Cara Penulisan dan peletakan Kata Kunci Berkualitas SEO ? - Kata kunci atau keyword adalah salah satu pemegang peranan penting dalam SEO, kata kunci pada umumnya diletakan dalam JUDUL ARTIKEL, didalam META, didalam TAG  dan juga lokasi-lokasi tertentu didalam artikel, judul yang baik tentu saja judul yang memiliki kualitas seo didalamnya dan mengandung kata kunci yang kita bidik, dan judul yang baik dan berkualitas harus memiliki relevansi  dengan isi artikel secara keseluruhan.

Sebelum menentukan judul artikel, salah satu yang penting yang tidak boleh kita tinggalkan adalah mencari dan melakukan riset kata kunci untuk judul tersebut, untuk melakukannya silahkan baca artikel saya mengenai riset kata kunci dengan google keyword planner, dan juga agar kata kunci yang kita gunakan dapat meningkatkan trafik secara significan, sebaiknya kita mencari kata kunci yang memang benar-benar banyak diminati, silahkan baca juga: 5 cara menemukan kata kunci yang paling banyak dicari

Cara penulisan dan peletakan kata kunci berkualitas seo


Judul sepertinya tidak terlalu berbobot dimata mesin pencari jika tidak mengandung kata kunci yang kita target, dan dirasa kurang jika ketika membuatnya tanpa melakukan riset terlebih dahulu, ketika membuat judul artikel sebaiknya tidak hanya asal buat, karena ada aturan main tersendiri, itu juga jika anda ingin melibatkan SEO didalam artikel yang anda buat, namun jika tidak anda bisa bebas menentukan judul dan mengisi artikel anda sesuka hati. Perlu anda ketahui artikel yang mudah ditemukan oleh mesin pencari adalah artikel berkualitas SEO yang teroptimasi dengan baik, baik itu seo onpage maupun seo offpage.

Baca Juga: Optimasi SEO Onpage pada blog: lengkap

A. Tips Penulisan Kata Kunci Blog Berkualitas SEO ?


Ketika kita sudah mendapatkan kata kunci langkah berikutnya adalah menjadikan kata kunci tersebut menjadi sebuah judul artikel berkualitas SEO, dan juga meletakan kata kunci tersebut pada lokasi-lokasi yang disarankan dalam SEO, langkah-langkahnya sebagai barikut:

1. Tentukan kata kunci yang kita target, 

Kata kunci yang kita target adalah jika dilakukan pencarian dengan kata kunci tersebut atau dengan kata kunci yang relevan, artikel yang kita buat akan mudah ditemukan oleh mesin pencari. Kata kunci yang kita bidik biasanya terdiri dari 2 sampai 3 kata saja. misal "Optimasi Seo Onpage", "Jaket Kulit Garutan" dan lain sebagainya.
 "Tips: ketika kita ingin membuat artikel sebaiknya kita menentukan kata kunci yang menjadi target terlbih dahulu."

2. Jadikan kata kunci tersebut menjadi longtail keyword

Apa itu Long tail keyword ? long tail keyword adalah kata kunci yang terdiri dari 5 suku kata atau lebih, jika kita sudah menentukan kata kunci yang kita target sebaiknya kata kunci tersebut kita kembangkan menjadi longtail keyword sebelum kita jadikan judul postingan, misal jika kata kunci yang kita target adalah "Optimasi Seo Onpage" maka kata kunci longtail keyword yang dapat kita buat dari kata kunci "Optimasi Seo Onpage" adalah sebagai berikut:

a. "Penulisan kata kunci berkualitas pada Optimasi Seo onpage".

b. "Cara Mudah Optimasi Seo Onpage pada blog"

c. "Tips Jitu Optimasi Seo Onpage untuk meningkatkan Pagerank"

d. "Optimasi Seo Onpage yang baik dan berkualitas"

e. "Bagaimana cara Optimasi Seo onpage yang baik itu ?"

f. dan judul-judul lainnya

Kenapa harus dijadikan longtail keyword?, itu karena dengan longtail keyword artikel yang kita buat akan mudah bersaing, dan short tail keyword pada umumnya sudah dikuasai oleh situs situs- berpagerank dan berdomain berumur, sehingga untuk jangka pendek akan sulit kita saingi.

Kita bisa memilih salah satu judul diatas untuk kita gunakan sebagai judul artikel, namun manakah yang terbaik dimata mesin pencari ? silahkan lanjutkan membaca langkah berikutnya...

3.  Tulis kata kunci pada awal suku kata judul

Peletakan kata kunci pada judul merupakan salah satu optimasi seo onpage yang sangat kuat, setelah kata kunci kita kembangkan menjadi beberapa kata kunci longtail keyword seperti terlihat pada conotoh diatas, saatnya kini memilih kata kunci yang baik yang berkualitas seo, coba kita lihat 5 jenis alternatif  judul untuk kata kunci "Optimasi SEO Diatas" diatas, jika harus memilih dari kelima judul tersebut yang memiliki kualitas penulisan judul yang baik dan berkualitas seo dengan kata kunci yang ditarget tentu saja judul pada point "d", yaitu "Optimasi SEO Onpage yang baik dan Berkualitas" karena judul tersebut meletakan kata kunci yang dibidik pada awal suku kata judul.

Berdasarkan informasi hasil penelitias Moz tentang title tag, Judul dengan kata kunci yang diletakan pada awal suku kata lebih baik daripada judul yang diletakan di tengah atau di akhir suku kata dimata mesin pencari google, dengan demikian judul artikel yang diawali kata kunci akan mudah mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian google, berikut grafik analisa tentang title tag dari Moz:

Penulisan kata kunci blog yang berkualitas SEO

oleh karena itu setiap kali kita menentukan judul disarankan meletakan kata kunci pada awal suku kata judul agar lebih berkualitas seo.

5. Membuat Susunan kata kunci yang baik

Sebisa mungkin membuat kata kunci yang tersususn dengan baik, dengan mencari berbagai alternatif agar kata kunci yang kita target susunannya sesuai dengan kata kunci yang banyak dicari, ketika pengunjung melakukan pencarian dengan kriteria kata kunci tertentu, mesin pencari akan memprioritaskan kata kunci baik itu di judul atau kata kunci yang terdapat didalam artikel yang susunan katanya sama dengan kata kunci yang dijadikan kriteria pencarian oleh pengunjung.

4. Mencari kata kunci LSI yang relevan dengan kata kunci yang ditarget

Tugas berikutnya setelah kita menentukan kata kunci yang kita target adalah mencari LSI Keyword, apa itu LSI Keyword ?, LSI keyword adalah kata kunci yang erat kaitannya dengan kata kunci utama yang kita target, silahkan baca juga : cara menemukan LSI Keyword ?, jika kita berhasil menemukan lsi keyword, sebaiknya lsi keyword yang kita temukan kita tulis dan cantumkan didalam artikel, kita bisa meletakan di meta descripsi, di Tag H2 H3 dan juga didalam artikel, setidaknya setiap artikel harus memiliki paling tidak 1 lsi keyword agar optimasi seo onpage artikel tersebut lebih kuat.


B. Peletakan kata kunci berkualitas SEO

Setelah kita tau bagaimana cara mengembangkan penulisan kata kunci untuk judul artikel blog, langkah berikutnya adalah mengenai peletakan kata kunci didalam artikel atau isi postingan, untuk membuat postingan lebih seo friendly kata kunci yang kita bidik sebaiknya bukan hanya kita letakan didalam judul saja, namun berdasarkan beberapa faktor dari 200+ google rangking faktor, kata kunci sebaiknya kita letakan didalam meta tag dan juga isi artikel, berikut lokasi-lokasi terbaik  untuk meletakan kata kunci yang kita target maupun kata kunci LSI dalam artikel berdasarkan yang disarankan google ranking faktor:

a. Letakan kata kunci di meta descripsi

Meta descripsi adalah pilihan kedua yang dapat dipertimbangkan pengunjung untuk mengunjungi blog anda, sebaiknya kita membuat descripsi semenarik mungkin dan membuat penasaran pengunjung ketika mereka menemukan blog anda pada hasil pencarian, ingat descripsi yang baik bisa meningkatkan visitor blog organik, meskipun untuk pengaruh rangking halaman saat ini descripsi tidak terlalu berpengaruh, namun descripsi bisa memberikan sinyal kepada mesin pencari tengang relevansi artikel yang anda buat dengan kata kunci yang dijadikan kriteria pencarian.

Baca juga: cara meningkatkan visitor organik google

b. Meletakan Kata Kunci Pada H1 Tag.

Keyword yang diletakan pada tag H1 akan memberikan signal relevansi pada mesin pencari, Tag H1 yang berkualitas seo biasanya mrupakan Judul artikel itu sendiri, dan sebaiknya H1 harus hanya ada 1 didalam setiap artikel yang kita buat. beberapa peneliti pernah membuktikan bahwa exsistensi H1 lebih dari satu yang berada pada halaman blog akan membuat buruk hasil pencarian, dan H1 yang mengandung kata kunci dan terdapat hanya 1 dalam setiap artikel berpengaruh sekali dalam membuat artikel tersebut muncul di pencarian dengan posisi terbaik.

c. Meletakan keyword di area 100 kata pertama

Peletakan kata kunci yang kita target pada posisi 100 kata pertama pada paragraf pertama isi artikel lebih memberikan relevansi signal pada robot mesin pencari,ini akan menjadi prioritas untuk artikel postingan yang kita miliki muncul di posisi terbaik hasil pencarian mesin pencari.

d. Letakan kata kunci di Tag H2 dan atau tag H3

Kata kunci yang diletakan dalam Tag H2 dan atau Tag H3 bisa mempengaruhi SEO untuk halaman tersebut meskipun lemah, tidak ada salahnya kita meletakan kata kunci pada H2 dan H3 untuk memperkuat kualias seo onpage artikel yang kita buat agar lebih kuat.

Demikian artikel sederhana mengenai Cara Penulisan dan peletakan Kata Kunci Berkualitas SEO ? saya share untuk anda, semoga bermanfaat.


Faktor yang paling berpengaruh dalam menentukan ranking halaman dalam hasil pencarian google adalah backlink, backlink adalah, link atau tautan yang kita letakan di luar situs yang menuju ke halaman situs dalam blog yang kita miliki, backlink bisa kita dapatkan melalui upaya optimasi seo offpage, link semacam ini dikenal juga dengan sebutan inbound link atau link masuk.

