Karana ada beberapa pertanyaan dari rekan blogger mengenai alexa rank, saya jadi termotivasi untuk menyajikan sebuah artikel yang membahas mengenai segala hal yang berkaitan dengan alexarank, dari mulai apa itu alexa rank?, fungsinya dan manfaatnya serta bagaimana teknik agar nilai alexa rank cepat ramping?

Alexa rank barangkali tidak asing lagi dikalangan para blogger, karena pada umumnya sampai saat ini yang saya ketahui banyak sekali blogger yang menjadikan ranking alexa sebagai tolak ukur untuk mengukur popularitas suatu blog, semakin ramping nilai alexarank yang dimiliki oleh suatu blog maka itu semakin baik, atas dasar tersebut banyak para blogger yang berlomba-lomba untuk merampingkan alexa rank, tujuannya tentu saja agar blognya dianggap blog berkualitas yang ramai dikunjungi, serta bisa digunakan untuk memancing para pengiklan atau advertiser agar mau beriklan di blog miliknya.

Nilai alexa rank yang dimiliki sebuah blog baru pada umumnya dimulai dari N/A (No Data), kemudian menuju angka jutaan dan yang paling kecil adalah angka 1 (nilai terbaik alexa rank), semakin ramping nilai alexa rank yang dimiliki oleh suatu blog  maka disinyalir blog yang bersangkutan paling tidak sudah memiliki visitor atau pengunjung yang berlimpah.

Apa itu Alexa Rank ?

Berbicara mengenai alexa rank erat kaitannya dengan situs alexa.com, salah satu situs milik amazon yang berfungsi untuk membantu memberikan informasi hasil analisa pengunjung visitor situs atau blog sehingga bisa dimanfaatkan oleh pihak yang membutuhkannya.

Sedangkan Alexa rank  atau rangking alexa adalah sebuah penilaian atau ranking yang di berikan untuk sebuah situs atau blog berdasarkan hasil perhitungan alexa yang melibatkan trafik yang dimiliki oleh situs yang bersangkutan, perhitungan ini dilakukan oleh perusahaan internet yang bernama Alexa Internet, Inc yang berbasis di california dengan situsnya alexa.com.

Apa Perbedaan Alexa rank dan page rank (PR) ?

Selain alexa rank, anda barangkali sering juga mendengar istilah google page rank atau lebih dikenal dengan singkatan (PR), lantas apa perbedaan keduanya?

Sebenarnya Baik alexa rank maupun pagerank kedua-duanya merupakan teknik perangkingan situs atau blog yang sekaligus memberikan informasi mengenai ranking yang dimiliki suatu blog atau situs tersebut, bedanya barangkali terletak pada metode perankingan yang digunakan, jika page rank menggunakan teknik rangking google dan biasanya di update 3 bulan sekali,  sedangkan jika alexa menggunakan perhitungan ranking alexa dan biasanya frequensi updatenya 1 bulan sekali.

Ranking yang diberikan alexa pada umumnya dari besar ke kecil dari jutaan sampai 1, semakin kecil maka itu artinya semakin baik, sedangkan google page rank pada umumnya memberikan perangkingan dari kecil ke besar rentang 1 s/d 10, semakin besar PR yang dimiliki oleh suatu blog itu artinya semakin baik.

Sayang sekali tidak seperti alexa rank yang masih terus eksis dan masih bisa kita gunakan sampai saat ini, google page rank (PR) saat ini sepertinya sudah kadaluarsa dan tidak bisa kita gunakan lagi, karena google beberapa bulan yang lalu sudah tidak melakukan update PR lagi.

Apakah Setiap Blog Perlu didaftarkan ke alexa.com, apa manfaatnya?

Sebuah situs atau blog gratisan, sebenarnya tanpa di daftarkan ke alexa.com sekalipun tetap akan memiliki nilai alexa rank, nilai tersebut secara otomatis akan disematkan keblog yang bersangkutan setiap kali ada pengunjung blog yang kebetulan memasang plugin alexa toolbar di browser yang mereka gunakan,  semakin banyak pengunjung yang memasang toolbar alexa di browsernya mengunjungi blog anda, maka nilai alexarank blog anda seiring waktu akan semakin mengecil.

