Beberapa kali saya mendapatkan pertanyaan tentang tag Heading terutama mengenai tag H1, Apa itu tag heading (H1, H2, H3, H4, H5, H6) dan apa pengaruhnya untuk SEO?, apakah tag tersebut memang sangat berpengaruh terhadap ferforma artikel postingan blog di mata mesin pencari?,

Sedikit saya definisikan dengan bahasa sederhana, sebenarnya tag heading itu adalah Tag HTML atau perintah kode HTML untuk membuat format tulisan ukuran besar dan tebal, ukuran yang bisa kita gunakan mulai dari h1sampai h6. Tag heading ini biasanya digunakan mengatur format judul dan sub-sub judul di halaman postingan, sama halnya dengan pemformatan text di microsoft word manakala kita menggunakan format heading.

Contoh format bentuk dan tapilan heading dari h1 sampai h6 seperti terlihat pada gambar ilustrasi di bawah ini:
tag heading dan perannya untuk SEO onpage

Di editor blog baik itu wordpress maupun editor blog berflatform blogspot, sudah disediakan fasilitas untuk membuat tulisan dengan tag heading, tinggal kita gunakan saja, tanpa harus mengotak-atik kode htmlnya.

Memang untuk blog yang membahas tentang seo terutama optimasi seo onpage biasanya  selalu menyangkut pautkan keberadaan tag heading ini terutama dalam struktur halaman blog atau situs, karena banyak yang menganggap bahwa keberadaan tag-tag tersebut jika digunakan dengan benar dianggap bisa meningkatkan optimasi seo onpage blog yang bersangkutan, sehingga halaman blog akan lebih ramah di mata mesin pencari dan akan membuat situs atau blog yang bersangkutan mudah untuk ditemukan oleh mesin pencari.

Benar dan tidaknya bisa diperoleh dari  referensi para master seo yang yang sangat berpengalaman dalam bereksperimen dan menganalisa permasalahan ini.


Untuk sebagian blogger barangkali istilah tersebut sedikit asing ditelinga mereka bahkan mungkin saja baru pertama kali mendengar istilah tag heading dan istilah-istilah serupa lainnya, perlu diketahui jika kita berbicara mengenai tag heading (H1,H2,H3,H4,H5,H6) berati istilah tersebut adalah istilah dunia bahasa pemrograman web yang erat kaitannya dengan script web HTML, yang merupakan  salah satu script standar yang menyusun sebuah halaman situs.

Apa itu Tag HTML ?

Sebelum kita bahas secara spesific mengenai apa itu heading, alangkah baiknya saya ulas sedikit mengenai apa itu tag,  memang banyak sekali yang menggunakan istilah tag, namun sekali lagi ingat bahwa tag disini adalah tag yang ada sangkut pautnya dengan struktur script HTML.

Tag adalah instruksi bahasa pemrograman standar berupa tanda-tanda khusus atau kode-kode spesial yang dibuat dengan aturan tertentu yang berfungsi untuk menyusun script bahasa pemrograman HTML  yang dapat dimengerti dan diterjemahkan oleh browser (google croome, mozila firefox, safari dll) menjadi tampilan yang sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Penulisan tag biasanya diawali dengan tag pembuka berupa tanda kurung siku "<nama_tag>" dan diakhiri dengan tag penutup berupa tanda "</nama_tag>.
Format penulisan tag kurang lebih seperti contoh berikut ini:
<nama_tag atribut1 atribut2 atribut3 ...> ......isi.....</nama_tag>
.Sebagai contoh:
<H1> ini contoh tulisan dengan tag H1</H1>
Jika perintah diatas dibaca oleh browser, maka akan diterjemahkan menjadi tampilan tulisan "Ini contoh tulisan dengan tag H1" dengan ukuran yang besar dan tebal seukuran tag H1.

Nama tag bermacan-macam sesuai dengan fungsinya masing masing salah satunya adalah 6 buah tag heading (H1,H2,H3,H4,H5,H6), dan  Tag pada umunya memiliki atribut yang bisa diatur sedemikian rupa sehingga sesuai dengan yang anda perlukan.

Lantas Apa itu Heading?

Heading atau bisa juga disebut tag heading atau heading tag  adalah salah satu nama tag yang merupakan bagian kecil dari perintah kode html untuk menghasilan bentuk tulisan lebih besar dari tulisan normalnya, heading terdiri dari H1 sampai H6,  jika didalam struktur kode HTML halaman situs atau blog terdapat tag heading, maka secara normal browser akan menterjemahkan tag tersebut menjadi tulisan lebih besar tebal dari tulisan normal.

