9 Tips Blogging yang Mungkin Belum Pernah Anda Dengar Sebelumnya
Yang sudah merasakan pasti setuju: blogging itu tidak mudah.
Banyak memang blog yang sukses, mendapatkan ribuan pengunjung per hari. Mendapatkan penghasilan dan popularitas. Padahal mereka cuma menulis artikel.
Makanya sepertinya terlihat mudah.
Tapi jauh lebih banyak lagi mereka yang gagal. Mereka yang tidak berhasil mendapatkan bahkan 100 pengunjung per hari. Setiap hari menerbitkan artikel tapi tidak ada yang membaca.
Kalau anda termasuk yang seperti itu, saya punya tips.
9 tips dalam artikel ini jarang diungkapkan oleh blogger-blogger Indonesia, bahkan mungkin beberapa di antaranya belum pernah anda ketahui. Tetapi semuanya sangat ampuh untuk membuat blog yang sukses.
Sebelum itu, yang belum punya blog bisa baca dulu panduan cara membuat blog.
Tips #1 - Jangan ikut-ikutan membuat konten berbentuk 'berita'
Menulis 1 berita itu mudah.Tapi menulis puluhan berita dalam sehari, setiap hari...susah. Kalau anda tidak punya tim redaksi sendiri, saya jamin anda akan kewalahan dalam hitungan bulan atau bahkan hari.
Blogger itu bukan penulis berita.
Banyak 'situs konten' di Indonesia yang terkenal. Situs-situs tersebut menerbitkan banyak artikel dalam sehari karena isinya merupakan tren-tren atau berita terbaru.
Tapi karena situs seperti itu jadi populer, banyak blogger yang ikut-ikutan. Padahal cuma seorang diri tanpa tim redaksi.
Jadi mari kita serahkan urusan artikel berita kepada mereka yang mampu memproduksi banyak artikel.
Kita tidak perlu ikut-ikutan.
Lalu konten apa dong?
Konten terbaik untuk blog yang dimulai secara kecil-kecilan adalah konten panduan. Artinya konten yang berisi instruksi bagi pembacanya untuk bisa melakukan sesuatu.
Utamakan yang topiknya tidak pernah kadaluarsa.
Membuat konten seperti ini sedikit lebih sulit daripada menulis 1 artikel berita tapi anda tidak butuh menerbitkan artikel banyak-banyak. 1 kali per minggu atau 1 kali per bulan pun sudah cukup.
Tips #2 - Gunakan paragraf singkat supaya pembaca betah
Kita semua waktu di pelajaran Bahasa Indonesia jaman sekolah pernah diberitahu oleh bapak/ibu guru mengenai jumlah kalimat dalam satu paragraf.Sekitar 3-7 kalimat.
Kalau di media cetak sih tidak apa-apa, tapi untuk menulis di internet, itu kebanyakan.
Begini, kita di internet terbiasa dengan konten-konten ringan seperti gambar, video, dan kalimat singkat (misalnya Tweet atau status FB). Tulisan-tulisan yang panjang, bertumpuk-tumpuk jadi berat untuk dibaca.
Karena itulah supaya pembaca betah, gunakan paragraf singkat.
1-3 kalimat.
Saya sendiri di blog menggunakan paragraf yang singkat-singkat dan respon dari pembaca sangat positif.
Meskipun sepertinya tips ini sepele, tapi sebetulnya berdampak luar biasa.
Kalau pembaca betah di blog kita, maka mereka akan rela untuk balik lagi di masa depan. Bukan cuma itu, semakin lama mereka berada di website maka semakin tinggi kemungkinannya untuk men-share konten kita.
Buat yang paham SEO tentunya paham kalau pembaca puas maka peringkat di Google akan naik.
Jadi ini tips sederhana yang dampaknya luar biasa.
Tips #3 - Dapatkan ide tulisan langsung dari pembaca
Tidak jarang orang yang 'pensiun' jadi blogger hanya karena kehabisan ide. Serius.Jadi kalau anda ingin menjadi seorang blogger untuk jangka panjang, pastikan anda punya sistem untuk mendapatkan ide tulisan.