Apakah setiap blog wajib didaftarkan ke alexa.com?

Jawabannya tergantung kebutuhan anda terhadap informasi yang di miliki alexa, jika apa yang anda perlukan hanyalah informasi nilai alexa rank saja, maka blog atau website tidak perlu didaftarkanpun informasinya sudah bisa kita lihat, namun jika anda ingin mengetahui lebih detail mengenai hal-hal yang berkaitan dengan statistik visitor blog anda berdasarkan perhitungan alexa maka blog anda sebaiknya anda daftarkan.

Blog yang sudah didaftarkan di alexa.com bukan hanya bisa digunakan untuk melihat informasi ranking alexa rank  saja, namun bisa juga kita gunakan untuk mendapatkan informasi secara lengkap dan detail mengenai metrics atau segala hal yang berkaitan dengan perhitungan statistik pengunjung  blog anda, seperti informasi nilai bounce rate, trend trafik, dll.

Statistic alexa untuk blog profesional khususnya untuk blog yang bergerak di bidang bisnis online dapat memberikan informasi analisa web yang bisa menjadi salah satu pilihan untuk menganalisa bisnis secara profesional dengan cara menjadi alexa versi berbayar. namun untuk kebutuhan anda cukup dengan menjadi member free juga sudah cukup.

Cara Terbaru Mendaftarkan dan claim Blog di Alexa.com Gratis

Apakah daftar alexa gratis?,
ada 2 macam versi member alexa, bisa gratis, bisa berbayar, untuk member gratis, informasi sangat terbatas, sedangkan untuk berbayar informasi yang disediakan sangat lengkap. khusus untuk blog gratisan anda bisa memilih yang gratisan saja itu sudah cukup.

Cara mendaftarkan blog ke alexa.com sebenarnya sangat mudah, syaratnya adalah anda memiliki alamat email dan juga alamat blog atau situs yang akan anda daftarkan.

Untuk melakukan pendaftaran alexa secara gratis langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1.  Silahkan anda masuk ke  halaman pendaftaran alexa.com. anda akan diminta untuk memasukan email, seperti tampilan gambar dibawah ini:

mendaftarkan blog ke alexa.com gratis


Silahkan anda masukan email anda, kemudian tekan tombol create, verifikasi akan dikirim ke email anda.

2. Masuk ke akun email anda kemudian cari pesan verifikasi dari alexa.
Silahkan Anda aktifkan alexa anda dengan cara meng-klick link yang terdapat di isi pesan yang dikirim dari alexa.

3. Anda akan diminta untuk mereset password akun alexa.com anda, silahkan masukan password alexa anda, (password yang anda masukan untuk anda gunakan login ke akun alexa.com anda). alexa akan mengirim kembali verifikasi password anda, klik lagi link di dalam pesan email yang dikirim oleh alexa. Anda akan dibawa ke halaman utama akun alexa.com,

4. Untuk mendaftarkan alamat blog atau situs anda, pad halaman utama akun alexa anda silahkan click menu Dashboard, kemudian klik tombol Add My Site, , terlihat seperti gambar dibawah ini:


akan muncul tampilan seperti dibawah ini:


Silahkan masukan alamat url blog atau situs yang ingin anda daftarkan, kemudan Klik tombol View Plans & Pricing.