Untuk membangun backlink khususnya untuk para blogger yang mencari visitor organik sebaiknya fokus membangun backlink yang berkualitas, yang sangat bernilai dimata mesin pencari dan sangat menentukan peringkat halaman situs di hasil pencarian google, sehingga halaman blog mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Ciri backlink berkualitas seo untuk meningkatkan SERP Google

13 Ciri Backlink Berkualitas SEO untuk meningkatkan SERP

Lantas seperti apakah backlink berkualitas itu ?, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai ciri backlink berkualitas yaitu sebagai berikut:

1. Backlink dari domain berumur

Backlink yang bersumber dari domain berumur lebih berkualitas daripada backlink dari domain yang yang masih baru. backlink yang kita letakan pada halaman website situs lain dengan domain yang cukup berumur akan lebih baik di mata mesin pencari dan ini adalah salah satu yang dapat memicu sebuah halaman muncul dengan peringkat lebih baik di hasil pencarian google.

2.Jumlah Reffereing Domain dari backlink

Apa itu Reffering domain ?, ada beberapa istilah untuk memahami reffefing domain yaitu:

a. domain
domain adalah brand atau deskripsi organisasi yang sifatnya unik, tidak ada yang sama satu sama lain yang terdaftar di internet, seperti misal http:www.blogspot.com

b. Reffering Domain
Reffering domain adalah domain sebagai sumber kita meletakan backlink

c.Backlink 
Backling adalah, link yang kita letakan di domain situs lain yang mengarah ke halaman blog yang kita miliki.

Semakin banyak reffering domain, akan membantu sebuah halaman situs muncul lebih baik dihalaman mesin pencari, karena jumlah reffering domain dianggap sangat penting di mata mesin pencari, berdasakan penelitian yang dilakukan oleh Moz, semakin banyak jumlah reffering domain, maka posisi dimensin pencari akan semakin baik,

"Tips: Meskipun dalam satu domain  memungkinkan kita bisa meletakan backling lebih dari satu, namun yang harus diingat adalah jumlah reffering domain  bukan jumlah backlink"

3. Jumlah Backlink

Jumlah backlink yang menuju suatu halaman blog meskipun bersumber dari domain yang sama adalah salah satu penentu peringkat halaman dimata mesin pencari.
 "Tips: Jangan lupa untuk membangun baclink dan juga internal linking dalam halaman blog kita"

4.  ALT Tag pada link gambar

Ketika kita membuat sebuah link dengan menggunakan gambar, sebaiknya jangan lupa untuk menggunakan atribut ALT tag, atribut alt tag pada gambar adalah pengganti anchor text, seperti halnya pada link dalam bentuk text.

5. Backlink dari situs .EDU dan .GOV

Backlink dari situs .edu dan .gov adalah salah satu bentuk backlink yang sangat berkualitas dimata mesin pencari, baclink dari situs tersebut di sinyalir mendapatkan tempat khusus pada algoritma mesin pencari sehingga sangat diprioritaskan.

6. Baclink dari Situs Berpagerank tinggi

Backlink yang kita tempatkan di situs dengan pagerank tinggi adalah salah satu bentuk dari backlink berkualitas yang dapat meningkatkan peringkat halaman di hasil pencarian mesin pencari.

7. Backlind dari situs dengan domain Authority Tinggi

Baclink yang diletakan dalam homepage sebuah situs dengan domain atuhority tinggi memiliki peranan penting dalam mempengarhi peringkat sebuah halaman dimata mesin pencari.

8. Backlink yang bersumber dari halaman situs pesaing

Backlink yang bersumebr dari halaman situs pesaing yang memiliki satu topik dan satu hasil pencarian sangat berpengaruh sekali dalam menentukan peringkat halaman situs di hasil pencarian, link semacam ini dapat kita peroleh dengan teknik blogg dummy, guset posting dan lain-lain.

9. Contextual link

Link yang diletakan dalam isi artikel postingan adalah salah satu bentuk backlink yang sangat berkualitas jika dibandingkan dengan link yang diletakan selain di lokasi itu, baik itu sidewide maupun di lokasi lainnya dalam sebuah situs.
"Tips: Letakan backlink sebisa mungkin dalam isi artikel karena itu salah satu jenis backlink yang sangat berkualitas"

10. Letak link dalam artikel

Sebuah backlink yang diletakan di awal permulaan sebuah artikel itu lebih baik dari pada lokasi lainnya,

"Tips: sebaiknya ketika meletakan backlink, disarankan untuk meletakannya di paragraf pertama artikel tersebut"

11. Link dari Blog Satu Niche

Baclink yang bersumber dari blog atau situs yang memiliki relevansi atau topik yang sama lebih berukualitas jika dibandingkan backlink yang bersumber dari blog diluar topik.

12. Link dari halaman yang relevan

Link yang bersumbde dari halaman yang relevan itu sangat berkualitas
"Tips: letakan link di artikel yang relevan dengan blog kita"

13. Link dari artikel yang berkualitas,

Bukan hanya relevan namun kita harus sebisa mungkin meletakan link bersumber dari artikel yang relevan dan berkualitas.


Berikut adalah 8 cara optimasi seo agar masuk halaman 1 google -Apapun blognya dan apapun tujuannya target utama seorang blogger adalah membuat agar artikel blognya mudah ditemukan oleh mesin pencari google, bahkan para blogger berupaya dengan berbagai cara untuk menemukan cara ranking 1 google, dengan demikian blog yang dimilikinya bisa berpeluang blog mendapatkan banyak pengunjung, semakin banyak pengunjung kesempatan untuk memonetisasi blog dan mendapatkan uang dari blog akan semakin terbuka lebar.

Cara peringkat 1 google sebenarnya bisa dibilang susah-susah gampang, bisa susah dan juga bisa gampang tergantung dari kata kunci yang kita bidik, jika kata kunci yang kita bidik untuk dijadikan judul artikel memiliki saingan cukup sulit dan banyak, maka untuk mendapatkan ranking page 1 google akan cukup sulit dan memerlukan optimasi seo ekstra keras, namun jika kata kunci yang kita bidik kurang diminati dan level persaingannya mudah, maka  cara masuk halaman satu google akan mudah kita dapatkan bahkan tanpa bantuan backlink sekalipun membuat web di halaman 1 google akan mudah kita peroleh.

Baca juga: Cara melihat tingkat pesaing kata kunci lengkap

Optimasi SEO agar mendapat ranking 1 google

Satu-satunya Cara membuat website di halaman pertama google bisa kita lakukan dengan teknik optimasi SEO, baik itu optimasi seo onpage maupun optimasi seo offpage, berikut tips seo yang bisa anda lakukan untuk mendpatkan ranking 1 google atau ningkrong di halaman awal google:


1.Kata Kunci Pada Title Tag yang diletakan di awal suku kata

Untuk menjadi no 1 google salah satu upaya yang bisa kita lakukan adalah meletakan kata kunci yang kita target pada TITLE TAG, Ini adalah salah satu cara optimasi seo onpage yang cukup baik, namun sebaiknya kata kunci yang akan kita target sebisa mungkin diletakan di awal suku kata pertama pada title tag, untuk template SEO, title tag biasanya secara otomatis akan dibuat sebagai judul artikel dengan H1 dan ini sangat baik dimata mesin pencari.
"Tips: Masukan kata kunci pada title tag dan letakan kata kunci pada suku kata pertama"
Kata kunci diawal suku kata

2. Panjang Artikel Setidaknya 1500 kata atau lebih

Pernahkah berfikir untuk membuat artikel yang sangat panjang, mungkin saja aktivitas ini salah satu yang kurang disukai oleh sebagian besar para blogger yang ingin serba instan, karena memang membuat artikel panjang cukup melelahkan, namun jika anda tau keuntungannya membuat artikel panjang, anda sepertinya akan berusaha untuk membuat artikel panjang.

Agar ranking 1 google - Panjang artikel lebih dari 1500 suku kata

Gambar menunjukan bahwa yang menuduki posisi 10 besar adalah yang memiliki 2000 suku kata atau lebih

Banyak dari para blogger yang lebih memilih artikel singkat-jelas padat namun teroptimasi dengan baik, tapi perlu anda ketahui artikel dengan panjang kata terdiri dari 1500 kata atau lebih akan membuat artikel lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari, kaya akan kata kunci LSI dan mudah di temukan dengan beragam kata kunci pencarian, beberapa peneliti tentang ini,  Serp IQ salah satunya, terlepas dari faktor seo lainnya, artikel yang mudah untuk menduduki peringkat 10 besar hasil pencarian mesin pencari atau serach enggine, adalah artikel yang memiliki 2000 kata atau lebih, apalagi jika kita tambah teknik optimasi dengan baik, sudah dapat kita bayangkan artikel tersbut akan menjuarai de kelasnya.
keuntungan lain dari artikel panjang adalah:

a. Bounce out rate semakin baik

b. Lebih berpeluang untuk dishare orang.

c. Dwell time yang baik (waktu kunjungan visitor semakin lama)

"Tips: Usahakan untuk membuat artikel yang terdiri dari 1500 kata atau lebih, menarik dan mudah untuk dipahami serta kaya akan kata kunci LSI"

3. Kecepatan Loading Halaman

Jangan pernah anggap sepele loading halaman, boleh-boleh saja anda membuat halaman blog dengan desain yang bagus dan menarik sehingga terlihat cantik, namun jangan dilupakan apa yang tetap harus fokus utama anda adalah kecepatan loading halaman blog, jika harus memilih mana yang harus diutamakan antara mempercantik halaman blog dan kecepatan loading halaman, tentu saja lebih baik memilih kecepatan loading halaman, karena kecepatan loading halaman adalah salah satu yang diperhitungkan dalam algoritma mesin pencari atau google ranking faktor untuk menjadi no 1 google, semakin cepat halaman blog atau situs, maka kesempatan untuk menduduki top ranking 1 pencarian google akan semakin baik.
Baca Juga :  11 cara efektif untuk meringankan loading halaman
"Tips: Gunakan google page speed insigh, untuk melihat kecepatan website atau blog anda, semakin tinggi nilainya itu semakin baik untuk mesin pencari google."