Salah satunya yaitu dari pembaca.
Ini beberapa pertanyaan yang bisa menjadi topik konten:
- Apa permasalahan yang sedang anda hadapi?
- Apa yang ingin anda pelajari?
- Apa yang bisa saya lakukan untuk meningkatkan kualitas blog ini?
Dari situ saya bisa buat artikel 'ide usaha tanpa modal' dan 'cara mendapatkan modal usaha'.
Selain dari pembaca, bisa juga dari situs-situs komunitas yang terkait dengan topik blog anda sendiri.
Pelajari Juga: Cara Efktif mencari ide untuk judul postingan
Tips #4 - Tampung ide konten di Trello
Kadang-kadang kita punya beberapa ide konten yang bagus, tapi karena tidak disimpan jadi lupa. Lalu 3 hari kemudian ketika akan menulis artikel, tidak satupun ide yang terpikirkan.Itu sebabnya kapanpun terlintas ide, langsung ditampung.
Untungnya ada tool bernama Trello. Fungsi asli dari Trello sebetulnya untuk manajemen pekerjaan, tapi karena sangat mudah untuk digunakan jadi bisa kita manfaatkan untuk menampung ide.
Selain itu Trello juga punya aplikasi untuk Android dan iOS sehingga bisa diakses kapanpun dimanapun.
Masih ada lagi.
Karena fungsi aslinya untuk manajemen pekerjaan, Trello juga bisa digunakan sebagai editorial calendar kalau anda punya banyak penulis dan jadwal penerbitan konten.
Tips #5 - Percepat proses pembuatan konten dengan menulis kerangkanya dulu
Membuat konten itu memakan banyak waktu.Sebetulnya yang memakan waktu lebih banyak itu bukan proses menulisnya...tapi ketika kita berpikir sambil menulis. Belum lagi kalau ternyata setelah menulis banyak-banyak ternyata ada yang perlu
diganti karena strukturnya kurang pas.
Ini akan makin parah untuk artikel yang panjangnya lebih dari 1000 kata.
Karena itu, supaya untuk mempercepat proses penulisannya kita harus memisahkan proses berpikir dan proses menulis. Dengan cara membuat kerangka konten.
Proses pembuatan kerangkanya seperti ini:
- Tulis semua poin utama
- Tulis sub-sub poin untuk tiap poin utama
- Tiap poin dan sub poin cukup terdiri dari 1 kalimat.
Gunakan Evernote kalau anda ingin catatannya bisa diakses dari komputer atau smartphone, atau yang paling simpel gunakan Notepad.
Tips #6 - Pelajari cara membuat judul yang mengundang klik
Judul adalah separuh dari nyawa konten anda.Hampir tidak ada orang yang membaca isinya tanpa membaca judulnya dulu. Tapi banyak yang hanya membaca judul tanpa isinya.
Bahkan menurut Copyblogger, dari 100 orang yang mampir ke blog anda ada 80 yang membaca judul tapi hanya 20 yang melanjutkan membaca artikel.
Artinya kalau anda membuat artikel selama 5 jam, sebagian besar pengunjung tidak membaca hanya karena judul yang kita buat dalam 30 detik terakhir/pertama.
Ini mengapa judul jadi sangat penting untuk konten.
Tidak hanya itu...
Bayangkan ketika konten anda di-share ke Facebook dan Twitter. Yang terlihat hanya judulnya, gambar, dan penjelasan kurang dari 200 huruf. Kalau judul anda membosankan maka tidak akan ada yang meng-klik.
Ada juga konten yang jadi viral di social media hanya karena judulnya.
Tapi judul yang berpotensi viral tidak dibuat secara acak dan untung-untungan. Ada trik psikologi di balik setiap judul sehingga orang-orang jadi tertarik.
