentang cara memasang iklan adsense di tengah artikel postingan, barangkali anda pernah membaca dan pernah mencobanya, hasilnya memang cukup lumayan iklan adsense bisa muncul di tengah artikel postingan di bagian tertentu, seperti yang saya gunakan di blog ini.

Sayangnya kode tersebut masih memiliki kelemahan, salah satu kelemahannya adalah kode tersebut hanya dapat digunakan untuk meletakan satu unit iklan adsense saja di  tengah artkel postingan.

Sebenarnya jika anda mengerti tentang javascript, kode tersebut bisa sedikit dimodifikasi agar bisa digunakan untuk meletakan beberapa unit iklan di area artikel postingan.


Tapi tidak banyak blogger yang memahami javascript sehingga akan kesulitan untuk memodifikasi kode tersebut.

Tapi jangan khawtir disini saya akan sediakan kode tersebut secara instan untuk anda jika anda memang membutuhkannya, sehingga anda tidak usah repot-repot membuat atau memodifikasinya sendiri.

Langkah-langkah Meletakan 2 unit iklan adsense di tengah artikel postingan

Untuk memasang kode unit iklan adsense di tengah artikel postingan atau di area postingan memang tidak bisa menggunakan widget.

Anda harus memasang kode didalam template blog yang anda gunakan, dan kode adsense yang nanti diletakan harus diparse terlebih dahulu, jika tidak biasanya kode akan error dikarenakan ada kode-kode tertentu yang tidak dapat diterima oleh template blog yang bersangkutan.

Adapun langkah-langkah untuk memasang atau melatakan 2 kode unit iklan adsense anda agar muncul di area postingan sebagai berikut:

Langkah #1. Masuk ke editor template anda.
Login, di bilah menu sisi kiri pilih menu template, kemudian klik tombol Edit HTML

Langkah #2. Cari kode <data:post.body/>
klik area template editor kemudian tekan tombol CTR+F untuk mengaktifkan fasilitas pencarian. kemudian silahkan cari  
<data:post.body/>
Untuk beberapa template kode tersebut memang letaknya berbeda, tapi biasanya lebih dari satu.
Anda akan menemukan lebih dari satu kode <data:post.body/>, silahkan cari kode data:post.body yang letaknya paling bawah.

kemudian ganti kode <data:post.body/> yang anda temukan dengan kode di bawah ini:
<div expr:id='"post1" + data:post.id'/>
<div class='googlepublisherads' style='margin:20px 0'>
<center>
--KODE ADSENSE 1 HASIL PARSE--
</center>
</div>
<div expr:id='"post2" + data:post.id'><data:post.body/></div>
<div class='googlepublisherads' style='margin:20px 0'>
<center>
--KODE ADSENSE 2 HASIL PARSE--
</center>
</div>
<div expr:id='"post3" + data:post.id' />
&lt;script type='text/javascript'&gt;
var ads1=1/5;
var ads2=4/5;
var a=document.getElementById(&quot;post1<data:post.id/>&quot;);
var b=document.getElementById(&quot;post2<data:post.id/>&quot;);
var c=document.getElementById(&quot;post3<data:post.id/>&quot;);
var html=b.innerHTML;
var n=html.length;
var t=html.substr(0,n*ads1);
var i=t.lastIndexOf(&quot;&lt;br&gt;&quot;);
var t2=html.substr(0,n*ads2);
var i2=t2.lastIndexOf(&quot;&lt;br&gt;&quot;);
if(i&gt;0 &amp;&amp; i2&gt;0){
a.innerHTML=html.substr(0,i);
b.innerHTML=html.substr(i+4,i2);
c.innerHTML=html.substr(i2+4);
}&lt;/script&gt;
Langkah #3. Letakan kode adsense hasil parse di text berwarna biru
Ingat kode adsense harus diparse terlebih dahulu, agar tidak terjadi error, untuk memparse kode adsense anda bisa menggunakan tool HTML Escape.

Jika anda berhasil menggunakan peletakan kode di atas iklan adsense akan tampil seperti berikut:
  • Iklan adsense akan tampil di tengah-tengah
  • iklan adsense ke 1 akan tampil di 1 /5 bagian postingan (di bagian atas)
  • iklan adsense ke 2 akan tampil di 4/5 bagian postingan (di bagian bawah)

Oh Ya untuk melakukan pengetesan anda bisa menggunakan iklan tiruan untuk iklan adsense anda dengan menggunakan kode dibawah ini :
<div style='width:300px;height:200px; border:1px solid black;background-color:red'/>
Anda bisa ganti kode iklan adsense untuk uji coba dengan kode tersebut, silahkan langsung saja lelatakan kode diatas untuk mengganti text,
--KODE ADSENSE 1 HASIL PARSE-- dan --KODE ADSENSE 2 HASIL PARSE--

Kemudian lihat hasilnya pada blog anda.

Jika posisi tampilan iklan sudah sesuai , anda bisa ganti kode adsense tiruan tersebut dengan kode unit iklan adsense asli milik anda yang sudah terlebih dahulu diparse.