Kecepatan loading halaman untuk mendapatkan halaman1 google
 Page speed

4. Peletakan kata kunci

Untuk saat ini memang google sendiri tidak terlalu memperhatikan kepadatan kata kunci, namun itu bukan berarti kepadatan kata kunci dibiarkan dan tidak digunakan sebagai tolak ukur untuk mesin pencari, google tetap menggunakan kepadatan kata kunci untuk mengukur tingkat relevansi artikel dengan kata kunci yang dicari.
Baca juga: Cara penulisan dan peletakan kata kunci berkualitas seo

letak kata kunci untuk mendapatkan halaman satu google
Peletakan kata kunci

Peletakan kata kunci yang tepat salah satu faktor yang dapat mempengarhi rangking halaman, agar optimasi seo lebih mantaf lakukan peletakan kata kunci sebagai berikut:

a. Letakan kata kunci yang ditarget pada URL blog, namun tetap harus diingat semakin pendek url halaman blog itu akan semakin baik

b. Letakan kata kunci yang kita bidik di paragraf pertama di area 100 kata pertama untuk setiap artikel

c. Letakan kata kunci yang kita bidik pada Tag H2 juga H3 atau salah satunya

Peletakan kata kunci yang tepat secara tidak langsung menginformasikan kepada mesin pencari google bahwa artikel yang kita buat  adalah tentang kata kunci tersebut.

Tips: Masukan kata kunci yang anda bidik pada url blog, pada paragrap pertama di 100 suku kata pertama, juga letakan kata kunci pada tag H2 atau H3 pada artikel yang anda buat. Silahkan Baca: optimasi seo onpage pada blog: lengkap.

5. Relevansi Backlink (backlink berkualitas)

Ini adalah faktor yang berperan untuk membuat website dihalaman pertama google, salah satu yang sangat berperan dalam menentukan posisi sebuah halaman dimata mesin pencari adalah backlink, backlink dofollow yang diperoleh dari artikel yang relevan, sebaiknya letaknya not sidewide, atau letaknya didalam artikel (Mat Cuts: backlink site wide dianggap hanya 1 backlink saja), serta sumber backlink memiliki pagerank tinggi, itu adalah salah satu contoh backlink berkualitas yang sangat berguna sekali dalam meningkatkan pagerank, semakin tinggi pagerank, maka dimata mesin pencari akan semakin baik untuk artikel anda agar bisa mendapatkan halaman awal google.
  "Tips: Fokuslah untuk membangun backlink berkualitas dari artikel yang relevan dan juga memiliki pagerank tinggi, perlu anda ketahui 1 backlink berkualitas sebanding dengan 100 backlink tidak berkualitas"
 "Baca Juga: 13 Ciri Backlink berkualitas seo untuk meningkatkan SERP

backlinkg untuk mendapatkan posisi pertama google
backlink berkualitas

6. Waktu kunjungan Visitor (Dwell Time)

Salah satu tips halaman pertama google lainnya adalah sebisa mungkin agar pengunjung betah berlama-lama ketika berinteraksi dengan halaman situs atau blog kita, semakin pengunjung berlama-lama itu akan memberikan signal pada mesin pencari melalui robot google analitic  bahwa artikel yang terdapat dalam blog atau website tersebut menarik dan berkualitas. perlu anda ketahui bahwa mesin pencari google mengkategorikan  dwell time sebagai salah satu rangking signal yang sangat penting, semakin tinggi dwell time maka rangking halaman juga akan semakin baik dan berpeluang mendapatkan posisi di hasil pencarian google halaman depan.

waktu kunjungan visitor (dwell time)

Adapun upaya yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan waktu kunjungan visitor adalah sebagai berikut:

a. Membuat artikel yang panjang 1500 kata atau lebih

b. Internal linkking, memungkinkan pengunjung membaca link terkait lainnya dan itu salah satu cara membuat pengunjung betah berlama-lama di blog kita

c. Slalu menerbitkan artikel segar dan original secara konsisten

d. Gunakan arsip widget, agar pengunjung mudah melakukan penelusuran artikel dan memilih artikel yang mereka anggap menarik.

e. Navigasi blog yang informatif



7. Desain blog yang responsive

Blog dengan desain responsive memungkinkan bisa di akses dengan mudah melalui media portable seperti HP, tablet dan semacamnya dengan tampilan yang sama ketika di akses melalui PC adalah salah satu faktor untuk mendapatkan halaman pertama pencarian google, Untuk saat ini blog atau halaman situs harus bisa diakses diseluruh perangkat, baik itu komputer PC, tablet maupun phonsel, google mengkategorikan bahwa desain blog responsive, memiliki kelebihan dapat meningkatkan trafik pengunjung, dan ini akan membuat blog dengan disain responsive bisa menduduki posisi terbaik SERP.

"Tips: Pilihlah desain blog yang responsive seo friendly dan ringan ketika diakses melalui perangkat mobile"
responsive template untuk mendapatkan halaman satu google
Desain responsive

8.  Hindari Duplikat Content

Salah satu yang dibenci mesin pencari adalah duplicate content, duplikat konten bisa diartikan sebuah halaman dengan url berbeda namun merujuk pada halaman yang sama, duplikat konten kadang tidak bisa dihindari untuk beberapa kasus misal, widget archive blog, popular post, link para komentator, namun jangan khawatir untuk menanggulangi duplikat konten sebenarnya sangat mudah, yaitu dengan menambahkan rel='canonical',  silahkan baca: memahami duplicate content dalam seo

menghindari duplicate content untuk mendapatkan rangking 1 google
Duplicate content


demikian informasi sederhana mengenai 10 CARA Optimasi SEO agar masuk halaman 1 Google, semoga bermanfaat


Menentukan dan memilih nama domain berkualitas standar SEO - SEO akan terus berkembang seiring dengan perkembangan algoritma mesin pencari, teknik seo adalah mengupayakan bagaimana caranya agar blog atau halaman situs atau website, bisa  ditemukan oleh mesin pencari dan bisa mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian mesin pencari, penyandang posisi terbaik tentusaja yang menduduki urutan 3 besar di SERP (Search enggine result page), namun yang perlu kita perhatikan ketika berkecimpung di dunia seo adalah, gunakanlah pendekatan yang disarankan oleh mesin pencari, mesin pencari seperti google, memiliki pendekatan tersendiri untuk menentukan peringkat halaman pada hasil pencarian mesin pencari, google menggunakan lebih dari 200 faktor untuk menentukan pantas tidaknya sebuah halaman blog atau situs menempati peringkat terbaik hasil pencarian, istilah tersebut lebih dikenal dengan sebutan  Google ranking Faktor. sedangkan ilmu untuk menginplementasikan google ranking faktor tersebut lebih dikenal dengan nama seo.

Baca juga : 200 + Google Rangking faktor - panduan untuk memahami seo.

Menentukan domain berkualitas SEO
Seperti apakah domain berkualitas seo itu ?


Berdasarkan uraian diatas, salah satu hal yang berperan dalam menentukan baik tidaknya halaman situs dimata mesin pencari adalah seo, penerapan seo yang baik akan berdampak pada baiknya halaman blog dimata mesin pencari, untuk melibatkan seo pada blog perlu di pelajari tekniknya, seo pada blog bisa kita mulai dari pangkalnya yaitu domain, kita bisa melibatkan seo mulai dari domain seiring dengan dibuatnya sebuah blog atau website. lantas bagaimana cara melibatkan seo dalam domain sebuah blog atau website ?.

Cara Menentukan domain berkualitas SEO

Untuk melibatkan seo didalam domain sebenarnya sangat mudah, tergantung dari domain yang akan digunakan apakah blog yang kita buat menggunakan top level domain (TLD) atau hanya menggunakan domain gratisan seperti .blogspot.com, .wordpress.com, .mywapblog.com, antara top level domain dan domain gratisan tentunya penerapan seo sedikit berbeda sebagai berikut:

A. Ketika Memilih Top Level Domain

Ketika kita memutuskan untuk menggunakan top level domain untuk blog atau website yang akan kita buat, agar memenuhi faktor seo sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Geo lokasi dan target pasar
 Ketika anda memutuskan untuk membuat sebuah website atau blog, salah satu yang anda pikirkan adalah target pasar, kita bisa memilih global atau lokal, sebenarnya salah satu yang faktor seo yang berperan dan mempengaruhi rangking halaman suatu halaman blog di mata mesin pencari adalah domain, oleh karena itu sebelum melakukan registrasi domain, setidaknya kita harus memikirkan apakah pangsa pasar blog yang akan kita buat lokal atau global, jika lokal sangat disarankan menggunakan domain lokal yang tersedia, seperti untuk indonesia .co.id, namun jika target pasar kita global, lebih baik menggunakan domain global seperti .com dan semacamnya.

"Memiliki blog atau halam situs dengan top level domain lokal (seperti, .co.id, .go.id dan domain lokal lainnya), akan cepat membantu meningkatkan ranking halaman blog atau situs tersebut secara lokal, namun ketersediaan situs tersebut secara global sangat terbatas"

2. Menggunakan Kata Kunci Pada domain
Langkah berikutnya yang harus dipikirkan ketika kita akan melakukan registrasi domain adalah nama domain, disarankan nama domain menyesuaikan dengan niche blog atau situs yang akan kita buat, dan nama domain setidaknya harus mengaundung kata kunci yang relevan dengan niche blog yang akan dibahas. meskipun tidak terlalu berpengaruh banyak untuk seo, namun kata kunci dalam domain akan membantu mesin pencari memahami tingkat relevansi blog tersebut terhadap kata kunci yang dicari.