Ini beberapa tips membuat judul yang mengundang klik:
- Jelaskan manfaat nyata yang akan didapatkan
- Gunakan angka atau persentase
- Buat mereka penasaran
- Buat jadi pertanyaan
- Tunjukkan keunikan dalam artikel anda
Tips #7 - Sertakan banyak data di dalam konten
Manusia suka dengan data...angka, persentase, grafik, tabel.Data akan meningkatkan nilai konten anda, ini karena dengan adanya data konten anda akan jadi:
- Lebih dipercaya
- Lebih nyata, tidak abstrak
- Menarik untuk diceritakan kepada orang lain
- Penulisnya akan dianggap lebih ahli
- Saat ini ada puluhan juta pengguna Wordpress
- Saat ini ada 70.423.049 blog yang menggunakan Wordpress
Cara mencarinya juga tidak sulit, gunakan Google.
Tips #8 - Buat para pakar berkata "WOW!"
Di internet ada 2 tipe orang: orang biasa dan pakar.Pakar yang saya maksudkan adalah orang yang ahli dalam suatu topik tertentu. Dia sering berbagi pengetahuan tentang topik tersebut dalam bentuk blog atau di social media. Dan mereka punya banyak follower.
Setiap kali membuat konten, target anda bukan orang biasa tapi para pakar.
Intinya seperti ini...kita ingin supaya mereka yang punya banyak follower itu kagum dengan konten kita sehingga mereka membagikan artikel kita kepada followernya. Dengan begitu artikel kita akan populer secara instan.
Nah, untuk membuat mereka kagum...tidak cukup dengan konten berkualitas saja.
Konten yang kita buat harus luar biasa.
Begini, misalnya saya membuat artikel panduan diet. Artikel ini berkualitas, isinya bagus, detail, mudah dimengerti, dan ditulis dengan rapi.
Tapi bagi seorang pakar diet, isinya sudah biasa. Ingat, seorang pakar punya pengetahuan di atas orang rata-rata orang biasa tentang topik tersebut.
Maka dari itu mereka tidak akan kagum.
Dengan membuat konten yang isinya luar biasa, maka perkembangan blog baru anda akan jadi JAUH lebih cepat.
Beberapa tips membuat konten yang luar biasa:
- Jangan ulangi poin-poin yang sama dengan artikel sejenis
- Kualitasnya harus 10x lebih baik dibandingkan artikel sejenis
- Mengandung ide-ide baru yang belum sering dibahas
- Atau kontroversial, tetapi bisa dibuktikan kebenarannya
Tips #9 - Jangan cuma blogging di blog sendiri
Ada kesalahan konyol yang masih terus saja dilakukan oleh blogger, tidak pernah aktif keluar blog.Istilahnya cuma jago kandang.
Padahal, blog baru itu pengunjungnya cuma sedikit (atau bahkan nol). Kalau kita terus-terusan cuma tulis-publish-tulis-publish maka sampai kapanpun tidak akan pernah berhasil mendapatkan pengunjung.
5 tahun yang lalu masih bisa seperti itu karena saingan cuma sedikit.
Tapi sekarang? Jangan harap.
Aktif keluar itu maksud saya bukan blogwalking lalu tulis komentar di blog lain "thanks artikelnya, sangat membantu". Salah.
Yang benar adalah dengan aktif di situs komunitas terkait topik utama dari blog anda. Bukan untuk promosi tapi untuk membangun reputasi positif. Setelah itu baru promosi.
Selain itu, guest blogging.
Jadilah blogger tamu di blog-blog yang sudah populer supaya anda akan dikenal oleh para pembaca setia dari blog tersebut. Dengan demikian mereka akan datang ke situs anda juga.
Kalau ingin blognya ramai, datanglah ke tempat yang ramai.
Sekian...saatnya beraksi
Itulah 9 tips blogging favorit saya.Untuk menjadi blogger yang sukses memang butuh perencanaan yang matang dalam konsepnya dan butuh usaha lebih dalam pembuatan konten serta pemasarannya.
Ada 3 kesamaan blog-blog yang sukses:
- Melalui perencanaan yang matang, tidak asal-asalan
- Kontennya luar biasa, tidak cuma berkualitas
- Aktif di luar blognya sendiri, tidak hanya jago kandang
Artikel ini ditulis oleh Darmawan dari PanduanIM.com, blog yang membahas seputar internet marketing, pengembangan bisnis, blogging, dan SEO.