Banyak artikel yang sudah saya baca mengenai backlink, barangkali Anda juga, bahkan tidak asing ditelinga kita, bahwa untuk meningkatkan pagerank  di mata mesin pencari google kita harus membangun backling sebanyak-banyaknya, sehingga kita berusaha dengan bersusah payah bagaimana cara untuk membangun backlink lebih banyak, salah satu dengan cara menanam backlink pada blog atau situs dofollow, sampai disini misi selesai. Apakah memang benar seperti itu?. Kalo selama ini Anda berangkapan seperti itu, saya katakan Anda keliru!

Tidak seperti itu, hanya dengan membangun backlink dengan kapasitas yang banyak bisa meningkatkan pagarank halaman situs. google sangat serius menyikapi kasus ini, tujuan yang hendak dicapai oleh google adalah sebisa mungkin pagerank yang disanding oleh sebuah halaman blog atau situs harus mendakati dengan harga yang memang benar-benar pantas dengan kualitas blog tersebut. oleh sebab itu sampai dengan saat ini google terus memperbaharui algoritma mesin pencarinya untuk menentukan aturan pagerank suatu halaman yang memang benar-benar pantas.

Backlink yang mengarah kehalaman blog kita "(dengan mengesampingkan aturan legal google mengenai backlink)" sebenarnya secara tidak langsung akan memberi tahu mesin pencari google bahwa blog yang kita miliki adalah sebuah blog yang berotoritas, maksudnya adalah blog yang memiliki informasi penting dan berqualitas sehingga banyak yang mereferensi, ke padanya. meskipun pada kenyataannya backlink tersebut dibangun oleh si empunya backlink itu sendiri (ilegal). semakin banyak backlink yang mengarah pada halaman blog kita, itu akan semakin meningkatkan otoritas blog yang kita miliki, selama google belum menemukan kecurangan yang kita lakukan.

Bagaimana google menilai sebuah backlink ?

Ada pertanyaan yang muncul dibenak saya, apa yang harus kita utamakan untuk membangun backlink, kualitas atau quantitas ?
untuk menjawab pertanyaan diatas, kita lakukan pendekatan kasus seperti berikut, Menurut Anda apakah mudah mendapatkan backlink dofollow dari sebuah blog atau situs dengan pagerank tinggi ?
mudahan mana mendapatkan backlink dari situs dengan pagerank rendah atau dari situs dengan pagerank tinggi ?

Saya yakin backlink yang Anda bangun termasuk saya peribadi, kebanyakan bersumber dari blog atau situs dengan pagerank yang rendah, kebanyakan dari pagerank 0-3 benarkan ?, kenapa bisa seperti itu, ya karena mudah untuk mendapatkannya.

Saya yakin para insinyur google sangat cerdas dan brilian, mereka akan memperhitungkan setiap backlink, apakah datang dari blog atau situs berpagerank rendah, menengah atau tinggi, google akan memperhitungkan, semakin tinggi pagerank suatu blog/situs yang tercantum backlink kesitus kita, akan semakin tinggi kualitas backlink tersebut dimata google, dan sebaliknya, semakin rendah pagerank sumber backlink berasal, maka semakin rendah pula kualitasnya.

Catatan penting dari saya. jika Anda ingin merubah persepsi mesin pencari terutama google mengenai halaman blog/situs Anda, silahkan bangun backlink yang berkualitas bukan membangun backlink yang hanya berfokus pada kuantitasnya saja. Rahasia SEO sebenarnya adalah 1 backlink yang bersumber dari sebuah halaman dengan pagerank tinggi akan lebih layak daripada 100 backlink yang bersumber dari halaman dengan pagerank yang rendah.

Jadi Intinya, Jangan sia-siakan, mari kita gunakan Energi kita untuk membangun Backlink yang berkualitas tinggi, bukan hanya backlink dengan jumlah banyak tapi kualitasnya rendah.

Artikel terkait lainya:

Bagaimana cara agar backlink cepat terindex oleh google?