"Jika niche blog kita tentang seo, setidaknya nama domain yang akan kita daftarkan harus mengandung kata kunci tersebut, misal caraseoblog.co.id atau seodanbisnisonline.co.id, itu akan lebih baik dimata mesin pencari, tips: kata kunci dalam domain lebih baik diletakan pada suku kata pertama, misal jika kata kunci yang kita bidik adalah bisnis online, maka nama domain yang terbaik untuk kata kunci tersebut adalah bisnisonlinetips.co.id dari pada tipsdantrikbisnisonline.co.id"

3.  Public Vs Private Who is ?
Mana yang harus kita pilih ketika kita melakukan registrasi top level domain, apakah public whois atau private whois ?, berdasarkan rekomendasi 200+ google ranking faktor, public whois lebih baik daripada private whois, public whois akan meningkatkan google rangking, sedangkan private whois rentan terhadap penyalahgunaan domain, sehingga mesin pencari tidak terlalu menyukainya, private whois secara tidak langsung menyembunyikan informasi kepemilikan situs dimata mesin pencari. domain dengan public whois akan membantu mesin pencari untuk menindak tegas pemilik situs jika dikethui melakukan tindakan I-L-E-G-A-L atau tindakan S-P-A-M

4. Perhatikan Masa expire domain
Top level domain biasanya membutuhkan biaya, oleh karena itu kita harus selalu mengantisifasi bahwa domain kita selalu aktif, jangan sampai expire sehingga blog yang kita miliki tidak tampil lagi untuk domain tersebut, google tidak menyukai top level domain yang dibiarkan kadang aktif dan kadang expire, dan itu akan memperburuh blog atau website tersebut dimata mesin pencari.
 "Tips: jangan sekali-kali membiarkan domain berbayar anda masa expirenya berakhir, selalu lakukan pembayaran sebelum masa domain berakhir agar blog atau situs anda tetap eksis dengan baik dimata mesin pencari"

5. Informasi Kepemilikan domain harus konsisten
Informasi kepemilikan situs yang bisa kita akses melalui who is, harus kita buat secara konsisten, jangan sampai direvisi dimudian hari, sebenarnya semakin lama usia domain yang dimiliki oleh sebuah blog atau website maka akan semakin baik dimata mesin pencari, namun jika domain yang sudah berumur kemudian kita ganti kepemilikannya, secara tidak langsung menginstruksikan peda mesin pencari untuk mereset data sejarah situs dimata mesin pencari, dan itu sama saja dengan domain yang baru saja berdiri.

B. Ketika Memilih Domain Gratisan

Banyak sekali domain gratisan yang bisa kita gunakan untuk halaman blog atau website kita, untuk memilih yang terbaik ukurannya adalah Domain authority (DA) dari situs-situs tersbut, domain authority biasanya dinilai dari 1 sampai 100, semakin tinggi domain authority yang dimiliki berarti tingkat otoritas atau kepercayaan mesin pencari semakin baik.
 Silahkan baca: Cara melihat domain authoroty (DA) dan page authority (PA) suatu blog.

1. Domain blogspot.com vs wordpress.com mana yang terbaik ?
Untuk saat ini DA yang tertinggi dimiliki oleh wordpress.com, dengan nilai 100, dan disusul dengan blogspot dengan nilai DA 92, jika kita harus memilih mana yang terbaik diantara keduanya, tentu saja wordpress.com, namun perlu diingat blogspot.com meskipun nilai DAnya dibawah wordpress, blogspot adalah anak emas google, tentu saja mesin pencari google akan memprioritaskan domain blogspot.com dari pada domain lainnya.

baik domain wordpress.com maupun domain blogspot.com dianggap domain terbaik saat ini, untuk blog gratisan kita bisa memilih diantara ke dua domain tersebut.

2. Melatakan kata kunci pada subdomain
Bersarkan google ranking faktor, kata kunci yang kita letakan pada nama subdomain untuk domain gratisan sangat berpengaruh sekali dalam menentukan ranking halaman blog atau website tersebut,oleh karena itu ketika kita membuat subdomain gratisan, setidaknya kita harus meletakan kata kunci yang relevan untuk nama subdomain yang akan kita buat, misal jika blog yang akan kita buat akan membahas seo, maka kata seo setidaknya harus hadir melengkapi nama subdomain, nama domain yang kita pilih, contoh: caraagarseo.blogspot.com atau trikseo.wordpress.com dan lain sebagainya,

3. Meletakan Kata kunci yang dibidik pada awal suku kata nama domain
Ingat untuk meletakan kata kunci pada awal suku kata domain, jika blog kita membahas tentang adsense misalnya dan kata kunci yang dibidik untuk domaint ersebut adalah kata kunci "Adsense", maka nama domain yang bisa dipilih diantaranya adsensetips.blogspot.com atau rahasia-adsense.blogspot.com, dari kedua nama subdomain tersebut tentusaja yang terbaik adalah adsensetips.blogspot.com yang meletakan keyword pada awal suku kata daripada rahasia-adsense.blogspot.com.


C. Mana yang lebih baik antara Top Level Domain dengan Subdomain gratisan ?

Jika anda cukup modal dan jika harus memilih  situs website atau blog dengan Top level domain lebih baik dimata mesin pencari daripada subdomain gratisan seperti .blogspot.com atau .wordpress.com


Demikian informasi sederhana yang bisa saya share untuk anda tentang Cara Memilih DOMAIN berkualitas SEO ?, semoga bermanfaat.


Cara Meningkatkan Google Pagerank Halaman Blog - Page rank adalah istilah lain untuk rangking halaman, atau  sebuah algoritma yang di gunakan untuk menentukan skala  kepopuleran suatu blog/website di mata mesin pencari Google. Page rank sendiri diurutkan menggunakan angka 0 sampai dengan 10. Semakin besar page rank yang dimiliki oleh  suatu blog/website, maka semakin baik juga kepopuleran blog/website tersebut di mata search engine.
Perlu diketahui page rank adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi posisi halaman dihasil pencarian search enggine, semakin tinggi pagerank maka kesempatan halaman blog untuk menduduki peringkat terbaik hasil pencarian akan semakin bagus.

Teknik yang digunakan oleh google untuk mengukur pagerank yang dimiliki oleh sebuah situs salah satunya adalah menggunakan metode link popularity, Link Popularity adalah sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan dari teknologi lain, berdasarkan konsep link popularity, sebuah halaman akan dianggap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut (backlink). Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking (pagerank) tinggi mengacu ke halaman tersebut.
 


Cara meningkatkan google pagerank
Google Pagerank

Cara meningkatkan Google Pagerank ?

Untuk meningkatkan google pagerank caranya terfokus pada backlink yang menuju halaman blog atau website tersebut, dan yang paling baik cepat meningkatkan pagerank adalah tergantung dari kualitas backlink tersebut,sebagai beritut:

1. Sumber backlink

Semakin berkualitas sumber backilink akan memberikan efek baik pula ke halaman yang ditujunya, backlink dari page  dengan  pagerank tinggi akan mempercepat meningkatkan pagerank halaman blog yang ditujunya.

2. Relevansi domain

Backlink bisa kita dapatkan darimana saja namun yang paling baik itu adalah backlink yang bersumber dari situs yang memiliki relevansi atau niche yang sama dengan artikel pada halaman blog kita.

3. Letak Backlink

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menempatkan backlink, bisa di side wide, atau dalm artikel, namun backlink akan dianggap berkualitas jika backlink tersebut letaknya ada didalam artikel postingan, backlink seperti itu dianggap sebagai backlink yang natural dimata mesin pencari, untuk mendapatkan backlink yang berkualitas yaitu baclink yang diletakan didalam artikel postingan, tentunya ada beberapa cara yang bisa kita tempuh yaitu:

a. Memalui Guest Blogging,

 Kita membuat artikel untuk di publish di blog orang lain dengan persetujuan bahwa sipenulis bisa meletakan backlink didalam artikel tersebut

b. Forum Online,

Membuat thread di forum online dofollow dan meletakan beberapa backlink yang menuju halaman blog kita.

c. Artikel berkualitas

Artikel berkualitas akan mendapatkan kesempatan dijadikan referensi oleh orang, dan biasanya ketika artikel tersebut di kutip, kita akan mendapatkan backlink dofollow yang mengarah kehalaman blog artikel tersebut di ambil, dan pada umumnya peletakan backlink berada di artikel blog.

3. Jumlah Outbound link 

Outbound link atau link keluar yang terdapat dalam halaman blog dimana ada backlink yang mengarah kesitus kita akan menentukan kualitas dari backlink tersebut, semakin banyak outbound link dalam halaman blog tersebut, maka kualitas energi link atau lebih dikenal dengan linkjuice yang menuju kesitus kita akan semaki berkurang. untuk meningkatkan pagerank, link satu arah adalah kesempatan dan pilihan paling baik yang dapat mempercepat meningkatkan pagerank halama.

4. Jenis Backlink

Untuk meningkatkan pagerank blog atau pagerank halaman blog, maka backlink yang harus kita dapatkan adalah backlink dofollow yang berkualitas.

5. Jumlah Page View

Page view atau jumlah halaman tampil sedikit namun pasti pada akhirnya berkontribusi untuk meningkatkan pagerank halaman tersebut, harus dibedakan antara pageview dan visitor, page view adalah halaman tampil sedangkan visitor adalah yang mengunjungi blog, satu pengunjung blog paling tidak akan melakukan page view minimal 1 halaman, page view tidak mungkin ada jika pengunjung tidak ada. semakin banyak pengunjung yang melihat halaman anda, maka pagerank halaman tersebut lambat namun pasti akan meningkat.

6. Jumlah Visitor

Seo salah satu yang berperan dalam menentukan pagerank halaman situs anda, semakin baik seo maka halaman blog akan semakin mudah untuk ditemukan, dampaknya pengunjung blog akan semakin meningkat, semakin banyak pengunjung blog atau visitor maka kesempatan page view yang akan diperoleh oleh blog tersebut akan semakin baik, semakin banyak page view yang menuju suatu halaman blog maka pagerank akan meningkat.



Kesimpulan
Rangking halaman atau pagerank dapat kita peroleh dari backlink yang menuju halaman tersebut, kualitas backlink, sumber backlink serta jenis link, tentu saja yang berpengaruh meningkatkan pagerank suatu blog adalah backling dofollow, dan harus dibedakan antara pagerank dengan google ranking, page rank adalah peringkat yang di berikan google terhadap halaman blog, sedangkan google ranking adalah posisi yang disanding oleh sebuah halaman blog dimesin pencari. yang menentukan pagerank adalah backlink dofollow sedangkan yang menentukan google ranking faktor salah satunya adalah backlink baik itu dofollow maupun nofollow.

Berdasarkan google ranking faktor, pagerank adalah salah satu faktor yang membuat halaman situs menduduki peringkat terbaik dimensin pencari. oleh karena itu sebagai seorang blogger salah satu yang harus kita upayakan adalah meningkatkan pagerank, yaitu dengan cara membangun backlink dofollow berkualitas.