Cara Modifikasi dan Customisasi 

Untuk melakukan pengaturan dan customisasi kode pemasang iklan adsense di atas anda bisa ikuti cara dibawah ini:

a. Mengatur posisi Iklan ke 1
lihat warna merah diatas untuk var ads1=1/5
Itu artinya iklan pertama akan tampil di seperlima atau satu per lima bagian postingan (akan cendrung agak ke bagian atas), anda bisa merubah angka 1/5 tersebut untuk merubah posisi iklan, misalnya menjadi  diubah menjadi 1/4,  2/6 dan angka lainnya untuk mengatur posisi iklan adsense sesuai dengan yang anda inginkan.

b. Mengatur posisi iklan ke 2
begitu juga untuk variable var ads2=4/5,
ini artinya iklan kedua akan ditampilan di 4 per 5 bagian artikel postingan (akan cendrung ke bagian bawah), anda juga bisa merubahnya sesuai dengan yang anda inginkan.
 
Anda bisa menghilangkan kode <center> dan juga </center> agar letak  iklan ada disebelah kiri. jika anda kebetulan mengerti script CSS anda akan bisa mengaturnya dengan lebih baik silahkan atur dan sesuaikan menurut keinginan anda.


Pelatakan iklan adsense di titik-titik terentu di halaman blog anda akan mampu meningkatkan jumlah klik pada iklan adsense anda, semakin banyak jumlah klik kemungkinan besar anda berpeluang mendapatkan penghasilan adsense lebih baik.

Memang ada banyak sekali hotspot area di halaman blog yang sangat stragetis untuk meletakan iklan adsense anda salah satunya yang paling strategis adalah di tengah area postingan, lokasi ini sangat efektif sekali dan banyak sekali blogger-blogger para publisher adsense berpengalaman meletakan iklan adsense di tengah artikel postingan.

itulah artikel tentang  Trik Memasang 2 Iklan AdSense di Tengah Artikel Postingan, semoga bermanfaat.

19 komentar:

  1. Hello gan. Kalo pasang iklan adsense seperti di halaman homepage strukturkode yg di atas judul artikel awal dan diakhir judul artikel (diantara judul artikel) caranya gimana ya gan? pengen tau...soalnya nyari di Google gak ada yg buat tutorialnya.thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sempet nanti saya share gan. :)

      Delete
  2. Mas. Apakah itu untuk yang post3, kurang "/div"? Karena saya coba error terus.

    lalu gunanya post3 itu untuk apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba-coba gan, saya akan coba periksa lagi

      Delete
  3. kok jadi dobel pos ya habis iklan yang kedua

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan data:post.body di hapus ganti dengan kode diatas

      Delete
  4. Sudah dicoba dan berhasil gan,, tapi aku ganti var ads1=3/10;
    var ads2=7/10; agar lebih stabil di antara artikel

    nice post mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Posisinya berarti akan berubah menjadi di 3 per 10 bagian artikel dan 7 per 10 bagian artikel.

      Delete
  5. Maaf cuma nambahin /div penutup ahir script tidak ada dan setelah menambahkan sukses, tadinya eror minta kode /div di tempalte

    ReplyDelete
  6. Halo mas,

    Kalo saya mau menambahkan 3 iklan di tengah gimana ya mas kodenya?

    Thanks sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus dimodifikasi mas kodenya, rasanya jarang digunakan jadi saya tidak pernah membahasnya, mungkin di artikel berikutnya akan saya bahas, alternatif lain yang pernah saya coba adalah 1 di bawah judul 2 di tengah. jadi di artikel ada 3 juga.

      Delete
  7. mas data:post.body sudah dihapus dengan kode diatas tapi ko jadi dobel artikel ya walaupun gak semuanya, kalau gak percaya cek aja artikel diblog saya mas. solusinya gimana ini mas...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman saya kemungkinan salah memilih data:post.body, biasanya ada lebih dari satu kode tersebut, bisa dicoba di data:post.body lainnya.

      Delete
    2. uda bener ko mas data:post.body nya, kalau pakai cara yang 1 iklan dari mas didin bisa, tapi kalau pakai cara pasanjg 2 iklan jadi dobel. Udah tak coba semua data:post.body tapi yang ada semua isi artikel saya ilang semua yang muncul cuma iklan doang mas.

      Delete
    3. saya juga ada 3 data post body nah sudah saya coba yang dua posingan jadi dobel dan yg satu postingan hilang

      Delete
    4. saya coba ubah ubah sendiri jadi post yg 2 saya ganti 1 post 3 ganti 2. jadi nggak dobel

      Delete
  8. gan klo 3 iklan gimana caranya? apakah sudah ada tutorialnya? makasih sdh berbagi ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya tidak pernah memikirkan tiga iklan di tengah artkel, karena 2 saja menurut saya sudah cukup.

      alternatif yang bisa digunakan paling
      Letakan di atas setelah judul atau di bawah setelah artikel satu dan 2 unit di tengah artikel menggunakan kode di atas, itu pernah saya pakai.

      Suatu hari nanti akan saya buatkan.

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!