Perintah untuk membuat heading didalam bahasa pemrograman HTML biasanya menggunakan perintah <H1> sampai dengan <H6> ,tag H1 akan menghasilkan tampilan tulisan dengan ukuran paling besar diikut H2, H3,H4, H5, dan H6 akan menghasilkan tulisan dengan ukuran paling kecil untuk kategori heading, namun ukurannya masih diatas ukuran tulisan normal.

Contoh kode HTML untuk pembuatan heading ukuran H1:
<h1> ini tulisan dengan heading H1 </h1>

Perintah diatas akan menghasilkan tulisan "Ini tulisan dengan heading H1" dengan ukuran besar dan tebal. begitu juga untuk H2, H3, H4, perintahnya seperti itu namun namun kode didalam tanda siku diganti dengan heading yang ingin digunakan.

Apa Fungsi Penggunaan Heading di Dalam Artikel?

Tag heading biasanya digunakan untuk membuat tulisan dengan ukuran lebih besar secara mudah, tag heading tersebut sering  digunakan untuk membuat judul tulisan dan juga-sub-sub judul yang disajikan didalam sebuah halaman artikel pos, sehingga tulisan tersebut kelihatan berbeda dengan ukuran lebih besar dari tulisan normalnya dan penyajian artikel akan lebih kelihatan terstruktur, dengan demikian halaman situs atau penyajian artikel akan mudah unutk dinavigasi oleh pengunjung atau pembaca.

Ketika pembaca menginginkan point-point tertentu didalam artikel yang disajikan, maka mereka akan mencoba menelusuri dengan cara membaca sub-sub judul tulisan yang disajikan didalam artikel tersebut untuk menemukan point penting untuk dibaca.

Penggunaan tag heading yang tepat akan membuat artikel lebih ramah di mata pembaca, oleh karena itu ketika anda membuat artikel, terutama untuk artikel yang sangat panjang, anda disarankan untuk memecah artikel tersebut kedalam beberapa sub-sub bagian dengan menggunakan judul dan sub-sub judul menggunakan tag heading (h1,h2,h3,h4,h5 dan h6).

Pengaruh Tag Heading H1,H2,H3,H4,H5,H6 dalam SEO?

Beberapa artikel seo yang pernah saya baca terutama berkaitan dengan optimasi seo onpage, penggunaan tag heading terutama tag H1 didalam artikel postingan akan membuat artikel lebih seo friendly, sehingga bisa membuat artikel tersebut mudah untuk ditemukan, statement tersebut diperoleh dari hasil eksperimen para peneliti seo yang membandingkan penggunaan tag h1 sebanyak satu saja dalam halaman dengan penggunaan tag h1 lebih dari satu dalam halaman artikel, dari eksperimen tersebut mereka mendapatkan kesimpulan bahwa penggunaan tag H1 lebih dari satu dalam satu halaman artikel potingan, ternyata bisa menurunkan rangking halaman situs di hasil pencarian.

Pendapat Google mengenai Penggunaan Tag H1?

terlepas dari benar dan salah, tentang kesimpulan penggunaan tag h1 harus satu dalam setiap artikel, pihak google melalui salah satu juru bicaranya Mat cutts menyebutkan bahwa penggunaan tag H1 lebih dari satu didalam artikel masih diperbolehkan selama tidak digunakan untuk spam atau dengan kata lain menggunakan judul dan sub-sub judul dengan tag(h1 semua).

pernyataan google tersebut menunjukan bahwa penggunaan tag h1 didalam artikel boleh lebih dari satu selama tidak dijadikan ajang spam. dan memang banyak blog-blog terkenal yang tidak terlalu fokus terhadap penggunaan tag h1 dalam artikel, tetapi masih bisa populer. jika google membolehkan penggunaan tag h1 lebih dari satu, lain halnya dengan mesin pencari Bing yang lebih menyarankan jumlah penggunaan tag H1 harus satu saja dalam setiap halaman.


Optimasi tag Heading agar lebih SEO?

Dari beberapa pernyataan diatas, anda bisa mengambil keputusan untuk menggunakan tag H1, apakah hanya satu saja atau lebih dari satu. namun untuk saya pribadi jika harus memilih, maka saya akan menggunakan tag H1 sebanyak satu saja dalam artikel.