Demikian informasi sederhana yang bisa saya bagikan untuk anda mengenai Cara meningkatkan pagerank di google,blog, website, semoga bermanfaat.

SEO adalah salah satu faktor yang dapat menentukan rangking sebuah halaman di hasil pencarian mesin pencari (SERP: search enggine result page), pendekatan yang digunakan dalam teori ilmu seo adalah faktor-faktor yang digunakan oleh algoritma mesin pencari. seperti halnya mesin pencari yang paling terkenal saat ini yaitu Google,  algoritma yang digunakan oleh mesin pencari google untuk memprioritaskan rangking sebuah halaman situs menggunakan patokan 200 + faktor, jika kita ingin menggeluti dunia SEO,  maka salah satu yang harus kita pelajari adalah 200+ faktor tersebut.

Pada artikel kali ini saya akan coba membahas mengenai 200+ google ranking faktor: panduan untuk memahami SEO, sebagai berikut:


1. Usia domain
Apakah usia domain menentukan posisi sebuah halaman blog di mesin pencari ?, menurut Matcutt, perbedaan usia domain antara blog yang satu dengan blog yang lain tidak terlalu berarti, artinya domain lebih tua dibandingkan dengan domain yang lebih baru, google akan memprioritaskan domain yang berusia tua namun untuk faktor ini tidak terlalu menentukan ranking halaman.

2. Kata kunci dalam domain
Keyword dalam domain dapat memberikan signal pada mesin pencari bahwa artikel yang terdapat pada domain tersebut memiliki relevansi dengan kata kunci yang dicari , namun mesin pencari tidak terlalu  memprioritaskan kata kunci dalam domain untuk menentukan halaman situs muncul di posisi terbaik.
"Jika kita hendak memutuskan membuat domain yang berkualitas seo, maka domain yang anda buat setidaknya harus mengandung kata kunci yang sesuai dengan niche blog anda. sebagai contoh: jika blog anda mengenai seo maka domain dengan nama caraseo.com akan lebih baik daripada domain dengan nama strukturkode.com"
3. Kata kunci yang diletakan di suku kata pertama dalam domain
Kata kunci dalam domain memang salah satu faktor yang diperhitungan dalam seo, jika hendak memutuskan meletakan kata kunci dalam domain sebaiknya kata kunci tersebut diletakan pada suku kata pertama.
"Jika kita membidik kata kunci seo maka domain dengan nama seo-tips.com akan lebih baik daripada tips-seo.com, karena domain seo-tips.com meletakan kata kunci yang kita bidik yaitu kata "seo" pada suku kata pertama dalam domain tersebut"
4. Kata kunci dalam subdomain
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Moz, kata kunci yang diletakan dalam subdomain sangat berpengaruh sekali dalam trafik sebuah blog, sebuah halaman dan mesin pencari sangat memprioritaskan peletakan kata kunci dalam subdomain. Jika kita memutuskan membuat sebuah blog yang akan membahas topik tentang seo, sebaiknya kita meletakan  kata kunci yang relevan dalam nama subdomain yang akan kita buat dengan niche blog tersebut.

"Misal kita akan membuat sebuah blog dengan topik cara-cara seo, maka subdomain dengan nama caraagarseo.blogspot.com akan lebih baik dimata search enggine jika dibandingkan dengan nama subdomain artikelku.blogspot.com. karena nama domain caraagarseo.blogspot.com mengandung kata kunci caraseo yang diletakan dalam subdomain tersebut"

5. Sejarah kepemilikan Domain
Domain kadang dibuat dari awal seiring dengan dibuatnya website, semakin lama usia domain maka mesin pencari akan semakin mengenal domain tersebut, namun harus hati-hati ketika mengganti kepemilikan domain (informasinya bisa dicek menggunakan whois), ketika domain yang cukup berumur kita ganti segala informasi kepemilikannya, itu sama saja mereset mesin pencari, dan mesin pencari akan mengenalnya seperti domain yang baru saja dibuat.
"Apa itu whois?. Whois atau disuarakan “who is” digunakan untuk mendapatkan data informasi domain tertentu seperti nama pemilik domain, ip address, name server dan umur domain. Whois lookup yaitu sebuah aplikasi berbasis command line digunakan untuk melakukan query terhadap database whois. "

6. Domain yang cocok dengan kata kunci yang dicari (Exact Match Domain)
Mesin pencari akan memprioritaskan kata kunci yang terdapat mengiringi domain atau alamat url situs, yang sesuai dengan kata kunci pencarian.
misal kata kunci yang dicari pengunjung adalah "optimasi seo onpage", maka google akan memprioritaskan terlebih dahulu halaman-halaman blog yang memiliki kata kunci dalam domain atau url halaman tersebut. ini bisa menjadi tolak ukur kita ketika membuat judul sebuah artikel, sebaiknya menggunakan kata kunci yang memang sesuai dengan kata kunci yang banyak dicari.

7. Public Versus Private Whois
Seperti yang dijelaskan pada point 5 diatas mengenai whois, informasi kepemilikan suatu situs atau domain, bisa diseting sebagai public atau private, ketika mengecik informasi yang dimiliki oleh sebuah website, informasi tersebut kadang public dan kadang private, seting informasi kepemilikan secara public dapat memberikan hasil yang lebih baik di mesin pencari. whois public akan membantu mesin pencari untuk menindak si pemilik situs jika diketahui sebagai seorang spammer, jika mereka membuat domain dengan kepemilikan yang sama google dapat mengidentifikasi pemiliknya dan efeknya tidak akan meningkatkan otoritas / kepercayaan situs anda dimata search enggine

"Ketika registrasi domain lebih baik kita pilih public whois, ini akan lebih baik dimata search enggine, registrasi domain secara private berdampak penyalahgunaan kepemilikan domain, google akan memprioritaskan domain dengan public whois dibanding dengan private."

8. Geo lokasi untuk Top Level Domain (TLD)
Ketika target untuk situs anda adalah orang indonesia maka lebih baik menggunakan domain lokal indonesia, co.id dan semacamnya, ini akan meningkatkan ranking laman situs, namun untuk level global domain dengan TLD lokal kurang efektif,

"Ketika memutuskan untuk registrasi domain TLD disarankan untuk melihat target pasar anda, jika international lebih baik menggunakan TLD international seperti .com, namun jika lokal lebih baik menggunakan TLD untuk lokal saja, karena itu akan lebih baik dimata search enggine"

9. Kata Kunci pada Judul atau Title Tag
Kata kunci yang kita letakan pada judul adalah salah satu yang paling berberan sekali dalam menentukan kualitas optimasi seo onpage suatu artikel, judul yang mengandung kata kunci akan menjadi prioritas mesin pencari untuk menempatkan artikel tersebut pada urutan terbaik mesin pencari.

Artikel terkait: Optimasi seo onpage pada blog lengkap.

10. Kata kunci yang diletakan pada suku kata pertama Judul atau Title Tag
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Moz, judul yang mengandung kata kunci yang diletakan pada suku kata pertama itu lebih baik dimata search enggine dibanding dengan judul yang diletakan pada suku kata berikutnya.
Yang perlu diperhatikan ketika membuat sebuah judul artikel, kita harus membuat judul artikel dengan menyispkan kata kunci pad judul tersebut dan kata kunci yang kita sisipkan sebaiknya kita letakan pada suku kata pertama judul tersebut.
"Misal jika Kita membidik kata kunci "optimasi seo onpage" untuk judul sebuah artikel, judul long tail keyword yang bisa kita pilih dari kata kunci tersebut diantaranya adalah "Optimasi seo onpage pada blog lenkap" atau bisa juga "Bagaimana melakukan optimasi seo onpage" jika kita harus memilih diantara dua judul tersebut yang lebih seo tentu saja judul pertama yaitu "Optimasi seo onpage pada blog" karena judul ini meletakan kata kunci pada awal suku kata, "
 Artikel terkait: Cara memilih longtail keyword yang tepat
11. Meletakan kata kunci dalam descripsi
Untuk saat ini Kata kunci dalam deskripsi tidak terlalu dianggap penting, namun tetap saja descripsi menjadi pilihan kedua setelah judul ditemukan, keputusan pengunjung untuk mengunjungi blog bisa jadi pilihan keduanya adalah descripsi yang menarik yang membuat mereka penasaran

12. Keyword yang diletakan pada H1 Tag
Tolak ukur mesin pencari untuk memprioritaskan halaman situs atau blog ditemukan lebih baik adalah adanya kata kunci yang kita letakan dalam H1 tag. template berkualitas seo pada umumnya akan meletakan judul artikel pada tag H1, dan harus diingat jumlah H1 dalam setiap halaman harus 1 saja.
"Tips: Meletakan judul artikel yang berisi kata kunci pada tag H1"

13.  Keyword dalam dokumen atau isi artikel postingan
 Ketika membuat sebuah artikel, jangan lupa kata kunci yang kita bidik kita libatkan dalam isi artikel, dan gunakan kata kunci yang relevan dan membentuk sebuah kalimat atau paragrap yang dapat dimengerti dan memiliki relevansi yang baik.

"Tips: Menyisipkan kata kunci yang kita bidik dalam artikel secara berulang, ingat kata kunci yang ditemukan dalam dokumen akan dianggap penting jika kata kunci yang kita bidik tersebut muncul paling tidak tiga kali dalam artikel postingan"

14. Jumlah Suku kata dalam artikel
 Artikel postingan dengan jumlah suku kata yang cukup banyak dapat membantu artikel tersebut menduduki rangking terbaik dimata search enggine atau mesin pencari, salah satu yang pernah meneliti tentang hal ini adalah serpIQ, mereka menyimpulakan bahwa terlepas dari faktor optimasi seo yang lainnya, artikel yang menduduki 10 besar memiliki jumlah suku kata setidaknya 1500 suku kata.
"Artikel terkait: Tips Menulis Artikel Berkualitas untuk mendapatkan rangking 1 google"
"Tips: Ketika membuat artikel disarankan membuat artikel yangterdiri dari 1500 suku kata atau lebih, terbukti tanpa dukungan backlink sedikitpun artikel dengan jumlah suku kata lebih dari 1500 bisa bersaing di mata mesin pencari"

15. Kepadatan kata kunci
Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk saat ini kepadatan kata kunci bukan merupakan faktor yang sangat penting di mata search enggine, namun google masih memperhitungkan kepadatan kata kunci untuk mengidentifikasi bahwa artikel tersebut relevan dengan kata kunci yang dicari.