5. Pada tampilan berikutnya, silahkan scroll ke bawah, kemudian cari dan klik link, claiming your site, seperti tampilan gambar berikut:

cara claim blog di alexa.com

6. Anda akan diminta untuk memasukan alamat url blog anda seperti tampilan dibawah ini:

cara calim blog di alexa rank

Silahkan masukan alamat url blog atau website anda, kemudian tekan tombol Continue untuk kehalaman berikutnya,

7. Pada haman berikutnya anda akan diminta untuk meng-claim situs atau blog anda, ada 3 pilihan yang tersedia, silahkan pilih no 2, seperti tampilan gambar dibawah ini:



Silahkan copykan kode meta yang disajikan untuk dipasang di template anda, (Ingat: Jangan dulu menekan tombol Verify my ID), pasang kode meta yang sudah anda copy tersebut di template blog anda, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
a. Masuk ke akun blogspot anda,
b. Dibilah menu sisi kiri pilih menu template, kemudian klik tombol edit HTML untuk menampilkan editor HTML.
c. Tekan tombol Ctrl+F untuk mengaktifkan fasilitas pencarian, kemudian cara kode <head
d. Silahkan letakan (paste) kode meta yang sudah anda copy sebelumnya tepat dibawah kode <head, jangan lupa simpan kode template anda.
e. Kembali ke halaman alexa.com, kemudian tekan tombol Verify my ID.
 Sampai tahap diatas anda sudah berhasil  mendaftarkan blog anda sekaligus meng-claim blog atau situs anda secara gratis di alexa.com.


Cara merampingkan Ranking Alexa (Alexa Rank) blog Anda

Untuk sebagain blogger merampingkan alexa rank bisa jadi salah satu yang menjadi agenda, lantas bagaimana caranya, apakah nilai alexa rank memang benar-beanr me representasikan banyak tidaknya jumlah pengunjung blog tersebut?

yang jelas sampai saat ini banyak yang berpendapat nilai alexa rank sangat dipengaruhi oleh alexa tool bar yang di pasang pada setiap browser yang digunakan oleh pengunjung blog anda, semakin banyak pengunjung blog anda menggunakan browser yang sudah dipasangi alexa toolbar maka alexa rank blog anda akan cepat menjadi ramping.
 wikipedia, Toolbar yang diciptakan oleh Alexa mampu mengumpulkan data berupa kebiasaan berselancar penggunanya di internet dan mengirimkannya ke pusat data Alexa, dimana data-data tersebut disimpan dan di analisa, sehingga menjadi dasar dari laporan web traffic yang diberikan oleh perusahaan kepada pelanggannya. Sebagaimana tercatat pada tahun 2014, Alexa menyediakan data traffic, ranking situs web secara global maupun dalam satu negara tertentu, dan berbagai informasi lainnya pada lebih dari 30 juta situs web yang terdaftar. Situs web Alexa dikunjungi lebih dari 8,8 juta orang setiap bulannya.

Selain dipengaruhi oleh prilaku pengunjung blog, untuk merampingkan alexa rank sebaiknya kita juga ikut mengupayakannya, sehingga ranking alexa rank bisa cepat ramping, berikut beberapa teknik yang bisa anda gunakan untuk mengupayakan agar alexa rank blog anda cepat ramping:

1. Memasang Alexa toolbar pada browser yang anda gunakan.

Sekali lagi, alexa rank sangat dipengaruhi oleh alexa toolbar yang terpasang pada browser yang digunakan, semakin sering browser yang anda pasangi alexa toolbar anda gunakan untuk mengakses halaman blog anda sendiri maka rangking alexa akan semakin cepat ramping, oleh karena itu langkah pertama yang harus anda upayakan untuk melangsingkan rangking alexa blog anda adalah memasang plugin alexa toolbar pada browser yang sering anda gunakan.

Jika kebetulan pada browser anda belum terpasang plugin alexa toolbar, untuk memasangnya silahkan ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

a. Silahkan masuk ke situs http://www.alexa.com/toolbar
Anda bisa memasang alexa toolbar pada browser mozila firefox, google croome dan browser lainnya, anda akan disuguhkan tombol instalasi alexa toolbar yang secara otomatis disesuaikan dengan browser yang sedang anda gunakan untuk mengakses situs tersebut.

b. Cari dan click tombol Instal alexa extension.
Situs secara otomatis akan membantu anda untuk menginstal alexa toolbar pada browser anda, silahkan ikuti langkah instalasi sampai selesai, jika sudah terinstal di browser anda, silahkan anda restart browser anda.