Jika anda memilih menggunakan Heading dalam artikel agar lebih seo:

1.  Gunakan tag H1 hanya satu saja didalam artikel.

2. Tag H1 sebaiknya digunakan untuk judul artikel

3. Tag H1 sebaiknya mengandung kata kunci yang anda incar, yang bisa mewakili isi artikel secara keseluruhan.

4. Anda bisa menggunakan tag H2 -H6 lebih dari satu dalam artikel sesuai dengan yang anda inginkan.

5. Sangat disarankan didalam artikel panjang yang anda buat pecah menjadi sub-sub judul yang anda sajikan menggunakan tag heading. sehingga artikel anda lebih mudah untuk dinavigasi.


Demikian artikel sederhana tentang Apa itu tag heading H1, H2, H3, H4, H5, H6 ? dan fungsinya untuk SEO?, semoga bermanfaat.

17 komentar:

  1. keren gan, mantap postingannya,

    ReplyDelete
  2. thanks gan postingannya, jadi masih aman ada dua h1 buat judul blog dan posting, mau tanya lebih baik ada 2 heading h1 atau menggunakan tag kondisional heading h1 untuk posting

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sendiri lebih memilih hanya satu h1 didalam satu artikel, boleh pake kondisional, salah satunya untuk menentukan h1 di homepage sama h1 di artikel, di artikel h1 untuk judul blog sementara di homepage h1 untuk title blog

      Delete
  3. Masih bingung gan, itu tag nya di tempatin di template atau di postingan?
    Mohon penjelasanya...terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. di template seo friendly H1 seharusnya otomatis untuk judul mas, jadi tidak usah kita buat secara manual, kecuali untuk h2 dst mas bisa buat di postingan untuk sub-sub judul, gunakan saja format heading di editor postingan ketika membuat artikel.

      Delete
  4. mantap... kebetulan lagi pingin optimisasi seo on page

    ReplyDelete
  5. terima kasih...meski masih bingung. maklum super gaptek

    ReplyDelete
  6. wah thanks gan,
    mau nanya gan, seperti yang agan sebutkan diatas kalo judul pakai h1, sub judul h2. nah yang di sub judul itu(h2) ada sub judul baru pakai h3 kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sub judul agan bisa gunakan selain h1, dan h1 disarnkan ada 1 saja didalam artikel.

      Delete
    2. di artikel ini ada h1 diatas habis tu disusul ama h2 sebanyak 5x dan di tulisan "Pendapat google mengenai penggunaan tag h1?" itu makai tag h3 kan?
      apakah tidak apa-apa menggunakan tag h3 terus menggunakan h2 lagi, gak berurutan tidak apa-apa ya gan?

      Delete
    3. Tidak masalah gan, malah saya tidak memperhatikan penggunakan tag selain h1, saya menggunakan tag selain h1 hanya untuk navigasi artikel, terkadang h2 terkadang h3 dst. yang terpenting h1 ada 1

      Delete
  7. Kalau saya tidak begitu memperhatikan tag Heading. Kebetulan template blog saya dari pihak penyedia jasa. Bagaimana menurut agan?

    ReplyDelete
  8. Belum bisa mencerna mengenai tag H1 dan pengaplikasiannya. Saya sempat baca banyak mengenai tag h1 yang memang penting dalam SEO

    ReplyDelete
  9. memang cukup pusing juga dibuatnya soal tag heading ini. Apa ini yang dimaksud struktur penulisan dari sebuah artikel ? maksudnya tag heading itu judul dan sub judulyng kita buat dalam satu artikel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tag heading ini sebenarnya kode html mas untuk menampilkan format tulisan besar dan tebal, betul sekali kalo di artikel biasanya digunakan untuk judul dan sub-sub judul

      Delete
  10. SEO emang ga ada patokan yang pasti gan.. Banyak kok blog2, terutama yang berbahasa indonesia tanpa tag H1 atau bahkan h1>10 masih bisa bertengger di halaman 1... Ini pendapat newbie aja sih gan... #CMIW

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan, google sendiripun memang tidak menentukan bahwa harus ada h1=1 atau beberapa, ya.. kalo sayamah daripada banyak eksperimen nurut aja apa kata mastah seo...diluaran sana. semoga saja memang benar efeknya baik.

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!