"Artikel terkait: Jumlah ideal kata kunci (Keyword Density) dalam artikel"

16. LSI Keyword dalam artikel
LSI Keyword membantu mesin pencari memahami sebuah artikel untuk mendapatkan artikel yang memang sangat relevan dengan kata kunci yang dicari, dengan bantuan LSI Keyword mesin pencari dapat memahami sebuah artikel dengan judul "Apel buah" dan "Apel Merk". kata kunci LSI dapat memperbaiki posisi sebuah artikel dimata mesin pencari.
 "Artikel terkait: Cara menemukan kata kunci LSI"
 "Tips: Gunakan setidaknya 1 LSI Keyword pada artikel yang kita buat, LSI Keyword memungkinkan artikel ditemukan dengan banyak kata kunci yang dibidik"

17. LSI Keyword pada judul dan descripsi
Salah satu lokasi terbaik untuk meletakan kata kunci LSI adalah pada judul artikel dan pada descripsi. LSI keyword yang diletakan dalam meta tag terutana title tag dan description tag membantu mesin pencari untuk mendapatkan artikel yang benar-benar relevan dengan kata kunci yang dicari.

"Tips: Gunakan beberaoa kata kunci LSI dan letakan diantaranya pada title tag dan description Tag"
 "Artikel terkait: Tips menulis judul postingan berkualitas SEO"

18. Kecepatan Loading Halaman Pada kode HTML
Baik google maupun mesin pencari bing, menggunakan kecepatan loading halaman untuk kode html sebagai salah satu faktor rangking sebuah halaman, semakin cepat loading halaman maka akan semakin baik mendapatkan posisi mesin pencari.

"Tips: Gunakan struktur html yang baik dan seefektif mungkin, semakin sedikit maka loading halaman akan semakin cepat, jika melibatkan gambar gunakan gambar yang memang direkomendasikan oleh mesin pencari seperti gambar dengan format "JPG, PNG atau GIF", sesuaikan juga ukuran gambar, karena jika gambar terlalu besar akan memperlambat loading halaman"
"Artikel Terkait: 11 Cara efektif untuk meringankan loading halaman blog dan Kompresi gambar untuk meringankan halaman blog"

19.  Duplikat Kontent
 Duplikat kontent adalah alamat url berbeda tetapi halaman yang dituju sama, duplikat kontent sangat tidak disukai oleh mesin pencari dan harus dihindari, template soe yang baik harus dapat menghindari duplikat konten secara otomatis, karena duplikat konten dapat berdampak merosotnya posisi rangking halaman semakin buruk, duplikat konten dapat diatasi dengan menggunakan perintah rel="canonical", untuk memahami duplikat konten silahkan baca artikel dibawah ini.

"Artikel terkait: Memahami duplikat konten dalam dalam SEO"
"Tips: sebaiknya dalam sebuah halaman situs tidak boleh ada duplikat kontent, pilihlah template yang baik, yang dapat menghindari duplikat kontent, jika tidak artikel blog reputasinya akansemakin buruk dimata search enggine"

20.  Loading Halaman Page menggunakan Tolak Ukur Google Croome
Mesin pencari google menggunakan ukuran browser google croome untuk menentukan cepat lambatnya loading halaman sebuah blog, semakin baik di mata google croome maka akan berpengaruh pada ranking halaman semain baik.


"Tips: Gunakan Google croome untuk mengecek kecepatan loading halaman blog anda, jika responnya cepat, berarti akan baik dimata search enggine google"

21. Gambar yang dioptimasi dengan baik
Ketika melibatkan gambar dalam artikel sebaiknya gambar yang kita sisipkan dioptimasi dengan baik, optimasi gambar yang berkualitas seo akan memberikan dampak lebih baik dimata mesin pencari.

Artikel terkait: "5 Trik  Optimasi Gambar berkualitas SEO lengkap"

22. Update kontent terkini
Yang menjadi prioritas mesin pencari terlepas dari faktor lainnya adalah ketersediaan artikel terkini atau artikel terupdate, pencarian menggunakan kata kunci yang relevan akan menentukan hasil pencarian mesin pencari, dan salah satu faktor yang dapat mempengarhi posisi suatu artikel adalah waktu update artikel tersebut, semakin baru itu akan semakin baik, namun pada umumnya artikel terbaru biasanya selalu kalah bersaing dengan artikel yang lebih lama, itu karena banyak faktur lainnya yang mempengaruhi rangking halaman lama tersebut.

"Tips: Sering-seringlah update artikel secara berkala, semakin sering itu semakin baik untuk blog anda dimata mesin pencari".

23. Update Artikel secara konsisten
Update artikel secara konsisten akan membuat mesin pencari menyukai artikel-artikel pada blog anda, semakin artikel bertambah kualitas dimata mesin pencari akan semakin baik. ini bisa menentukan artikel-artikel yang bersumber dari blog tersebut mendapatkan posisi terbaik di mata mesin pencari.

24. Kata Kunci yang diletakan di tag H2 dan H3
Upayakan setiap kali membuat artikel kata kunci yang kita bidik di letakan juga di tag h2 dan h3, penelitian yang dilakukan MOz, kata kunci yang diletakan pada tag H2 dan H3 akan memberikan signal positif dimata search enggine, yang menyebabkan artikel tersebut muncul lebih baik dimata mesin pencari.

25. Susunan kata kunci
 Mesin pencari akan memprioritaskan susunan kata kunci yang sesuai dengan kata kunci yang digunakan sebagai kriteria pencarian, jika kata kunci yang dicari menggunakan mesin pencari  adalah "Google Ranking Faktor" maka kata artikel yang relevan yang ditemukan bisa jadi yang memiliki kandungan kata kunci "Ranking Faktor Google" namun mesin pencari tetap akan memprioritaskan untuk menduduki posisi terbaik adalah artikel yang memiliki susunan kata kunci yang sama dengan kriteria pencarian.

"Tips: Ketika membuat judul artikel, pandai-pandailah untuk mencari judul dengan kata kunci yang paling banyak diminati dan dicari orang"
Artikel terkait: "5 Cara menemukan kata kunci yang banyak dicari "

26. Kualitas Outbound Link
Outbound link atau link keluar yang terdapat dalam artikel kita bisa menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi ranking halaman blog atau situs yang kita miliki, syaratnya link keluar tersebut mengarah ke situs yang memiliki otoritas tinggi atau sangat diperca oleh mesin pencari.

"Tips: Disamping internal link, jika memang perlu buatlah link keluar dofollow yang mereferensi ke situs yang berkualitas dan memiliki otoritas yang baik di mata mesin pencari, seperti wikipedia, google dan situs-situs berkualitas lainnya, terutama jika menjelaskan pengertian-pengertian tentang sesuatu, sebaiknya kita ambil sumbernya dari situs-situs terpercaya seperti wikipedia, dan jangan lupa untuk meletakan link ke sumber ke situs tersebut."

27. Outbound link yang relevan
Sebaiknya ketika kita mereferensi kesitus tertentu melalui link keluar, pilihlah link keluar yang menuju artikel yang relevan dengan artikel kita dimana link keluar tersebut kita letakan, semakin relevan itu akan semakin baik demata search enggine, dan akan meningkatkan otoritas artikel anda dimata search enggine, jika link keluar tersebut memang benar-benar menuju situs yang terpercaya di mata mesin pencari.

28. Jumlah Link Keluar dofollow
Sebaiknya hati-hati ketika kita membuat link keluar dengan dofollow,  semakin banyak OutBoundLink (OBL) dengan tipe dofollow akan memperburuk rangking halaman anda di mata mesin pencari, setidaknya maksimal 2 OBL dalam setiap halaman. dan lebih baik mengarah kepada situs-situs berkualitas, jita tidak lebih baik jangan dibuat link keluar.

29. Multimedia
Gambar, video dan media lainnya yang kita sisipkan dalam artikel akan memberikan sinyal kepada mesin pencari bahwa artikel yang kita buat berkualitas. dan hal tersebut akan berdampak pada rangking halaman semakin baik.

"Tips: Setidaknya menyisipkan 1 jenis multimedia, dalam artikel yang kita miliki, terutama gambar, dan hati-hatilah ketika menyisipkan multi media jangan sampai berpengaruh terhadap lamanya loading halaman, karena itu akan memperburuk peringakat artikel anda dimata mesin pencari",
Silahkan Baca juga :"5 trick optimasi Gambar berkualitas SEO"

30. Panjang URL
Manakah yang lebih baik, url yang panjang atau url yang singkat jelas dan padat, menurut google ranking faktor, url yang singkat adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan ranking halaman.

"Tips: Gunakan URL halaman sependek mungkin namun efektif singkat dan mengandung kata kunci yang dibidik" semakin pendek URL, itu akan semakin baik dimata mesin pencari".

31. PageRank Halaman
Peringkat halaman sangat menentukan posisi halaman tersebut pada hasil pencarian, semakin tinggi akan semakin baik, jika pagerank halaman tinggi itu mengindikasikan bahwa halaman tersebut mendapatkan kepercayaan yang baik dimata mesin pencari, dan akan mudah ditemukan di  SERP dengan lebih baik.

32....bersambung...
 

 200+ google ranking faktor: panduan untuk memahami SEO, semoga bermanfaat untuk anda untuk memahami seo lebih dalam.


PIN GOOGLE ADSENSE tidak kunjung datang: ini solusinya ? - Suatu kebanggan tersendiri ketika kita berhasil diterima menjadi publisher google adsense, dikarenakan untuk menjadi publisher google adsense bisa dianggap tidaklah semudah membalikan telapak tangan, perlu trik-trik tersendiri, jika anda sudah berhasil diterima selamat!, karena ini adalah titik awal bagi anda untuk mendapatkan uang melalui aktivitas blogger.
Pendapatan yang diperoleh dari adsense pada umunya menggunakan teknik PPC pay per click atau bayar untuk setiap klik, kita akan dibayar jika ada pengunjung blog yang melakukan klik terhadap iklan yang kita pasang pada blog, uang yang kita peroleh dari setiap klik iklan akan terkumpul pada rekening virtual yang terdapat dalam halaman akun google adsense yang kita miliki, namun sebelum uang yang sudah terkumpul dalam rekening virtual bisa dicairkan ada beberapa tahapan yang harus kita ikuti, tahap pertama yang harus kita lakukan adalah melakukan submit verifikasi PIN google adsense.