Jika berhasil alexa toolbar akan terpasang di browser yang anda gunakan,  terlihat seperti gambar berikut ini:

cara memasang alexa toolbar pada browser mozila

Anda akan melihat toolbar alexa yang letaknya di sudut kanan browser anda seperti terlihat pada gambar di atas, jika di-click anda akan melihat informasi mengenai angka alexa trafik rank dan statistik lainnya dari situs atau halaman blog yang sedang anda akses.

2. Memasang script anti redirect Country domain

Khusus untuk blog gratisan berflatform blogspot, saat ini google sudah mengaktifkan redirect anti domain untuk beberapa negara termasuk indonesia yang terbaru dan sudah mulai aktifkan di bulan september 2015, sehingga untuk blogspot indonesia yang awalnya blog berekstensi blogspot.com kini di redirect atau dialihkan menjadi blogspot.co.id.

Redirect country domain akan membuat ektensi blogspot berbeda-beda jika diakses di beberapa negara, jika anda membiarkan blogspot anda redirect country domain secara otomatis, maka setiap pengunjung akan mengakses blog mengacu ke country domain masing-masing sesuai dari negara mana pengunjung tersebut mengakses blog, dengan begitu akses blog akan terbagi ke beberapa domain berbeda.

Untuk mempercepat merampingkan nilai alexa rank salah satunya anda bisa memasang anti redirect country domain agar akses blog menuju satu domain saja, misal menuju domain blogspot.com saja, dengan begitu setiap pengunjung akan selalu diarahkan ke domain tersebut sehingga bisa mempercepat melangsingkan nilai alexa rank domain blog yang bersangkutan.

Apakah dengan memasang script antri redirect country domain pada blog, aman untuk blog anda dan juga akun google adsense Anda?

saya pernah membahas tentang masalah ini secara lengkap, anda bisa baca di artikel yang pernah saya buat tentang:

Kenapa blogspot.com dialihkan ke .co.id, apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya?
 

Cara Memasang Script Anti redirect country domain pada blog anda

Berikut langkah-langkah memasang script untuk mencegah  redirect otomatis pada blog anda:

a. Masuk ke akun blogspot anda
b. pada bilah menu sisi kir pilih menu template, kemudian edit html.
c. Tekan CTRL+F untuk mengaktifkan fasilitas pencarian kode template.
d. Cari kode <head> kemudian letakan kode dibawah ini tepat  dibawah kode <head>
<script type='text/javascript'> var str= window.location.href.toString(); if ((str.indexOf('.com/'))=='-1') { var str1=str.substring(str.lastIndexOf(".blogspot.")); if (str1.indexOf('/')=='-1') { var str2=str1; } else { var str2=str1.substring(0,str1.indexOf('/')+1); } window.location.href =window.location.href.toString().replace(str2,'.blogspot.com/ncr/'); } </script>

atau kode dibawah ini:
<script type="text/javascript">
      var blog = document.location.hostname.split(".");
      if (blog[blog.length - 1] != "com") {
        var ncr = "http://" + blog[0] + ".blogspot.com/ncr";
        window.location.replace(ncr + document.location.pathname);</script>

Demikian artikel tentang Mengenal apa itu Alexa Rank Khusus untuk Blogger pemula?, semoga bermanfaat.

6 komentar:

  1. Blog saya tidak terpasang alexa apakah berpengaruh pada blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak masalah mbak, jika perlu data alexa, maka bisa didaftarkan jika tidak perlu tidak akan ada pengaruh apa-apa.

      Delete
  2. gan seumpama dah dftar di alexa tapi tidak memsang widgetnya apa itu berpengaruh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak masalah gan itu pilihan, yang penting setelah daftar alexa kode verifikasi sudah dipasang di template blog agan.

      Delete
  3. cara mengatasi alexa rank no data gimana gan? terima kasih.

    ReplyDelete
  4. mulai sedikit "ngeh" mengenai apa itu alexa rank. trims artikelnya gan...

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!