Pin google adsense tidak datang dan belum diterima untuk verifikasi
AdSense Pin Problem


Apa itu PIN google adsense ?

Apa itu kode pin google AdSense ?, kode PIN google adsense adalah kode 6 digit yang akan dikirmkan oleh pihak google adsense melalui kantor POS dalam bentuk sebuah surat ke alamat rumah si pemilik akun google adsense atau alamat rumah publisher google adsense, code pin ini digunakan untuk verifikasi alamat rumah kita, bahwa alamat rumah yang dikirim oleh kita benar dan real bukan alamat palsu, PIN yang sudah kita terima harus kita submit atau masukan melalui fasilitas input kode pin yang sudah tersedia di halaman akun google adsense, jika berhasil kita masukan, PIN tersebut selanjutnya akan di verifikasi oleh google dan google akan tau bahwa alamat rumah kita benar.


Kapan Kita akan menerima PIN Google Adsense ?

Pin google adsense akan otomatis dikirimkan kelamat yang kita seting pada akun google adsense kita, pin biasanya akan dikirimkan ketika nilai pendapatan yang kita peroleh sudah mencapai 10$, atau umur google adsense kita sudah sampai usia 3 bulan. pin tersebut akan dikirim ke alamat kita, sebaiknya untuk pemain google adsense yang baru mulai, sebelum pendapatan kita mencapai nilai 10$ atau sebelum usia akun google adsense kita belum mencapai 3 bulan, disarankan memeriksa dan memperbaiki kembali alamat pengiriman surat untuk PIN agar tidak salah ketika surat tersebut dikirimkan, untuk memeriksa alamat pengiriman surat lakukan langkah-langkah dibawah ini:

1. Masuk ke halaman akun google adsense

2. Lihat ke pojok kiri atas, cari dan klik gambar roda gigi,

3. pada menu yang muncul pilih submenu "Pembayaran"

4. Pada bilah menu sisi sebelah kiri, pilih menu "Profil Penerima pembayaran"

5. Tekan Edit untuk merubah dan memperbaiki alamat pengiriman surat pin google adsense.

Alamat tersebut akan digunakan secara otomatis ketika team google adsense akan mengirimkan PIN google adsense.


PIN Google adsense akan dikirim ke Alamat rumah anda.

Setelah nilai pendapatan google adsense kita mencapai ambang 10$, atau usia google adsense sudah mencapai usia 3 bulan. 3 atau 4 hari kemudian, pihak google adsense akan mengirimkan PIN tersebut untuk pertama kali, dan PIN tersebut harus sudah sampai atau bisa kita terima kurang lebih 3 sampai dengan 4 minggu kemudian setelah PIN tersebut dikirim, lama tidaknya waktu pengiriman tergantung dari layanan POS dan alamat yang ditujunya. google adsense akan mengirimkan PIN sampai dengan 3 kali pengiriman sampai pin tersebut benar-benar sampai dan sudah kita terima.

Pengiriman PIN Adsense pertama gagal apa yang harus dilakukan?

Jika kita sudah menungu sampai dengan 4 minggu atau 1 bulan, bagaimana jika pengiriman pertama PIN google adsense tidak kunjung datang?, ada beberapa alternatif yang harus kita upayakan, jika anda belum menerima PIN sampai dengan waktu tersebut, sebaiknya kita jemput bola, artinye, menelusuri dengan melihat surat tersebut ke Kantor kepala desa terdekat, bisa jadi kemungkinan Surat berisi PIN dari adsense terparkir disana, dan jika di kantor kepala desa masih belum juga kita dapatkan, kita bisa lanjutkan untuk jemput bola  dengan melacaknya ke kantor pos terdekat untuk mengetahu keberadaan surat pin adsense tersebut. karena untuk beberapa kasus surat biasanya terparkir di kantor pos.

Pengiriman PIN ke dua jika Pengiriman PIN pertama tidak sampai?

Pengiriman PIN memiliki peluang 3 x pengiriman, jika pengiriman pertama gagal dan belum bisa kita terima, padahal waktu pengiriman sudah lebih dari 3 sampai dengan 1 bulan, kita akan diberi kesempatan kedua untuk meminta pin kembali, Di halaman akun google adsense akan disediakan fasilitas tombol untuk melakukan pengiriman PIN untuk kedua kalinya, jika kita memutuskan untuk memeinta google adsense untuk mengirim ulang pin, kita bisa tekan tombol "Kirim PIN", pihak google adsense akan mengirimkan kembali PIN google adsense ke alamat yang kita seting sebelumnya.

Bagaimana jika pengiriman PIN kedua tidak datang ?

Jika pengiriman pin kedua juga tidak datang, kama kita dengan terpaksa menggunakan kesempatan berikutnya dengan cara request PIN google adsense kembali untuk yang ketiga kalinya.  pengiriman pin ketiga adalah kesempatan terakhir pihak google mengirimkan pin ke alamat kita.

Bagaimana jika pengiriman PIN Adsense ketiga belum juga kita terima

Jika pengiriman pin ketiga belum juga sampai, maka kita tidak bisa mengirimkan pin google adsense untuk yang ke empat kalinya, karena kesempatan pengiriman surat yang berisi kode PIN hanya sampai 3 x saja, lantas bagaimana jika pengiriman ke 3 masih belum juga kita terima?, untuk solusi terakhir jika sampai 3 kali kita gagal menerima pin, maka langkah terakhir yang adsense lakukan adalah menyediakan sebuah link di halaman akun Adsense kita yang meminta kita  untuk memverifikasi alamat dengan cara mengirimkan scan kartu identitas Anda (bisa KTP, SIM atau passport).
untuk cara ini silahkan scan salah satu kartu identitas anda dan uploadlah pada fasilitas yang sudah disediakan dalam halaman akun adsense anda, jika identitas anda sudah diterima oleh pihak adsense, pihak adsense akan secara otomatis langsung memverifikasi akun google adsense Anda, Jika masih ada kendala, jangan ragu untuk menghubungi tim Adsense, untuk meminta petunjuk dan cara verifikasi alamat yang paling sesuai untuk Anda.

Itulah beberapa informasi yang bisa saya sampaikan berkenaan dengan masalah PIN GOOGLE ADSENSE tidak datang: ini solusinya ?, semoga bermanfaat.

 

Bagaimana membuat blog agar mudah dikenali dan ditemukan mesin pencari google sehingga banyak dikunjungi -  ketika kita berhasil membuat blog harapan kita pada umumnya adalah mengupayakan agar blog yang kita buat dikunjungi banyak orang, sebenarnya sebelum blog ramai pengunjung, tahap pertama yang harus dilakukan pemilik blog atau webmaster adalah membuat blog terindex google terlebih dahulu, tujuannya adalah agar blog muncul di google, karena ketika kita baru membuat blog, tidak serta merta blog baru yang selesai kita buat langsung dikenali google, perlu ada upaya serius agar blog yang kita buat cepat terdeteksi dan mudah muncul di pencarian google, setelah blog diindex dan terdeteksi google, baru kita bisa mengusahakan bagaimana caranya agar blog ramai pengunjung atau banyak visitor.

CARA AGAR BLOG MUDAH DITEMUKAN DAN DIKENALI GOOGLE
Blog mudah ditemukan dan visitor meningkat

Cara Agar Blog Ditemukan dan dikenali Mesin Pencari Google

Ada beberapa alternatif yang bisa kita pilih untuk membuat blog dikenali mesin pencari google, yang pertama  membiarkan blog tersebut sampai pada akhirnya dikenali, dan yang kedua adalah mengupayakan agar blog lebih cepat dikenali google.Lantas jika kita biarkan apakah blog akan dikenali google dengan sendirinya?

Sebenarnya ketika kita selesai membuat blog dan menerbitkan artikel secara konsisten, seiring dengan berjalannya waktu, pada akhirnya mesin pencari akan mengunjungi blog kita secara otomatis, dan  blog kita akan diindex dengan sendirinya, yang menyebabkan blog mudah ditemukan oleh mesin pencari google, namun cara ini akan membutuhkan waktu cukup lama. karena kita harus menunggu mesin pencari menemukan dan mengunjungi blog kita secara otomatis. jika kita memilih cara seperti ini tentu saja kurang efektif, karena harapan kita agar blog dikunjungi banyak orang, sepertinya tidak bisa terlaksana dengan cepat.

di artikel kali ini saya akan uraikan bagaimana cara membuat blog dikenali google dengan cepat dan membuat blog banyak visitor, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
 
1. Buatlah artikel yang berkualitas.
Untuk langkah awal setelah anda berhasil membuat blog adalah membuat artikel yang benar-benar berkualitas yaitu:

a. Bukan artikel hasil copi paste.
b. Artikel dengan judul yang banyak dicari dan diminati orang.
c. Menggunakan judul dan descripsi yang memiliki nilai jual dan membuat penasaran.
d. Melibatkan optimasi seo onpage didalamnya.

baca juga: tips menulis artikel berkualitas untuk mendapatkan ranking 1 google

2. Membuat Internal linking pada artikel
Jangan lupa ketika membuat artikel, untuk membuat internal linking ke setiap artikel anda lainnya yang relevan, internal linking bertujuan untuk meningkatkan page view dan juga untuk memperkuat optimasi seo onpage pada blog. sebaiknya juga jika ada artikel anda yang sudah lebih dulu populer dan memiliki relevansi dengan artikel baru anda, silahkan buat link di artikel populer anda tersebut yang mengarah ke artikel baru anda.
baca juga: cara membuat anchor text berkualitas seo untuk link


3. Perkenalkan blog ke berbagai search enggine.
Langkah berikutnya setelah blog kita cukup siap dengan isi postingan dan artikel yang berkualitas adalah, mendaftarkan blog ke search enggine google dan yahoo bing,  silahkan lakukan pendaftaran blog ke beberapa search enggine populer seperti google dan yahoo bing. dengan demikian blog anda akan mudah untuk dikenali oleh search enggine tersebut.

4. Submit artikel blog ke search enggine
Jangan lupa setiap kali menerbitkan artikel, untuk melakukan submit artikel ke mesin pencari google, agar artikel anda tersebut mudah untuk diindex oleh mesin pencari yang bersangkutan.

5. Perkenalkan blog ke blog lainnya
Untuk memperkenalkan blog ke blog lainnya yaitu dengan mengunjungi blog orang lain sebanyak-banyaknya dan berkomentar didalamnya, mulailah melakukan pencarian dengan kata kunci yang relevan dengan artikel blog anda, kemudian kunjungilah blog yang ditemukan oleh mesin pencari, berkomentarlah yang sesuai dengan topik pada blog tersebut, mengikuti aturan yang berlaku dan jangan sekali-kali membuat komentar yang sifatnya spam, karena itu akan menurunkan reputasi anda dimata blogger lain juga dimata search enggine.

6. Perkenalkan blog ke jejaring social
Untuk memperkenalkan blog ke jejaring media social adalah dengan membuat fans page, kemudian mengundang teman sebanyak-banyaknya untuk menyukai halaman tersebut, namun anda harus mengisi fanspage dengan artikel yang sesuai dengan yang anda terbitkan pada blog anda, tapi jangan khawatir anda bisa menggunakan pihak ke 3 yang menghubungkan artikel postingan blog dengan media social seperti facebook atau twitter, salah satunya adalah rss grafity. agar blog banyak yang follow, anda bisa mengundang teman anda untuk follow halaman tersebut.

7. Perkenalkan blog ke Forum-forum online.
Untuk memperkenalkan blog keforum online, yaitu dengan mencari forum online yang cukup populer, kemudian melakukan registrasi dan membuat artike yang relevan sekaligus meletakan backlink pada artikel tersebut.

8. Memperkenalkan blog ke social bookmarking
Sering-seringlah untuk submit artikel ke social bookmarking. setiap anda selesai membuat artikel coba submit artikel tersebut ke setiap social bookmarking.


Langkah diatas sebenarnya hanya beberapa dari banyak tips agar blog mudah ditemukan mesin pencari, setelah blog dikenali mesin pencari google, blog akan mudah untuk ditemukan dengan kata kunci yang relevan dengan artikel blog kita, semakin banyak ditemukan maka blog akan banyak yang lihat dan blog banyak dikunjungi orang, semakin banyak visitor maka blog berpeluang memiliki pagerank yang lebih baik, untuk melihat page rank anda bisa daftar ke alexa dan tempel kode alexa pada blog anda, itu akan membuat alexa rank blog semakin ramping.

Biasanya seiring dengan visitor yang semakin membludak biasanya akan berpengaruh pada blog banyak komentar, dan lambat laun kita bisa mengajukan publisher iklan agar blog yang kita miliki bisa dipasang iklan sehingga blog bisa menghasilkan uang

Tips cara membuat postingan blog tidak bisa dikopi paste - Apa jadinya ketika artikel original kita yang sudah susah payah kita buat dengan peras otak banting jari tiba-tiba ketauan sudah dikopi paste oleh blogger pengambil kontent yang tidak bertanggung jawab, mekipun untuk yang mengambil konten sudah diberikan peringatan namun tidak sedikit dari mereka tidak mengindahkan peringatan yang sudah kita buat, pada akhirnya, kita dengan terpaksa harus merelakan artikel berkualitas kita muncul di blog lainnya, apalagi artikel kita sepenuhnya langsung dikopi paste tanpa ada modifikasi judul dan isi artikel, sempat terjadi untuk artikel saya, saya menemukan hampir semua artikel di kopi paste dan dipindahkan semuanya dengan judul yang sama dan sepertinya tanpa adanya modifikasi sedikitpun.

Meskipun tak sedikit yang tidak mempermasalahkan tindakan Copy paste, namun yang namanya mengambil hasil karya tanpa ada izin dari sang empunya tetap saja dianggap sebagai tindakan ilegal.
sebetulnya saya sendiri tidak mempermasalahkan tindakan copy paste terutama yang lakukan di blog ini, asalkan anda menyertakan link dofollow aktif artikel yang di copas sebagai sumbernya, dan yang harus diingat anda harus memodifikasi judul artikel agar tidak terlalu sama, karena dengan cara seperti itu kita bisa saling menghargai hasil banting jari sesama blogger.

Cara memprotek postingan blog tidak bisa di copy paste

Jika anda kebetulan mengalami hal yang sama seperti apa yang pernah saya alami. berikut tips yang bisa digunakan untuk menghindari pengambilan konten dengan cara memprotek postingan blog agar tidak bisa dikopi paste secara langsung, ada dua cara yang bisa kita gunakan, cara pertama adalah dengan menggunakan kode CSS (Cascade Style Sheet), cara kedua adalah dengan menggunakan javascript, berikut langkah-langkahnya:

1. Menggunakan Script CSS 

Salah satu cara yang bisa kita gunakan agar artikel postingan tidak bisa dikopi paste adalah dengan menggunakan script CSS, css sebenarnya digunakan untuk mengatur tata letak halaman situs sekaligus mengelola design atau mendekorasi halaman situs, namun CSS bisa kita gunakan untuk membuat artikel postingan tidak bisa di kopi paste secara langsung, berikut langkah-langkahnya:

 a .Silahkan anda masuk ke halaman akun blog anda.

 b. pada bilah menu sebelah kiri pilih menu "Template" kemudian cari dan tekan tombol "Edit HTML"

c. pada editor template tekan tombol CTRL+F untuk melakukan pencarian dan cari block kode "]]></b:skin>", tanpa tanda kutip, kemudian kopi kode CSS berikut, letakan tepat diatas sebelum block kode tersebut:

body{display:block;
-khtml-user-select:none;
-webkit-user-select:none;
-moz-user-select:none;
-ms-user-select:none;
-o-user-select:none;
user-select:none;
unselectable:on;}

Jika anda menerapkan kode diatas, maka seluruh tampilan blog menjadi tidak dapat di seleksi dan tidak dapat dikopi paste itu karena kode diatas kita pasang di TAG body, yang menyebabkan seluruh tampilan halaman tidak dapat diseleksi, tentu saja untuk kasus-kasus tertentu cara diatas kurang efektif, jika anda bermaksud untuk menonaktifkan (unselectable) hanya sebagian area saja maka anda harus pasang kode diatas untuk TAG tertentu yang anda ingin dinonaktifkan.

Namun untuk menerapkannya anda harus mengetahui tag-tag blog anda, untuk mengetahuinya anda bisa menggunakan fasilitas inspeksi element pada browser anda.

 Misalkan, anda ingin menonaktifkan hanya bagian postingan saja menjadi tidak dapat diseleksi, namun jika terdapat Quote didalam postingan harus bisa diseleksi, langkah-langkahnya adalah:

1. Silahkan cari nama TAG HTML untuk struktur postingan anda baik itu ID maupun classnya, misal nama tag id untuk postingan anda adalah <div id='post' ..... sedangkan nama tag id untuk quote postingan anda adalah <div class='my-quote', maka untuk menonaktifkan postingan kecuali quote harus tetap aktif adalah sebagai berikut:

-Agar postingan anda tidak dapat dikopi paste, maka pasang kode diatas untuk tag HTML postingan anda melalui ID tag (id='post'), lihat ilustrasi diatas, kode yang harus anda pasang adalah sebagai berikut:
#post{display:block;
-khtml-user-select:none;
-webkit-user-select:none;
-moz-user-select:none;
-ms-user-select:none;
-o-user-select:none;
user-select:none;
unselectable:on;}
Jika anda hanya memasang kode diatas, maka seluruh area yang ada didalam postingan menjadi tidak bisa dikopi paste, oleh karena itu jika anda menginginkan beberapa bagian didalam area postingan, misalnya quote ingin tetap bisa di seleksi dan di kopi paste, maka anda tambahkan lagi kode dibawah ini:

-Agar Quote yang ada didalam postingan aktif, maka anda harus memasang kode tersebut di TAG HTML untuk Quote, dalam hal ini kita pasang di attribut kelasnya, kode yang harus anda pasang selanjutnya adalah:

#post .my-quote{display:block;
-khtml-user-select:text;
-webkit-user-select:text;
-moz-user-select:text;
-ms-user-select:text;
-o-user-select:text;
user-select:text;
unselectable:off;}
oh ya, kode diatas tentu saja disarankan diletakan sebelu kode </head> dan bungkus kode diatas diantara kode
<style type='text/css'>
---------letakan kode-kode diatas diarea ini--------
</style>

2. Menggunakan Kode JavaScript

Javascript digunakan sebenarnya untuk membuat halaman situs lebih interaktif, memberikan sentuhan animasi dan lainnya, selain itu javascript bisa kita gunakan untuk membuat artikel postingan blog tidak dapat dikopi paste, atau artikel postingan kita tetap dapat dikopi paste namun ketika dikopi secara otomatis, link sumber akan disertakan, berikut langkah-langkahnya:

 a .Silahkan anda masuk ke halaman akun blog anda.

 b. pada bilah menu sebelah kiri pilih menu "Template" kemudian cari dan tekan tombol "Edit HTML"

c. pada editor template tekan tombol CTRL+F untuk melakukan pencarian dan cari block kode "</head>", tanpa tanda kutip, kemudian gunakan kode javascript berikut, letakan tepat diatas sebelum block kode tersebut:

 <script type="text/javascript"> function disableSelection(target){
if (typeof target.onselectstart!="undefined") //IE route
    target.onselectstart=function(){return false}
else if (typeof target.style.MozUserSelect!="undefined") //Firefox route
    target.style.MozUserSelect="none"
else //All other route (ie: Opera)
    target.onmousedown=function(){return false}
target.style.cursor = "default"
}
</script>

Sekarang anda sudah mengetahui cara menghindari kopi paste dengan kedua cara diatas, lantas mana yang lebih baik, menurut saya pribadi yang lebih baik adalah yang menggunakan kode CSS, kelemahan menggunakan kode Javascript adalah bisa diakali dengan mendisable javascript pada browser, kopi paste akan tetap berjalan, kedua-duanya perlu dicoba, jika perlu gunakan kedua script diatas.
 
Demikian apa yang bisa saya share tentang  Cara agar artikel blog tidak bisa dikopi paste, semoga bermanfaat.